Aplikasi Kasir Android Terbaik dan Tepat untuk UKM Indonesia

Thursday, 12 March 2020
Maghfirotul Amalia
Maghfirotul Amalia

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi Kasir Android – Kini berbagai usaha sudah mulai menggunakan aplikasi kasir android. Namun apakah Aplikasi Kasir yang digunakan adalah yang terbaik ?

Usaha Apa Saja yang Butuh Aplikasi Kasir?

Banyak usaha yang menggunakan Aplikasi Kasir termasuk Aplikasi Kasir Android, berikut beberapa contoh usaha yang sudah menggunakan Aplikasi Kasir :

Usaha yang menggunakan aplikasi kasir

Ilustrasi Layanan Kasir (Sumber: Freepik.com)

1. Kuliner

Tentu usaha ini sudah menjamur di mana–mana, apalagi di kota besar. Lantas apakah mereka bisa dengan mudah mengelola usahanya dengan cara manual? Tentu tidak. Cara manual yang Saya maksud adalah cara dalam mengelola keuangan, handle pesanan pelanggan sampai cara dalam mengelola karyawan. Tak hanya restoran besar saja yang sudah menggunakan Aplikasi Kasir ini, para UKM pun kini sudah mulai melirik dan menggunakannya.

2. Swalayan

Salah satu UKM yang sudah pasti menggunakan Aplikasi Penjualan adalah Toko Swalayan. Sama halnya dengan usaha kuliner, toko swalayan ini juga sudah menjamur di mana–mana. Baik itu franchise atau perorangan, sudah banyak bermunculan. Bagi Anda yang ingin memulai usaha toko swalayan perorangan, menggunakan Aplikasi Point Of Sale atau Aplikasi Penjualan atau Aplikasi Kasir merupakan langkah yang tepat. Karena akan sangat aman dan memudahkan Anda dalam memantau keuangan usaha Anda.

3. Toko Baju

Sebuah toko baju dengan pembeli yang banyak dan dengan banyak karyawan tentu akan sangat merepotkan jika masih menggunakan cara manual dalam mengelola keuangan usahanya. Jika Anda mulai berpikir untuk menggunakan Aplikasi Kasir, itu merupakan langkah yang tepat. Anda bisa memantau toko baju milik Anda walau sedang berlibur jika anda menggunakan software kasir online.

4. Toko Oleh–Oleh

Kebanyakan toko oleh – oleh biasanya ambil barang dari para UKM juga yang memproduksi sendiri dagangan mereka. Kemudian para pelaku UKM ini mensupply toko oleh – oleh dengan hasil produksi mereka. Bayangkan jika banyak supplier yang datang untuk mensupply dan Anda tidak memiliki sebuah Aplikasi Kasir atau Aplikasi Penjualan yang bisa mendata semua keluar masuknya uang dan barang di toko Anda.

5. Toko Retail

Tak hanya swalayan, toko retailpun juga sudah banyak yang mulai menggunakan Aplikasi Penjualan atau Aplikasi Point Of Sale dalam mengelola keuangan usahanya. Karena memang menggunakan Aplikasi Kasir ini sangat efektif, tidak diragukan lagi jika banyak yang berminat menggunakannya.

Ada 2 Macam Aplikasi Kasir :

1. Android

Kasir Pakai Aplikasi Kasir Android (

Kasir Pakai Aplikasi Kasir Android (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi Kasir Android merupakan sebuah Aplikasi Penjualan atau Aplikasi point of sale yang berbasis android. Aplikasi kasir ini cocok sekali digunakan oleh UKM karena praktis dan mudah digunakan. Contohnya, UKM yang memiliki Kios di mall atau food truck, jadi tidak makan tempat, hanya menggunakan perangkat android sudah bisa digunakan. Lalu bagaimana untuk cetak struk jika menggunakan Aplikasi Kasir Android? Anda bisa mencetak struk dengan menggunakan Mini POS Printer. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan Aplikasi Penjualan berbasis android :

  • Cetak Nota

Sama halnya dengan menggunakan mesin kasir desktop, di sini Anda juga bisa mencetak nota.

  • Cetak Slip Setoran

Laporan kasir per shift pun tetap bisa dikontrol dengan fasilitas ini

  • SMS Report

Laporan mengenai omset bisa Anda terima dengan mudah melalui SMS

  • Laporan Penjualan

Tidak perlu pusing – pusing harus cetak manual lagi, sudah tersedia di aplikasi kasir android

2. Desktop/PC

Aplikasi kasir desktop

Bayar Belanja di Kasir (Sumber: Freepik.com)

Banyak orang sudah terbiasa dengan Aplikasi Kasir desktop atau menggunakan PC atau komputer kasir. Seperti toko–toko besar atau swalayan franchise biasanya menggunakan aplikasi kasir desktop untuk mengelola keuangan mereka.

Memiliki fungsi yang secara garis besar sama dengan Aplikasi Kasir Android, hanya berbeda dipenggunaannya saja dan media yang digunakan. Ditambah lagi biasanya ada cash register jika menggunakan Aplikasi Kasir Android desktop. Satu paket, komputer kasir, cash register dan printernya.

Sistemnya juga sama yaitu sistem online jadi owner bisa tetap cek dimanapun berada. Terlebih lagi jika memiliki banyak cabang, tentu tidak mungkin jika harus cek satu–satu.

Kenapa UKM Pakai Aplikasi Kasir Android?

Kelebihan aplikasi kasir android

Waitress Menunjukan Pesanan di Android (Sumber: Freepik.com)

1. Murah

Salah satu alasan mengapa UKM lebih memilih menggunakan Aplikasi Kasir Android untuk mengelola keuangan usahanya adalah karena harganya yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan Aplikasi Kasir berbasis desktop. Anda hanya membutuhkan tablet dan mini pos printer. Ya, hanya dengan menggunakan tablet anda sudah bisa mengelola semuanya, pilihan menu untuk customer dan juga harganya sudah tersedia di dalamnya. Sama seperti Aplikasi Point Of Sale atau Aplikasi Kasir desktop. Ada beberapa kegiatan juga yang bisa anda lakukan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

2. Hemat Tempat

Kelebihan lainnya adalah hemat tempat. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu meja untuk menata computer, cashdrawer dan printernya. Bayangkan jika Anda memiliki UKM di bidang kuliner misalnya food truck, tentu tidak mungkin anda harus bongkar pasang komputer kasirnya. Sedangkan jika ditinggal di dalam truck akan terlalu beresiko dan tentu membutuhkan listrik dengan daya cukup tinggi. Membutuhkan tempat yang cukup juga untuk menatanya sedangkan kapasitas food truck Anda sudah penuh untuk kebutuhan jualan Anda. Jadi menggunakan Aplikasi Kasir Android adalah pilihan yang tepat.

Merk Aplikasi Kasir Android Terbaik

1. Cazh POS

Tampilan Cazh POS Kasir

Screenshot Cazh POS Kasir (Sumber: Google Play Store)

Cazh POS merupakan salah satu Aplikasi Kasir yang sudah banyak digunakan oleh pengusaha di Indonesia. Aplikasi kasir android ini bisa digunakan di berbagai bidang UKM, seperti restoran, kedai kopi, minimarket/retail, barbershop/salon, layanan kecantikan, bakery, toko online, kaki lima.

2. Beepos

Beepos - Tampilan Aplikasi Kasir di Android

Tampilan Aplikasi Kasir Android (Sumber: Bee.id)

Software kasir online yang didesain untuk keamanan dan kecepatan. Sehingga tidak rawan kebocoran di kasir. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan ada kebocoran di kasir Anda, amandari manipulasi dan kebocoran. Bisa kontrol banyak cabang dengan mudah, bisnis Anda akan menyenangkan, aman dan profitable.

3. Kasir Toko Portable

Gambar Screenshot Kasir Toko Portable

Screenshot Kasir Toko Portable (Sumber: Google Play Store)

Solusi aplikasi kasir untuk mendukung performa toko dan bisnis retail anda. Aplikasi kasir ini dapat digunakan secara portable, baik di lokasi toko maupun di handphone anda.

4. Kasir POS – Ireap Lite

Aplikasi kasir ini memberikan kemampuan dan fleksibilitas untuk mengatur usaha retail anda, dari pengaturan article, harga barang sampai mengontrol persediaan dan pencatatan transaksi kasir penjualan. Sangat ideal untuk usaha retail semi – permanen dengan fasilitas minimal.

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari bekerja simple namun tetap profitable. Dengan menggunakan Aplikasi Kasir atau Aplikasi Point Of Sale berbasis android anda bisa dengan mudah mengelola bisnis UKM Anda. Harga murah dan hemat tempat merupakan kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk segera beralih dari sistem manual ke Aplikasi Kasir. Lebih mudah digunakan dan memiliki fungsi yang secara garis besar sama seperti komputer kasir.

Beepos  merupakan Aplikasi Kasir Android yang bisa anda percaya untuk mengelola bisnis anda agar tetap menyenangkan, praktis dan profitable. Sudah digunakan oleh 1.503 UKM di Indonesia, jadi tunggu apa lagi? Yuk gunakan dan jadi bagian dari Pebisnis UKM yang merasakan kemudahan Aplikasi Kasir Android ini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :