🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5+ Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Modal Kecil Untung Besar

Usaha yang tidak pernah sepi itu apa aja sih? Langsung saja cek artikel ini, siapa tahu cocok untuk ide usaha Anda.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 12 September 2023

Anda tentu pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, usaha yang tidak pernah sepi. Ungkapan ini seakan menjadi mantra para pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka. Ketika kita berbicara tentang usaha yang tidak pernah sepi, kita seolah membuka buku kisah sukses di dunia bisnis.

Meskipun dalam perjalanan bisnis selalu ada pasang surut, namun beberapa jenis usaha memang memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap perubahan pasar dan tren konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dari 5 usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Mari kita simak bersama!

1. Usaha Sembako

5 Usaha yang tidak pernah sepi (Credit: Freepik.com)

Salah satu produk yang sering ditemukan di ush sembako

Usaha sembako adalah salah satu contoh nyata dari usaha yang tidak pernah sepi. Sembako, singkatan dari sembilan bahan pokok, merujuk pada kebutuhan dasar seperti beras, minyak, gula, dan produk makanan pokok lainnya.

Baca Juga: Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnis Sembako

Setiap orang memerlukan sembako dalam kehidupan sehari-hari, sehingga permintaan akan produk ini selalu stabil. Baik dalam masa ekonomi yang sulit maupun dalam masa kemakmuran, usaha sembako tetap menjadi kebutuhan utama.

Segmen pasar usaha sembako sangat luas, meliputi semua lapisan masyarakat mulai dari keluarga, mahasiswa, pekerja, hingga pengusaha. Sedangkan modal awal untuk usaha sembako bervariasi tergantung pada skala usaha. Anda dapat memulai dengan modal kecil untuk toko kelontong kecil atau menginvestasikan lebih banyak untuk usaha sembako yang lebih besar.

# Kelebihan Usaha Sembako:

  • Permintaan stabil sepanjang tahun.
  • Peluang pasar yang luas.
  • Bisa dijalankan dalam skala kecil hingga besar.

# Kekurangan Usaha Sembako:

  • Persaingan yang ketat.
  • Margins keuntungan mungkin tidak terlalu besar.

2. Usaha Kuliner

Dalam dunia kuliner, keanekaragaman rasa dan budaya selalu memikat lidah konsumen. Tidak heran jika usaha kuliner termasuk dalam kategori usaha yang tidak pernah sepi. Makanan adalah kebutuhan manusia yang tak terelakkan, dan orang selalu mencari pengalaman kuliner baru.

Untuk segmen pasar usaha kuliner beragam, dari kalangan muda hingga tua, pecinta makanan tradisional hingga makanan internasional. Modal untuk usaha kuliner ini juga dapat bervariasi tergantung pada jenis makanan yang ditawarkan dan lokasi usaha.

# Kelebihan Usaha Kuliner

  • Potensi kreativitas dalam menyajikan makanan.
  • Permintaan yang tetap tinggi.
  • Peluang untuk membangun merek dan loyalitas pelanggan.

# Kekurangan Usaha Kuliner

  • Persaingan yang sengit.
  • Memerlukan kualitas rasa dan pelayanan yang konsisten.

3. Usaha Laundry

Pekerjaan dan kesibukan sehari-hari membuat usaha laundry menjadi kebutuhan yang krusial. Baju kotor selalu muncul, dan tidak semua orang memiliki waktu atau fasilitas untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

Usaha laundry adalah bisnis pembersihan pakaian, selimut, dan linen lainnya menggunakan mesin cuci dan teknologi pembersih modern.

Segmen pasar usaha laundry mencakup individu, keluarga, hotel, rumah sakit, dan bisnis lain yang membutuhkan layanan cuci pakaian massal. Modal awalnya mencakup mesin cuci, produk pembersih, dan tempat usaha.

# Kelebihan Usaha Laundry

  • Permintaan stabil dari berbagai segmen pasar.
  • Peluang untuk menyediakan layanan antar-jemput.
  • Dapat dikelola dengan skala usaha yang fleksibel.

# Kekurangan Usaha Laundry:

  • Persaingan dari usaha laundry lainnya.
  • Perawatan mesin dan peralatan yang memerlukan investasi.

4. Usaha Fashion

Usaha yang tidak pernah sepi

ilustrasi peluang usaha bidang fashion (sumber: Unsplash)

Pakaian bukan hanya kebutuhan fungsional, tetapi juga menjadi ekspresi diri dan tren gaya hidup. Oleh karena itu, usaha fashion tetap eksis dalam daftar usaha yang tidak pernah sepi. Usaha fashion mencakup berbagai jenis bisnis pakaian, mulai dari pakaian sehari-hari hingga busana khusus dan aksesori.

Segmen pasar usaha fashion meliputi segala usia, jenis kelamin, dan latar belakang. Modal awal dapat bervariasi tergantung pada jenis pakaian yang ditawarkan dan apakah Anda akan merancang sendiri atau menjual merek lain.

# Kelebihan Usaha Fashion

  • Dapat mengikuti tren dan musim mode.
  • Peluang untuk berkreasi dan berinovasi.
  • Potensi margin keuntungan yang menarik.

# Kekurangan Usaha Fashion

  • Persaingan yang ketat di industri fashion.
  • Perlu pemahaman yang baik tentang selera konsumen.

5. Usaha Jasa

Usaha jasa adalah bisnis yang menawarkan layanan atau keahlian tertentu kepada pelanggan. Bidang jasa juga memiliki tempat yang istimewa dalam daftar usaha yang tidak pernah sepi. Layanan-layanan ini mencakup berbagai kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dihindari.

Segmen pasar usaha jasa sangat bervariasi, tergantung pada jenis layanan yang ditawarkan. Modal awal dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha jasa. Contohnya, untuk usaha perbaikan rumah, Anda memerlukan peralatan dan keahlian khusus.

# Kelebihan Usaha Jasa

  • Permintaan tetap berdasarkan kebutuhan.
  • Potensi keuntungan yang baik tergantung pada jenis layanan.
  • Dapat berkembang menjadi usaha dengan skala lebih besar.

# Kekurangan Usaha Jasa

  • Persaingan yang mungkin ketat tergantung pada jenis layanan.
  • Dalam beberapa kasus, memerlukan kualifikasi atau sertifikasi khusus.

6. Perlengkapan Rumah Tangga

Kebutuhan rumah tangga seperti peralatan dapur, furniture, dan alat-alat kebersihan tetap menjadi prioritas, membuat usaha perlengkapan rumah tangga menjadi pilihan yang menarik.

Usaha ini menawarkan berbagai produk yang digunakan dalam rumah tangga, termasuk peralatan dapur, furniture, produk pembersih, dan lainnya.

Segmen pasar mencakup berbagai kelompok usia dan latar belakang. Modal awal tergantung pada jenis produk yang ditawarkan dan apakah Anda akan membuatnya sendiri atau membelinya dari pemasok.

# Kelebihan Usaha Perlengkapan Rumah Tangga

  • Permintaan tetap karena produk diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peluang untuk menyediakan produk unik dan bergaya.
  • Potensi untuk mengembangkan bisnis online.

# Kekurangan Usaha Perlengkapan Rumah Tangga

  • Persaingan dari toko-toko besar dan bisnis online besar.
  • Margin keuntungan mungkin tidak terlalu besar.

7. Usaha Kesehatan

Dalam era kesadaran kesehatan yang semakin meningkat, usaha kesehatan seperti apotek dan klinik tetap menjadi kebutuhan masyarakat. Usaha kesehatan mencakup berbagai bisnis yang berkaitan dengan kesehatan, mulai dari apotek dan klinik hingga pusat kebugaran.

Segmen pasar mencakup berbagai kelompok usia, tergantung pada jenis layanan yang ditawarkan. Modal awal bervariasi tergantung pada jenis usaha kesehatan. Untuk apotek, misalnya, Anda memerlukan modal untuk persediaan obat.

# Kelebihan Usaha Kesehatan

  • Permintaan yang konstan karena berhubungan dengan kesehatan masyarakat.
  • Potensi untuk memberikan dampak positif pada kesejahteraan orang lain.
  • Kepercayaan yang tinggi dari pelanggan.

# Kekurangan Usaha Kesehatan

  • Persaingan yang ketat dalam beberapa segmen seperti apotek.
  • Memerlukan pemahaman yang baik tentang regulasi kesehatan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sepinya atau Ramainya Suatu Usaha

Potret Outlet Kopi Berlokasi Strategis di Pinggir Jalan Ramai (Sumber: argajogja.com)Ketika membahas usaha yang tidak pernah sepi, kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan bisnis ini.

Baca Juga: 11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis

Beberapa faktor utama yang memainkan peran penting adalah:

1. Lokasi

Letak usaha sangat mempengaruhi jumlah pelanggan potensial. Usaha yang terletak di area padat penduduk atau dekat dengan pusat keramaian cenderung memiliki aksesibilitas yang lebih baik.

2. Kualitas Produk/Jasa

Kualitas produk atau layanan yang ditawarkan akan memengaruhi kepuasan pelanggan. Usaha yang mampu memberikan produk berkualitas tinggi atau layanan yang luar biasa cenderung lebih diminati.

3. Promosi

Upaya pemasaran dan promosi yang efektif dapat membantu menarik perhatian pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

4. Manajemen

Manajemen yang baik melibatkan aspek seperti manajemen stok, manajemen keuangan, dan manajemen operasional yang efisien. Ini akan membantu bisnis tetap berjalan lancar.

Anda bisa menggungunakan software kasir online Beepos untuk memenajemen lebih dari 5 usaha yang tidak pernah sepi milik Anda. Dengan fitur kasirnya Anda bisa memberikan pelayanan yang baik, terlebih Beepos sudah terintegrasi dengan akuntansi akan jadikan bisnis lebih menguntungkan. Cek selengkapnya pada banner di bawah ini dan dapatkan seluruh keuntungannya!

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, mencari peluang dalam usaha yang tidak pernah sepi dapat menjadi strategi yang cerdas. Dari usaha sembako hingga usaha kesehatan, setiap jenis usaha memiliki potensi untuk sukses jika dikelola dengan baik.

Ingatlah bahwa keberhasilan bisnis bukan hanya tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, tetapi juga tentang bagaimana Anda memahami kebutuhan pelanggan dan mengelola bisnis secara efektif.

Dengan kombinasi antara inovasi, pelayanan berkualitas, dan pemahaman yang mendalam tentang pasar, Anda dapat membangun bisnis yang bertahan dan sukses dalam jangka panjang. Sekian rekomendasi lebih dari 5 usaha yang tidak pernah sepi yang bisa Anda coba.

Artikel Terkait

7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda
Pemilihan nama brand menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali akan membangun bisnis. Nama sendiri tidak bisa dibuat
Baca Juga
9 Elemen Penyusun Bisnis Model Canvas
Berbicara soal rancangan bisnis, ada istilah yang namanya canvas business model. Istilah ini dipakai untuk menyebutkan model atau tipe rancangan
Baca Juga
9+ Cara Memulai Bisnis Franchise Apotek
Franchise apotek adalah salah satu bisnis yang menguntungkan apalagi di era pandemi ini. Banyak orang akan membutuhkan obat dan tentunya
Baca Juga
13 Faktor Keberhasilan Wirausaha, Apa Saja?
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki semangat untuk menciptakan dan mengelola usaha, biasanya dengan mengambil resiko untuk meraih keuntungan. Apa saja
Baca Juga
10 Ide Bisnis Gila, Unik, Menarik dan Menguntungkan
Jadi pebisnis memang harus memiliki pemikiran out of the box, bahasa sederhananya di luar nalar. Untuk apa? Untuk menciptakan inovasi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu