Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnis Sembako

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 18 March 2022

Toko sembako adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan sembako, adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua orang. Untuk Anda yang sedang merencanakan untuk membangun usaha, membangun toko sembako atau toko kelontong bisa jadi pilihan usaha yang tepat.

Toko sembako termasuk salah satu bisnis yang setiap hari selalu ada transaksi. Bagaimana tidak, barang yang dijual selalu yang dibutuhkan oleh banyak orang setiap harinya. Itulah mengapa toko sembako menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan tak pernah mati.

Sebagai pebisnis terkadang menganggap remeh terhadap bisnis ini. Akan tetapi, nyatanya bisnis ini tak boleh diremehkan. Karena jika dilakukan dengan benar, usaha ini berpotensi memberikan keuntungan yang sangat besar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tips Sukses Membuka Usaha Toko Sembako

toko-sembako-adalah

Transaksi Jual Beli di Toko Sembako Photo by Falaq Lazuardi on Unsplash

Tidak sedikit orang mengetahui bagaimana cara membuka usaha toko sembako yang baik dan benar bahkan sampai menguntungkan. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis toko sembako, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mari kita bahas bersama.

1. Modal Usaha

Untuk membangun dan menjalankan suatu usaha diperlukan sebuah modal dan tenaga. Modal yang dibutuhkan untuk membiayai segala keperluan usaha hingga modal kerja. Selain itu, modal tenaga yang dibutuhkan adalah sebuah keahlian dan kemampuan seseorang untuk mengelola dan menjalankan usaha tersebut.

Dalam membuka bisnis toko sembako, menghitung modal haruslah bijaksana. Perkirakan setiap pengeluaran baik itu untuk membeli stok produk yang akan dijual, perlengkapan pendukung, biaya sewa tempat, hingga biaya karyawan apabila diperlukan.

2. Melakukan Survei untuk Mengetahui Harga Pasar

Dalam menjalankan bisnis toko sembako memang penting dalam melakukan riset harga jual. Diera digital yang sudah serba canggih membuat para pebisnis semakin mudah dalam memantau segala hal, misalnya dapat memantau harga barang melalui marketplace atau toko online guna mencocokkan harga pada bisnis mereka.

Riset dilakukan agar toko yang ingin dibangun mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan. Anda harus memastikan bahwa harga jual yang Anda berikan tidak berbeda jauh dengan harga jual kompetitor Anda.

3. Mencari Letak yang Strategis

mencari-lokasi-strategis-untuk-toko-sembako

Lokasi Strategis Menentukan Keberhasilan Toko Sembako Photo by Devi Puspita Amartha Yahya on Unsplash

Untuk menjadi calon pengusaha, Anda harus teliti dalam memilih lokasi usaha yang tepat untuk toko sembako Anda nantinya. Penentuan tempat yang baik harus mengikuti keberadaan target pasarnya. Dalam kasus toko sembako, ada baiknya jika Anda membuka usaha di lingkungan padat penduduk.

Sehingga, calon pelanggan Anda bisa menjangkau toko tersebut dengan mudah. Sangat disarankan jika usaha ini dibuka di depan rumah sendiri. Ini bisa menghemat modal Anda, daripada harus menyewa tempat kosong yang bisa jadi kurang ramai penduduk.

4. Sediakan Kebutuhan Lengkap

Kelengkapan suatu produk yang dijual di toko, adalah salah satu hal yang dipertimbangkan pembeli untuk memilih toko sembako Anda. Lengkapi toko Anda dengan menyediakan berbagai kebutuhan sembako yang banyak dicari oleh pelanggan, karena dengan melengkapi toko toko Anda akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk memilih berbelanja di toko sembako Anda.

5. Penataan ruang untuk toko sembako

Penataan ruang juga harus diberikan perhatian yang lebih. Bagaimanapun, orang akan lebih tertarik untuk masuk ke toko sembako yang terseusun dengan rapi daripada yang tidak tersusun sama sekali.

Penataan ruang toko juga akan memudahkan Anda dalam menemukan barang yang dicari pembeli Anda. Tata barang-barang sesuai dengan kelompoknya. Sebagai inspirasi atau acuan, Anda bisa melihat minimarket bagaimana mereka melakukan penataan barang.

6. Melakukan Pembukuan

Salah satu kesalahan utama para pebisnis pemula adalah tidak melakukan pembukan atau pencatatan keuangan. Tidak heran jika masalah ini mengakibatkan banyaknya kebangkrutan diluar sana. Jika Anda sudah menerapkan sistem pembukuan, maka Anda bisa lebih mudah memantau pengeluaran dan pemasukan toko.

Selain itu, melakukan pembukuan juga bisa mempermudah Anda dalam menghitung laba dan mengetahui kondisi stok barang toko sembako Anda. Cara mudah membuat pembukuan toko sembako adalah dengan Software Kasir POS yang terintegrasi dengan akuntansi BEEPOS yang memiliki fitur lengkap seperti potong stok otomatis, pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, dan bisa pantau secara realtime laporan keuangan seperti laba dan rugi.

aplikasi-sembako-catat-transaksi-stok-hingga-laba-rugi

Klik Gambar di Atas untuk Info Selengkapnya

7. Mencari Grosir Termurah

Menemukan suplier mungkin hal yang mudah, tapi menemukan yang murah dan terpercaya belum tentu mudah. Supplier ini nantinya yang akan menjadi pihak memask bahan baku toko sembako Anda. Keuntungan menemukan supplier yang murah dan tepat, akan menguntungkan Anda dalam bersaing. Faktor ini juga mempengaruhi perkembangan toko Anda yang semakin lebih baik.

8. Menentukan Harga yang Masuk Akal

Jangan sampai toko sembako Anda menjual barang dengan harga terlalu murah dan terlalu mahal. Karena keduanya akan mengakibatkan kerugian pada usaha Anda. Terlalu murah akan berdampak kurangnya laba yang Anda dapatkan. Serta harga yang terlalu mahal, berpengaruh pada jumlah pelanggan Anda yang menjadi sedikit. Karena siapa yang mau jika kita belanja dengan harga yang mahal?

9. Berikan Pelayanan Terbaik

cara-mencari-supplier-termurah

Penampakan Toko Sembako Photo by Devi Puspita Amartha Yahya on Unsplash

Memberikan harga yang masuk akal juga belum tentu menjamin toko Anda akan banyak mendapatkan pelanggan. Pelayanan terbaik juga dibutuhkan banyak orang untuk menghadirkan rasa nyaman bagi mereka untuk melakukan pembelian di toko sembako Anda. Ini berpotensi menciptakan repeat order terus-menerus karena pelanggan akan sangat senang berbelanja di toko Anda.

10. Jadikan Tempat Bersosialisasi

Berikan keunikan untuk toko sembako Anda. Menjadikan tempat bersosialisasi menjadi jawaban yang bagus. Tidak hanya menjual kebutuhan sehari-hari, memberikan layanan sosialisasi juga perlu dilakukan agar mereka lebih percaya kepada toko sembako Anda.

11. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal maka perlu sebuah effort. Menjaga kepercayaan pelanggan harus dilakukan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Jangan lakukan kecurangan untuk mendapatkan profit yang lebih, karena itu akan merusak nama baik toko Anda. Bukan hanya merusak nama baik, tapi juga akan merugikan toko Anda hingga bangkrut.

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

Keuntungan Menjalankan Usaha Toko Sembako

keuntungan-menjalankan-toko-sembako

Keuntungan Membuka Toko Sembako Photo by Devi Puspita Amartha Yahya on Unsplash

Toko sembako menjadi jawaban dari orang yang ingin memulai usaha. Selain menguntungkan karena barang yang dijual adalah barang keperluan sehari-hari, toko sembako juga memiliki kelebihan lain. Berikut beberapa kelebihan usaha toko sembako yang harus Anda ketahui:

  • Dibutuhkan Banyak Orang
  • Modal Relatif Kecil
  • Terjangkau Seluruh Kalangan
  • Bebas Menentukan Harga Jual
  • Warung Sembako Selalu Dicari
  • Bisa Dikerjakan dari Rumah
  • Suasana Kekeluargaan dengan Pembeli

Kekurangan Menjalankan Usaha Toko Sembako

Meski menjadi salah satu bisnis yang dibutuhkan banyak orang, hal tersebut tidak menjamin toko sembako yang dijalankan mendapatkan keuntungan yang melimpah. Sebelum memulai sebuah usaha, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekuarangnya. Setelah di atas membahas kelebihan toko sembako, berikut ini adalah kekuarangan menjalankan usaha toko sembako.

  • Naik dan Turunnya Harga Sembako
  • Persaingan dengan Toko Lain
  • Keuntungan Relatif Kecil

Kesimpulan

Kesalahan dalam menghitung stok bisa berakibat fatal bagi bisnis toko sembako. Untuk menghindari kesalahan hitung stok dan pecatatan penjualan Anda bisa menggunakan Software Kasir Beepos yang memiliki fitur lengkap seperti potong stok otomatis, pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, dan bisa pantau secara realtime laporan keuangan seperti laba dan rugi.

Setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekuarangan. Sama halnya dengan bisnis toko sembako. Maski masih banyak yang menganggap remeh bisnis ini, tetapi jika dilakukan dengan benar maka bisnis ini bisa menjadi bisnis paling menguntungkan. Tips yang kami bahas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari toko Anda.

Aplikasi Kasir Minimarket Terbaik Bikin Aman dan Jualan Cepat
Pada masa saat ini aplikasi kasir minimarket adalah menjadi solusi terbaik untuk memudahkan dalam bertransaksi mulai dari pembelian dan penjualan […]
Baca Juga
Bagaimanakah Mengatur Manajemen Stok Ritel? Simak Tips Berikut Ini !
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus […]
Baca Juga
3 Alat Kasir Toko Bеѕеrtа Kеuntungаnnуа, Yuk Simak!
Alat kasir toko adalah sebuat alat bantu kerja dalam menangani transaksi penjualan pada sebuah usaha yang menggunakan sistem kasir. Sеmаkіn […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu