Logo Bee Web

5+ Cara Menawarkan Produk Online Efektif & Menarik

Bagaimana cara menawarkan produk ke konsumen dengan baik dan benar? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba dan praktekan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 12 January 2024

Saat ini ada banyak sekali cara menawarkan produk ke konsumen secara online akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan media online yang semakin masif saat ini.

Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku bisnis. Dimana dengan menawarkan produk secara online dapat meningkatkan keuangan pasar, namun jika strategi yang digunakan kurang tepat maka akan berpeluang kalah bersaing dan berakhir gagal.

Oleh karena itu, dalam menawarkan produk kepada konsumen bukan lagi sekadar tentang mengeksposnya secara luas, tetapi juga melibatkan mereka secara langsung. Berikut beberapa cara menawarkan produk secara online.

Tips & Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen Secara Online

Berikut beberapa cara menawarkan produk ke konsumen online dengan berbagai cara:

1. Cara Menawarkan Produk ke Konsumen Lewat WA

Cara Menawarkan Produk Lewat Wa

Ilustrasi transaksi via WhatsApp (Credit: Freepik.com)

Tips pertama adalah cara menawarkan produk ke konsumen lewat WA (WhatsApp), salah satu media sosial yang berfungsi untuk penyampaian pesan individu maupun kelompok yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Selain untuk menyampaikan pesan dalam bentuk teks, WhatsApp juga memiliki fitur yang cocok untuk media promosi, seperti lewat grup chatting, fitur story, saluran dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menawarkan produk ke konsumen lewat WA, Anda bisa melakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menggunakan Akun WA Bisnis

Langkah pertama adalah menggunakan akun WA Bisnis, dengan menggunakan akun bisnis profil Anda akan terlihat lebih profesional sehingga konsumen lebih percaya dengan bisnis Anda.

Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis Anda bisa memanfaatkan fitur yang tidak disediakan di akun personal, seperti penetapan jam operasional, fitur auto respon, katalog/ etalase dan lain sebagainya.

  • Tidak Melakukan SPAM

Berikutnya adalah hindari untuk mengirim pesan berlebihan atau tidak relevan yang dapat dianggap sebagai spam. Hal ini akan mengganggu konsumen, sehingga membuka kemungkinan nomor Anda akan di blokir.

Dan akhirnya reputasi bisnis akan memburuk, Anda kehilangan relasi bisnis dan membuka kemungkinan bisnis Anda akan merugi. Pastikan untuk menjaga integritas bisnis dengan cara komunikasi yang baik dan efektif.

  • Buat grup WhatsApp khusus untuk bisnis Anda

Selanjutnya adalah membuat grub pelanggan atau calon konsumen memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung. Dengan catatan tidak melakukan spam atau menawarkan produk secara berlebihan dalam waktu yang bersamaan.

Anda bisa memberikan informasi secara berkala di grup tersebut mengenai produk yang Anda tawarkan, sekaligus sebagai media komunikasi massal antara konsumen dan pemilik usaha.

  • Bergabunglah dengan grup WhatsApp yang relevan

Selanjutnya, tidak hanya konsumen saja bergabung dalam grup yang Anda buat, Anda juga bisa ikut bergabung dengan komunitas bisnis yang relevan dengan industri dan atau minat target pasar.

Bergabung dengan komunitas akan memudahkan And dalam membangun jaringan, berbagi informasi dan secara halus memperkenalkan produk yang sedang Anda jual ke komunitas tersebut.

  • Gunakan strategi personalisasi

Selanjutnya lakukan personalisasi kepada konsumen, meskipun Anda menggunakan fitur auto reply di awal, pastikan Anda menciptakan kesan personal kepada mereka sehingga dapat meningkatkan daya tarik.

Usahakan sebisa mungkin Anda mengenali kebutuhan dan preferensi konsumen agar bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan minat mereka.

Agar lebih personal sebut nama konsumen, berikan penawaran eksklusif berdasarkan riwayat pembelian, dan berikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Gunakan fitur status untuk memasarkan produk

Berikutnya manfaatkan fitur status WhatsApp untuk memasarkan produk atau penawaran terbaru. Gambar dan video dapat memberikan pengalaman visual yang menarik, sementara teks singkat dapat menjelaskan keunggulan produk dengan jelas.

Pastikan untuk menyertakan tautan atau kontak yang memudahkan konsumen untuk menghubungi atau membeli produk tersebut. Meskipun mereka tidak membeli, setidaknya mereka mengetahui jika Anda menjual produk tersebut dan mungkin saja di masa yang akan datang mereka membutuhkannya

Baca Juga: Tips dan Cara Jualan Online Lewat WA Bisnis

2. Menawarkan Produk Lewat TikTok

Promosi Di Tiktok

Popularitas TikTok jadi peluang pelaku bisnis untuk promosi (Credit: Freepik.com/@goodmood_studio)

Cara selanjutnya adalah menawarkan produk ke konsumen lewat TikTok, saat ini siapa yang tidak mengenal TikTok, salah satu platform penyedia video pendek yang banyak digemari berbagai kalangan, dan bahkan saat ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

Dengan skala pengguna yang cukup masif ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para pelaku usaha untuk mempromosikannya, baik secara organik atau menggunakan fitur promosi berbayar.

  • Buat konten dengan hook menarik

Langkah awal untuk menawarkan produk lewat TikTok adalah membuat konten yang menarik, isi konten adalah hal pertama yang menentukan apakah promosi Anda sukses atau tidak. untuk membuat konten semakin menarik dan membuat audiens penasaran adalah memiliki hook yang menarik.

Hook TikTok adalah detik pertama video yang memancing rasa ingin tahu audience untuk menonton video hingga akhir. Pastikan juga konten yang Anda buat relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

  • Gunakan musik, efek visual, dan teks yang menarik

Selanjutnya, perhatikan elemen-elemen kreatif dalam pembuatan konten. Gunakan musik yang sesuai dan menarik perhatian, sertakan efek visual yang kreatif.

Untuk memperjelas konten Anda bisa menambahkan teks yang singkat namun informatif tentang produk. Dengan mengkombinasikan ketiga elemen ini dapat meningkatkan daya tarik visual dan audio dari konten Anda.

  • Gunakan hashtag yang relevan

Berikutnya adalah gunakan hastag yang relevan untuk memperluas jangkauan konten yang Anda buat tambahkan juga hashtag khusus untuk kampanye Anda.

Hal ini akan membantu pengguna Tik Tok menemukan konten Anda lebih mudah melalui pencarian hashtag dan meningkatkan visibilitas kampanye pemasaran Anda.

  • Lakukan interaksi dengan pengguna TikTok lainnya

Aktif berinteraksi dengan pengguna Tik Tok lainnya merupakan langkah penting dalam membangun komunitas di platform ini. Balas komentar, beri like pada video lain.

Kemudian ikuti trend atau tantangan yang sedang populer. Dengan interaksi ini tidak hanya memperluas jaringan, tetapi juga meningkatkan kemungkinan konten Anda menjadi lebih viral.

  • Kolaborasi dengan influencer

Berikutnya lakukan kolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan produk Anda dapat memberikan dampak besar. Cari influencer yang cocok dan ajak mereka berkolaborasi.

kemudian buat konten yang bisa merekomendasikan produk Anda. Ini dapat memberikan akses langsung kepada audiens yang sudah ada dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda

  • Manfaatkan fitur Live

Terakhir, manfaatkan fitur Live TikTok untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens. Gunakan sesi live untuk mendemonstrasikan produk secara real-time, menjawab pertanyaan pengguna, dan memberikan penawaran khusus.

Live session tidak hanya memberikan pengalaman yang lebih langsung, tetapi juga membangun keterlibatan yang lebih kuat dengan audiens Anda di platform ini.

3. Promosi Produk Lewat Marketplace

Manfaat marketplace sebagai media Anda dalam menawarkan produk (Credit; Freepik.com)

Keberadaan marketplace telah menjadi salah satu sarana utama bagi pelaku bisnis untuk menawarkan produk mereka kepada konsumen secara efektif.

Dalam konteks ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah kunci dan strategi yang dapat diambil untuk menawarkan produk, berikut diantaranya:

  • Pilih platform marketplace yang sesuai dengan jenis produk Anda

Pertama adalah pilih platform marketplace yang tepat dan yang berpotensi bisa meningkatkan penjualan produk Anda. Pertimbangkan jenis produk yang Anda tawarkan.

Dimana setiap platform memiliki karakteristik berbeda, dan fokus pada salah satu dapat memberikan hasil yang lebih baik. Pastikan juga Anda memanfaatkan fiturnya secara optimal.

  • Gunakan foto produk yang berkualitas tinggi

Berikutnya adalah foto produk yang berkualitas tinggi, salah satu faktor utama konsumen mengetahui bagaimana produk yang Anda tawarkan hanyalah lewat foto.

Sehingga foto yang berkualitas akan sangat membantu konsumen mengetahui bagaimana kualitas dari produk itu sendiri. Pastikan untuk menyajikan produk dengan sudut yang baik, pencahayaan yang tepat, dan latar belakang yang bersih.

Gambar yang jelas dan profesional dapat meningkatkan daya tarik produk Anda di mata konsumen.

  • Tentukan harga produk yang kompetitif

Selanjutnya tentukan harga produk yang kompetitif sangat penting untuk bersaing di pasar online. Lakukan riset pasar untuk memahami harga yang umum di platform tersebut.

Dan pastikan bahwa harga produk Anda sebanding dengan kualitasnya. Tawarkan juga penawaran atau diskon jika memungkinkan untuk menarik perhatian pembeli.

  • Berikan layanan pelanggan yang baik

Keempat adalah layanan yang baik dan cepat tanggap dalam menjawab chat konsumen. Hal ini juga menjadi faktor penentu dalam membangun reputasi bisnis Anda di marketplace.

Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional. Berikan informasi yang jelas terkait pengiriman dan kebijakan pengembalian untuk memberikan kepercayaan kepada pembeli potensial.

  • Pelajari Algoritma Marketplace

Setiap marketplace memiliki algoritma yang menentukan tampilan produk kepada calon pembeli. Pelajari dan pahami cara algoritma tersebut bekerja.

Faktor-faktor seperti aktivitas, umpan balik, dan peningkatan kualitas produk dapat mempengaruhi peringkat produk Anda di hasil pencarian.

4. Promosi Lewat Sosial Media

Contoh Ilustrasi Influencer Marketing Di Sosial Media

Contoh Ilustrasi Influencer Marketing Di Sosial Media (Credit: Freepik.com)

Peran sosial media sebagai alat pemasaran yang efektif semakin memegang peranan penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Keberadaannya tidak hanya sebagai platform untuk bersosialisasi.

Tetapi juga sebagai wadah yang memungkinkan pelaku bisnis menjangkau konsumen secara lebih luas dan efisien. Berikut beberapa cara menawarkan produk lewat sosial media yang menarik.

  • Pilih platform sosial media yang sesuai dengan target audiens Anda (misalnya Instagram, Facebook, Twitter)

Pemilihan platform sosial media yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting. Identifikasi dimana target audiens Anda lebih aktif, apakah itu Instagram, Facebook, Twitter, atau platform lainnya.

Setiap platform memiliki karakteristik dan demografis pengguna yang berbeda, sehingga pemilihan yang tepat akan membantu memaksimalkan efektivitas kampanye Anda.

  • Buat posting berkala dengan konten menarik, seperti gambar, video, dan infografis

Buatlah posting berkala yang menarik perhatian pengguna. Gunakan variasi konten seperti gambar, video, dan infografis untuk menjaga keberagaman dan keterlibatan. Pastikan konten tersebut relevan dengan produk Anda dan sesuai dengan selera target audiens

  • Sertakan call to action (CTA) yang jelas di setiap konten

Tambahkan juga call to action yang jelas di setiap posting. Sertakan instruksi yang mengajak pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi website, melakukan pembelian, atau berbagi konten. CTA yang baik dapat mendorong interaksi dan konversi.

  • Ikuti akun-akun yang relevan dengan produk Anda

Tingkatkan visibilitas dan keterlibatan dengan mengikuti akun-akun yang relevan dengan produk Anda. Hal ini dapat membantu Anda membangun jaringan, mendapatkan inspirasi, dan meningkatkan peluang interaksi dengan audiens yang berpotensi tertarik dengan produk Anda.

  • Lakukan interaksi dengan pengguna sosial media lainnya

Aktif terlibat dengan pengguna lain di platform sosial media. Balas komentar, beri like pada postingan orang lain, dan berpartisipasi dalam diskusi. Interaksi positif dapat membangun komunitas online yang mendukung dan meningkatkan visibilitas akun Anda.

  • Kerja sama dengan influencer sosial media

Jika memungkinkan, lakukan kerja sama dengan influencer sosial media yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda. Influencer dapat membantu memperluas jangkauan Anda dan memberikan rekomendasi yang kredibel kepada audiens mereka.

  • Gunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas jika diperlukan

Jika ingin meningkatkan visibilitas secara cepat, pertimbangkan penggunaan iklan berbayar di platform sosial media. Gunakan opsi targeting yang tepat untuk memastikan iklan Anda hanya muncul di depan audiens yang relevan dengan produk Anda. Monitor dan analisis performa iklan secara teratur untuk penyesuaian yang diperlukan.

5. Promosi Lewat YouTube

Contoh Media Youtube Sebagai Tempat Promosi

Contoh Media Youtube Sebagai Tempat Promosi (Credit: Bee.id)

Sebagai platform berbagi video terbesar di dunia, YouTube tidak hanya menjadi tempat bagi kreasi konten yang kreatif, tetapi juga menjadi panggung yang efektif untuk membangun hubungan dengan audiens yang luas.

Berikut ini langkah-langkah dalam menawarkan produk ke konsumen lewat YouTube:

  • Buat video demo produk atau ulasan yang informatif

Langkah pertama dalam menawarkan produk melalui YouTube adalah membuat video demo produk atau ulasan yang informatif. Buatlah konten yang memberikan gambaran jelas tentang produk.

Seperti menjelaskan fitur-fiturnya, dan manfaat yang ditawarkan. Kemudian pastikan video tersebut mengedepankan kejelasan dan keaslian untuk membangun kepercayaan konsumen.

  • Gunakan kata kunci video dan tag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian

Untuk meningkatkan visibilitas video Anda di hasil pencarian, gunakan kata kunci video yang relevan dengan produk Anda. Pilih kata kunci yang sering dicari oleh target audiens Anda.

Selain itu, tambahkan tag yang sesuai untuk membantu algoritma YouTube memahami dan menempatkan video Anda dalam kategori yang tepat.

  • Promosikan video Anda di media sosial

Setelah mempublikasikan video di YouTube, jangan lupakan langkah penting untuk mempromosikannya di platform sosial media lainnya.

Bagikan tautan video di akun media sosial Anda dan dorong audiens untuk menyebarkan informasi. Langkah ini dapat memperluas jangkauan video Anda dan menarik lebih banyak penonton potensial.

  • Kolaborasi dengan YouTuber lain jika memungkinkan

Jika ada peluang, lakukan kolaborasi dengan YouTuber lain yang memiliki audiens yang relevan dengan produk Anda. Kerjasama ini dapat membantu Anda mencapai khalayak baru dan membangun kepercayaan melalui rekomendasi dari pihak yang sudah memiliki otoritas di platform tersebut.

6. Menawarkan Produk ke Customer Lewat Website

Menawarkan Produk Ke Konsumen Lewat Website

Menawarkan Produk Ke Konsumen Lewat Website (Credit: Freepik.com)

Cara selanjutnya adalah melalui website, dimana website sendiri sebagai media yang cukup populer yang digunakan untuk menawarkan produk.

Selain itu, melalui website juga dapat memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, serta membangun kepercayaan dengan konsumen.

  • Buat website e-commerce yang responsif

Langkah pertama dalam menawarkan produk lewat sosial media adalah memiliki website e-commerce yang responsif. Pastikan bahwa website Anda dapat diakses dengan baik melalui perangkat seluler dan desktop.

Desain yang responsif memberikan pengalaman pengguna yang baik, yang dapat meningkatkan kemungkinan konversi ketika pengguna diarahkan dari sosial media ke website Anda.

  • Optimalisasi SEO untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari

Optimalkan situs web Anda untuk mesin pencari dengan menerapkan praktik SEO yang baik. Pilih kata kunci yang relevan dengan produk Anda, gunakan deskripsi produk yang informatif.

Pastikan struktur situs Anda memudahkan pencarian. Dengan demikian, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari produk serupa melalui mesin pencari.

  • Tawarkan layanan pelanggan yang responsif melalui formulir kontak atau chat online

Memberikan layanan pelanggan yang responsif sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen. Sediakan formulir kontak yang mudah diakses.

Atau fasilitas chat online yang memungkinkan pelanggan mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik secara langsung. Tanggapi pertanyaan atau permintaan pelanggan dengan cepat dan profesional, karena hal ini dapat memengaruhi pengalaman belanja online mereka.

10 Contoh Promosi Menarik untuk Menawarkan Produk

Berikut beberapa contoh promosi produk yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda:

  • Diskon 50% untuk semua produk
  • Beli 1 gratis 1
  • Gratis ongkir untuk semua pembelian
  • Potongan harga 10% untuk pembelian menggunakan kartu kredit
  • Cicilan 0% untuk semua pembelian
  • Garansi 100% uang kembali
  • Barang baru, harga miring
  • Hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama
  • Promo terbatas, Hanya untuk hari ini
  • Beli produk A, dapatkan produk B diskon 50%

Baca Juga: 8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya

Terapkan Promo Produk Lebih Optimal dengan Beepos

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Dengan menggunakan software kasir online Beepos yang terintegrasi dengan sistem akuntansi, pengusaha dapat menerapkan promo produk secara optimal dan terpusat. Selain itu, Beepos juga sudah terintegrasi dengan akuntansi, sehingga akan sangat memungkinkan Anda untuk memantau dan mengelola promosi dengan lebih optimal.

Serta secara otomatis merekam setiap transaksi ke dalam sistem akunting. Dengan begitu, analisis performa promosi dapat dilakukan dengan akurat, membantu pengusaha membuat keputusan yang lebih cerdas untuk strategi pemasaran masa depan. Klik banner di atas untuk informasi selengkapnya!

10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula
Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
Kegiatan Distribusi: Cara Produk Sampai di Tangan Konsumen
Dalam setiap kisah ekonomi, peran penting yang dimainkan oleh kegiatan distribusi tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda mungkin pernah mengamati
Baca Juga
Bagaimana Cara Membuat Buku Kas Sederhana?
Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat buku kas secara sederhana. Seperti namanya cara membuat buku kas sederhana,
Baca Juga
Bagaimana Cara Membangun Partnership, Tugas dan Contohnya
Sukses bisnis tidak diraih dengan sendirinya. Membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis atau partnership adalah kunci utamanya.
Baca Juga
Scale Up Adalah: Fungsi, Strategi Penerapannya dalam Bisnis
Scale up adalah kunci utama bagi perusahaan yang ingin meraih sukses dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Scale up bukan sekadar tentang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu