Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi Seperti Starbucks

Thursday, 29 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Apakah kalian tahu Starbucks ? mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu kedai kopi yang paling terkenal. Cabangnya yang dimana-mana, membuat Starbucks di kenal oleh para pencinta kopi. Tidak hanya di Indonesia saja. Starbucks menguasai pasar kedai kedai kopi sampai ke mancanegara. Tertarik membangun bisnis kedai kopi starbucks?

Mempunyai cabang yang banyak, sudah pasti mempunyai omset yang besar pula. Hal inilah yang sering kali memotivasi orang lain untuk membuat bisnis kedai kopi starbucks sendiri. Alih-alih untuk menyalurkan passion, dengan kemungkinan omset yang besar menjadikan usaha kopi di minati oleh banyak orang. Kerjanya yang mudah dan simpel, membuat orang ingin terjun ke bisnis kedai kopi.

Baca Juga: Buka Bisnis Kedai Kopi? Inilah Jenis-jenis Kopi Yang Laris di Pasaran

Membangun Bisnis Kedai Kopi Starbucks yang Sukses

bisnis kedai kopi starbucks
Kedai Kipi Starbucks (Sumber: Google.co.id)

Secara umum ada dua alasan mereka membuat kedai kopi. Ada yang mengejar keuntungan dan ada juga yang menyalurkan passion saja. orang yang mengejar keuntungan pastinya mengutamakan omset penjualan. Mereka berupaya bagaimana caranya untuk meningkatkan omset penjualan setiap harinya. Dengan grafik penjualan yang terus meningkat, kesuksesan akan di capai dengan mudah.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan orang yang membuat kedai kopi karena passion. Para pencinta kopi lebih menginginkan pelanggan yang setia. Mereka membuat kedai kopi dengan harapan menemukan teman baru yang mempunyai passion yang sama. Omset penjualan hanya di jadikan nilai tambah semata. Asalkan setiap hari ada yang datang, itu saja sudah cukup untuk mereka.

Walaupun proses dari kedua orang tersebut berbeda. Mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuat kedai kopi yang berhasil dan berkelanjutan. Membuat kedai kopi yang sukses memang tidak mudah. Di perlukan perencanaan yang matang, baik secara finansial maupun konsep. Oleh sebab itulah ada beberapa tips untuk Anda yang ingin membangun kedai kopi Anda sendiri.

1. Modal Usaha

Modal menjadi faktor penting yang harus Anda miliki untuk membangun suatu bisnis. Memulai bisnis kedai kopi tidak ada nominal pasti untuk modalnya. Dengan modal yang sedikit Anda sudah bisa mendirikan kedai kopi, walaupun hanya bisa membeli peralatan yang seadanya. Yang paling penting Anda sudah bisa memulai usaha kedai kopi. Urusan upgrade peralatan, bisa belakangan.

2. Segmentasi Pasar

Sebelum terjun langsung ke dunia bisnis kedai kopi. Anda harus memetakan sasaran konsumen Anda. Anda perlu melakukan riset mengenai pilihan jenis kopi yang disukai dan juga cara penyajiannya. Selain itu memahami segmentasi pasar, Anda juga dapat memetakan harga satu cangkir kopi yang akan Anda jual. Serta Anda dapat membuat konsep kedai kopi yang akan Anda buat.

3. Supplier Biji Kopi

Setelah target pasar terpenuhi, dan modal sudah ada. Carilah supplier kopi untuk kebutuhan biji kopi yang Anda butuhkan. Mencari supplier kopi bisa Anda tentukan berdasarkan target sasaran konsumen Anda. Hal tersebut juga bisa menentukan harga kopi yang akan Anda jual. Jika target konsumen Anda beragam, sediakan biji kopi dengan kualitas yang tinggi untuk memanjakan lidah para penikmat kopi.

4. Konsep Kedai Kopi

Poin berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah konsep kedai kopi yang Anda buat. Konsep yang Anda buat bisa Anda sesuaikan dengan target konsumen yang telah Anda riset. Untuk membuat konsep kedai kopi perlu kreatifitas. Baik itu cara penyajian maupun tampilan interior dan eksterior dari kedai kopi Anda. Dan yang paling utama adalah faktor kenyamanan harus Anda utamakan.

5. Lokasi Strategis

Lokasi tempat Anda mendirikan kedai kopi menjadi faktor penentu untuk membuat kedai kopi yang Anda buat ramai atau tidak. Semakin mudah untuk ditemukan, kedai kopi Anda akan ramai dengan pengunjung. Selain itu akses juga menjadi faktor penting. Tempat yang strategis tidak akan mendukung jika akses untuk kesana sulit untuk ditemukan.

6. Promosi

Promosi menjadi faktor yang tidak boleh Anda lupakan. Kedai kopi yang baru di buat pastinya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itulah promosi bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan kedai kopi yang Anda buat. Media promosi bisa dimana saja. Media sosial akan memudahkan Anda untuk membuat promosi. Selain itu, terapkan promo untuk menarik konsumen.

Peluang yang besar, membuat kompetitor juga akan banyak. Oleh sebab itulah tips ini buat. Untuk membantu Anda saat akan membangun kedai kopi. Trend yang bisa merubah sewaktu-waktu tidak akan menjamin tips di atas menjadi kunci. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai tips yang baru, akan sangat menguntungkan jika kita saling bertukar pendapat melalui kolom komentar di bawah.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :