🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Buka kedai kopi perlu menggali informasi lebih dalam agar mengenal jenis kopi mana yang paling laris dipasaran, simak disini informasinya
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika dilakukan dengan serius. Sebab, memang tidak mudah membangun bisnis kedai kopi.

Rasa nikmat serta bau harum dari secangkir kopi dinilai dapat menambah semangat dalam beraktivitas. Kini, berkat adanya kedai kopi yang mudah ditemukan dimana saja, para penikmat kopi semakin mudah menemukan berbagai macam varian kopi sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Baca Juga: Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

Jenis Kopi Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Buka Bisnis Kedai Kopi Inilah Jenis jenis Kopi Yang Laris di Pasaran

Buka Bisnis Kedai Kopi Inilah Jenis jenis Kopi yang Laris di Pasaran (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa jenis kopi laris dipasaran cocok untuk jadi peluang bisnis kekinian:

1. Espresso

Penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi ekspreso. Espresso adalah salah satu jenis kopi yang menjadi dasar bagi banyak minuman kopi kekinian.

Metode penyeduhan espresso melibatkan penggunaan mesin espresso yang menghasilkan tekanan tinggi untuk mengekstraksi kopi dari bubuk kopi dengan cepat. Proses ini menghasilkan kopi yang pekat, kaya, dan memiliki lapisan krima yang lezat. Rasanya sangat kuat dan konsentrat, menghadirkan karakteristik biji kopi dengan jelas.

2. Cappuccino

Berikutnya adalah Cappuccino, jenis minuman kopi yang terdiri dari tiga komponen utama: espresso, susu steamed, dan busa susu. Rasio antara espresso, susu, dan busa susu biasanya seimbang.

Ketika minuman ini disajikan, lapisan busa susu berada di atas espresso dan susu. Rasanya lembut, krimi, dengan sentuhan kopi yang kuat. Cappuccino biasanya disajikan dalam cangkir berukuran sedang.

3. Latte

Berikutnya ada jenis kopi latte, minuman kopi yang terdiri dari espresso dan susu steamed. Perbandingan antara espresso dan susu biasanya lebih banyak pada bagian susu.

Rasanya lembut, creamy, dengan rasa kopi yang halus. Ketika disajikan, latte memiliki lapisan susu steamed di atas espresso. Biasanya, barista juga membuat latte art dengan menggambar pola atau gambar pada permukaan minuman menggunakan susu.

4. Macchiato

Sekanjutnya ada Macchiato , jenis kopi yang terdiri dari espresso dengan tambahan sejumput susu steamed di atasnya. "Macchiato" dalam bahasa Italia berarti "bercoret" atau "bermacam-macam".

Dalam konteks minuman kopi, ini merujuk pada tambahan sejumput susu yang memberikan sedikit kelembutan pada rasa espresso yang kuat. Macchiato memiliki rasa kopi yang pekat dengan sentuhan susu yang lebih ringan.

5. Flat White

Jenis minuman kopi ini mirip dengan latte, tetapi dengan perbandingan susu yang berbeda. Flat White memiliki lebih sedikit susu dibandingkan latte, sehingga rasa kopi lebih menonjol dengan lapisan susu yang halus di atas espresso. Minuman ini populer di Australia dan Selandia Baru, dan semakin banyak diminati di berbagai negara.

6. Cold Brew

Hampir sama dengan jenis kopi yang lainnya, Cold Brew merupakan minuman kopi dengan metode penyeduhan kopi yang melibatkan perendaman biji kopi dalam air dingin selama beberapa jam atau semalam.

Proses ini menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih lembut, rendah asam, dan sedikit lebih manis daripada metode penyeduhan panas. Cold brew sering disajikan dengan es, dan bisa dikreasikan dengan tambahan sirup atau susu untuk variasi rasa. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati dalam cuaca panas.

7. Nitro Cold Brew

Jika ada Cold Brew maka ada versi Nitro Cord Brew, dimana Nitro Cold Brew adalah variasi dari cold brew yang diberi tambahan nitrogen selama proses penyeduhan. Nitrogen memberikan efek karbonasi pada kopi, menghasilkan gelembung kecil dan berlapis krima yang mirip dengan tampilan bir nitrogen. Hasilnya adalah kopi yang memiliki tekstur yang lembut, krimi, dengan cita rasa yang kaya. Nitro Cold Brew sering disajikan dari keran yang menyerupai keran bir.

8. Pour Over

Selanjutnya ada Pour over, miniman kopi dengan metode penyeduhan yang melibatkan proses menuangkan air panas secara perlahan-lahan ke atas bubuk kopi dalam alat penyaring kertas. Metode ini memungkinkan air panas meresap secara merata ke dalam bubuk kopi, menghasilkan ekstraksi yang terkontrol.

Pour over menghasilkan kopi dengan keasaman yang seimbang, aroma yang kuat, dan rasa yang terdefinisi dengan baik. Banyak penggemar kopi yang menyukai metode ini karena memungkinkan eksperimen dan kebebasan dalam mengatur variabel penyeduhan.

9. Flavored Coffee

Jenis Kopi

Flavored Coffee adalah minuman kopi yang ditambahankan rasa atau aroma buah, rempah-rempah, atau cokelat (Credit: Freepik.com)

Berikutnya adalah jenis kopi Flavored coffee, dimana kopi ini akan ditambahankan rasa atau aroma buah, rempah-rempah, atau cokelat. Biji kopi biasanya direndam atau dicampur dengan bahan tambahan ini untuk menghasilkan rasa yang unik dan menarik.

Beberapa contoh rasa yang populer adalah vanila, karamel, cokelat mint, dan hazelnut. Flavored coffee memberikan variasi rasa yang menarik dan bisa menjadi pilihan bagi pecinta kopi yang mencari sensasi baru dalam menikmati minuman kopi.

10. Single-Origin Coffee

Tidak lengkap rasanya jika memulai bisnis kedai kopi tidak menyediakan jenis ini, dimana Single-origin coffee adalah kopi yang berasal dari satu wilayah atau negara tertentu, dan sering kali dari petani kopi spesifik. Minuman ini menekankan karakteristik unik yang dimiliki oleh biji kopi dari wilayah tertentu.

Setiap daerah atau negara memiliki kondisi tanam yang berbeda, termasuk tanah, iklim, dan proses pengolahan. Hal ini menyebabkan perbedaan dalam rasa, aroma, dan profil cita rasa yang ditawarkan oleh biji kopi dari setiap wilayah.

11. Es kopi dengan Tambahan Susu

Ternyata, es kopi susu inilah yang menjadi cikal bakal dari beragam varian minuman kopi  modern yang dijual hingga sekarang. Cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan susu dan gula dalam kopi yang akan disajikan. Meski terkesan mudah, kualitas kopi, susu, serta gula yang digunakan haruslah yang terbaik.

Dengan kualitas kopi arabika, susu, serta gula aren yang terbaik maka dapat dihasilkan minuman es kopi susu yang nikmat dan cocok di lidah masyarakat. Alhasil, es kopi susu buatan Anda akan laris manis di pasaran. Selain memperhatikan kualitas bahan-bahannya, para barista juga akan melakukan berbagai ekseprimen untuk menghasilkan cita rasa es kopi yang maksimal.

Baca JugaMau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

12. Kopi Artisan

Kopi artisan adalah minuman kopi yang dipesan khusus untuk dibawa pulang atau take away. Kopi artisan agak sedikit berbeda dari minuman kopi lainnya. Selain harganya yang cenderung lebih mahal daripada minuman kopi pada umumnya, kopi artisan juga sangat diperhatikan dalam setiap proses pengolahannya hingga menjadi minuman kopi yang nikmat dan berbau harum.

Tidak banyak kedai kopi yang menjual kopi artisan karena pembuatannya yang dianggap cukup sulit, sehingga kopi artisan tidak setenar minuman kopi lainnya. Biasanya kedai kopi yang menjual kopi artisan ini mengusung konsep yang unik dan nyaman. Walaupun harganya mahal, rupanya hal itu tak menyurutkan minat para pecinta kopi untuk memburu kopi artisan ini.

Baca Juga5 Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal

13. Es kopi dengan Variasi yang Unik

Selain es kopi susu, ada juga es kopi dengan variasi yang unik. Kunci utama dalam pembuatan es kopi ini adalah variasi dari campuran topping yang ditambahkan ke minuman es kopi tanpa menghilangkan rasa kopi itu sendiri, misalnya rum, coklat, pandan, dan sari bunga. Campuran berbagai topping ini dimaksudkan untuk memberikan kesan berbeda ketika meminumnya.

Es kopi jenis ini ternyata tak sepi peminat. Meskipun ada saja yang masih menyukai minuman kopi yang asli, tidak sedikit orang yang ingin merasakan pengalaman berbeda ketika meminum segelas es kopi variasi ini. Bagi Anda yang suka hal baru dan tak biasa, es kopi dengan variasi yang unik ini tak boleh terlewatkan begitu saja.

Peluang usaha berbisnis kopi sebenarnya terbuka lebar jika Anda jeli dalam melihat peluang yang ada. Setelah menemukan peluang yang tepat, Anda juga perlu mempersiapkan segala jenis bahan pembuatan minuman kopi dengan kualitas yang terbaik alias nomor wahid.

Pakai Beepos, Jadikan Bisnis Kedai Kopi Makin Kekinian

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan web

Jangan lupa gunakan aplikasi kasir cafe dari Beepos untuk memberikan pelayaan terbaik untuk konsumen Anda, sehingga tidak hanya cita rasa saja yang akan memanjakan pelanggan namun juga pelayanannya.

Mulai dari fotur kasir cepat, pencatatan, pembukuan, program loyalitas seperti diskon dan jenisnya hingga laporan akuntansi, karena Beepos sudah terintegrasi dengan software akuntansi. Pakai Beepos tentunya bisa untuk metode pembayaran apa saja jadikan bisnis lebih mudah dan kekinian. Yuk dapatkan

Rajin-rajinlah melakukan eksperimen untuk menciptakan produk baru yang istimewa. Jangan sampai para pelanggan merasa kecewa dan tidak puas dengan minuman kopi buatan Anda. Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan minuman kopi yang cocok dengan peluang Anda?

Artikel Terkait

Benefit adalah Keuntungan, Ini Pengertiannya dalam Dunia Kerja
Jika diartikan secara bahasa benefit adalah keuntungan, sedangkan dalam dunia kerja benefit juga diartikan sebagai keuntungan. Namun keuntungan ini mengarah
Baca Juga
Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?
Anda sedang tertarik untuk cari ide jualan makanan kekinian di 2023, tetapi Anda tidak tahu makanan apa yang menarik untuk
Baca Juga
5+ Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal
Di kota-kota besar, pastinya anda sangat mudah menemukan bisnis kedai kopi dengan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang
Baca Juga
Pakai Software Akuntansi RM Padang, Bisnis Jadi Lebih Efektif
  Software akuntansi padang belakangan menjadi obrolan ramai di jagat dunia maya. Tidak lain tidak bukan adalah andil para pengusaha
Baca Juga
Lengkap! 10 Ide Bisnis Makanan Ringan, Logo, Stiker & Tipsnya
Anda pasti pernah merasakan kelezatan makanan ringan, bukan? Snack adalah teman setia saat Anda ingin menikmati camilan ringan di antara
Baca Juga
17+ Ide Usaha Makanan Kekinian yang Lagi Viral 2024
Dalam era modern yang penuh dengan inovasi kuliner, usaha makanan kekinian menjadi sorotan utama bagi para penggemar kuliner yang selalu
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu