Memahami Pengertian Rasio Keuangan Bisnis

Saturday, 21 November 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
rasio keuangan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Rasio Keuangan – Sudahkah Anda familiar tentang Rasio Keuangan? Dalam dunia bisnis, sering disebut bahwa rasio dari keuangan sangat penting untuk menentukan kelancaran sebuah perusahaan. Tidak banyak orang yang mengerti betul tentang ini, biasanya setiap pemimpin perusahaan menyerahkan urusan ini kepada staff yang sesuai dengan keahlihannya.

Maka dari itu di sini kita akan sama-sama memahami pengertian dan pengenalan rasio keuangan agar nantinya akan bermanfaat untuk bisnis Anda.

Pengertian Rasio Keuangan

rasio keuangan

Memahami Rasio Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum Anda membuat laporan keuangan, Anda wajib untuk mengetahui tentang rasio keuangan. Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud tentang rasio keuangan?

Analisis rasio keuangan ini ialah suatu alat untuk menganalisa serta mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan parameter dari kondisi kesehatan keuangan perusahaan yang dijalankan. Lalu parameter atau data-data keuangan biasanya dapat Anda ambil dari laporan keuangan umum yaitu adalah neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, serta laporan-laporan yang lainnya.

Jadi, rasio keungan ini adalah berupa metode yang sering digunakan untuk melakukan analisa dengan cara menghitng nilai dari rata-rata terhadap laporan keuangan dan menjelaskan suatu hubungan antara suatu jumlah nilai tertentu dengan jumlah yang lainnya dari laporan keuangan tersebut.

Lalu kenapa harus menggunakan rasio keuangan untuk menganalisa bisnis? Karena tentunya akan membuahkan manfaat untuk perbandingan-perbandingan yang dilakukan terhadap pos-pos dalam laporan keuangan yang dapat menghasilkan suatu perbandingan yang logis.

Dengan menggunakan ukuran-ukuran tersebut yang memang sudah banyak diakui memiliki manfaat tertentu pula, sehingga hasil analisisnya layak digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Rasio Keuangan Perusahaan

Analisis keuangan juga terdapat pada balanced scorecard, yakni alat untuk mengukur seberapa besar atau kecilnya kinerja dari perusahaan, seberapa efektif strategi yang dijalankan untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Sehingga analisis rasio keuangan pada sebuah perusahaan tidak hanya ditujukan pada pihak manajemen saja, tetapi juga untuk investor. Banyak investor yang menganggap analisis rasio keuangan menjadi bahan penilaian atau alat ukur untuk mengetahui seberapa sehat perusahaan tersebut pantas mendapatkan suntikkan investasi.

rasio keuangan juga terdapat pada balanced scorecard

Mengukur Rasio Keuangan dengan Balanced Scorecarad (Sumber: Bappeda)

Rasio Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa istilah atau pengertian Rasio Keuangan menurut beberapa ahli :

  • Menurut Irawati (2005 : 22)Rasio keuangan ialah salah satu cara analisis pada bidang manajemen keuangan yang diperuntukkan untuk alat ukur kondisi keuangan suatu perusahaan dalam periode yang ditentukan. Ataupun itu hasil-hasil usaha asal sebuah perusahaan pada suatu periode tertentu dengan jalan yaitu membandingkan dua buah variabel yang didapat dari laporan keuangan perusahaan, baik daftar neraca maupun laba rugi.
  • Menurut Kasmir (2012:104)Rasio keuangan ialah aktivitas membandingkan angka-angka yang ada pada suatu laporan keuangan yakni dengan cara membagi suatu angka dengan angka yang lainnya. Perbandingan ini dapat melakukan perhitungan antara satu komponen dengan komponen lainnya dalam salah satu laporan keuangan atau juga bisa antar komponen yang sudah ada pada laporan keuangan yang ada.
  • Menurut Samryn (2011), Rasio Keuangan ialah salah satu cara yang dilakukan sebagai sebuah perbandingan yakni data keuangan perusahaan agar menjadi lebih memiliki arti. Rasio keuangan dianggap menjadi dasar untuk menjawab banyak pertanyaan penting tentang informasi kesehatan keuangan dari perusahaan.
  • Menurut Munawir (2004:37)Analisis rasio ialah salah satu teknik analisa untuk memperoleh informasi hubungan pos-pos tertentu dalam laporan neraca atau laporan laba rugi berdasarkan individu atau kombinasi dari kedua laporan itu.

 

Baca Juga : Mudahnya Bikin Laporan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan

Tujuan Rasio Keuangan

1. Mengetahui Kinerja Perusahaan

Untuk melihat tren atau perkembangan perusahaan dalam periode yang diinginkan dari waktu ke waktu, maka menentukan rasio keuangan merupakan cara yang tepat. Contohnya adalah rasio utang terhadap aset yang meningkat bisa mengindikasikan bahawa perusahaan terlalu terbebani dalam hal hutang dan ada kemungkinan akhirnya menghadapi risiko pada umumnya.

2. Membuat Penilaian Komparatif Tentang Kinerja Perusahaan

Dengan melakukan perbandingan rasio keuangan dengan kompetitor utama dilakukan guna mengetahui apakah perusahaan punya kinerja lebih baik atau malah lebih buruk daripada rata-rata industri serupa. Contohnya, membandingkan laba atas aset antar perusahaan bisa membantu analis ataupun investor sebagai penentuan aset perusahaan mana yang paling efisien digunakan.

Jenis-jenis Rasio Keuangan beserta Rumusnya

jenis-jenis-rasio-keuangan

Jenis-Jenis Rasio Keuangan (Sumber: Pexels.com)

Untuk jenis-jeni rasio ini pun memiliki analisis dan cara perhitungan yang berbeda yakni seperti berikut.

1. Rasio Likuiditas

Rasio ini menggambarkan sebuah kemampuan setiap perusahaan dalam melunasi semua utang jangka pendeknya.

Current Ratio

Analisis ini menampilkan informasi mengenai kemampuan aktiva untuk menutup utang lancar sehingga hasilnya digunakan untuk perbandingan aktiva lancar dan utang lancar. Lalu yang termasuk sebagai aktiva lancar yaitu meliputi kas, piutang dagang, persediaan, dan sebagainya. Untuk utang lancar meliputi utang gaji, utang bank, utang dagang, dan sebagainya.

(aktiva lancar : utang lancar) x 100% = Current ratio

Quick Ratio

Analisis ini memberikan informasi mengenai kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya yakni dengan mengurani aktiva lancar dengan nilai persediaan. Lalu aktiva lancar yang dipakai lebih fokus pada komponen yang lebih likuid.

[(aktiva lancar – persediaan) : utang lancar] x 100% = Quick ratio

2. Cash Ratio

Analisis ini untuk menunjukkan informasi posisi kas yang bisa menutupi utang lancar yakni dengan membandingkan antara kas dan aktiva lancar yang bisa segera menjadi uang kas dengan utang lancarr.

[(kas + setara kas) – utang lancar] x 100% = Cash ratio

3. Rasio Solvabilitas

Rasio ini menunjukkan kemampuan sebuah perusahaan dalam melunasi utangnya baik dalam jangka pendek ataupun panjang jika perusahaan dilikuidasi.

rasio-keuangan-rasio-solvabilitas

Rasio Solvabilitas Menunjukkan Kemampuan Perusahaan Untuk Melunasi Hutang (Sumber: Pexels.com)

Total Debt to Total Assets Ratio

Analisis ini gunanya untuk mengukur persentase besarnya dana yang bermula dari utang, baik utang jangka pendek ataupun jangka panjang.

(total utang : total aktiva) x 100% = Debt ratio

Debt to Equity Ratio

Analisis ini berguna untuk mengukur persentase antara utang dan modal yang dimiliki perusahaan.

(total utang : modal) x 100% = Debt to equity ratio

Rasio Rentabilitas

Rasio ini berguna untuk mengetahui kemampuan sebuah perusahaan dalam mendapatkan keuntungan atau pendapatan. Rasio ini kebanyakan menjadi sebuah patokan terhadap keberlangsungan suatu bisnis.

Profit Margin

Analisis ini menghitung sejauh mana sebuah usaha dapat menghasilkan untung bersih pada tingkat penjualan tertentu. Selanjutnya, profit margin juga bisa memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam menekan biaya pada periode tertentu.

(laba bersih : penjualan) x 100% = Profit margin

Gross Profit Margin

Analisis ini menunjukkan laba kotor yang dicapai setiap penjualan.

(laba kotor : penjualan bersih) x 100% = Gross profit margin

Net Profit Margin

Analisis ini menghitung laba bersih yang dihasilkan dalam sebuah penjualan (dalam rupiah atau mata uang yang lain digunakan) untuk efisiensi.

(laba bersih setelah pajak : penjualan bersih) x 100% = Net profit margin

Return on Investment (ROI)

Analisis ini memperlihatkan kemampuan sebuah perusahaan dalam menghasilkan laba yang akan dipakai untuk menutup sejumlah investasi yang dikeluarkan.

(laba bersih setelah pajak : investasi) x 100% = ROI

Return on Assets

Analisis ini menampilkan kemampuan sebuah perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dengan seluruh aktiva yang dipunyai.

(laba sebelum bunga dan pajak : total aktiva) x 100% = Return on Assets

Rasio Aktivitas

Rasio ini memperlihatkan tingkat aktivitas aktiva pada beberapa aset di tingkat kegiatan yang ditentukan.

Perputaran Piutang

Analisis ini untuk mengukur kualitas piutang dagang dan efisiensi sebuah perusahaan dalam mengumpulkan piutang dan kebijakan kredit yang diberlakukan.

(penjualan bersih : rata-rata piutang dagang) = Perputaran piutang

Perputaran Persediaan

Analisis ini melihatkan informasi efisiensi sebuah perusahaan dalam mengelola dan menjual persediaan yang dimiliki.

(harga pokok penjualan : rata-rata persediaan) = Perputaran persediaan

Perputaran Aktiva Tetap

Analisis ini melihatkan informasi sejauh mana efektivitas perusahaan dalam menggunakan aktiva tetapnya.

{penjualan : aktiva tetap) = Perputaran aktiva tetap

Perputaran Total Aktiva

Analisi ini menghitung efektivitas perusahaan dalam menggunakan total aktiva yang dimiliki.

(penjualan : total aktiva) = Perputaran total aktiva

Kesimpulan

Rasio keuangan bertujuan untuk menghitung dan mengukur efisiensi sebuah perusahaan untuk menentukan kelayakan seiring berjalannya bisnis menggunakan parameter dari kondisi kesehatan keuangan perusahan yang dijalankan. Parameter atau data yang digunakan untuk mengolah biasanya diambil dari laporan keuangan, seperti laporan neraca, laba-rugi, kas, dsb.

Jika Anda belum memiliki laporan neraca, laba-rugi, dan kas, Anda belum bisa membuat rasio keuangan perusahaan.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Namun jangan khawatir, dewasa ini segala kemudahan bisa kita dapatkan, termasuk kemudahan dalam membuat laporan keuangan.

Dengan menggunakan Software Akuntansi Beeaccounting dapat memudahkan dalam mencatat arus kas dan membuat laporan keuangan dengan akurat. Klik di sini untuk coba gratis selama 14 hari.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :