Logo Bee Web

Repeat Order: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkan

Alih-alih mencari lebih banyak pembeli, ada baiknya Anda mengedepankan customer yang melakukan repeat order. Pembelian yang berulang merupakan bukti kepuasan customer
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 6 February 2023

Sebagai pebisnis tentunya kita semua ingin agar tingkat penjualan tidak hanya stabil tapi bisa terus meningkat. Cara meningkatkan penjualan tidak hanya fokus menarik konsumen baru, tapi juga harus memikirkan supaya pembeli repeat order.

Alih-alih mencari lebih banyak pembeli, ada baiknya Anda mengedepankan para pelanggan yang melakukan repeat order. Repeat order adalah pembelian yang berulang merupakan indikator kepuasan dari pelanggan atau produk yang ditawarkan. Di samping itu, repeat order juga jadi pemasukan tetap yang membuat bisnis kamu bertahan.

Apa itu Repeat Order?

Apa Itu Repeat Order

Ilustrasi customer lakukan repeat order (Sumber: Unsplash.com)

Repeat order adalah pemesanan kembali produk atau jasa yang telah dibeli sebelumnya. Repeat order merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan usaha Anda. Hal ini karena pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau jasa Anda akan lebih mudah untuk melakukan pembelian ulang. Dengan repeat order, Anda bisa mendapatkan keuntungan berulang kali dari pelanggan yang sama tanpa harus mencari pelanggan baru setiap saat.

Tentunya kamu perlu strategi yang jitu untuk membuat lebih banyak orang melakukan repeat order. Meningkatkan kualitas pelayanan dan produk tentunya harus kamu lakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Selain itu, perlu ada sesuatu yang menarik supaya mereka mau kembali bertransaksi di toko kamu. Yuk simak tips membuat konsumen repeat order yang benar agar toko onlinemu tetap untung dan ramai diserbu pembeli. Mari simak tipsnya berikut ini!

Manfaat Repeat Order

Repeat order dapat menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bagi toko atau perusahaan. Namun, manfaat repeat order tidak hanya terbatas pada penjualan saja.

Selain membantu meningkatkan penjualan, repeat order juga dapat membantu toko atau perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan mereka. Dengan melakukan repeat order, pelanggan akan merasa dihargai karena mereka tahu bahwa toko atau perusahaan tersebut peduli dengan kebutuhannya dan ingin memenuhi kebutuhannya secara berkelanjutan.

Simak beberapa manfaat dari repeat order berikut:

1. Pembelian Ulang Membantu Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang terus membeli produk atau jasa tertentu akan lebih cenderung untuk tetap bersama perusahaan dan merek yang sama. Ini akan membantu perusahaan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek.

2. Pembelian Ulang dapat Membantu Biaya Promosi

Hal ini dapat meningkatkan keuntungan karena biaya operasional lebih rendah. Karena pelanggan sudah familiar dengan produk atau layanan, maka perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mempromosikan produk mereka. Selain itu, biaya penjualan juga lebih rendah karena tidak ada lagi biaya untuk menarik

3. Repeat Order dapat Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

Pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian sebelumnya lebih mungkin untuk melakukannya lagi, terutama jika mereka puas dengan produk atau layanan yang telah diterima. Dengan demikian, toko/perusahaan akan mendapatkan keuntungan berupa pendapatan tambahan dan kesetiaan pelanggan yang lebih tinggi.

Cara Meningkatkan Repeat Order

Untuk meningkatkan persentase repeat order, perusahaan harus terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Perusahaan juga harus memastikan bahwa produk atau layanan yang diberikan selalu berkualitas tinggi dan sesuai dengan harapan pelanggan.

Berikut cara untuk meningkatkan Repeat Order yang bisa anda coba:

1. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik adalah salah satu cara untuk memastikan pelanggan puas dengan produk yang kita jual. Pelanggan akan cenderung berpindah ke penjual online lain jika mereka merasa tidak puas dengan produk atau layanan yang kita berikan. Oleh karena itu, penting bagi para penjual online untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mereka.

Untuk mencapai ini, pastikan bahwa Anda selalu ramah dan cepat merespon pertanyaan atau masalah yang dihadapi pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan informasi detail tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan. Juga, pastikan bahwa setiap pelayanan yang Anda berikan konsisten agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja di toko online Anda.

2. Berikan Promo Menarik

Promo menarik adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan repeat order. Dengan memberikan voucher diskon atau program buy 1 get 1, pelanggan akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian berulang kali. Hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan promo bundling untuk meningkatkan repeat order. Dengan memberikan produk tambahan secara gratis atau dengan harga yang lebih murah, pelanggan akan merasa lebih tertarik untuk melakukan pembelian berulang kali. Promo bundling juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Jadi, pastikan Anda selalu memiliki promo-promo menarik yang dapat membuat pelanggan tidak kabur dari toko Anda.

Baca juga: 8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya

3. Tepat Waktu dalam Pengiriman

Tidak ada konsumen yang mau melakukan repeat order jika Anda tidak bisa menepati janji kepada konsumen Anda. Untuk itu, toko online harus memastikan bahwa proses pemesanan dan pengiriman barang berjalan dengan lancar.

Ketepatan waktu dalam durasi pengiriman barang adalah hal yang sangat penting bagi toko online. Hal ini karena pelanggan pasti akan merasa kecewa jika produk yang mereka beli tidak sampai tepat waktu. Oleh karena itu, janji yang Anda berikan kepada konsumen harus dijaga dengan baik, termasuk dalam hal ketepatan waktu pengiriman. Walaupun hal ini tampak sepele, namun akan membuat konsumen untuk melakukan pertimbangan untuk melakukan repeat order atau tidak.

4. Sediakan Proses Transaksi yang Mudah

Kemasan atau packaging adalah salah satu faktor yang mampu memberikan rasa kepuasan pada konsumen. Untuk itu, jika Anda membungkus suatu produk secara asal, hampir bisa dipastikan konsumen akan menilai Anda sebagai penjual yang tidak memiliki niat besar untuk berjualan.

Oleh karena itu, jika kalian memiliki toko, mulai dari sekarang berusahalah untuk memberikan kemasan yang bagus dan rapi agar memang indah untuk dipandang oleh konsumen. Hal ini juga nantinya akan menjadi penunjang hematnya suatu biaya promosi.

5. Optimasi Media Sosial Anda

Tidak hanya menjadikan media sosial usaha Anda jadi lebih dekat dengan konsumen, tetapi juga bisa memicu konsumen yang sama untuk berbelanja lagi di tempat Anda sekaligus menggaet lebih banyak konsumen baru karena testimoni dari konsumen yang sudah pernah mencoba produk tersebut.

Konten-konten media sosial Anda juga bisa dioptimalkan untuk tujuan repeat order. Sesederhana me-repost unggahan konsumen tentang produk Anda atau post testimoni serta review dari customer Anda misalnya.

Selain itu, manfaatkan teknologi untuk mengelola bisnis dengan menggunakan software kasir Beepos, dengan fitur loyalty member hingga laporan keuangan dengan mudah dan gampang.

Setting Promosi Semua Cabang Terpusat Dengan Beepos

Jadi, Sudah siap kebanjiran orderan ulang dari semua pelanggan Anda? Gunakan Software Akuntansi Beecloud untuk meningkatkan performa bisnis Anda, Coba GRATIS sekarang juga

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Hard Selling Adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Strateginya
Dalam dunia pemasaran, hard selling atau penjualan langsung adalah teknik yang digunakan untuk mempengaruhi calon konsumen agar segera membeli produk
Baca Juga
7 Contoh Nota Penjualan dan Cara Buat Nota Penjualan
Berikut contoh nota penjualan yang bisa Anda jadikan referensi saat membuat nota penjualan untuk toko, warung atau usaha lainnya. Terdapat
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan
Baca Juga
Tindakan Ekonomi Adalah: Tujuan, Motif, dan Contohnya
Tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan yang mencakup kepentingan setiap individu untuk memenuhi segala jenis kebutuhan dalam hidupnya. Di dalam proses
Baca Juga
Memahami Apa itu Retail, Fungsi dan Contoh Bisnis Retail
Pengertian Retail Ritel atau disebut juga retail adalah kegiatan memasarkan barang ataupun jasa dalam satuan atau eceran secara langsung kepada
Baca Juga
Nirlaba Adalah: Defisini, Ciri-ciri sampai Contoh
Istilah nirlaba adalah hal yang biasanya merujuk pada sebuah perusahaan atau organisasi. Istilah nirlaba merujuk kepada hal-hal yang bersifat tidak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu