🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Cara Buka Bisnis Online Shop (Olshop) untuk Pemula

Mau buka olshop? Ketahui konsep, cara buka bisnis online shop bagi pemula, cara membuat toko dan rekomendasi logonya disini!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 20 February 2023

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pendapatan, salah satunya dengan buka bisnis online shop atau olshop. Walaupun kelihatannya mudah, namun untuk membuka online shop membutuhkan strategi, pengetahuan, modal, analisis, dan juga kesabaran.

Tidak semua orang berhasil berjualan online shop, apalagi kalau dari awal tidak terlalu niat untuk bisa terus menjalankannya. Terkadang juga banyak orang yang berhenti berjualan di tengah jalan dengan alasan modalnya tidak bisa balik. Bagaimana kira-kira tips mudah memulai bisnis online shop?

Apa Itu Bisnis Online Shop?

Sebelum membahas kiat-kiat untuk membuka online shop bagi pemula, maka sudah seharusnya Anda memahami konsep bisnis online shop. Jadi online shop merupakan toko yang menjual suatu produk atau layanan jasa, dimana semua bentuk transaksinya akan dilakukan secara digital atau perantara device.

Untuk bisa berjualan atau berbelanja online, maka antara penjual dan pembeli harus memiliki platform serta koneksi internet yang stabil. Mereka tidak harus bertemu secara fisik, namun barang akan segera di kirim ke alamat pembeli menggunakan jasa ekspedisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Proses transaksi dalam online shop juga dilakukan tanpa tatap muka, sehingga pembeli bisa langsung memberikan penawaran opsi atau metode untuk melunasi pembayaran. Pembeli bisa memanfaatkan Rekening Bank, Mobile Banking, E-Wallet, dan metode lainnya yang dimiliki dalam smartphone.

Lalu bagaimana dengan penjual? Para penjual online shop perlu membuat toko melalui marketplace yang diinginkan misal Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi. Metode lainnya, Anda selaku penjual bisa menciptakan website toko sendiri agar lebih mudah di akses oleh konsumen.

Kenapa Banyak yang Tertarik Bisnis Online Shop?

Mungkin salah satu alasannya adalah karena bisnis ini simple. Ada istilah dropship dalam bisnis Online Shop. Dimana penjual tidak perlu melakukan stok barang melainkan hanya mengambil barang milik supplier dan mempromosikannya. Jika ada pesanan barulah sang penjual ini memesan produk ke supplier dan mereka akan mengirimkannya.

Jadi penjual tidak ribet harus packing dll, semua supplier yang atur. Selain itu juga dalam berbisnis online, kita bisa dengan mudah memasarkan produk kita sampai ke seluruh negeri bahkan luar negeri. Dengan adanya fasilitas media sosial dan marketplace kita bisa dengan mudah menjangkau pembeli di mana saja.

5 Cara Buka Bisnis Online Shop (Olshop)

Tips Buka Online Shop

Ilustrasi Belajar Online Shop (Sumber: Unsplash.com)

Setidaknya ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk menjadi pebisnis online shop yang sukses dan berkelanjutan. Memulai berjualan tidak asal punya produk kemudian di jual karena model seperti itu biasanya tidak akan bertahan lama sesuai pengalaman yang ada di masyarakat.

1. Membuat Rencana Bisnis yang Matang

Anda ingin menjalankan bisnis seperti apa? Untuk memperjelas, maka ada baiknya susun terlebih dahulu rencana bisnis atau business plan. Dengan membuat rencana bisnis, maka akan lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis nantinya. Apa saja yang perlu direncanakan?

Tentukan deskripsi bisnis, analisis pasar, produk atau layanan, rencana pemasaran, logistik, dan rencana keuangan. Pastikan modal usaha dirancang sedemikian rupa agar bisnis bisa terus berjalan sesuai dengan harapan dari pemiliknya.

Pilihlah model bisnis yang paling menguntungkan misal menjual produk melalui marketplace media sosial, marketplace, ataupun website sendiri. Platform yang akan Anda pilih bisa sangat memberi pengaruh terhadap penjualan, oleh sebab itu pertimbangkan masalah itu dengan baik.

2. Lakukan Analisa dan Menentukan Target Pasar

Dalam memulai bisnis online, ada kalanya Anda harus melakukan analisa dari berbagai aspek, salah satunya Anda harus memahami cara kompetitor mendekati konsumen, membangun bisnisnya, dan kekurangannya. Dengan begitu Anda akan mudah mencari strategi terbaik dalam promosi bisnis dan menonjolkan keunggulan produk atau layanan.

Setelah itu Anda bisa mulai menentukan target pasar, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menentukan target pasar yaitu berdasarkan demografi dan psikografi. Penentuan berdasarkan demografi melalui usia, gender, pekerjaan, dan pendapatan. Sedangkan penentuan psikografi meliputi gaya hidup, minat, dan juga status sosial.

3. Konsisten dalam Promosi dan Berbisnis

Bagaimana strategi pemasaran produk yang tepat? Anda bisa memanfaatkan Google Bisnisku, optimasi SEO, promosi media sosial, dan metode lainnya. Pebisnis pemula harus gencar dalam melakukan promosi agar produk atau layanannya bisa diketahui oleh banyak orang.

Setelah memutuskan untuk menjalankan olshop artinya Anda perlu menerima segala risiko yang mungkin terjadi. Miliki mental baja untuk menikmati segala proses trial and error, kegagalan, kerugian, dan terus semangat untuk bangkit lebih baik lagi.

4. Pilih Nama Bisnis Singkat, Unik dan Relevan

Nama online shop yang bagus pastinya harus bisa menarik pelanggan dan mudah diingat. Jika nama toko online selalu melekat di hati pelanggan, maka tidak sulit untuk mendapatkan repeat order. Untuk membuat nama toko online yang unik dan menarik, maka terapkan beberapa cara berikut.

Dengan tujuan nama bisnis online selalu diingat oleh pelanggan, maka usahakan untuk membuat nama yang singkat. Kalau bisa nama toko online terdiri atas 1-2 kata saja untuk memudahkan pencarian pelanggan saat akan membeli produk lewat website ataupun marketplace.

Selain itu usahakan nama olshop seunik mungkin, sehingga bisa menarik perhatian pelanggan. Namun tetap pastikan bahwa nama toko online masih memiliki makna dan harapan pebisnis. Memang agak terkesan sepele, akan tetapi bisa mempengaruhi citra bisnis sendiri.

Dan jangan lupa pastikan nama bisnis online mencerminkan usaha yang sedang dijalankan. Dengan cara seperti ini, maka pelanggan akan lebih mudah mengenali brand. Peluang produk yang nantinya akan terjual juga akan semakin besar dan menguntungkan pebisnis tentunya.

Jangan memberi nama toko online sama dengan bisnis lainnya karena sama saja menjiplak nama brand orang lain. Pastikan nama toko online baru dan belum digunakan oleh pebisnis lainnya, sehingga peluang untuk sukses akan semakin besar.

5. Buat Logo Bisnis Olshop yang Unik

Logo merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu brand, oleh sebab itu diusahakan untuk lebih unik dan menarik. Dengan adanya logo tersebut, maka masyarakat akan langsung mengenali bahwa produk atau layanan berasal dari toko online tersebut.

Rekomendasi Website untuk Membuat Logo Secara Online

Mau cari rekomendasi logo olshop keren? Sebenarnya banyak sekali website yang bisa membantu Anda untuk membuat logo secara cepat dan praktis. Penasaran apa saja websitenya?

a. Canva

Canva adalah sebuah platform desain grafis yang rilis pada tahun 2013. Tools ini telah digunakan di 190 negara dan bisa Anda akses secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui App atau Play Store. Selain itu, ia menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).

Tampilan Website Canva

Tampilan Website Canva

Hingga saat ini, Canva adalah produk utama perusahaan dengan nama serupa dari Perth, Australia yang sudah berekspansi ke Manila, Filipina dan Beijing, China. Adapun berkat popularitasnya dan performanya sebagai tools easy-to-use

b. Free Logo Design

Situs design logo online yang satu ini juga tak kalah bermanfaat untuk membuat logo secara gratis. Free Logo Design memungkinkanmu untuk mendesain menggunakan template yang mereka sediakan. Meski menggunakan template, tapi Andatetap bisa memodifikasi keseluruhan template hingga sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Tampilan Website Free Logo Design

Tampilan Website Free Logo Design

Jika ingin menyimpan hasil desain logomu, Anda bisa membuat akun terlebih dulu. Anda juga bisa mengunduh hasil desain logo dengan memasukkan email, kemudian logo buatanmu akan dikirimkan ke email terdaftar dengan ukuran untuk website. Uniknya, di Free Logo Design Anda bisa memberikan aksen lengkungan (curve) pada tulisan di logomu seperti pada kata “Ciken Blek Paper” berikut.

c. Logo Maker

Situs buat logo online selanjutnya adalah LogoMaker yang membuat Anda bebas untuk berkreasi. Bagaimana tidak, ketika Anda mengunjungi halaman utamanya, akan muncul sebuah halaman kosong yang bisa langsung digunakan untuk membuat logo dari nol menggunakan jutaan clipart dan grafik yang mereka miliki. Inilah contoh logo fiksi yang menggabungkan teks, clipart, dan grafik LogoMaker.

Tampilan Website Logo Maker

Tampilan Website Logo Maker

Meski fiturnya cukup lengkap, namun layanan gratis ini hanya memberikan Anda hasil desain logo dengan kualitas kecil. Tapi tenang, Anda tetap bisa mendapatkan logo hasil hasil buatan sendiri dengan berbagai format visual berkualitas tinggi jika Anda ingin membayar US$19 (sekitar Rp270 ribu) untuk file aslinya.

Masih banyak rekomendasi logo olshop yang bisa Anda jadikan rekomendasi dalam pembuatan bisnis. Intinya banyak sekali persiapan yang perlu dipikirkan matang saat ingin membuka toko online. Hal paling penting yang harus dipegang oleh pebisnis yaitu memiliki mental kuat untuk konsisten menjalankannya.

Oh iya gak cuma beberapa hal di atas aja yang harus Anda persiapkan, ada hal lain seperti laporan keuangan dan akuntansi. Gunakan software akuntansi untuk memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi usaha Online Shop.

Banyak fitur – fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi, jadi tidak perlu repot – repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Software akuntansi yang akan membantu anda.

 

 

Cta Beecloud 150223

Jadi, gunakanlah Software Akuntansi dalam mengelola usaha anda agar dapat mengetahui 3 hal ini :

  • Tahu berapa laba bersih yang didapat
  • Bisa cek kesehatan bisnis darimana saja
  • Bisa cek stok dan penjualan dari handphone

Sehingga laporan keuangan Online Shop anda bisa lebih baik dan teratur dengan menggunakan aplikasi Pembukuan Online Shop.

Artikel Terkait

7 Karakteristik Perusahaan Dagang dan Perbedaannya
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang fokus dalam melakukan transaksi jual beli barang. Karakteristik perusahaan dagang juga berbeda dengan perusahaan jasa
Baca Juga
Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!
Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan
Baca Juga
8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan
Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat
Baca Juga
5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal
Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari
Baca Juga
11+ Rekomendasi Usaha Jangka Panjang di Desa
Hidup di desa tidak menjadikan Anda terbatas dalam membuka usaha, ada banyak sekali peluang usaha jangka panjang di Desa yang
Baca Juga
10 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda dengan Bisnis
Apakah Anda ingin tahu cara menjadi orang sukses di usia muda dengan berbisnis? Tentu saja, siapa yang tidak ingin sukses?
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu