Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Apa itu Kasir Cafe? Tugas dan Program Kasir Terbaik 2022

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 21 February 2022

Kasir cafe merupakan sebuah pekerjaan yang banyak orang minati. Jika diperhatikan mungkin ada yang mengira bahwa ini pekerjaan yang mudah karena hanya menerima dan menghitung uang dari pelanggan. Tapi jangan salah, sebenarnya pekerjaan ini juga bisa mempengaruhi kesehatan bisnis.

Bagaimana tidak, segala pemasukan dari penjualan setiap produk diterima kasir terlebih dahulu lalu selanjutnya akan disetor ke bagian keuangan. Jika tidak jeli dalam menghitung, ada kemungkinan bahwa bisnis mengalami kerugian.

Apa itu Kasir?

apa-itu-kasir-cafe

Memahami Definisi Kasir Photo by Robert Bye on Unsplash

Kasir adalah orang yang punya tanggung jawab dalam melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan dan memasukkan uang kedalam sebuah mesin kasir. Pekerjaan ini umumnya dapat Anda jumpai di toko swalayan, minimarket, mall, cafe, dan berbagai toko lainnya. Selain itu, kasir juga memfasilitasi transaksi yang dilakukan pelanggan dengan bentuk pembayaran berupa tunai atau non-tunai.

Seperti yang sudah disinggung di atas, pekerjaan sebagai kasir nyatanya tidak segampang yang dibayangkan. Profesi ini punya peran penting dalam sebuah bisnis, karena merupakan salah satu bagian yang sering melakukan transkasi dengan pelanggan. Artinya setiap pelanggan yang membeli produk di toko atau cafe harus melalui kasir untuk melakukan pembayaran.

Pertemuan dengan customer ini yang menjadi bagian terpenting. Karena pelayanan yang diberikan oleh seorang kasir dapat mempengaruhi pengalaman berbelanja pelanggan. Tapi apakah pekerjaan seorang kasir hanya dengan melayani pelanggan yang bertransaksi? Tentu tidak, mari kita bahas bersama.

Apa Saja Tugas Kasir Cafe?

apa-saja-tugas-kasir-cafe

Tugas Kasir Tihak Hanya Menerima Pembayaran Photo by Christiann Koepke on Unsplash

  • Memastikan mesin kasir berfungsi dengan baik
    Mesin kasir berperan sebagai mesin hitung dan juga tempat penyimpanan uang. Jika mesin kasir tidak berfungsi dengan baik, maka ini bisa saja menimbulkan risiko salah hitung atau kehilangan uang.
  • Cek dan hitung ulang uang modal kasir
    Sebelum memulai shift kasir, biasanya pihak kasir diberikan uang modal sebagai kembalian uang dari pelanggan. Pekerjaan kasir adalah untuk memastikan bahwa uang yang telah bertambah maupun berkurang sudah sesuai dengan kondisinya.
  • Menerima pesanan
    Seorang kasir sangat sering melakukan transaksi dengan pelanggan. Menerima pesanan adalah salah satu tanggung jawabnya. Melakukan proses transaksi dan melakukan pengemasan produk yang diberi pelanggan juga menjadi pekerjaannya.
  • Melakukan transaksi dengan baik, ramah, cepat, dan akurat
    Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik, maka seorang kasir haruslah melakukan transaksi dengan baik, ramah, cepat, serta akurat. Siapa sih yang tidak ingin diberikan pelayanan yang terbaik?
  • Memberi informasi mengenai produk
    Menyampaikan detail produk, fungsi, dan menyampaikan promo juga menjadi pekerjaan kasir. Ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan.
  • Memberikan pelayanan yang ramah
    Memiliki sifat yang ramah sangat wajib hukumnya bagi seorang kasir. Ini berpotensi untuk mendatangkan kembali pelanggan yang telah berkunjung ke cafe karena telah mendapatkan pelayanan yang ramah.
  • Mendata dan menyimpan barang milik pelanggan yang ketinggalan
    Suatu hal yang memungkinkan apabila barang yang dimiliki pelanggan tertinggal di cafe yang telah mereka kunjungi. Untuk memberikan kesan yang jujur kepada pelanggan, maka tugas kasir adalah mendata dan menyimpan barang milik pelanggan, lalu dikembalikan apabila mereka berkunjung kembali ke cafe kita.
  • Menutup kasir
    Apabila operasional cafe sudah menunjukkan waktu untuk tutup, maka tugas kasir adalah menutup pendapatan harian pada mesin kasir.
  • Menghitung pendapatan harian
    Setelah menutup kasir, selanjutnya adalah menghitung pendapatan harian. Ini bisa dilakukan menggunakan mesin kasir yang digunakan. Apabila tidak memiliki, maka akan merepotkan karena harus menghitung secara manual.
  • Memantau pengeluaran cafe
    Jika seharian ada beberapa pengeluaran yang terjadi di tempat usaha, maka itu juga harus diperhatikan. Setiap pengeluaran dan juga pendapatan harus dihitung begitu operasional usaha dalam seharian sudah selesai.
  • Serah terima modal dengan kasir berikutnya (apabila ada shift)
    Apabila terdapat beberapa shift kasir, maka tugas kasir lainnya adalah serah terima modal atau kondisi keuangan dalam mesin kasir kepada petugas kasir pada shift selanjutnya.

Baca Juga: Tips Memilih Software Toko Program Kasir Terbaik untuk Usaha Anda

Software Program Kasir Cafe untuk Memudahkan Kasir Hitung Laporan Harian

Dalam memudahkan pekerjaan kasir, terdapat berbagai software kasir yang memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan seorang kasir. Seperti halnya mencatat transaksi penjualan, mencatat pengeluaran, mengupdate stok, sampau menghitung keuangan secara menyeluruh dapat dilakukan dengan software. Berikut rekomendasi software terbaik yang cocok untuk kasir.

1. Program Kasir Cafe Beepos

software-program-cafe-tampilan-beepos

Tampilan Program Kasir Beepos Desktop (Sumber: Bee.id)

Salah satu software kasir dekstop terbaik yang sangat memudahkan pekerjaan kasir adalah Beepos. Sebuah software kasir online yang didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan.

Keunggulan dari Beepos sangat beragam. Mulai dari keamanan, kecepatan dan kemudahan, kontrol stok harian, kontrol banyak cabang (jika memiliki cabang), bahkan bisa digunakan ketika internet sedang tidak bisa digunakan.

2. Program Kasir Cafe Beepos Mobile

software-software-cafe-tampilan-beepos-mobile

Tampilan Program Kasir Beepos Mobile (Sumber: Bee.id)

 

Ini adalah versi mobile dari Beepos. Jika Anda menggunakan perangkat yang lebih minimalis atau portable, Anda juga bisa menggunakan handphone sebagai kasir cafe Anda. Tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membeli komputer dekstop, cukup bermodalkan handphone dan juga Beepos Mobile.

Memiliki fitur yang sama dengan versi dekstop, Beepos Mobile sangat fleksibel untuk digunakan karena lebih ringkas.

Tips Memilih Program Kasir Cafe Terbaik

Jika Anda bingung dalam memilih berbagai program kasir untuk cafe Anda, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda simak.

1. Mencari Tahu dan Membandingkan Program Kasir Cafe

Setiap program kasir tentu memiliki plus minusnya. Pelajari setiap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap prgram kasir. Melakukan perbandingan juga boleh untuk mendapatkan pilihan yang tepat dalam memilih program kasir.

2. Sesuaikan dengan Budget

Beragam program kasir yang memiliki fitur yang berbeda-beda, tentu memiliki harga yang sesuai dengan kondisi program kasirnya. Sesuaikan budget Anda dengan program kasir yang nantinya Anda pilih. Untuk menghemat modal, disarankan memilih program kasir yang murah tapi punya banyak fitur yang sesuai kebutuhan Anda.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

program-laporan-penjualan-lengkap

Di Beepos Tersedia Laporan Penjualan Lengkap (Sumber: Bee.id)

Dalam memilih program kasir, Anda harus mengetahui kebutuhan apa saja yang dapat melancarkan bisnis cafe. Setelah Anda sudah mencatat apa saja kebutuhan yang diperlukan, maka Anda bisa mempelajari berbagai program kasir yang tersedia. Pastikan setiap kebutuhan Anda terjawab oleh program kasir yang tersedia.

4. Pilih Fitur yang Anda Butuhkan

Saat mempertimbangkan kebutuhan kasir Anda, selanjutnya pilihlah fitur yang bisa memudahkan pekerjaan kasir. Selain menjawab kebutuhan cafe Anda, kelebihan lain dari sebuah program kasir menjadi sebuah keuntungan bagi Anda.

5. Akurat, Cepat, Aman

Jika hanya mengandal fitur, untuk faktor keamanan, kecepatan, dan keakuratan bisa saja tidak terjamin. Anda harus memastikan bahwa pogram kasir yang Anda pilih sangat bisa diandalkan mengenaik kecepatan, keamanan dan keakuratannya.

6. Support Profesional

Jika mengalami masalah di tengah pemakaian, dukungan pelayanan juga sangat dibutuhkan. Tidak banyak program kasir yang memberikan jasa support profesional. Jadi, pastikan Anda juga mempertimbangkan hal ini.

7. Baca Testimoni

Banyaknya pengguna program kasir yang dipilih juga menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Anda bisa melakukan pengecekan terhadap orang-orang yang sudah menggunakan program kasir tersebut, apalah memiliki feedback positif atau malah negatif.

Kesimpulan

Kasir adalah orang yang punya tanggung jawab dalam melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan dan memasukkan uang kedalam sebuah mesin kasir. Program kasir cafe sangat dibutuhkan untuk mendukung usaha Anda agar dapat berkembang. Dengan program kasir, pekerjaan kasir akan lebih mudah untuk dilakukan. Hal tersebut dapat meminimalisir kerugian dalam usaha Anda.

Pastikan Anda memilih program kasir yang tepat dengan berbagai fitur yang menjawab segala kebutuhan cafe Anda.

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam […]
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan […]
Baca Juga
Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu