Promo SERBU - Tambah Dongle Diskon 12% 
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Penulis: Rizal Arisona

Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya menginginkan jika usaha yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan. Keberhasilan usaha tidak terlepas dari promosi yang Anda lakukan kepada khalayak ramai. Semakin gencar Anda melakukan promosi maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk Anda. Anda dapat melakukan promosi produk Anda melalui dua cara baik secara online maupun secara offline.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, pemanfaatan media promosi secara offline sudah mulai jarang digunakan oleh para pengusaha. Namun, sesungguhnya para pakar marketing justru tetap menyarankan melakukan promosi secara offline untuk menarik para calon pelanggan yang potensial. Ternyata terdapat beberapa rahasia promosi offline paling ampuh yang dapat Anda lakukan, antara lain :

1. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda

promosi bisnis offline
Gambar 1. Contoh Kemasan Menarik (Sumber: Alurdesain.id)

Anda dapat mengevaluasi ulang bagaimana cara mempresentasikan produk Anda untuk memperkuat brand produk tersebut. Anda dapat membandingkan desain kemasan produk Anda dengan produk pesaing. Sesuatu yang kecil terkadang membawa perubahan yang besar. Melalui kemasan, Anda dapat melakukan media promosi secara offline yang ampuh untuk menarik pelanggan.

Ciptakan produk kemasan yang cantik dengan warna yang menarik sehingga pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Anda dapat berperan aktif dalam pameran dagang untuk mengenalkan dan memasarkan produk Anda. Melalui pameran dagang, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai materi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pesaing karena Anda akan ditempatkan dalam sebuah kompetisi melalui pameran dagang ini. Anda juga dapat mencari peluang dan memperluas jaringan serta bekerja sama dengan perusahaan lain.

Baca Juga: Rincian Biaya Modal Bisnis Minimarket Kecil-kecilan

3. Melakukan Panggilan Konfirmasi

Melakukan panggilan konfirmasi merupakan salah satu strategi promosi offline yang paling ampuh kepada calon pelanggan potensial. Hal yang harus Anda lakukan pertama yaitu buatlah daftar calon pelanggan kemudian hubungi mereka satu per satu. Anda dapat menyesuaikan setiap panggilan berdasarkan waktu yang cocok dan kebutuhan pelanggan tersebut.

Melalui panggilan konfirmasi, akan terbangun hubungan kolaboratif antara perusahaan Anda dengan perusahaan lain sehingga akan berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru untuk produk Anda.

4. Membagikan Kartu Nama

Cara yang paling murah dan paling mudah untuk melakukan promosi secara offline adalah dengan membagikan kartu nama. Melalui kartu nama, akan memudahkan calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan produk Anda. Anda dapat membagikan kartu nama tersebut kepada teman, tetangga, rekan bisnis ataupun menyematkannya dalam majalah atau buku di tempat umum.

Walaupun kecil namun kartu nama memegang peran yang sangat besar untuk memasarkan produk Anda. Selain melalui kartu nama, pemasangan pamflet, banner dan spanduk juga sangat membantu sebagai media promosi offline.

5. Berkawanlah dengan Media Cetak

Media cetak juga merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan. Anda dapat melakukan siaran pers untuk menampilkan peristiwa penting dalam bisnis Anda. Jalinlah hubungan baik dengan media cetak karena media cetak akan membantu Anda mempublikasikan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha Anda termasuk promosi.

6. Berdonasi

Banyak event yang membutuhkan para donasi untuk memberikan sejumlah hadiah kepada para partisipan. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai media promosi offline yang paling ampuh. Anda dapat berdonasi produk yang Anda miliki sehingga secara tidak langsung, para partisipan yang menang akan memakai produk atau layanan Anda sehingga produk Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Uraian di atas merupakan rahasia promosi offline yang paling ampuh yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Imbangilah antara promosi offline dan online sehingga hal tersebut akan menunjang keberhasilan bisnis Anda ke depannya. Semoga bermanfaat.

Software Kasir Android; 8 Fitur Andalan Bee.id
Di era menjamurnya bisnis jual beli online, banyak orang berbondong-bondong mencari software kasir Android. Tidak peduli seberapa besar omset atau […]
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis yang kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif […]
Baca Juga
Mau Buka Usaha? Inilah Kriteria Tempat Strategis untuk Membuka Usaha
Berada di lokasi yang tepat adalah unsur utama dalam kesuksesan sebuah bisnis. Jika suatu perusahaan memilih lokasi yang salah, kedepan […]
Baca Juga
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Waktu Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu