🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh

Pembahasan mengenai pangsa pasar adalah, jenis, cara meningkatkan, rumus, manfaat, hingga contohnya pada artikel di bawah ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 3 March 2023

Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para pemasar di dunia bisnis juga dapat menggunakan data ini untuk keperluan mereka.

Ada banyak contoh bisnis yang dibuat tanpa perencanaan konsep yang siap. Hal ini membuat bisnis Anda mudah jatuh saat sedang sukses-suksesnya. Untuk mencegah hal ini, dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap pangsa pasar.

Pangsa pasar dipakai dalam berbagai cara yang berbeda. Salah satunya dengan menarik analisis serta investor untuk memasukkan uang ke perusahaan mereka. Sebagian besar telah memantau pangsa pasar karen bila nilainya tinggi menunjukkan daya saing.

Pengertian Pangsa Pasar Adalah ...

Pangsa Pasar

Memahami Pangsa Pasar Adalah Langkah Awal Menentukan Target Pasar (Sumber: Freepik.com)

Meskipun pangsa pasar ini penting, masih ada beberapa pengusaha yang belum memahami tentang pangsa pasar itu. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman mendasar tentang pengertian, kelebihan, serta kekurangannya.

Pangsa pasar adalah bagian dari total permintaan pada suatu barang oleh sekelompok konsumen tertentu. Kelompok konsumen ini bisa terbagi atas beberapa hal antara lain jenis kelamin, usia, jumlah pendapatan, serta lainnya.

Pangsa pasar ini menampilkan seberapa besar sebuah perusahaan telah mendominasi pasar. Oleh karena itu, umumnya perusahaan memakai pangsa pasar ini untuk melakukan analisa target pasar sebuah produk tergantung dari permintaan serta segmentasi produk.

Kelebihannya pangsa pasar adalah sebagai tolak ukur membandingkan 2 atau lebih perusahaan yang bersaing dalam industri yang sama. Selain itu, menampilkan sejauh mana persaingan secara keseluruhan.

Hal ini khususnya terhadap semua perusahaan pada suatu industri. Hal ini bisa sebagai acuan Anda untuk pertumbuhan perusahaan.

Sayangnya dalam prakteknya pangsa pasar memiliki beberapa kelemahan, salah satunya ada waktu dimana perusahaan sudah mencapai sebagian besar dari pangsa pasar tetapi laba yang diperoleh kecil meskipun industrinya sama. Hal ini membuat data pangsa pasar dianggap memiliki indikator yang tidak signifikan.

Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Jenis-Jenis Pangsa Pasar

Jenis Pangsa Pasar

Ada Beberapa Jenis Pangsa Pasar yang Harus Dipahami Pengusaha (Sumber: Freepik.com)

Pangsa pasar dikategorikan dengan beberapa jenis. Ada customer market share, volume market share, revenue market share, hingga value market share.

1. Customer Market Share

Jenis pangsa pasar ini adalah rasio jumlah customer yang dibandingkan dengan jumlah customer di suatu industri. Pangsa pasar jenis ini sebagian besar dipakai di sektor pekerjaan yang jumlah konsumen beserta subscribe nya sangat diperhitungkan.

2. Volume Market Share

Jenis pangsa pasar ini fokus pada jumlah unit yang sudah berhasil dijual oleh perusahaan dari total unit yang telah terjual di dalam pasar. Value market share dapat lebih tinggi dibanding dengan volume market share. Hal ini bisa sering terjadi.

3. Revenue Market Share atau RMS

Jenis Revenue Market Share atau bisa disingkat dengan RMS dihitung berdasarkan pada pendapatan yang telah dihasilkan. Kemudian, hasil pendapatan ini dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya.

Cara penghitungan dari jenis pangsa pasar adalah perusahaan menghitung total penjualan dari suatu produk tertentu di semua pasar. Angka RMS kemudian mempresentasikan pangsa pasar dari produk Anda.

Hal ini secara individu. Bentuk persentasenya berdasarkan dari total jumlah dari semua penjualan produk perusahaan Anda tersebut.

4. Value Market Share

Jenis pangsa pasar ini berfokus pada keseluruhan saham bisnis yang dipakai dari akumulasi penjualan segmennya. Angka dari jenis pangsa ini tidak selalu linier dengan volume market share.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Lakukan Peningkatan Pangsa Pasar Anda Untuk Kebaikan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Ada 4 cara yang bisa kamu ambil agar pangsa pasar meningkat. Hal ini membuat keuntungan yang didapat juga meningkat.

1. Berinovasi

Selain produk dengan harga yang murah, mayoritas orang ingin mencari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru ini bisa membuat pangsa pasar Anda mengalami peningkatan.

Cobalah buat fitur serta produk yang baru agar bisa menarik atensi calon pelanggan. Jika dilakukan dengan tekun, penjualan Anda bisa meningkat dengan cepat daripada kompetitor.

2. Harga Diturunkan

Cara kedua dalam meningkatkan pangsa pasar adalah tidak menjadi sesuatu yang rahasia lagi bila pelanggan sangat suka harga yang lebih murah daripada lainnya. Hal ini bisa menjadi pilihan strategi yang bisa Anda coba untuk pangsa pasar yang meningkat.

3. Kerjakan Kelompok Demografi yang Baru

Semakin banyak pelanggan, semakin besar peluang penjualan produk Anda meningkat. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba kelompok demografi yang baru seperti usia atau status ekonomi dengan strategi pemasaran yang matang.

4. Motivasi pada Karyawan Perusahaan Ditingkatkan

Tindakan meningkatkan serta mempertahankan motivasi karyawan yang tinggi bisa sebagai kunci menghasilkan produk atau layanan terbaik. Karyawan yang memiliki motivasi tinggi cenderung lebih peduli dengan pekerjaan serta bersedia menyediakan waktu banyak.

Tujuannya ikut ambil bagian dalam penciptaan produk atau jasa yang kreatif serta inovatif. Cara meningkatkan motivasi bisa dengan pengaturan kerja yang fleksibel serta meningkatkan keterlibatan antar karyawan.

Rumus Meningkatkan Pangsa Pasar Bisnis

Ada formula yang Anda coba untuk menghitung pangsa pasar khususnya. Ikuti tiap langkah tersebut dengan seksama.

  • Tentukan periode ingin Anda ketahui.
  • Hitung berapa jumlah keseluruhan penjualan perusahaan Anda untuk periode tertentu.
  • Cari berapa saja total penjualan industri selama waktu yang sama.

Baca Juga: Contoh Data Penjualan dan Analisis Penjualan

Manfaat Analisa Pangsa Pasar Bagi Bisnis

Cover Biaya Overhead Adalah

Dengan Mengetahui dan Menganalisa Pangsa Pasar Akan Memudahkan dalam Melakukan Analisa Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Selain kelebihan serta kekurangan yang telah dijelaskan. Berikut ini manfaat melakukan analisa pangsa pasar bagi bisnis Anda.

1. Metrik Marketer

Tidak hanya sebagai metrik untuk ukuran penjualan, pangka pasar juga dimanfaatkan untuk marketer. Berbeda dengan return of investment, pangsa pasar menampilkan perbandingan pemasaran produk Anda dengan para kompetitor yang lain.

2. Sebagai Tanda Naiknya Keuntungan Bisnis

Pangsa pasar sebagai pertanda adanya keuntungan. Semakin tinggi pangsa pasar Anda, semakin besar juga keuntungan yang didapat. Hal ini juga terjadi sebaliknya, semakin rendah pangsa pasar, keuntungan yang Anda dapatkan juga kecil.

3. Basis Pelanggan untuk Bisnis Mengalami Peningkatan

Peningkatan pada basis pelanggan ini bisa terjadi karena dengan memiliki kelompok pelanggan yang setia terhadap produk bisnis tertentu, basis pelanggan sedikit demi sedikit terbentuk. Pertumbuhan ini nantinya bisa secara mandiri.

4. Reputasi Perusahaan Anda Mengalami Pertumbuhan

Perusahaan yang mempunyai pangsa pasar pasti ada komunitas atau basis pelanggan dari suatu niche tertentu. Kesetiaan ini dapat perusahaan raih dengan kekonsistenan kualitas produk perusahaan Anda sehingga bisa menjadi cara meningkatkan reputasi di pasar.

Manfaat pangsa pasar adalah juga bisa meningkatkan daya tawar. Nantinya, perusahaan akan memulai menikmati keunggulan yang didapat serta bisa melakukan negosiasi untuk meraih keuntungan lebih dari pihak pemasok serta distributor.

Hal ini tentu membuat perusahaan semakin meningkat. Selain itu, sebagai jangka panjang, perusahaan Anda bisa mendominasi.

Contoh Pangsa Pasar

Ada banyak contoh kasus pangsa pasar. Salah satu contohnya ada dibawah ini yang bisa Anda pelajari lebih dalam.

Sebuah toko minuman menjual produk minumannya sejumlah 50 M dalam 1 tahun fiskal. Jumlah total produk minuman yang dijual di Indonesia khususnya tahun fiskal yang sama sejumlah 200 M berarti pangsa pasarnya ialah sekitar 25%.

Contoh Pangsa Pasar

Contoh Pangsa Pasar (Sumber: slideplayer.info)

Kesimpulan

Pangsa pasar merupakan salah satu hal wajib dianalisis oleh perusahaan Anda. Hal ini memiliki dampak yang cukup besar. Selain itu, pangsa pasar bisa digunakan sebagai alat pembanding

Anda bisa melakukan perbandingan produk perusahaan dengan produk kompetitor di industri yang sama. Pembanding inilah bisa mendorong keputusan yang berkaitan dengan pemasaran maupun investasi.

Hal ini berdampak besar pada tiap-tiap konsumen, perusahaan, serta industri. Selain mempelajari pangsa pasar adalah sebagai alat pembanding. Selain itu, dengan pembukuan keuangan yang jelas juga bisa membantu Anda dalam memantau bisnis sehingga praktek pangsa pasar bisa berjalan dengan lancar.

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

Untuk melakukan proses pembukuan yang efektif dan tidak memakan waktu banyak Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud,  laporan secara akurat, mudah dan bisa dipantau dimana saja kapan saja secara realtime.

Artikel Terkait

Apa Tujuan Reklame Dalam Promosi? Ini Penjelasannya
Reklame merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan dalam mendukung strategi pemasaran hingga perkembangan bisnis. Memangnya, apa tujuan reklame
Baca Juga
Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh dan Caranya
Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang tak konvensional dan kreatif, telah menjadi seni tersendiri dalam menghadapi persaingan
Baca Juga
Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Kredibilitas: Arti dan Pentingnya di Kehidupan Sehari-hari
Apakah Anda pernah mendengar istilah "kredibilitas" atau integritas atau biasa disebut kejujuran? Kredibilitas adalah sebuah konsep yang sangat penting dalam
Baca Juga
Pengertian MVP (Minimum Viable Product), Begini Penjelasannya
Membahas tentang MVP adalah singkatan dari Minimum Viable Product sangat relevan dengan bisnis startup. Istilah tersebut merupakan sebuah strategi pengembangan
Baca Juga
11 Tips Copywriting untuk Deskripsi Produk yang Menarik
Deskripsi produk penting untuk dipikirkan sebaik-baiknya karena merupakan kunci utama dalam menarik pembeli. Semakin kompleks sebuah produk, maka Anda semakin
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu