🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh

Apa saja yang bisa dilakukan pebisnis dalam promosi bisnis offline ? Ada banyak cara mulai dari melakukan brosur hingga dari kemasannya
Penulis: Rizal Arisona
Daftar Isi
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Promosi Bisnis Offline - Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya menginginkan jika usaha yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan. Keberhasilan usaha tidak terlepas dari promosi yang Anda lakukan kepada khalayak ramai. Semakin gencar Anda melakukan promosi maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk Anda. Anda dapat melakukan promosi produk Anda melalui dua cara baik secara online maupun secara offline.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, pemanfaatan media promosi secara offline sudah mulai jarang digunakan oleh para pengusaha. Namun, sesungguhnya para pakar marketing justru tetap menyarankan melakukan promosi secara offline untuk menarik para calon pelanggan yang potensial. Ternyata terdapat beberapa rahasia promosi offline paling ampuh yang dapat Anda lakukan, antara lain :

1. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda

Desain Kemasan Produk

Contoh kemasan makanan ringan yang menarik (Credit: Freepik.com)

 

Anda dapat mengevaluasi ulang bagaimana cara mempresentasikan produk Anda untuk memperkuat brand produk tersebut. Anda dapat membandingkan desain kemasan produk Anda dengan produk pesaing. Sesuatu yang kecil terkadang membawa perubahan yang besar. Melalui kemasan, Anda dapat melakukan media promosi secara offline yang ampuh untuk menarik pelanggan.

Ciptakan produk kemasan yang cantik dengan warna yang menarik sehingga pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Anda dapat berperan aktif dalam pameran dagang untuk mengenalkan dan memasarkan produk Anda. Melalui pameran dagang, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai materi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pesaing karena Anda akan ditempatkan dalam sebuah kompetisi melalui pameran dagang ini. Anda juga dapat mencari peluang dan memperluas jaringan serta bekerja sama dengan perusahaan lain.

Baca Juga: Rincian Biaya Modal Bisnis Minimarket Kecil-kecilan

3. Melakukan Panggilan Konfirmasi

Melakukan panggilan konfirmasi merupakan salah satu strategi promosi offline yang paling ampuh kepada calon pelanggan potensial. Hal yang harus Anda lakukan pertama yaitu buatlah daftar calon pelanggan kemudian hubungi mereka satu per satu. Anda dapat menyesuaikan setiap panggilan berdasarkan waktu yang cocok dan kebutuhan pelanggan tersebut.

Melalui panggilan konfirmasi, akan terbangun hubungan kolaboratif antara perusahaan Anda dengan perusahaan lain sehingga akan berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru untuk produk Anda.

4. Membagikan Kartu Nama

Cara yang paling murah dan paling mudah untuk melakukan promosi secara offline adalah dengan membagikan kartu nama. Melalui kartu nama, akan memudahkan calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan produk Anda. Anda dapat membagikan kartu nama tersebut kepada teman, tetangga, rekan bisnis ataupun menyematkannya dalam majalah atau buku di tempat umum.

Walaupun kecil namun kartu nama memegang peran yang sangat besar untuk memasarkan produk Anda. Selain melalui kartu nama, pemasangan pamflet, banner dan spanduk juga sangat membantu sebagai media promosi offline.

5. Berkawanlah dengan Media Cetak

Media cetak juga merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan. Anda dapat melakukan siaran pers untuk menampilkan peristiwa penting dalam bisnis Anda. Jalinlah hubungan baik dengan media cetak karena media cetak akan membantu Anda mempublikasikan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha Anda termasuk promosi.

6. Berdonasi

Banyak event yang membutuhkan para donasi untuk memberikan sejumlah hadiah kepada para partisipan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai media promosi offline yang paling ampuh. Anda dapat berdonasi produk yang Anda miliki sehingga secara tidak langsung, para partisipan yang menang akan memakai produk atau layanan Anda sehingga produk Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Uraian di atas merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Imbangilah antara promosi offline dan online sehingga hal tersebut akan menunjang keberhasilan bisnis Anda ke depannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet? Setiap bisnis pasti
Baca Juga
Memahami Perbedaan Omzet dan Profit, Lengkap!
Tujuan seseorang melakukan bisnis tidak lain adalah untuk mendapat keuntungan atau disebut profit. Sementara itu, ada kata lain yang tidak
Baca Juga
10 Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta Untung Besar!
Sekarang ini membangun usaha menjadi salah satu pilihan hidup bagi kebanyakan orang. Pasalnya, membuka usaha saat ini tidak perlu dengan
Baca Juga
9+ Cara Memulai Bisnis Franchise Apotek
Franchise apotek adalah salah satu bisnis yang menguntungkan apalagi di era pandemi ini. Banyak orang akan membutuhkan obat dan tentunya
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri
Baca Juga
Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu