🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Aplikasi Kasir Coffee Shop untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Aplikasi kasir coffee shop saat ini sudah banyak bermunculan. Mereka semua memiliki tujuan yaitu untuk memberi kemudahan
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 18 March 2022

Aplikasi kasir coffee shop saat ini sudah banyak bermunculan dimana-mana. Mereka semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberi kemudahan dalam mengelola bisnis coffee shop. Terutama dalah transaksi penjualan atau yang biasa disebut sistem kasir.

Selain dari aplikasi kasir, sebagai pemilik caffee atau kedai kopi Anda juga harus memahami berkembangan bisnis Anda. Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti pengelolaan stok, arus kas usaha, dan analisa pengeluaran, menyusun anggaran dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang mungkin sedang punya keinginan untuk membangun bisnis coffee shop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Segala yang perlu Anda ketahui selengkapnya ada di artikel ini.

Pengertian Coffee Shop

Aplikasi Kasir Coffee Shop untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Sekilas Tentang Coffee Shop (sumber: Pexels.com)

Coffee shop merupakan sebuah tempat yang menyediakan minuman dan makanan, tetapi umumnya menu utamanya menjual kopi. Biasanya coffee shop adalah tempat yang dipilih banyak orang untuk menemukan berbagai macam kopi yang sedang diinginkan orang tersebut.

Coffee shop selalu didesain dan dikonsep semenarik mungkin. Selain itu juga menu kopi yang disediakan sangat beragam serta cara penyeduhannya, misal seperti kopi tubruk, french press, aeropress, vietnam drip, v60, americano, espresso, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi Seperti Starbucks

Perbedaan Coffee Shop dengan Cafe

beda-coffee-shop-dengan-cafe

Ketahui Perbedaan Coffee Shop dan Cafe Photo by Kris Atomic on Unsplash

Buat Anda yang belum tahu, disini ada perbedaan diantara coffee shop dengan cafe. Banyak yang menanggap ini kedua tempat ini sama, tapio tak sedikit juha yang tau kalau keduanya merupakan bisnis yang berbeda.

Coffee Shop

Coffee shop biasanya menyediakan beragam minuman kopi dan teh. Akan tetapi karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan, coffee shop saat ini menawarkan hidangan lain seperti cemilan. Coffee shop ini dikategorikan ke dalam restoran yang informal dan umunya buka 24 jam.

Menu kopi yang disediakan cukup unik dengan pengemasan yang modern. Berbagai biji kopi dari penjuru nusantara disediakan untuk memanjakan para pecinta kopi. Berbeda jika dibandingkan dengan warung kopi yang sama-sama menyajikan aneka minuma kopi, coffe shop punya desain ruangan yang lebih mewah dengan fasilitas nyaman dan juga elegan. Tak cuma dijadikan tempat nongkrong, coffe shop biasa digunakan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas ataupun rapat.

Cafe

Cafe merupakan tempat yang dikenal untuk menghabiskan waktu dengan nongkrong atau berbincang-bicang sambil menikmati minuman dan makanan yang telah disediakan Cafe. Beda dengan coffe shop yang hanya menyajikan aneka ragam minuman kopi.

Dari segi menu yang ditawarkan, cafe biasanya menyajikan menu-menu makanan ringan. Interiornya pun sengaja didesain menarik dan instagramable. Selain itu, untuk mnenjangkau lebih banyak pengunjung, cafe juga menghadirkan hiburan seperti live music hari tertentu.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Coffee Shop

hal-penting-saat-membuka-coffee-shop

Hal Penting Saat Membuka Coffee Shop Photo by Jazmin Quaynor on Unsplash

Ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha coffee shop, maka ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Apa sajakah itu?

1. Konsep yang Matang

Di tengah menjamurnya bisnis coffee shop, penting untuk Anda memikirkan konsep secara matang agar coffee shop milikmu bisa stand out diantara yang lain hingga menjangkau banyak pelanggan.

Menentukan konsep lebih baik disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Anda bisa mulai dengan konsep yang sederhana tetapi nyaman untuk bersantai, karena ada beberapa orang pergi ke coffee shop untuk bersantai sejenak di tengah padatnya aktivitas.

2. Lokasi yang Strategis

Selain modal, lokasi juga punya peran yang penting dalam suatu usaha. Memilih lokasi menjadi penentu usaha yang Anda jalankan berhasil atau tidak.

Oleh karena itu, tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan akan memudahkan Anda menjangkau banyak pelanggan. Disarankan berada di tengah-tengah keramaian.

3. Interior dan Eksterior

pentingnya-interior-eksterior-coffee-shop

Penampakan Interior Coffee Shop di USA Photo by Doug Greenman on Unsplash

Tak sedikit orang memutuskan untuk mencari tempat nyaman untuk menikmati sebuah kopi. Konsep desain yang nyaman tentu saja harus dipertimbangkan. Baik itu interior maupun eksterior.

4. Musik

Menambahkan musik akan memberikan susasana menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Ini untuk orang-orang yang memilih musik sebagai penghibur. Tidak ada salahnya juga untuk mengadakan live music.

5. Ruang yang Cukup dan Nyaman

Memikirkan tentang ruangan yang cocok untuk para pelanggan adalah wajib hukumnya. Harus diingat bahwa setiap orang menginginkan tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu.

6. Fasilitas Wi-Fi dan Stop Kontak

Coffee shop juga biasanya dijadikan tempat untuk rapat atau mengerjakan tugas bagi mahasiswa. Memberikan fasilitas wifi dan juga stop kontak juga sangat perlu, mengingat saat ini setiap aktivitas kita banyak menggunakan internet.

Tips Meningkatkan Penjualan Coffee Shop

tips-meningkatkan-penjualan-coffee-shop

Meningkatkan Penjualan Coffee Shop Photo by Robert Bye on Unsplash

Untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari bisnis coffee shop, strategi penjualan sangat dibutuhkan. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

1. Manfaatkan Sosial Media

Zaman yang canggih memudahkan kita untuk menjangkau lebih banyak orang melalui online. Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram dan facebook untuk melakukan promosi.

2. Promo yang Rutin

Siapa disini yang suka dengan adanya diskon? Tentu saja banyak. Namun yang tak disadari banyak pengusaha adalah tentang promo yang diadakan secara rutin.

Jika promo hanya diberikan dalam momen tertentu saja, maka mereka akan jarang mengingatnya. Adakan promo yang rutin setiap minggu misalnya. Maka akan banyak orang yang selalu mengingatnya.

3. Sistem Member

Tentu saja Anda ingin memiliki pelanggan yang loyal untuk mendapatkan repeat order. Salah satu strategi meningkatkan penjualan paling ampuh adalah dengan membuat sistem member.

Selain promo yang rutin Anda bisa membuat sistem member untuk mendapatkan pelanggan setia. Dengan sistem member, pelanggan akan merasakan keistimewaan karena akan sering mendapatkan promo.

4. Gunakan Aplikasi Kasir

Untuk mendukung operasional coffee shop Anda, disarankan untuk menggunakan aplikasi kasir. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur promo dan juga mencatat setiap penjualan Anda.

Jangan mau kalah dengan coffee shop sebelah yang punya banyak promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Beepos sekarang anda bisa!

Aplikasi Kasir Coffee Shop untuk Tingkatkan Penjualan

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos

Aplikasi Kasir Coffee Shop Beepos (Sumber: Bee.id)

Aplikasi kasir sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis coffee shop. Salah satunya adalah meningkatkan penjualan.

Kemudahan dalam melakukan transkasi penjualan akan memberikan Anda keuntungan. Salah satunya adalah kecepatan dan ketepatan.

Tentu saja Anda tidak menginginkan adanya antrian panjang karena proses transaksi penjualan yang lama. Itulah mengapa Anda membutuhkan Aplikasi kasir.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan.

Beepos

Beepos merupakan aplikasi kasir banyak dibutuhkan para pelaku bisnis coffee shop karena memiliki fitur kecepatan dan ketepatan. Pencatatan yang otomatis serta keakuratan data membuat Anda tidak kehilangan banyak waktu dalam menjalankan bisnis coffee shop.

Beepos Mobile

Ini adalah versi mobile untuk Anda yang menginginkan sistem kasir yang lebih praktis dan portable. Anda hanya membutuhkan smartphone untuk mendapatkan segala keuntungan dari fitur yang dimiliki oleh Beepos maupun Beepos Mobile.

Kesimpulan

Coffee shop menjadi salah satu tempat yang paling dicari untuk mendapatkan kenyamanan dalam menikmati kopi. Ini yang menjadi faktor yang membuat bisnis coffee shop dianggap sangat menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir Beepos untuk memudahkan operasional usaha coffee shop. Coba gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini!Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Artikel Terkait

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui
Situasi ekonomi pada zaman sekarang menentukan target pasar menjadi hal yang sangat penting. Tak ada bisnis yang bisa menargetkan produknya
Baca Juga
Tingkatkan Efisiensi dengan Sistem Pemrosesan Transaksi
Dalam era modern yang serba cepat dan bergerak, sistem pemrosesan transaksi atau bahasa inggrisnya Transaction Processing System (TPS), telah menjadi
Baca Juga
Rahasia Usaha Bengkel Biar Ramai Seperti AHASS
Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan tips agar ramai dan bisa berkembang. Usaha pun banyak sekali jenisnya termasuk ada
Baca Juga
Jenis-Jenis Software Toko Gratis Terpopuler untuk Usaha Bisnis
Software toko gratis kian hari makin berkembang terutama pada usaha bisnis. Bagaimana tidak, bisnis kecil pun seperti toko kelontong, toko
Baca Juga
Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi
Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sudah
Baca Juga
Kenapa Toko Butuh Aplikasi Pembayaran Kasir?
Seperti yang sudah umum diketahui banyak orang terkait perkembangan teknologi yang semakin canggih. Salah satu peluang yang bisa didapatkan adalah
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu