Logo Bee Web

10 Ide Kerajinan dari Bahan Bekas Beserta Potensinya

Bahan bekas atau barang bekas adalah barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya dan kemudian dibuang ke tempat sampah.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Bahan bekas atau sering juga disebut sebagai limbah adalah bahan atau barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya dan kemudian dibuang ke tempat sampah. Atau bisa berasal dari berbagai macam jenis barang seperti plastik, kertas, logam, kaca, dan lain sebagainya.

Di artikel ini akan dibahas keuntungan, tantangan dan juga contoh pemanfaatan kerajinan dari bahan bekas.

Apa itu Kerajinan dari Bahan Bekas?

Kerajinan dari bahan bekas adalah karya seni atau produk yang dibuat dari limbah yang sudah tidak terpakai lagi.

Kerajinan dari bahan bekas memiliki nilai estetika dan keunikan tersendiri serta berkontribusi dalam pengurangan limbah dan pelestarian lingkungan.

Kerajinan Barang Bekas

contoh kerajinan bahan bekas (Credit: Istockphoto)

Kerajinan ini juga memiliki potensi pasar yang besar, terutama karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan berkontribusi pada pengurangan sampah.

Dikutip dari Gramedia, barang bekas bisa diolah menjadi Hasta Karya atau yang biasa kita kenal dengan kerajinan tangan adalah suatu kegiatan seni yang memfokuskan pada keterampilan tangan individu dan kegunaan mengolah bahan baku yang sering dijumpai di lingkungan hingga menjadi benda yang bernilai pakai, estetis, bahkan bisa jadi nilai jual.

Potensi Pasar Kerajinan dari Bahan Bekas

1. Tingginya Minat Masyarakat

Masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dan memilih produk yang ramah lingkungan. Dengan demikian, kerajinan dari barang bekas menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi konsumen yang ingin mendukung upaya pengurangan limbah dan pelestarian lingkungan.

2. Dukungan Pemerintah Terhadap Pengurangan Limbah

Pemerintah mulai memberikan dukungan dan insentif bagi pelaku usaha yang memproduksi barang dari bahan bekas. Hal ini memicu tumbuhnya pasar untuk produk-produk tersebut, sehingga peluang bisnis kerajinan dari bahan bekas semakin besar.

3. Tumbuhnya Kesadaran Tentang Daur Ulang

Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya daur ulang barang bekas untuk mengurangi limbah dan memperpanjang usia pakai suatu barang. Dalam hal ini, kerajinan dari barang bekas dapat menjadi solusi yang kreatif dan ramah lingkungan untuk mengolah limbah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi.

Keuntungan dari Bisnis Kerajinan dari Bahan Bekas

Selain membantu mengurangi limbah dan menjaga kelestarian lingkungan, bisnis kerajinan dari limbah ini juga memiliki banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan bisnis kerajinan dari barang bekas yang perlu Anda ketahui.

1. Ramah Lingkungan

Barang Bekas Ramah Lingkungan

ubah limbah menjadi barang berharga (Credit: Istockphoto)

Bisnis kerajinan dari barang bekas dapat membantu menjaga lingkungan dan mengurangi limbah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Dengan mengolah limbah menjadi kerajinan tangan, Anda dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

2. Potensi Keuntungan yang Besar

Potensi keuntungan bisnis kerajinan dari bahan bekas bisa sangat besar karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya produk ramah lingkungan dan kreativitas dalam mengolah limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi.

3. Memiliki Nilai Seni dan Keunikan

Kerajinan dari bahan bekas memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri karena setiap barang yang dihasilkan memiliki karakteristik dan bentuk yang berbeda-beda. Hal ini membuat produk kerajinan dari bahan bekas menjadi semakin menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Bahan Bekas yang Dapat Digunakan untuk Kerajinan

1. Bahan Plastik

Plastik bekas seperti botol, gelas, dan kantong dapat dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan seperti tas, tempat pensil, dan hiasan dinding. Plastik juga mudah diwarnai sehingga memungkinkan pembuatan kerajinan dengan berbagai warna yang menarik.

2. Kertas dan Kardus

Kertas bekas seperti koran, majalah, dan karton bekas dapat dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan seperti kotak kado, bingkai foto, dan hiasan dinding. Kertas dan kardus juga mudah dipotong dan dilipat sehingga memungkinkan pembuatan kerajinan yang beraneka ragam.

c. Botol dan Kaleng Bekas

Barang Bekas Botol Minuman

limbah botol bekas untuk kerajinan (Credit: Unsplash)

Botol dan kaleng bekas seperti botol air mineral dan kaleng minuman dapat dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan seperti vas bunga, tempat pensil, dan hiasan dinding. Botol dan kaleng bekas juga mudah dibentuk sehingga memungkinkan pembuatan kerajinan dengan bentuk yang beragam.

d. Barang Elektronik Bekas

Barang elektronik bekas seperti ponsel, kabel, dan komponen elektronik dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti aksesori, hiasan dinding, dan miniatur robot. Selain itu, bahan elektronik bekas juga memberikan kesempatan untuk menciptakan kerajinan tangan yang unik dan berbeda.

e. Kayu Bekas

Kayu bekas seperti palet dan sisa pembangunan dapat dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti meja, rak, dan hiasan dinding. Kayu bekas memberikan kesempatan untuk menciptakan kerajinan tangan dengan desain yang berbeda dan berkelas.

Tantangan dalam Bisnis Kerajinan dari Bahan Bekas

Selain memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan, bisnis ini juga memiliki = tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnisnya. Beberapa tantangan tersebut antaranya:

1. Persaingan yang Ketat

Bisnis kerajinan dari bahan bekas menghadapi persaingan yang ketat karena banyaknya pelaku usaha yang bergerak di bidang yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara untuk membuat produk yang berbeda dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

2. Kesulitan Mencari Bahan Baku Berkualitas

Salah satu tantangan dalam bisnis kerajinan dari bahan bekas adalah mencari bahan baku berkualitas. Beberapa bahan bekas mungkin sudah terlalu aus atau rusak sehingga sulit diolah menjadi produk kerajinan yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu mencari bahan baku yang masih layak pakai dan dapat diolah dengan mudah.

3. Masalah Keuangan

Bisnis kerajinan dari bahan bekas memerlukan modal untuk pembelian bahan baku, pembuatan produk, dan promosi. Masalah keuangan seperti modal yang terbatas atau kurangnya akses ke sumber daya keuangan dapat menjadi hambatan dalam mengembangkan bisnis kerajinan dari bahan bekas.

Selain itu, masalah keuangan lainnya adalah berkaitan dengan kesulitan menghitung keuntungan. Masalah keuangan seperti ini dapat diatasi dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Software ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis kerajinan dari bahan bekas secara lebih efektif dan efisien.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Beecloud memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda dalam mencatat transaksi keuangan, menghitung keuntungan, dan melacak arus kas secara real-time. Sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan bisnis.

Selain itu, Beecloud juga memiliki fitur laporan keuangan yang lengkap sehingga Anda dapat melihat perkembangan bisnis dari segi finansial.

4. Keterbatasan Waktu dan Tenaga

Bisnis kerajinan dari barang bekas membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup untuk memproduksi barang yang berkualitas dan menarik. Keterbatasan waktu dan tenaga dapat menjadi hambatan dalam memenuhi pesanan dari pelanggan atau mengembangkan bisnis secara lebih cepat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengelola waktu dan tenaga dengan baik agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi permintaan pelanggan.

Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas

1. Lampu dari Kaleng Bekas Susu

Lampu dari kaleng bekas susu adalah kerajinan yang terbuat dari bahan bekas kaleng susu yang sudah tidak terpakai. Kaleng bekas susu diolah menjadi sebuah lampu yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Kerajinan ini cocok untuk orang yang peduli dengan lingkungan karena menggunakan sampah yang bisa didaur ulang.

2. Celengan dari Kardus Bekas

Kardus bekas diubah menjadi celengan yang bisa digunakan untuk menabung uang koin. Selain berguna untuk menabung, kerajinan ini juga ramah lingkungan karena menggunakan limbah yang bisa didaur ulang.

3. Tempat Pensil dari Botol dan Kain Perca

Botol bekas diubah menjadi tempat pensil yang dilengkapi dengan tutup dan hiasan kain perca. Kerajinan ini sangat berguna untuk menyimpan pensil atau alat tulis lainnya, dan juga ramah lingkungan karena menggunakan barang bekas yang bisa didaur ulang.

4. Jam Dinding dari Bahan Stik Ice Cream

Stik ice cream diolah menjadi sebuah jam dinding yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Kerajinan ini cocok untuk orang yang kreatif dan ingin membuat kerajinan dari bahan bekas yang unik.

5. Tote Bag Tanpa Mesin Jahit

Kain bekas diolah menjadi sebuah tas totebag yang bisa digunakan untuk membawa barang-barang keperluan sehari-hari. Kerajinan ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang dan tidak memerlukan mesin jahit.

6. Pot Bunga dari Botol Plastik

Pot Plastik Dari botol minum

botol minuman berbahan plastik bisa diolah menjadi pot bunga (Credit: Istockphoto)

Botol plastik diolah menjadi pot bunga yang bisa digunakan untuk menanam tanaman kecil. Kerajinan ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang.

7. Rak Buku dari Kardus

Kardus bekas diolah menjadi rak buku yang bisa digunakan untuk menyimpan buku atau barang-barang lainnya. Kerajinan ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang.

8. Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Kardus bekas diolah menjadi bingkai foto yang bisa digunakan untuk menempelkan foto atau lukisan. Kerajinan ini sangat berguna untuk menghias ruangan, dan juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang.

9. Boneka dari Sarung Tangan

Sarung tangan diolah menjadi boneka yang bisa digunakan sebagai mainan atau dekorasi ruangan. Kerajinan ini sangat unik dan kreatif karena menggunakan bahan bekas yang tidak biasa.

10. Membuat Keset dari Kaos

Kaos bekas diolah menjadi keset yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai atau meja. Kerajinan ini sangat berguna dan juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang.

Yuukk manfaatkan barang bekas di sekitarmu menjadi kerajinan tangan yang berharga dan bisa dijual. Baca artikel bermanfaat lainnya di sini

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Vendor: Pengertian, Jenis, dan Tips Jadi Pebisnis Sukses
Vendor adalah perusahaan yang mempunyai peran besar dalam perekonomian. Ini dikarenakan mereka sebagai supplier yang menyediakan produk atau jasa bagi
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Karakteristik perusahaan jasa adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Perusahaan jasa memperoleh laba berasal dari pendapatan jasa yang diterima dikurangi dengan
Baca Juga
Konsumen Adalah, Definisi hingga Jenis Lengkapnya
Membahas definisi konsumen adalah hal yang menarik, sebab berkaitan erat dengan marketing. Konsumen atau pemakai barang merupakan hal yang tidak
Baca Juga
Perusahaan Jasa: Karakteristik, Contoh, serta Pengelolaan
Perusahaan jasa adalah salah satu jenis perusahaan yang digolongkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Berbeda dengan perusahaan manufaktur atau dagang, perusahaan
Baca Juga
Keuntungan Usaha Jasa dan Tips Menjalankannya
Tertarik untuk menjalankan usaha sendiri tapi bingung menentukan produk untuk dijual? Usaha tidak melulu tentang menjual produk, Anda bisa mempertimbangkan
Baca Juga
7 Contoh Perusahaan Jasa Berbagai Bidang di Indonesia
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan di berbagai bidang, kini banyak perusahaan jasa yang berkembang. Ada berbagai contoh perusahaan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu