Logo Bee Web

7 Tips Bangun dan Kelola Warkop Kekinian ala Starbuck

Pengen punya warkop (warung kopi) kekinian yang ramai pengunjung? Perhatikan hal-hal penting berikut ini dan bangun bisnis Anda sekarang.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 15 February 2024

Punya bisnis kopi di era sekarang memang terbilang menjanjikan, mulai dari munculnya trend ngopi yang akhirnya jadi kebiasaan. Mau acara formal maupun non formal opsinya pasti warkop ini. Oleh sebab ini juga, banyak pemilik bisnis kopi berbondong-bondong membangun warkop (warung kopi) kekinian yang bisa dinikmati semua kalangan.

Bagaimana caranya? Dan apa saja yang perlu disiapkan? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Warung Kopi? Cara Pembukuan dengan Aplikasi Warkop

7 Tips Bangun Warkop Kekinian ala Starbuck

warkop cafe kasir outdoor

Potret Warkop kekinian dengan konsep outdoor (Credit: Freepik.com)

Ini dia beberapa tips bangun warkop kekinian ala starbuck, yakni:

1. Fasilitas yang Memadai

Hal pertama yang wajib dan sangat penting diperhatikan adalah fasilitas dan desain interior dari warkop Anda. Anda bisa menyiapkan kursi yang nyaman, meja yang cukup besar, dan area yang terorganisir dengan baik akan meningkatkan tingkat kenyamanan pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan akses listrik dan wifi yang stabil akan memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin bekerja atau berselancar di internet selama kunjungan mereka.

2. Kenyaman dan Kebersihan Warkop Selalu Terjaga

Berikutnya adalah kenyamanan dan kebersihan lingkungan warkop, dimana aspek ini menyediakan yang tak terpisahkan dalam menciptakan atmosfer yang menyenangkan bagi customer Anda.

Kebersihan yang perlu dijaga mencakup kebersihan tempat, kebersihan alat makan, kebersihan makanan termasuk area toilet. Selain kebersihannya, pemilihan desain interior yang memberikan kesan nyaman.

Tidak hanya itu saja, lingkungan yang bersih juga dapat menciptakan suasana yang mengundang pengunjung untuk tinggal lebih lama.

3. Miliki Menu Variatif dan Kekinian

Selanjutnya adalah tawarkan menu kopi yang variatif dan kreatif akan menarik minat pelanggan. Kreasi menu dengan variasi rasa dan presentasi yang menarik dapat memberikan pengalaman baru dalam menikmati kopi.

Tidak hanya itu, menyertakan opsi menu non-kopi seperti teh, minuman ringan, dan makanan ringan dapat memperluas daya tarik warung kopi, menjangkau lebih banyak pelanggan dengan selera beragam.

4. Warkop Wajib Punya Pelayanan Ramah dan Prima

Berikutnya adalah berikan pelayanan yang ramah dan profesional konsumen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang Anda berikan.

Contohnya, staf yang terlatih dengan baik dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Selain itu, Interaksi yang baik antara staf dan pelanggan dapat menciptakan ikatan positif.

5. Beri Reword Kepada Konsumen Warkop Kekinian Anda

Program loyalitas atau kartu member adalah salah satu cara efektif untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia. Seperti, diskon, promo khusus, atau hadiah untuk pembelian berulang dapat meningkatkan retensi pelanggan.

Mengadakan promo spesial pada hari-hari tertentu juga dapat menjadi insentif bagi pelanggan untuk kembali dan merasakan manfaat dari program loyalty yang ditawarkan.

6. Gandeng Influencer untuk Kerjasama

Kemudian coba gandeng influencer untuk bekerja sama guna memberikan dorongan signifikan dalam pemasaran. Pengaruh influencer di media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas dan popularitas warung kopi.

Penggunaan platform media sosial untuk berbagi konten yang menarik dan kolaborasi dengan influencer akan membantu menciptakan buzz positif di antara audiens online.

7. Gunakan Aplikasi Kasir Warkop dari Beepos

Terakhir adalah menggunakan aplikasi kasir cafe android Beepos, dimana aplikasi ini mempermudah operasional harian warkop kekinian Anda. Aplikasi kasir membantu dalam manajemen transaksi, melacak stok barang, dan menyediakan laporan penjualan yang akurat.

Dengan menggunakan teknologi ini, pemilik warkop dapat fokus pada aspek strategis lainnya dalam pengembangan bisnisnya, sambil memberikan pengalaman bertransaksi yang lancar bagi pelanggan. Klik banner di bawah dan dapatkan keuntungannya!

Bikin Promo Pakai Beepos Mobile

Rekomendasi Warkop Kekinian Murah Meriah di Surabaya

Berikut beberapa rekomendasi cafe dan warkop kekinian murah meriah di Surabaya:

1. Kedai Dodit

Kedai Dodit merupakan sebuah cafe yang dimiliki oleh Dodit Mulyanto, seorang komika yang terkenal melalui stand-up comedy di Kompas TV. Terletak di Jalan Semolowaru Selatan II No.15, kedai ini menawarkan suasana murah meriah dengan dekorasi yang didominasi warna gelap dan dinding penuh dengan desain berupa kuitan komedi.

Menu andalannya adalah mie mantan dengan segala level kepedasannya. Meskipun bangunan tidak terlalu luas, cafe ini memberikan pengalaman bersantap yang menyenangkan dengan harga yang terjangkau, sekitar 50 ribu rupiah dapat membuat pelanggan kenyang.

2. Prop Noodle Bar

Selanjutnya adalah Prop Noodle Bar, terletak di Jalan Manyar Jaya V/A No 28, dikenal sebagai tempat makan mie yang sedang viral. Menyajikan menu 'comfort food' seperti mi dan nasi, tempat ini memiliki atmosfer yang nyaman sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama. Prop Noodle Bar juga terkenal dengan saus cabe yang tersedia di sana. Dengan jam buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, tempat ini menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta mie dan nasi.

3. Makmu

Berikutnya, Makmu adalah food court kekinian yang terletak di kawasan Rungkut. Dengan tenant yang beragam dan menyajikan makanan tradisional hingga kekinian, Makmu memiliki ruang yang cukup besar dan terbagi menjadi empat area.

Kapasitasnya dapat menampung hingga 265 orang, menjadikannya tempat yang cocok untuk nongkrong ramai-ramai atau mengadakan acara. Dengan suasana yang modern dan variasi menu yang beragam, Makmu menawarkan pengalaman kuliner yang menarik.

4. Rindu Kopi

Berikutnya ada Rindu Kopi, cafe murah yang sudah dikenal sejak 2016, terletak di Jalan Manyar Rejo No.38, Surabaya. Awalnya dikenal sebagai 'Bar Senggol', Rindu Kopi sekarang telah berkembang menjadi tempat yang lebih besar dan menarik.

Selain menyajikan berbagai jenis biji kopi yang berbeda, kafe ini terkenal dengan chikita, yakni ayam tepung sambal matah yang nikmat. Dengan barista yang ramah dan menu yang beragam, Rindu Kopi menjadi destinasi yang populer di kalangan penggemar kopi.

5. Rolag Cafe

Terakhir adalah Rolag Cafe, tempat favorit bagi banyak remaja kekinian di Surabaya. Dengan banyak cabang yang tersebar di berbagai bagian kota, cafe ini menawarkan lokasi yang terjangkau.

Menu yang beragam, mulai dari makanan ringan hingga kopi, membuat Rolag Cafe menjadi pilihan yang populer di kalangan anak muda. Kehadiran banyak cabang memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana kekinian dan menu yang beragam di berbagai lokasi di Surabaya.

Baca Juga: 13 Cafe Murah Meriah, Tempat Nongkrong Favorite di Surabaya

Nah itu dia beberapa tips cara buat bisnis warkop kekinian dan rekomendasinya di Surabaya, semoga bermanfaat!

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan
Baca Juga
13 Ide Jualan Bulan Puasa, Prospektif Sarat Cuan
Apakah Anda siap untuk meningkatkan bisnis makanan Anda selama bulan puasa? Tidak perlu mencari lagi! Pada artikel kali ini, kami
Baca Juga
10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus
Baca Juga
Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini
Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis
Baca Juga
Bisnis Food Truck: Tantangan dan Strategi Pemasarannya
Food truck adalah salah satu bisnis kuliner yang sedang populer di Indonesia. Konsep food truck memungkinkan para pelaku usaha kuliner
Baca Juga
Tips Mengikuti Trend untuk Meningkatkan Bisnis Anda
Bisnis menjadi salah satu mata pencaharian yang sering digunakan. Alasan utamanya, karena mudah untuk dilakukan. Dan yang pasti mempunyai penghasilan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu