Logo Bee Web

Apa itu Laba Rugi? Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Apa itu Laba Rugi? Laporan laba rugi adalah gambaran tentang kinerja keuangan perusahaan dengan membandingkan pendapatan dengan biaya beban
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 November 2019

Bagi seorang pengusaha apa itu laba rugi pastinya sudah tidak asing lagi. Dimana setiap perusahaan pasti memiliki laporan keuangan yang mana didalamnya berisikan informasi terkait dengan laba dan rugi dari perusahaan itu sendiri.

Maka dari itu laba rugi menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh siapapun yang punya perusahaan atau yang akan merintis perusahaan baru.

Lalu apa sih sebenarnya laba rugi itu dan bagaimana cara untuk membuatnya? Berikut ini akan kami ulas satu per satu untuk Anda. Selamat menyimak.

Apa Itu Laba Rugi? Laba Rugi Adalah ...

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Apa itu Laba Rugi? Dalam artikel ini penjelasan lengkapnya (Credit: Freepik.com)

Apa itu Laba Rugi? Laporan laba rugi atau income statement adalah salah satu bagian dari laporan keuangan pada suatu perusahaan tertentu yang mana akan dihasilkan dalam satu periode akuntansi.

Laporan ini memberikan gambaran tentang kinerja keuangan perusahaan dengan membandingkan pendapatan dengan biaya untuk menentukan apakah perusahaan mengalami laba atau rugi selama periode tersebut.

Dalam laporan laba rugi berisi tentang pendapatan operasional, biaya operasional, pendapatan non-operasional, dan biaya non-operasional untuk menghasilkan laba bersih atau rugi bersih. Laporan ini merupakan salah satu elemen utama dalam menyusun laporan keuangan suatu entitas.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah dan Lengkap

Unsur-Unsur Laporan Laba Rugi

Dalam laporan akuntansi terdapat 4 unsur utama, yakni:

1. Revenue (Pedapatan)

Pendapatan adalah jumlah uang atau nilai ekonomis yang diperoleh perusahaan dari penjualan barang atau jasa kepada pelanggan selama suatu periode waktu. Pendapatan merupakan salah satu indikator utama pertumbuhan dan keberhasilan operasional perusahaan.

2. Expenses (Beban)

Beban merujuk pada pengeluaran atau biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menjalankan operasionalnya. Beban melibatkan semua biaya yang terkait dengan produksi barang atau penyediaan jasa, termasuk biaya operasional, gaji karyawan, bahan baku, dan biaya administratif.

3. Profit (Keuntungan)

Keuntungan adalah selisih positif antara pendapatan dan beban perusahaan selama suatu periode waktu tertentu. Keuntungan mencerminkan laba bersih yang diperoleh perusahaan setelah mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan kegiatan operasionalnya.

4. Loss (Kerugian)

Kerugian terjadi ketika total beban melebihi pendapatan perusahaan, sehingga perusahaan mengalami selisih negatif. Kerugian mencerminkan bahwa perusahaan tidak mencapai laba bersih selama periode tertentu, dan hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti biaya yang tinggi atau penurunan pendapatan.

Elemen-elemen ini saling terkait dan bersama-sama membentuk laporan laba rugi, yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja finansial perusahaan selama periode waktu tertentu.

Laporan ini penting untuk membantu pemangku kepentingan, seperti pemilik, investor, dan manajemen, dalam mengambil keputusan strategis terkait dengan operasional dan keuangan perusahaan.

Cara Menyusun Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi Bee

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Software Akuntansi Beeaccounting (Credit: Bee.id)

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan penyusunan laporan laba rugi suatu perusahaan:

1. Buat Jurnal Transaksi

Awali dengan mencatat transaksi keuangan perusahaan dalam jurnal. Pastikan transaksi yang terkait dengan laba dan rugi menggunakan akun beban, pendapatan, dan turunannya.

2. Posting Transaksi ke Buku Besar

Lanjutkan dengan memposting transaksi ke buku besar. Ini melibatkan transfer informasi dari jurnal ke buku besar untuk setiap akun yang terlibat.

3. Penyusunan Jurnal Penyesuaian dan Neraca Saldo

Setelah itu, susun jurnal penyesuaian dan neraca saldo sebagai bagian dari siklus akuntansi. Jurnal penyesuaian digunakan untuk memperbarui catatan keuangan sebelum menyusun laporan laba rugi.

4. Penyusunan Neraca Lajur atau Kertas Kerja

Selanjutnya, susun neraca lajur atau kertas kerja sebagai langkah persiapan sebelum menyusun laporan laba rugi. Kertas kerja ini mencakup kolom laba rugi sebagai sumber utama informasi.

5. Penyusunan Laporan Laba Rugi

Susun laporan laba rugi setelah menyelesaikan penyusunan jurnal penyesuaian dan neraca saldo. Ambil seluruh saldo akun beban dan pendapatan dari kolom laba rugi dalam kertas kerja.

6. Pahami Format Laporan Laba Rugi

Sebelum menyusun laporan, pahami format laporan laba rugi. Pastikan identitas perusahaan, jenis laporan, dan periode tertera dengan jelas di bagian atas laporan. Komponen utama melibatkan beban total, pendapatan total, dan laba atau rugi.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Berbagai Usaha Lengkap dengan Caranya

7. Gunakan Software Akuntansi

Cara mudah lainnya dalam menyusun laporan laba rugi adalah dengan amanfaatkan software akuntansi seperti Beeaccounting untuk mempermudah penyusunan laporan laba rugi. Software ini membantu dalam mengotomatisasi proses, mempercepat pencatatan, dan menyediakan laporan keuangan dengan akurasi tinggi.

Gunakan fitur-fitur software untuk memastikan keseluruhan proses berjalan efisien, serta memudahkan pihak yang berkepentingan dalam menilai kinerja perusahaan. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkanya!

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Tips Akuntansi untuk Anda Pengusaha Bisnis Minimarket
Tips Akuntansi Minimarket - Dalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang
Baca Juga
Apa Perbedaan Expense dan Cost? Begini Penjelasannya
Expense adalah beban yang timbul atas berbagai faktor. Sehingga terbagi atas beberapa jenis. Dalam pembuatan laporan keuangan, tentu akan terdiri
Baca Juga
5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya
Apakah Anda pernah mendengar profesi akuntansi publik? Profesi tersebut menyediakan jasa untuk melakukan kegiatan akuntansi yang berbentuk swasta dengan mematuhi
Baca Juga
Laba Ditahan Adalah: Ciri, Contoh dan Cara Menghitungnya
Laba ditahan adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam laporan keuangan perusahaan. Secara pengertian jenis laba ini sengaja untuk
Baca Juga
Berapa Gaji Kasir Cafe dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Gaji kasir cafe merupakan salah satu peran penting dalam industri cafe. Kasir tidak hanya melakukan transaksi pembayaran dengan pelanggan, namun
Baca Juga
Apa Itu Rekonsiliasi Bank? Cek Penjelasan Rekonsiliasi Adalah
Rekonsiliasi adalah penyesuaian yang dikenal dalam istilah perbankan dan akuntansi. Proses ini penting untuk mencegah kerugian perusahaan, ketahui artinya di
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu