🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Rekomendasi Aplikasi Grosir Sembako, Harga Mulai Rp. 100rb

Salah satu aplikasi grosir sembako terpopuler di indonesia dengan harga terjangkau mulai dari Rp 100.000 yaitu beeaccounting.
Penulis: Feni Purwantini
Dipublish Tgl: Friday, 27 March 2020

Sebagai pebisnis toko sembako, Anda pasti paham betapa pentingnya efisiensi dalam berbelanja grosir dan ketelitian dalam pembukuan transaksi. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi grosir sembako.

Aplikasi Grosir Sembako sangat dibutuhkan untuk mencatat setiap transaksi. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. Sedangkan usaha grosir sembako ini memang bisnis yang sangat legit karena pangsa pasarnya yang sangat besar.

Selain itu, dengan aplikasi ini Anda Anda bisa fokus mengembangkan bisnis tanpa khawatir tentang administrasi yang rumit.  Lantas apa sih yang dimaksud dengan usaha grosir sembako itu ?

Pengertian Usaha Grosir Sembako

Gambar Beras untuk Kebutuhan Pokok

Beras untuk Kebutuhan Pokok (Sumber: Freepik.com)

Usaha grosir sembako adalah bisnis yang menyediakan atau melakukan penjualan berbagai jenis produk yang berkaitan dengan bahan pokok makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Jika mengutip dari Wikipedia, sembako atau sembilan bahan pokok, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sembilan jenis kebutuhan dasar yang sering dijadikan tolok ukur dalam penentuan kebijakan pangan dan kesejahteraan di Indonesia. Sembako meliputi beras, gula, minyak goreng dan margarin, daging sapi dan ayam, telur ayam, susu, jagung, minyak tanah, serta garam beryodium. Keberadaan sembako sangat penting untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi dan menjaga stabilitas harga pasar. Usaha grosir sembako ini ada yang berbentuk warung kelontong, agen dan juga distributor.

Sederhananya, usaha ini berbeda dengan toko sembako pada umumnya. Toko sembako umumnya menjual produk yang ditargetkan kepada konsumen akhir dalam jumlah eceran.

Sedangkan grosir sembako menjual produk yang memang ditujukan untuk toko sembako eceran atau pedagang yang akan menjualnya kembali kepada konsumen akhir. Inilah yang membedakan toko kelontong dengan toko grosir sembako.

Biasanya memiliki ciri-ciri seperti:

  • Menjual sembako dengan jumlah besar, biasanya pembelian produk dilakukan dalam satuan karung, dus, atau bal, bukan satuan ecer.
  • Menawarkan produk kepada pengusaha ritel/ eceran.
  • Karena membeli dalam jumlah besar, grosir sembako dapat membeli sembako dengan harga yang lebih murah.
  • Memiliki gudang penyimpanan yang luas untuk menampung persediaan barang yang banyak.

Masalah Yang Sering Dialami Usaha Grosir Sembako

Pasar Buah Pelanggan dan Penjualan Gambar

Penjual Menunjukkan Buah ke Pelanggan (Sumber: Pexels.com)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis Anda ini menguntungkan, yakni memahami masalah yang seing dihadapi usaha Anda tanpa Anda sadari seperti:

1. Harga

Dari jaman purba sampai sekarang masalahnya tetap sama yaitu soal harga. Persaingan yang ketat dalam pasar menyebabkan tekanan untuk menawarkan produk dengan harga yang kompetitif.

Dalam hal ini Anda harus pintar-pintar dalam menetapkan harga yang menarik. Harga yang tidak bersaing dapat membuat pelanggan beralih ke kompetitor, sementara harga terlalu rendah bisa mereduksi margin keuntungan.

Selain itu, biasanya harga sembako di beberapa daerah berbeda, contohnya harga telur di Jawa Timur berkisar Rp24.000 sedangan di Jawa Barat berkisar Rp25.000. Harga ini bisa berbeda baik dengan harga grosir maupun eceran. Maka dari itu, sebagai pengusaha Anda perli pintar-pintar menyesuaikannya.

2. Pemilihan Lokasi Usaha

Berikutnya dari segi pemilihan lokasi, lokasi usaha sangat mempengaruhi jumlah pelanggan dan omset penjualan. Jika lokasi yang Anda pilih kurang strategis, maka dapat mengakibatkan penjualan yang rendah.

Karena itu, Anda bisa memilih lokasi toko di area lebih strategis, seperti padat pendidik dengan aksesibilitas yang baik. Membuka usaha toko sembako yang berlokasi di tempat ramai cenderung lebih tinggi jumlah penjualannya dibandingkan di lokasi sepi.

3. Tidak Punya Laporan Keuangan

Masalah selanjutnya adalah tidak memiliki laporan keuangan, kurangnya laporan keuangan dapat menjadi hambatan serius bagi usaha grosir sembako. Tanpa laporan keuangan yang teratur dan akurat, sulit untuk memantau kinerja keuangan bisnis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan kesulitan untuk mengidentifikasi tren penjualan, mengelola stok barang dengan efisien, dan menetapkan harga jual yang tepat. Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan dalam penataan stok dan harga jual yang tidak konsisten.

4. Salah Penataan Rak

Terakhir adalah salah penataan rak. Penataan rak yang tidak efektif dapat mengakibatkan berbagai masalah, Toko sembako dengan pentaaan rak yang tidak tepat dapat menyebabkan sulitnya pelanggan dalam menemukan produk, kerusakan atau kadaluwarsa barang, dan penurunan minat pelanggan untuk kembali berbelanja.

Penataan rak yang baik, seperti yang diterapkan oleh indoapril dan Alfa, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi dalam manajemen stok. Selain itu, dengan penataan rak yang baik dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam memantau stok barang.

Solusi dari Masalah Usaha Grosir Sembako

Meta Gambar Software Distributor Facebook

Untuk mengatasi masalah-masalah ini, penting bagi pengusaha grosir sembako untuk mengimplementasikan strategi yang tepat, seperti pemilihan ulang lokasi usaha jika memang sebelumnya kurang strategis, Anda juga bisa melakukan penataan ulang rak agar efektif, hingga menyusun laporan keuangan.

Laporan keuangan ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko sembako Beeaccounting. Beeaccounting adalah program yang bisa menjadi solusi lengkap untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan efisien dan akurat. Klik banner di atas untuk uji coba gratis terbatas!

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencatat setiap transaksi penjualan, pembelian, dan pengeluaran dengan mudah. Selain itu, Beeaccounting menyediakan fitur untuk menghasilkan berbagai jenis laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Grosir Sembako?

Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut beberapa alasan kenapa perlu menggunakan aplikasi grosir sembako dari Beeaccounting:

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan menggunakan aplikasi grosir sembako, Anda bisa secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional toko Anda. Dengan otomatisasi pencatatan transaksi, pengelolaan stok, dan pembuatan laporan keuangan.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan selain itu juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya dihabiskan untuk tugas-tugas manual. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa melakukan scale up dan fokus pada aspek lain dari bisnis, seperti strategi pemasaran dan layanan pelanggan.

2. Pengelolaan Stok yang lebih Baik

Berikutnya, pengelolaan stok barang lebih mudah dan akurat. Anda hanya perlu mencatat setiap stok barang secara rutin, dan aplikasi grosir akan membantu Anda untuk melacak stok secara real-time. Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia, yang habis, atau yang mendekati kadaluarsa.

Tidak hanya itu saja, dengan pengelolaan stok yang lebih baik, Anda dapat mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan stok, serta memastikan barang-barang terlaris selalu tersedia tanpa harus repot mengecek secara manual.

3. Akurasi dan Keamanan Data

Berikutnya dari segi akurasi dan keamanan data, perlu Anda pahami jika kesalahan dalam pencatatan transaksi dan laporan keuangan bisa berdampak besar pada bisnis.

Dengan fiturnya, Aplikasi sembako ini bisa membantu Anda meminimalkan kesalahan manusia dengan mencatat transaksi secara otomatis dan akurat.

Selain itu, data keuangan dan stok yang tersimpan dalam aplikasi lebih aman dibandingkan dengan pencatatan manual, praktik privasi dan kemanan ini juga dapat mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan data.

4. Analisis dan Laporan Keuangan Lengkap

Berikutnya, membantu Anda untuk menganalisis dan membuat laporan keuangan secara akurat, menyediakan berbagai jenis laporan keuangan yang dapat memberikan informasi dan membantu Anda memahami kondisi keuangan bisnis secara mendalam.

Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan analisis penjualan yang terperinci. Informasi ini sangat berharga untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan strategis, serta untuk memantau kinerja usaha dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Usaha grosir sembako wajib menggunakan aplikasi untuk mengontrol stok barang agar terhindar dari kesalahan stok. Anda hanya perlu beli sekali untuk mendapatkan keuntungan.

Aplikasi ini juga membantu melakukan promosi barang yang lambat laku agar tidak rusak atau kadaluarsa dan menjadi beban biaya. Membantu Anda secara langsung menghindari kerugian.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda secara optimal dalam mengontrol keluar masuknya uang dan manajemen piutang untuk menjaga kesehatan cash flow bisnis Anda.

Dengan aplikasi grosir sembako terpopuler di Indonesia dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 100.000 adalah Software Grosir Beeaccounting. Harganya murah, tapi hasilnya tidak murahan.

Jangan ragu untuk mencoba! Jadikan bisnis Anda jadi bisnis yang terus meningkat dan berkelanjutan. Mau punya bisnis yang lebih mudah dikontrol dan punya omzet lebih banyak? Klik banner di atas dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga artikel tentang "Aplikasi Grosir Sembako Terpopuler di Indonesia Dengan Harga Mulai Rp 100.000" ini bisa membantu Anda.

Artikel Terkait

Mengenal Metode Perpetual, Perbedaan dan Contohnya
Secara umum metode perpetual adalah sebuah metode yang digunakan untuk pencatatan setiap waktu guna menyesuaikan transaksi pembelian dan penjualan dari
Baca Juga
Artificial Intelligence: Marketing, HR & Customer Service
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang semakin populer dan banyak digunakan dalam dunia bisnis saat ini. AI
Baca Juga
Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil
Akuntansi UKM - Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha
Baca Juga
Harga Software Kasir Cafe dan Resto Terbaru Tahun 2021
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih harga software cafe atau sejenisnya. Software kasir merupakan kebutuhan operasional yang
Baca Juga
Fungsi, Cara dan Contoh Purchase Order Barang
Form Purchase Order barang merupakan salah satu dokument penting dan harus dibuat oleh sebuah perusahaan. Mengapa PO itu penting dan
Baca Juga
Software Distributor Grosir, Wujudkan Bisnis Lebih Mudah!
Era globalisasi kini berdampak dengan munculnya teknologi yang membantu aspek kehidupan. Teknologi berupa software distributor grosir misalnya. Software termasuk dalam
Baca Juga

Artikel Populer

Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu