🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis

Iklan baliho dipasang di luar ruangan dan di tempat-tempat yang ramai. Apa yang disampaikan dalam baliho adalah promosi untuk khalayak umum.
Penulis: Rininta Oktaviana
Daftar Isi
Dipublish Tgl: Monday, 19 September 2022

Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang ingin lebih cepat mencapai target penjualan dan terkenal di berbagai kalangan masyarakat.

Menggunakan baliho, memang membutuhkan persiapan maksimal terutama soal dana. Tapi kalau dibuat dengan cara menarik akan worth it dengan biaya yang dikeluarkan.

Manfaat Iklan Baliho untuk Promosi Bisnis

Manfaat Iklan Baliho

Ilustrasi Iklan Baliho (Sumber: Freepik.com)

Baliho adalah sehelai kain atau plastik dengan ukuran besar sekitar 3 x 4 meter, format vertikal, umumnya terbuat dari bahan Vinyl PVC atau sticker. Pemasangannya bisa dibentangkan saja atau menempel pada plat besi. Baliho dipasang di luar ruangan dan di tempat-tempat yang ramai. Di dalam baliho terdapat informasi berupa gambar dan tulisan. Apa yang disampaikan dalam baliho adalah pesan yang tersirat, iklan, promosi atau pemberitahuan yang sifatnya untuk diketahui khalayak umum.

Saat ini memang ada kecenderungan, untuk menggunakan sistem promosi online untuk pengembangan bisnis. Tapi ternyata baliho tetap memiliki manfaat tersendiri, jika memang mau memiliki bisnis untuk jangka panjang.

Apa sih sebenarnya manfaat media iklan yang satu ini?

  • Mudah Menarik Perhatian Pangsa Pasar

Ketika orang pintar mengemas sebuah baliho dengan informasi lengkap, eye catching, dan lokasi penempatan yang pas maka perhatian orang akan mudah tertuju pada baliho tersebut.

Otomatis, akan menarik perhatian untuk melihat dan membaca informasi yang ada disana.

Jika di posisi orang yang melihat sebuah baliho, tentu akan tertarik untuk melihat sebuah baliho dengan tampilan unik dan menarik. Kalau informasinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan, tentu Anda akan menindaklanjuti informasi tersebut.

Contoh, melihat baliho unik tentang promo spare part motor. Kebetulan memang sedang butuh spare part tersebut, otomatis akan penasaran dan mencoba mencari tahu dimana lokasi penjualan promo tersebut.

  • Efektif dan Efisien

Disebut efektif karena cukup sekali saja memasang baliho dengan ukuran besar, lalu dipajang dalam waktu lama akan semakin banyak orang melihat dan paham dengan promosi yang dibuat. Tidak perlu biaya mahal untuk iklan berulang kali bukan?

Efisien karena hanya perlu meletakkan iklan baliho di lokasi yang tepat, kemudian tinggal menunggu feedback dari target pasar. Tidak perlu promosi door to door yang membutuhkan energi dan waktu lebih maksimal.

  • Awet Digunakan

Iklan Baliho Unik

Ilustrasi Baliho Unik (Sumber: Kaskus.id)

Ketika memilih jenis baliho dengan kualitas terbaik, maka ketahanannya akan lebih maksimal. Alhasil, sekali menempatkan baliho tidak perlu membuat baliho baru secara berkala.

  • Bisnis Cepat Populer

Baliho juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan popularitas sebuah bisnis, terutama ketika memilih lokasi pemasangan yang tepat. Salah satunya di persimpangan jalan atau di sisi jalan utama yang selalu dilewati banyak orang.

Setiap melewati lokasi baliho, orang akan familiar dengan baliho dan informasi yang ada pada baliho tersebut. Lama kelamaan, semakin banyak yang kenal dengan bisnis tanpa harus melakukan iklan melalui media konvensional lainnya.

  • Pesan Tersampaikan Dengan Maksimal

Membuat baliho dengan bentuk unik dan tampilan menarik, informasinya lengkap tentang promosi sebuah bisnis atau usaha adalah hal mutlak. Ketika itu dilakukan, maka pesan yang mau disampaikan kepada target pasar bisa tersampaikan dengan baik.

  • Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat satu ini sifatnya memang tidak insidental, melainkan butuh waktu dan proses. Namun, secara bertahap memang akan sangat membantu meningkatkan penjualan produk bisnis.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Trik Agar Promosi Lewat Iklan Baliho Bisa Berhasil

Promosi Iklan Baliho

Ilustrasi Iklan Baliho Pasta Gigi (Sumber: Kaskus.id)

Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa seseorang hanya memiliki waktu sekitar 10 detik untuk melihat sebuah baliho. Maka untuk membuat iklan baliho memberikan kesan yang diinginkan terhadap siapapun yang membaca, perlu trik tepat dalam pembuatannya.

  • Jumlah Kata Maksimal Tujuh

Mengingat waktu terbatas bagi orang yang lalu lalang untuk membaca baliho, maka disarankan untuk menggunakan kata promosi maksimal hanya tujuh.

Hal itu merupakan kalkulasi ketika seseorang membaca baliho saat berkendara atau menjadi penumpang sebuah kendaraan, dimana letaknya ada di sisi jembatan penyeberangan atau salah satu sisi jalan.

  • Pastikan Tampilan Baliho Menarik Perhatian

Tampilan baliho harus menarik, perpaduan warna, gambar yang dipakai, hingga font tulisan menjadi kuncinya.

  • Perbanyak Gambar Menarik

Gambar menarik yang sekaligus memiliki makna promosi tersendiri, sangat dianjurkan untuk masuk dalam bagian sebuah baliho.

  • Ukuran Nomor Kontak Jangan Terlalu Besar

Jika ingin menyisipkan nomor kontak, usahakan untuk menggunakan ukuran tulisan cenderung kecil saja. Supaya fokus orang tetap pada inti informasi promosi pada baliho tersebut.

  • Pilih Lokasi yang Tepat

Pastikan juga untuk memilih lokasi yang tempat untuk memasangnya. Seperti di perempatan jalan, di sisi jembatan penyeberangan atau di sekitar area halte bus.

Kesimpulan

Apakah Anda pernah melihat baliho yang sering ditemukan di jalan raya? Kalau iya, itu merupakan salah satu strategi promosi. Ada juga spanduk dan brosur yang disebarkan di jalanan yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub sehingga tertarik untuk membeli atau mampir ke toko Anda.

Hal terpenting dalam promosi menggunakan spanduk/baliho/brosur adalah desain yang menarik, gambar yang jelas dan copywriting yang singkat, padat, dan jelas

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Bisa Bikin Usaha Anda Makin Modern Dan Kekinian Dengan Fitur Pembayaran E Wallet

Artikel Terkait

7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!
Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan
Baca Juga
Cara Memulai Bisnis Online Lengkap Anti Gagal
Bisnis online sudah menjadi salah satu solusi yang disukai oleh para pengguna smartphone. Banyak produk bisa didapatkan dengan mudah hanya
Baca Juga
Panduan Lengkap Jurnal Akuntansi untuk Pemula dan Profesional
Jurnal akuntansi adalah salah satu instrumen vital dalam proses pencatatan dan pelaporan keuangan suatu entitas bisnis. Melalui jurnal ini, transaksi
Baca Juga
Niche Market Adalah Pasar Kecil, Begini Cara Menentukannya
Niche marketing atau niche market adalah istilah yang juga sering disebut dengan pasar, ini bisa menjadi salah satu strategi kunci
Baca Juga
9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu