Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Sistem Kasir: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Minimarket

Dipublish Tgl: Tuesday, 19 April 2022

Sistem kasir minimarket saat ini banyak digunakan para pengusaha agar memudahkan operasional usaha yang dijalankan. Begitu beragam sistem kasir yang dapat dipilih dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya dan bertujuan untuk memudahkan segala operasional usaha.

Kehadiran sistem kasir sangat membantu pemilik bisnis dalam proses penghitungan transaksi dan pencatatan penjualan. Awalnya, banyak pemilik bisnis bergantung pada cash register atau kasir untuk mengatur proses transaksi. Meskipun kasir dapat membuat proses menghitung transaksi dan catatan penjualan menjadi lebih praktis, tetapi masih memiliki kekurangannya sendiri.

Sistem kasir biasanya belum memiliki sistem terintegrasi sehingga pemilik bisnis harus menyediakan waktu khusus untuk memeriksa data secara manual setiap hari. Seiring berjalannya waktu, sistem kasir menghadirkan fitur bagi pemilik bisnis supaya bisa melakukan analisa bisnis dimana pun dan kapan pun. Tak jarang kini namanya bukan lagi sistem kasir melainkan aplikasi kasir.

Pengertian Sistem Kasir

sistem kasir minimarket

Ilustrasi Sistem Kasir Minimarket Foto oleh Jack Sparrow dari Pexels

Sistem kasir adalah sebuah sistem yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi seperti mesin kasir di toko-toko ritel tetapi kegunaannya lebih canggih dibandingkan mesin kasir konvensional, sistem kasir digunakan untuk mencatat penjualan, mencatat pesanan barang, membantu menghitung laba per item yang dijual, membeli barang, perhitungan stok, dan sebagainya.

Saat ini ada banyak pilihan sistem kasir bagi Anda yang menjalankan bisnis minimarket. Mulai dari sistem pos offline, perangkat lunak kasir online, atau sebuah sistem yang bisa di customize sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Siapa Saja yang Butuh Sistem Kasir?

Dari zaman ke zaman, sistem kasir semakin berkembang. Dari yang dulunya hanya digunakan pada usaha modern, kini siapa saja yang memiliki bisnis tetapi bisa menggunakan sistem kasir. Sesuai definisinya, sistem kasir membantu memudahkan transaksi penjualan. Sehingga segala macam bisnis tetap bisa menggunakan sistem tersebut.

Namun normalnya, terdapat beberapa kategori bisnis yang umumnya menggunakan sistem kasir atau aplikasi kasir. Lalu sebenarnya siapa atau bisnis apa saja yang butuh sistem kasir?

  • Minimarket, sesuai judulnya mesin kasir umumnya digunakan usaha minimarket. Dengan puluhan produk yang dijual hingga banyaknya pembeli menjadikan alasan kenapa sistem kasir sangat dibutuhkan usaha minimarket.
  • Toko Kelontong, meskipun terbilang usaha kecil, jangan anggap remeh usaha ini karena bisnis ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan banyak penjualan. Karena toko kelontong menjual berbagai keperluan sehari-hari, maka banyak juga pembelinya. Tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis ini membutuhkan sistem kasir.
  • Coffee shop, jika melihat perkembangan bisnis kopi, hingga saat ini banyak sekali peminat bisnis kopi ini. Karena terbilang kekinian dan modern, inilah yang menjadi alasan usaha coffee shop membutuhkan bantuan sistem kasir
  • Barber shop, adalah salah satu usaha kekinian juga yang pasti akan selalu memiliki pelanggan. Barber shop membutuhkan sistem kasir untuk menggunakan fitur program loyalty supaya pelanggan selalu solid.
  • F&B atau Restoran, karena bisnis ini selalu ada pelanggan setiap hari, menghindari antrian pesanan menjadi hal yang wajib dilakukan. Sistem kasir yang memiliki fitur kecepatan akan sangat dibutuhkan untuk usaha ini.

Kenapa Harus Pakai Sistem Kasir untuk Usaha Minimarket?

kenapa-harus-pakai-sistem-kasir-minimarket

Ilustrasi Kasir Menggunakan Sistem Kasir di Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Mesin kasir menjadi jawaban atas masalah yang kerap dihadapi pebisnis minimarket. Dengan beragam manfaatnya, segala kendala dapat dengan mudah teratasi karena menggunakan mesin kasir. Apa saja manfaat menggunakan mesin kasir?

1. Pencatatan Transaksi Jadi Lebih Cepat dan Akurat

Manfaat sistem atau aplikasi kasir yang paling penting adalah membuat Anda lebih mudah untuk mencatat segala transaksi penjualan. Dengan adanya aplikasi kasir, total transaksi pelanggan Anda dapat secara otomatis dihitung dalam aplikasi.

Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual lagi di buku catatan. Anda juga tidak perlu menggunakan kalkulator untuk menghitung total pembelian secara manual.

Cukup gunakan sistem kasir, lalu klik produk yang dibeli oleh pelanggan, dan total pembelian disajikan langsung pada layar aplikasi. Nah, bagaimana? Transaksi penjualan lebih mudah dan aktif secara efektif.

2. Data Transaksi Aman

Manfaat sistem kasir selanjutnya adalah yang berhubungan dengan keamanan data bisnis Anda. Jika sejauh ini Anda telah mencatat total penjualan harian secara manual di buku tulis atau Ms. Excel, tentu saja datanya sangat rentan hilang/rusak. Bahkan, semua data penjualan itu sangat penting untuk analisis bisnis.

Untungnya, sekarang Anda dapat menyimpan semua penjualan bisnis Anda dengan lebih aman di sistem kasir. Saat ini aplikasi sistem kasir terbaru telah dilengkapi dengan sistem penyimpanan online di server cloud. Jadi, semua data bisnis Anda dapat disimpan dengan lebih aman dan risiko minimal. Mulai dari data produk, inventaris/stok, catatan transaksi, hingga total omset harian.

3. Mudah Cek Stok

img Software Minimarket Terbaik - Cek Stok

Mudah Cek Stok Minimarket dengan Aplikasi Kasir Beepos (Sumber: Bee.id)

Dengan hanya satu klik, Anda akan mendapatkan berbagai data yang Anda butuhkan, salah satunya adalah data yang terkait dengan stok barang yang tersedia. Selain itu, program ini juga akan meminimalkan kesalahan dalam perhitungan. Ini tentu saja jauh lebih baik daripada ketika Anda menggunakan manual yang kurang praktis dan memiliki risiko kesalahan manusia yang lebih besar.

4. Efisiensi Waktu, Tenaga, dan Pikiran

Sistem kasir dapat membantu Anda mendapatkan efisiensi waktu, energi, dan pikiran. Menggunakan sistem ini Anda dapat dengan mudah memonitor bisnis yang dijalankan bahkan ketika Anda jauh dari lokasi. Sebab, sistem ini telah terintegrasi dengan baik dan dapat diakses untuk melakukan smartphone Anda. Ini tentu saja akan memudahkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

5. Alat Analisa Bisnis

Manfaat lain dari mesin canggih ini adalah analisis bisnis yang baik. Sistem kasir ini dapat menganalisis produk yang cepat laku maupun yang kurang laku. Dengan demikian, Anda dapat mengambil tindakan cepat dan tepat terkait dengan bisnis yang Anda jalankan. Ini adalah salah satu alasan yang membuat banyak pemilik bisnis profesional mulai menyelesaikan bisnisnya dengan mesin kasir khusus.

6. Banyak Memberikan Waktu Luang

Dengan memanfaatkan mesin kasir ini, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu luang. Karena, segala sesuatu yang berkaitan dengan proses penghitungan transaksi dan catatan penjualan dapat dilakukan secara terintegrasi dan diakses secara real-time. Dengan begitu, Anda tidak perlu banyak waktu untuk mengurus ini. Anda juga akan dapat memiliki lebih banyak waktu luang, terutama jika ada karyawan yang telah Anda percayai untuk menjalankan bisnis Anda.

Rekomendasi Sistem Kasir Minimarket

Klik Gambar ini untuk Info Selengkapnya (Sumber: Bee.id)

Setelah membahas banyak mengenai sistem kasir, selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah pilihan aplikasi atau sistem kasir yang cocok untuk usaha minimarket Anda.

Seperti yang sudah dibahas di atas, manfaat yang diberikan sistem kasir menjawab masalah yang dihadapi pengusaha minimarket. Seperti trnasaksi yang lama hingga menyebabkan antrian, data tidak aman, analisa stok berantakan, dan yang lainnya.

Ini adalah rekomendasi sistem kasir minimarket yang cocok untuk menangani segala masalah dan memberikan segala keuntungan untuk bisnis Anda. Yakni Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Beepos.

Beepos memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha minimarket Anda. Apa saja keunggulan Beepos:

  • Transaksi cepat dan mudah: memiliki fitur full keyboard dan engine yang ringan, kecepatan transaksi sangat terjamin.
  • Stok terupdate secara realtime: tidak perlu input manual, data stok akan selalu diperbarui secara langsung tanpa harus nunggu.
  • Beragam metode pembayaran: pelanggan minta bayar pakai mobile payment? Anda bisa menggunakan fitur payment yang banyak tersedia di Beepos.
  • Integrasi accounting: menguntungkan sekali jika sudah integrasi accounting karena Anda tidak perlu membeli aplikasi tambahan lagi
  • Support promosi penjualan: discount penjualan, sistem member, sistem poin, bisa dengan mudah Anda gunakan pada aplikasi Beepos.

Kesimpulan

Sistem kasir memberikan segala manfaat untuk usaha minimarket karena memiliki beragam fungsi dan fitur yang membantu. Selain menjadi jawaban dari masalah yang diharapi pengusaha minimarket, sistem kasir juga memberikan manfaat lain sehingga usaha minimarket dapat mudah berkembang.

Beepos Desktop adalah software kasir minimarket untuk toko ritel (minimarket), bikin customer gak merasa tertipu, harga di label rak vs di nota dijamin cocok. POS dan Back-office terintegrasi dengan 1 database. Minimalisir perbedaan harga di label rak dan kasir dengan sistem kasir yang terintegrasi langsung dengan back-office. 1x ganti harga di back-office maka sistem POS otomatis mengikuti, single master data dan transaksi, POS kasir terintegrasi dengan akuntansi, aman karena semua by sistem

Coba gratis Beepos Desktop sekarang! Info lebih lanjut klik gambar di bawah ini!

Beepos Desktop Minimarket_web

Aplikasi Kasir Toko Baju Wajib Punya 5 Fitur Ini!
Aplikasi kasir toko baju saat ini mulai diminati oleh banyak pemilik bisnis, termasuk bisnis yang bergerak di bidang fashion. Ada […]
Baca Juga
Cara Pilih Program Kasir Toko Baju untuk Pembukuan Laporan Keuangan
Menjalankan bisnis saat ini perlu memperhatikan perkembangan teknologi yang ada. Termasuk penggunaan program kasir toko baju. Pasalnya, kini bisnis jualan […]
Baca Juga
Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnis Sembako
Toko sembako adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan sembako, adalah kebutuhan yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu