Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Kasir Supermarket Pakai Ini Saat Melayani Transaksi Para Customer

Dipublish Tgl: Tuesday, 31 May 2022

Setiap belanja ke supermarket, Anda pasti sering menjumpai alat pembantu transaksi yang ada di meja kasir. Setiap barang yang Anda beli, akan diproses di meja kasir menggunakan alat-alat tersebut yang tidak Anda ketahui nama dan fungsinya.

Anda pasti penasaran dan bertanya-tanya, alat macam apa saja yang sebenarnya ada di meja kasir? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, artikel yang satu ini hadir. Akan ada penjelasan mengenai meja kasir dan alat-alat pendukungnya di bawah ini. Karena itu, jangan berhenti menyimaknya sampai akhir!

Jenis-jenis Mesin Kasir Supermarket

Jenis Jenis Mesin Kasir Supermarket

Ilustrasi Transaksi di Kasir Supermarket (Sumber: Freepik.com)

Tentu saja saat akan membayar ke kasir, benda pertama yang akan Anda temui di mejanya adalah mesin kasir. Mesin ini pada umumnya berfungsi untuk melakukan pencatatan atas barang-barang yang pembeli beli di sebuah supermarket. Akan tetapi, dengan berkembangnya teknologi banyak fungsi ternyata bisa mesin ini lakukan seperti pengelolaan stok barang hingga pengolahan data penjualan dalam kurun waktu tertentu. Kini banyak jenis atau macam mesin kasir supermarket yang bisa Anda kenali. Antara lain adalah sebagai berikut ini.

  • Electronic Cash Register atau ERC

Mesin Kasir Electronic Cash Register

Ilustrasi Alat Kasir ERP (Sumber: Freepik.com)

ERC merupakan salah satu alat di meja kasir yang bisa Anda temui. Model ini termasuk yang paling terpasang dan termasuk mesin yang penggunaannya offline. Di dalamnya terdapat laci uang yang akan terbuka manakala petugas kasir ingin melakukan transaksi dengan pembelinya.

Di versi yang jadul, petugas kasir harus memasukkan jumlah belanjaan pelanggan supermarket secara manual menggunakan keyboard yang ada. Namun, muncul versi lebih canggih yang mengandalkan sistem barcode. Versi yang ini terbaru juga bisa terhubung dengan printer untuk mencetak nota pembelian pelanggan supermarket.

  • Point of Sale atau POS

Mesin Kasir Point Of Sales

Ilustrasi Alat Kasir Pembantu Transaksi Point of Sale (Sumber: Pexels.com)

Jenis kedua adalah POS yang merupakan versi lebih canggihnya dari ERC. Meskipun sama-sama penggunaannya bisa secara offline, tetapi POS berbasis komputer lengkap terpasang dengan aplikasi atau software kasir. Hal ini memungkinkan seorang pemilik dari supermarket untuk menyimpan catatan penjualan dan data-data penting lainnya.

POS juga bisa membantu pemilik supermarket untuk melihat kebiasaan atau tren dari pembelian pembeli. Dengan adanya hal tersebut, pemilik usaha bisa memperhitungkan langkah strategis seperti pemberian promo di saat-saat tertentu.

  • MPOS di Meja Kasir Super Supermarket

Mesin Kasir Mpos

Ilustrasi Alat Kasir Mobile Point of Sale (Sumber: Unsplash.com)

Mobile point of sale atau disingkat dengan MPOS atau sebuah mesin kasir supermarket yang penggunaannya memanfaatkan tablet atau perangkat mobile lainnya. Mesin ini bisa menggunakan sistem dari iOS, Android ataupun dengan sistem kerja Windows.

Di dalam mesin ini, terpasang software kasir online yang bisa menampilkan data-data penting yang sangat pengusaha diperlukan untuk menganalisis usahanya. Meskipun nampak modern, MPOS memiliki cara pemakaian yang cukup mudah sehingga Anda atau karyawan di supermarket Anda bisa menggunakannya tanpa harus merasa kesulitan.

Beberapa Alat Di Meja Kasir Supermarket

Selain ada mesin kasir di mejanya, biasanya ada alat-alat pendukung transaksi lain yang biasa petugas gunakan. Hardware atau alat-alat ini cukup penting dan memang harus ada di meja kasir agar transaksi menjadi lebih mudah dan juga cepat bagi petugas serta pembeli.

  • Printer Kasir

Ilustasi Alat Kasir Pencetak Resi yang Ada di Meja Kasir (Sumber: Pixabay.com)

Anda pasti pernah memakai printer bukan? Meskipun fungsinya sama yaitu mencetak, printer kasir di supermarket tentu saja berbeda. Kecepatan cetak yang ada di kasir jauh lebih tinggi. Ada beberapa macam jenis printer kasir antara lain seperti printer dot matrix yang mampu melakukan pencetakan rangkap, thermal printer dan printer yang terhubung melalui Bluetooth yaitu mobile printer. Kesemuanya berguna untuk mencetak hasil catatan belanja dari pembeli.

  • Scanner Barcode

Ilustrasi Alat Kasir EDC (Sumber: Freepik.com)

Mengantri panjang untuk menghitung jumlah total belanjaan sekarang ini sudah tidak zamannya lagi. Ini karena di meja kasir supermarket biasanya tersedia alat bernama scanner. Gunanya adalah mendeteksi barcode barang secara otomatis. Dengan begitu, proses transaksi menjadi lebih cepat. Selain itu, scanner barcode bisa digunakan untuk mengecek stok barang dengan lebih cepat dan efisien.

  • EDC

Ilustrasi Alat Kasir EDC (Sumber: Freepik.com)

Pernah Anda melihat adanya alat berbentuk handphone besar di meja kasir? Ya, barang tersebut memang menjadi salah satu alat yang kini wajib hadir untuk mempermudah transaksi jual-beli di supermarket. Namanya adalah EDC yaitu alat yang berguna untuk mendeteksi kartu kredit untuk pembayaran non tunai. Tinggal menggesek kartu kredit ke EDC maka transaksi tersebut bisa berhasil, asalkan saldonya masih ada.

  • Laci Untuk Uang

Ilustrasi Laci Alat Kasir yang Ada di Meja Kasir Supermarket (Sumber: Pixabay.com)

Memang sekarang ini transaksi jual beli dengan cara non tunai telah banyak orang gunakan. Akan tetapi di beberapa tempat masih banyak pembeli yang memilih menggunakan metode bayar tunai. Oleh karena itu, beberapa meja kasir biasanya masih terdapat laci uang. Karena itulah, keberadaan laci uang sekarang ini masih sangat supermarket butuhkan.

  • Pole Display

Ilustrasi Alat Kasir Pole Display (Sumber: Unsplash)

Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap kasir dan transaksi yang sedang mereka lakukan maka meja kasir menyediakan alat atau hardware bernama pole display. Alat ini sangatlah berguna untuk menampilkan jumlah total transaksi pembelian dari pelanggan ketika sedang menghitungnya di kasir. Anda sebagai pembeli bisa memastikan apakah jumlahnya sesuai dengan belanjaan dengan memperhatikan alat yang satu ini. Transaksi jadi lebih terbuka dan tidak ada yang akan merasa dicurangi.

Bayar Tunai Atau Non Tunai di Kasir Supermarket?

Itulah beberapa penjelasan mengenai alat-alat yang biasanya ada di meja kasir supermarket. Ada beberapa supermarket yang kini menerapkan metode pembayaran yang non tunai saja, tetapi Anda bisa tetap siapkan uang tunai ketika hendak membayarnya di kasir. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Untuk menjalankan usaha supermarket hingga sukses, dibutuhkan sebuah persiapan dan juga strategi agar dapat bertahan lama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu untuk mendukung operasional supermarket dengan aplikasi POS misalnya.

Salah satu aplikasi pos yang bisa Anda gunakan adalah Beepos. Banyaknya fitur unik dan bermanfaat, Anda akan semakin mudah memperoleh keuntungan dari usaha supermarket. Bahkan Anda juga bisa memperkecil resiko kerugian.

Sering di-komplain customer karena harga barang di struk belanja ternyata lebih mahal dari harga di label rak? Software kasir supermarket untuk toko ritel, bikin customer gak merasa tertipu, harga di label rak vs di nota dijamin cocok. 1x ganti harga di back-office maka sistem POS otomatis mengikuti, single master data dan transaksi, POS kasir terintegrasi dengan akuntansi, aman karena semua by sistem.

Penasaran? Coba gratis software kasir supermarket Beepos sekarang! Info selengkapnya klik gambar di bawah ini!

Thumbnail Youtube Minimarket email

Software Cetak Struk Integrasi dengan POS Android Makin Sat Set
Berkat sifat terbuka dari teknologi Android, tersedia berbagai macam tablet dan perangkat genggam yang diadopsi sebagai hardware pilihan oleh pengembang […]
Baca Juga
Software Toko Pakaian Rekomendasi untuk Catat Transaksi Lebih Akurat
Software toko pakaian rekomendasi untuk catat transaksi lebih akurat. Hingga saat ini kebutuhan akan software bisnis terus meningkat. Sama halnya […]
Baca Juga
Simak Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu