Logo Bee Web

4 Contoh Surat Penawaran Negosiasi & Cara Menulisnya

Pelajari cara menyusun surat penawaran negosiasi yang efektif dengan 4 contoh kasus nyata berikut ini lengkap dengan penjelasannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 11 November 2023

Proses negosiasi adalah hal yang umum dalam dunia bisnis. Salah satu komponen kunci dalam negosiasi adalah penggunaan surat penawaran negosiasi.

Surat ini menjadi alat yang efektif untuk berkomunikasi dengan mitra bisnis atau calon pelanggan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta membuka ruang untuk bernegosiasi harga, syarat, dan ketentuan lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang pengertian, tujuan utamanya, serta memberikan contoh-contoh surat penawaran negosiasi yang dapat membantu Anda dalam menyusun surat yang efektif untuk berbagai keperluan bisnis.

Pengertian Surat Penawaran Negosiasi

Ilustrasi Menjalin Kerja Sama

Ilustrsi persetujuan negoisasi (Credit: Freepik.com)

Surat Penawaran Negosiasi adalah dokumen tertulis yang berisi tawaran produk atau layanan kepada pihak lain dengan potensi untuk bernegosiasi tentang harga, syarat, atau ketentuan lainnya yang terkait dengan penawaran tersebut.

Tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan penawaran kepada pihak lain dan membuka ruang untuk berdiskusi, menyesuaikan, serta mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Ini menjadi titik awal untuk perundingan lebih lanjut terkait dengan aspek-aspek penawaran yang diajukan.

Baca Juga: Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran

Struktur Surat Penawaran Negosiasi

Struktur surat penawaran negosiasi merupakan kerangka dasar yang terdiri dari beberapa bagian penting untuk menyusun komunikasi tertulis terkait tawaran produk atau layanan. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai setiap bagian:

1. Kop Surat

Bagian ini berisi informasi identitas perusahaan yang mengirimkan surat, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan logo perusahaan. Ini membantu dalam mengidentifikasi sumber surat dan memberikan kesan profesional.

2. Tanggal Surat

Bagian ini menunjukkan tanggal pembuatan surat. Ini penting untuk mencatat kapan surat tersebut dikirim dan dibuat.

3. Nomor Surat

Bagian ini berisi nomor referensi atau identifikasi surat yang dikeluarkan oleh perusahaan. Nomor ini membantu dalam pelacakan dan administrasi internal.

4. Lampiran

Bagian ini mencantumkan dokumen tambahan atau informasi yang relevan terlampir dalam surat. Ini bisa menjadi daftar spesifikasi, brosur produk, atau dokumen lain yang mendukung penawaran.

5. Alamat Penerima

Bagian ini mencantumkan alamat lengkap pihak yang menerima surat. Hal ini memastikan surat diterima oleh pihak yang dituju.

6. Salam Pembuka

Bagian ini berisi sapaan awal kepada penerima surat, seringkali berupa ungkapan sopan seperti "Yth." atau "Dear [Nama/Posisi]".

7. Isi Surat

Bagian ini merupakan inti dari surat penawaran. Di sini, terdapat informasi terperinci mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, termasuk deskripsi produk, keunggulan, harga, syarat, dan ketentuan lainnya yang relevan.

8. Penutup Surat

Bagian terakhir surat, biasanya berisi salam penutup seperti "Hormat kami" atau "Terima kasih atas perhatian Anda". Bagian ini juga mencakup harapan untuk mendapatkan tanggapan atau respons dari penerima surat.

Struktur ini membantu dalam menyajikan informasi secara teratur dan profesional. Dengan menyusun surat penawaran sesuai dengan struktur ini, pesan yang disampaikan akan lebih jelas, teratur, dan memberikan kesan keseriusan serta keteraturan perusahaan dalam berkomunikasi.

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Yuk, simak 4 contoh surat penawaran negosiasi! Dalam bisnis, surat penawaran jadi pintu awal untuk diskusi harga, syarat, dan kerjasama.

Cek contoh-contohnya untuk mengetahui bagaimana cara menyusun penawaran yang menarik dan membangun kesepakatan yang saling menguntungkan.

1. Contoh Teks Negosiasi Surat Penawaran

[Perusahaan Anda]

[Alamat Perusahaan Anda]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Kepada,

[Pihak Penerima Penawaran]

[Alamat Pihak Penerima]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Negosiasi Penawaran Produk/Jasa

Salam Hormat,

Kami mewakili [Nama Perusahaan Anda] dan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menawarkan produk/jasa kami kepada pihak Anda. Kami sangat antusias dan berkomitmen dalam menjalin kerjasama yang bermanfaat.

Namun, kami percaya bahwa terdapat ruang untuk bernegosiasi yang dapat menghasilkan kesepakatan yang lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dalam penawaran kami sebelumnya, kami telah mempertimbangkan beberapa aspek yang ingin kami diskusikan lebih lanjut untuk memperbaiki penawaran kami.

Adapun aspek yang ingin kami sampaikan adalah terkait dengan penyesuaian harga yang mungkin lebih kompetitif, kemungkinan penambahan nilai dalam bentuk layanan tambahan, dan kesepakatan kemitraan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Kami ingin menekankan bahwa tujuan kami adalah untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan bagi pihak Anda dan pihak kami. Kami siap untuk memulai proses negosiasi dan membuka dialog yang konstruktif guna mencapai kesepakatan yang memuaskan.

Kami berharap agar pihak Anda dapat menerima usulan untuk memulai proses negosiasi ini. Kami akan menunggu tanggapan positif dari pihak Anda.

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan. Kami percaya bahwa kolaborasi antara kedua belah pihak akan menciptakan hasil yang bermanfaat.



Hormat kami,



[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Perusahaan Anda]

2. Contoh Surat Penawaran Negosiasi Makanan

Surat Penawaran Negosiasi makanan adalah dokumen tertulis yang berisi tawaran terkait produk makanan yang ditawarkan kepada pihak lain, seperti restoran, distributor, atau toko.

Surat ini berfungsi untuk memperkenalkan produk makanan yang ingin ditawarkan, termasuk deskripsi produk, ketersediaan, harga, syarat pembelian, dan potensi untuk bernegosiasi.

Tujuan utamanya adalah untuk mengajukan tawaran produk makanan kepada penerima surat serta membuka ruang diskusi terkait harga, kualitas, kuantitas, atau persyaratan lain yang mungkin menjadi bahan negosiasi sebelum mencapai kesepakatan akhir.

Contoh Surat Negosiasi Penawaran Makanan

Contoh Surat Negosiasi Penawaran Makanan (Credit: Bee.id)

2. Contoh Surat Negosiasi dan Surat Penawaran Barang dan Jasa dengan Pemasok

Sementara Surat Penawaran Barang dan Jasa kepada Pemasok adalah dokumen tertulis yang berisi tawaran produk atau layanan kepada pemasok atau vendor.

Tujuannya adalah memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan kepada pemasok dan membuka kesempatan untuk bernegosiasi tentang harga, syarat pembelian, atau kondisi lainnya terkait dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Surat ini membentuk dasar komunikasi awal antara pihak yang membutuhkan produk atau layanan dengan pemasok yang menawarkannya.

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa Kepada Pemasok (1)

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa Kepada Pemasok (Credit; Bee.id)

3. Surat Negosiasi Penawaran Kerjasama

Surat negosiasi penawaran kerjasama adalah dokumen tertulis yang dibuat dengan tujuan membahas, menawarkan, dan menegosiasikan kerjasama antara dua belah pihak, seperti perusahaan atau entitas bisnis. Hal ini merupakan langkah awal dalam proses menjajaki potensi kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat.

Dalam surat ini, biasanya salah satu pihak menyampaikan minatnya untuk menjalin kerjasama dengan pihak lainnya. Surat ini dapat membahas aspek-aspek yang relevan, seperti persyaratan kontrak, ruang lingkup kerjasama, spesifikasi produk atau layanan yang akan ditawarkan, ketersediaan, harga, serta syarat dan kondisi lainnya.

<yoastmark class=

4. Contoh Surat Negosiasi Penawaran Tender

Surat negosiasi penawaran tender adalah dokumen tertulis yang dikirimkan kepada badan atau perusahaan yang mengadakan proses tender.

Surat ini dibuat untuk mengekspresikan minat, kesediaan, dan niat untuk berpartisipasi dalam proses tender yang diadakan oleh pihak penerima tender.

Tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan keterbukaan terhadap pembahasan dan negosiasi lebih lanjut terkait penawaran yang telah diajukan dalam proses tender.

Surat ini menegaskan ketertarikan pihak yang mengirimkan surat dalam mengikuti tender dan memunculkan keinginan untuk memperoleh kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat dalam proyek atau pekerjaan yang ditawarkan dalam tender.

Surat Negosiasi Penawaran Tender

Surat Negosiasi Penawaran Tender (Credit: bee.id)

Baca Juga: Contoh Surat Balasan Penawaran, Format dan Cara Menulisnya

Cara Menulis Surat Penawaran Negosiasi

Berikut adalah cara menulis surat penawaran negosiasi yang baik dan benar:

1. Buatlah Format yang Jelas dan Rapi

Format yang umum digunakan untuk surat penawaran negosiasi adalah sebagai berikut:

  • Kop surat: Bagian ini berisi informasi tentang perusahaan yang mengirimkan surat.
  • Tanggal surat: Bagian ini berisi tanggal surat dibuat.
  • Nomor surat: Bagian ini berisi nomor surat yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  • Lampiran: Bagian ini berisi dokumen atau informasi tambahan yang diperlukan.
  • Alamat penerima: Bagian ini berisi alamat lengkap penerima surat.
  • Salam pembuka: Bagian ini berisi sapaan kepada penerima surat.
  • Isi surat: Bagian ini berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Penutup surat: Bagian ini berisi salam penutup dan harapan untuk mendapatkan tanggapan dari penerima surat.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional

Surat penawaran negosiasi harus menggunakan bahasa yang sopan dan profesional agar penerima surat merasa dihargai. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau menyinggung.

3. Informasikan secara Jelas Tentang Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Surat penawaran negosiasi harus memberikan informasi yang jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Informasi yang harus dicantumkan meliputi:

  • Nama produk atau jasa
  • Deskripsi produk atau jasa
  • Spesifikasi produk atau jasa
  • Harga produk atau jasa
  • Keunggulan produk atau jasa
  • Berikan harga yang kompetitif.

Harga yang ditawarkan harus kompetitif agar menarik minat penerima surat. Namun, harga juga harus wajar dan sesuai dengan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Beri Penawaran yang Menarik, seperti Diskon atau Bonus

Penawaran yang menarik, seperti diskon atau bonus, dapat meningkatkan peluang diterimanya penawaran. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menulis surat penawaran negosiasi yang baik dan benar:

  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan penerima surat.
  • Gunakan bahasa yang persuasif untuk meyakinkan penerima surat.
  • Tawarkan solusi yang tepat untuk kebutuhan penerima surat.
  • Berikan kesan yang positif agar penerima surat tertarik untuk menjalin kerja sama.

Tujuan Utama Surat Penawaran Negosiasi

Salah satu tujuan utama dari surat penawaran negosiasi adalah untuk mengenalkan produk atau layanan kepada pihak lain dengan harapan mencapai kesepakatan harga yang menguntungkan. Namun, selain hal tersebut, terdapat tujuan lain yang tidak kalah penting:

1. Meningkatkan Penjualan

Surat penawaran negosiasi berperan sebagai alat untuk mendorong peningkatan jumlah penjualan. Dengan menarik perhatian calon konsumen melalui penawaran yang menarik, diharapkan dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

2. Memperluas Pasar

Melalui surat ini, perusahaan dapat memperluas cakupan pasarnya dengan menawarkan produk atau layanan kepada target pasar yang lebih luas. Hal ini bisa membantu perusahaan mencapai audiens yang sebelumnya belum terjangkau.

3. Menjalin Hubungan Kerjasama

Surat negosiasi juga berperan dalam membangun hubungan kerja sama yang baik dengan calon konsumen atau mitra bisnis potensial.

Ini tidak hanya tentang menjual produk atau layanan, tetapi juga membangun relasi yang berkelanjutan dan saling menguntungkan di masa depan.

4. Sebagai Pintu Negosiasi

Surat negosiasi berperan sebagai awal pembicaraan harga dan syarat. Ini membuka jalan bagi kedua belah pihak untuk berdiskusi, menyesuaikan, dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan terkait penawaran produk atau jasa.

Sebagai "pintu negosiasi," surat ini memungkinkan interaksi terstruktur antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepahaman sebelum kesepakatan akhir tercapai.

Kesimpulan

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Dalam bisnis, surat penawaran negosiasi adalah alat penting untuk membangun kemitraan yang sukses. Dengan memahami pengertian, struktur, tujuan, dan contoh-contoh yang telah dibahas, Anda siap untuk menyusun surat penawaran yang efektif.

Jangan lupa untuk selalu menjaga profesionalisme, konsistensi, dan kejelasan dalam setiap proposal. Mulailah dengan penjelasan yang singkat dan menarik, deskripsikan produk atau jasa dengan jelas, dan tawarkan keunggulan yang membedakan.

Gunakan bahasa yang sopan dan mengundang serta jadikan penawaran Anda sebagai dasar untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan.

10 Pengusaha Sukses di Indonesia dan 19 Tips Suksesnya
Pengusaha sukses di Indonesia telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan perekonomian Indonesia dan membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.
Baca Juga
Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula
Gagasan membangun ide bisnis rumahan untuk pemula memiliki daya tarik karena alasan yang jelas, apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Bayangkan,
Baca Juga
9 Prosedur Audit Keuangan Perusahaan Wajib Dilakukan
Perihal prosedur audit laporan keuangan merupakan hal wajib dilakukan setiap perusahaan. Laporan keuangan sendiri merupakan sebuah informasi yang menyampaikan deretan
Baca Juga
Hindari Sikap-Sikap Ini Jika Ingin Usaha Anda Berkembang!
Tak peduli seberapa besar visi dan misi Anda dalam membangun usaha, beberapa sikap yang buruk bisa menghambat berjalannya usaha, bahkan
Baca Juga
7+ Cara FYP di TikTok Bikin Promosi Makin Top
Siapa saat ini yang tidak mengenal TikTok? Media sosial yang kini sedang populer dan digandrungi banyak kalangan. Membangun berbagai trend
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu