Logo Bee Web

Contoh Kwitansi Pembayaran hingga Cara Membuatnya

Pahami penjelasan fungsi, contoh kwitansi pembayaran atau dikenal dengan bukti pembayaran hingga cara membuatnya supaya lebih mudah dan cepat.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 2 March 2023

Sebuah bukti penting dalam kegiatan perekonomian ialah kwitansi pembayaran dan contoh kwitansi pembayaran bisa Anda temukan di dalam artikel ini. Jenis kwitansi ini menjadi sebuah komponen penting.

Ini dikarenakan sebagai penunjuk pembayaran pada suatu aktivitas jual beli Anda. Hal ini untuk mencegah adanya kecurigaan yang bisa mengakibatkan masalah ke depatannya. Di dalam dunia akuntansi, kwitansi bisa memudahkan akuntan dalam mencatat seluruh arus kas.

Fungsi Kwitansi Pembayaran

Kwitansi pembayaran memiliki fungsi sebagai kekuatan hukum saat dibubuhi materai. Hal ini jika terjadi kondisi tertentu diperlukan dalam persidangan dokumen seperti selembar kertas sah. Selain itu, ada fungsi kwitansi pembayaran lainnya bagi pebisnis serta konsumen.

Menurut sarjanaekonomi.id Terdapat beberapa transaksi yang akan dapat menggunakan bukti kwitansi dalam pendatanganannya yang akan diwajibkan untuk disertai materai sebagai legalitas dari kwitansi yang akan dibuat sebagai bukti dari suatu transaksi.

Bagi Pebisnis

Kwitansi bisa digunakan untuk audit perusahaan. Pada umumnya, kwitansi mempunyai selembar copy yang disimpan oleh pemilik bisnis yang nantinya dipakai untuk mencocokkan antara barang yang telah terjual dengan nominal uang yang sudah didapat.

Fungsi Bukti Pembayaran Bagi Pebisnis

ilustrasi kwitansi pembayaran dari pebisnis (Credit: Freepik)

Selain itu, kwitansi juga memudahkan pencatatan arus kas baik kas masuk serta kas keluar di dalam pembukuan perusahaan. Pencatatan arus kas ini bermanfaat untuk perusahaan supaya bisa melihat kemampuan dalam beragam aspek, khususnya aspek operasional.

Bagi Konsumen

Bagi pembeli atau konsumen, fungsi dari kwitansi pembayaran ini untuk tanda bukti. bila pembeli tersebut sudah memberikan sejumlah uang, baik itu cicilan atau tunai sesuai nominal yang sudah disepakati. Oleh karena itu, Anda sebagai konsumen berhak meminta kwitansi ini.

Fungsi kedua adalah untuk klaim garansi barang. Beberapa produk tertentu mempunyai garansi yang terjamin 100%. Untuk proses klaimnya dilakukan jika ada kerusakan atau kualitas yang tidak sesuai dengan deskripsi produk, setelahnya membawa bukti kwitansi pembayaran.

Komponen-Komponen dalam Kwitansi Pembayaran

Ada beberapa komponen yang ada di dalam kwitansi pembayaran. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Namun, fungsi utamanya adalah sebagai tanda bukti yang sah di mata hukum untuk dipergunakan dengan baik.

1.Nomor Kwitansi

Nomor kwitansi ini bisa ditulis dengan angka atau huruf. Namun, bentuk penulisan sebelumnya sudah disepakati oleh kedua belak pihak supaya membedakan antara satu dengan lainnya.

2. Penulisan Tanggal serta Tempat Pembuatan Kwitansi

Penulisan untuk tanggal beserta tempat pembuatan kwitansi dilaksanakan secara terperinci karena menjadi poin penting bukti transaksi dalam melakukan pencatatan arus kas masuk serta keluar.

3. Penulisan Nama Pemberi, Penerima, serta Nama Produk

Nama pemberi serta penerima pembayaran transaksi wajib ditulis dengan jelas serta benar. Ini dikarenakan sebagai bukti kepada siapa jenis kwitansi pembayaran diberikan serta digunakan.

Sebelum mengetahui contoh kwitansi pembayaran, hal yang harus Anda ketahui adalah penulisan nama serta jenis produk yang detail dalam komponen kwitansi pembayaran. Anda wajib mengisi secara terperinci, jelas, serta benar.

Umumnya, kolom ini tercantum jenis barang, harga, hingga kualitas dari barang tersebut. Tujuannya menampilkan bukti secara sah tentang produk apa yang ditransaksikan oleh penjual serta pembeli.

4. Penulisan Jumlah Nominal dengan Detail

Nominal diisi tidak hanya angka melainkan juga bisa huruf. Untuk mata uang ditulis dengan lambang. Sedangkan untuk nominal angka bisa ditulis ke dalam bentuk kalimat yang Anda jabarkan.

5. Tujuan dari Transaksi Pembayaran yang Dilaksanakan

Fungsi penulisan tujuan ini menjelaskan tujuan apa transaksi tersebut dilaksanakan. Pastikan menulis tujuan secara jelas. Jika ada komplain darang barang yang telah diperjual belikan, pembeli bisa langsung melakukan klaim garansi dari produk yang sudah dibeli.

6. Penambahan Tanda Tangan, Materai, serta Stempel

Tanda tangan dibubuhi di bagian atas kwitansi sebagai bukti tanggung jawab atas kegiatan transaksi. Materai diberikan di atas kwitansi untuk memberikan korelasi hukum. Sedangkan stempel ini dari perusahaan untuk bukti sah pembayaran telah lunas.

Contoh Kwitansi Pembayaran

Sebagai bukti transaksi penting yang sah, kwitansi pembayaran memiliki beragam contoh. Berikut ini adalah contoh-contohnya, mulai dari yang word, mater, hutang, hingga contoh format dari kwitansi pembayaran.

1. Contoh Kwitansi Pembayaran Word untuk Formatnya

Pada saat ini kwitansi bisa dibuat secara mudah dengan beragam tools. Anda juga bisa membuat kwitansi pembayaran dengan format word sesuai yang ada di contoh di bawah ini untuk dipahami.

Contoh Kwitansi Pembayaran Word

2. Contoh Kwitansi Pembayaran dengan Materai

Ada beberapa jenis kwitansi yang menggunakan materai sebagai bukti yang sah. Salah satunya seperti contoh yang berada dibawah ini.

Contoh Kwitansi Pembayaran Materai3. Contoh Kwitansi Pembayaran Hutang

Anda bisa memakai kwitansi pembayaran yang ada. Lalu, kolom bertuliskan “Untuk Pembayaran”, Anda bisa isi pembayaran hutang. Jelaskan dengan rinci jenis hutangnya supaya penerima bisa paham dan segera mengesahkan lunas.

Contoh Kwitansi Hutang

 

4. Contoh Format Kwitansi Pembayaran

Format kwitansi pembayaran ini bisa Anda ikuti karena angka serta tanda tangan kedua belah pihak dicantumkan. Selain itu, tujuan pembayaran dijelaskan secara rinci sehingga pihak penerima pembayaran bisa paham.

Kwitansi Pembayaran

 

Berikut Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

Anda bisa membeli kwitansi yang sudah lengkap bagan atau tabel. Setelah itu, lengkapi kolom-kolom tertera satu per satu secara benar, jelas, serta terperinci supaya tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

1. Isi Nomor beserta Nama Lengkap dari Pemberi Uang

Nomor transaksi harus Anda isi secara jelas serta urut supaya bisa melacak secara mudah sewaktu-waktu. Setelahnya, isi nama lengkap dari pemberi uang secara lengkap di kolom bagian yang bertuliskan “Telah diterima dari”.

2. Tulis Jumlah Uang serta Tujuan Penyerahan

Kemudian, isi jumlah uang yang dibayarkan dalam bentuk angka di kolom uang sejumlah. Selanjutnya, isi dari tujuan penyerahan uang tersebut untuk mengetahui pembayaran secara tunai atau cicilan. Untuk tujuan pembayaran barang atau layanan.

3. Tulis Uang dalam Sebuah Kalimat dan Lengkapi Tempat Transaksi

Tidak hanya menulis uang dalam bentuk angka, Anda juga harus menulis dalam sebuah kalimat. Hal ini sebagai langkah pencegahan jika angka yang ditulis salah atau sulit dipahami. Kemudian, tulis juga tempat beserta tanggal dilakukannya transaksi di kanan bawah.

Tips Mudah Membuat Kwitansi

Setelah mengetahui cara membuatnya, Anda bisa juga mempelajari tips membuat kwitansi pembayaran secara mudah. Ada 2 tips yang bisa Anda lakukan.

1. Mencontoh Pembuatan Kwitansi dari Internet

Internet memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengeksplor hal-hal yang belum diketahui. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan kwitansi pembayaran. Ada banyak template di beragam website yang telah lengkap formatnya.

Setelah mengetahui contoh kwitansi pembayaran, Anda bisa melakukan tips membuat membuat kwitansi sebagai panduan. Anda hanya perlu mendownload untuk mendapatkan kwitansi pembayaran secara lengkap formatnya.

Contoh Kwitansi Pembayaran Dari Internet

contoh kwitansi pembayaran di google

Selain itu, Anda dapat memakai kumpulan template tersebut serta membuatnya menjadi sebuah buku kwitansi pembayaran yang kosong. Orang lain atau Anda sendiri bisa langsung gunakan.

Isi langsung secara manual dengan memperhatikan kolom-kolom yang sudah tertera tulisan sebagai panduan pengisian. Pastikan semua kolom terisi dengan benar, jelas, sera terperinci untuk memudahkan kebutuhan di masa mendatang.

2. Buat Kwitansi dengan Ms.Word serta Excel

Beberapa peralatan elektronik seperti komputer serta laptop dilengkapi dengan ms word serta excel. Anda bisa menggunakan keduanya untuk membuat kwitansi pembayaran secara mudah.

Untuk ms word, Anda bisa pakai kertas berukuran A6 dan buat kolom-kolom utama. Diantaranya, kop, nomor, diterima dari, nominal uang yang dibayarkan, terbilang, tujuan dari pembayaran, nama penerima, tanggal serta tempat, hingga kolom untuk tanda tangan.

Sedangkan untuk excel memiliki kegunaan utama. Space pada excel bisa dipakai memenuhi untuk menulis segala jenis serta jumlah barang saat proses pembelian dilakukan lebih dari 1 jenis produk barang.

Kesimpulan

Kwitansi pembayaran memiliki peran yang penting dalam aktivitas bisnis Anda. Selain itu, kwitansi juga bisa menjadi bukti yang sah dalam proses arus kas masuk serta keluar sehingga sangat memudahkan akuntan perusahaan dalam mencatat laporannya.

Untuk laporan akuntansi sendiri, Anda bisa menggunakan software akuntansi online bernama Beecloud. Software ini memudahkan pengerjaan pembukuan saat melakukan pencatatan keuangan.

Aplikasi Pembuatan Kwitansi Online Dengan Fitur Attachment

Bahkan Anda bisa menggunakan fitur kwitansi online dengan Beecloud, yang akan dengan cermat mencatat setiap transaksi aman dan terhindar dari manipulasi dan kebocoran data, serta bisa diakses dimana saja baik HP, Laptop atau Tablet.

Coba GRATIS Beecloud klik gambar di atas

Mengenal Indeks Harga sebagai Alat Ukur Penjualan
Anda tentu pernah mendengar istilah "indeks harga," tetapi apakah Anda benar-benar memahami apa artinya? Indeks harga adalah salah satu konsep
Baca Juga
Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop
Aplikasi kwitansi digital digunakan untuk membuat kwitansi yang merupakan salah satu tanda bukti dari melakukan pembayaran jual-beli yang sah menurut
Baca Juga
10+ Contoh Invoice Penting Bagi Bisnis Berdasarkan Fungsinya
Invoice adalah bukti setiap transaksi penting bagi pemilik usaha untuk mencatat sekaligus sebagai bukti setiap transaksi yang terjadi, baik untuk
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Baju Wajib Punya 5 Fitur Ini!
Aplikasi kasir toko baju saat ini mulai diminati oleh banyak pemilik bisnis, termasuk bisnis yang bergerak di bidang fashion. Ada
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah
Kemajuan teknologi memudahkan segala aktivitas kita, salah satunya dalam mendukung bisnis, yaitu dengan adanya inovasi aplikasi invoice. Dahulu, pembuatan invoice
Baca Juga
Kasir Alfamidi Memakai POS untuk Kasirnya. Apa Kabar Bisnis Lain?
Toko ritel besar biasanya menggunakan sistem POS berbasis online untuk menunjang urusan meja kasir termasuk kasir Alfamidi. Mereka memiliki sistem
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu