Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 November 2019

Sebetulnya sudah tidak asing lagi bagi setiap perusahaan tentang apa itu laba rugi. Setiap perusahaan pasti memiliki laporan keuangan yang mana di dalamnya berisikan informasi terkait dengan laba dan rugi dari perusahaan itu sendiri. Maka dari itu laba rugi menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh siapapun yang punya perusahaan atau yang akan merintis perusahaan baru.

Lalu apa sih sebenarnya laba rugi itu dan bagaimana cara untuk membuatnya? Berikut ini akan kami ulas satu per satu untuk Anda. Selamat menyimak.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan

Pengertian Laba Rugi

apa itu laba rugi

Contoh Laba Rugi (Sumber: Beecloud.id)

Apa itu Laba Rugi? Laporan laba rugi atau income statement ada disebut juga profit and loss statement merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan pada suatu perusahaan tertentu yang mana akan dihasilkan dalam satu periode akuntansi.

Laporan laba rugi tersebut akan menjabarkan terkait dengan unsur-unsur pendapatan serta beban perusahaan tersebut sehingga nantinya akan menghasilkan suatu laba maupun rugi bersih.

Laporan laba rugi yang akan di susun oleh suatu perusahaan tertentu harus terdiri dari struktur pendapatan di dalam periode berjalan dan juga semua beban yang ada baik itu bahan usaha atau juga beban diluar usaha.

Lalu apa saja unsur-unsur di dalam laporan laba rugi yang harus disertakan?

  • Pendapatan dari hasil penjualan kurangi beban pokok dari penjualan tersebut
  • Laba atau rugi kotor dikurangi dengan beban usaha
  • Laba atau rugi usaha ditambah atau juga dikurangi dengan penghasilan atau beban lainnya
  • Laba atau rugi sebelum pajak dikurangi dengan beban pajak
  • Laba atau rugi bersih

Software Akuntansi Laporan Sekali Klik

Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan penyusunan laporan laba rugi suatu perusahaan:

  • Cara pertama untuk melakukan penyusunan laporan laba rugi perusahaan tentunya harus membuat jurnal transaksi terlebih dahulu.Apabila memiliki kaitan dengan laba dan rugi itu artinya menggunakan akun beban, pendapatan dan juga turunannya.
  • Posting transaksi tersebut ke dalam buku besar
  • Susunlah laporan laba rugi yang ada di dalam rangkaian siklus akuntansi setelah selesai menyusun jurnal penyesuaian dan neraca saldo atau juga setelah selesai menyusun neraca lajur atau kertas kerja.
  • Laporan laba rugi disusun setelah melakukan penyusunan kertas kerja dikarenakan sumber yang ada pada penyusunan laporan laba rugi tersebut asalnya dari kolom laba rugi yang ada di dalam kertas kerja.Dalam melakukan penyusunan laporan laba rugi perusahaan tersebut maka hanya dengan mengutip seluruh saldo akun beban dan juga pendapatan yang ada di dalam kolom laba rugi dalam kertas kerja.
  • Sebelum melakukan penyusunan laporan laba rugi perusahaan, Anda harus mengetahui format dari laporan laba rugi tersebut. Format laporan laba rugi secara sederhana yaitu di atas laporan harus tertera tulisan berupa identitas perusahaan, jenis laporan serta periode.Kemudian di bawahnya harus memuat tiga komponen pokok yakni beban total, pendapatan total serta laba dan rugi. Jadi komponen-komponen tersebut yang nantinya akan menjadi inti dari laporan yang akan disampaikan di dalam laporan laba rugi perusahaan tersebut.
  • Komponen utama dan komponen pendapatan bisa dikutip langsung dari kertas kerja yang ada di dalam kolom laba rugi perusahaan. Sedangkan untuk Komponen laba rugi sendiri adalah selisih dari total beban dan juga total pendapatan.Jadi jika total pendapatan tersebut lebih besar dibandingkan dengan total beban, maka di situlah akan terjadi laba dan begitu pula sebaliknya jika total pendapatannya lebih kecil dibandingkan dengan total beban di situlah akan terjadi rugi.
  • Apabila laporan laba rugi tersebut sudah selesai, kemudian pihak yang berkepentingan bisa melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan tersebut.

Jadi setelah cara untuk menyusun laporan laba rugi yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tentunya yang harus membuat laporan laba rugi adalah orang yang paham terkait dengan pembuatan laporan tersebut. Apakah terhitung semoga artikel di atas bisa memberikan penjelasan dan pemahaman kepada Anda terkait dengan laporan laba rugi. Semoga bermanfaat.

Neraca Keuangan Perusahaan, Pokok Vital Penentuan Kebijakan
Sebuah perusahaan baik yang masih berkembang atau yang telah maju wajib memiliki neraca keuangan yang dilaporkan setiap bulannya. Neraca keuangan […]
Baca Juga
Kenali 5 Fungsi dan Tujuan Perusahaan Menggunakan Nota Kredit
Salah satu dokumen yang harus dimiliki dalam proses berbisnis adalah credit note atau nota kredit. Nota ini dijadikan sebuah bukti […]
Baca Juga
Tentang Neraca Keuangan, Contoh, Cara membuat dan Fungsinya
Contoh neraca menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Selain itu, neraca keuangan juga selalu berhubungan dengan bidang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu