🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fungsi Penting Struk Belanja Sebagai Tanda Bukti Pembayaran

Struk belanja merupakan alat bukti transaksi yang ternyata sarat manfaat bagi pemilik usaha. Bagaimana cara membuatnya dan apa fungsinya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 2 July 2023

Membahas struk belanja dari sudut pandang pemilik usaha tentunya sangat menarik. Selain bermanfaat bagi pembeli, memberikan tanda bukti transaksi ini juga berguna untuk bisnis. Anda bisa tracking secara efektif baik itu stok sampai penjualan keseluruhan.

Sayangnya masih banyak pebisnis yang menganggap remeh hadirnya catatan transaksi ini. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi definisi sampai manfaatnya bagi usaha.

Apa Itu Struk Belanja? Ini Definisinya

Software Cetak Struk Online (2) (1)

Apa sebenarnya fungsi dari stuk belanja? (Credit: Freepik.com)

Membahas tentang struk belanja, tidak lepas dari definisi struk itu sendiri yang berarti alat bukti pembelian/penerimaan ketika bertransaksi. Biasanya transaksi yang dilakukan dalam hal berbelanja.

Struk bukti belanja ini sebenarnya merupakan salah satu contoh dari beragam macam jenisnya. Tidak sekadar dalam belanja, bentuk transaksi lainnya juga seharusnya menyertakan catatan ini.

Hampir di semua toko modern baik itu offline hingga online, struk ini dijadikan bukti pembayaran. Secara otomatis barang sudah sah sebagai milik pembeli. Umumnya seller akan mencetaknya ke dalam dua rangkap.

Untuk rangkap pertama adalah milik pembeli, diberikan beserta barang belanjaan. Sedangkan rangkap kedua disimpan pihak penjual untuk data transaksi. Selain itu oleh penjual juga akan dipakai untuk arsip dokumen serta keperluan pembukuan.

Baca Juga: Software Cetak Struk Integrasi dengan POS Android Makin Sat Set

Manfaat Adanya Struk Belanja dalam Transaksi Bisnis

Transaksi bisnis memang harus ada bukti yang valid. Struk belanja merupakan salah satu jenisnya yang ternyata sarat manfaat bagi pelaku usaha. Ini dia ulasan manfaatnya agar Anda tidak menyepelekan tanda bukti ini.

1. Bukti Transaksi Sah

Struk satu ini dapat Anda pakai sebagai bukti transaksi valid. Anda bisa memastikan bahwa konsumen sudah melakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera. Bukti valid ini dapat Anda gunakan sebagai landasan mencatat transaksi secara jelas.

2. Media Informasi Harga Hingga Total Belanja

Isi struk belanja salah satunya adalah informasi barang yang dibeli, kuantiti, hingga totalan. Ada juga informasi berupa diskon jika memang sedang menyelenggarakan promo tertentu. Hal ini sangat membantu agar setiap data transaksi lebih jelas.

Pembeli akan tahu barang apa saja yang dibeli beserta harganya, begitu juga penjual. Untuk pembuatan laporan keuangan tentu lebih mudah dengan adanya tanda bukti ini.

3. Media Tracking Transaksi

Selain itu, struk belanja juga berguna sebagai media untuk tracking arus transaksi. Anda dapat melihat apa saja transaksi yang berlangsung dalam sehari. Selain itu, jika terjadi kesalahan perhitungan dapat dianalisis secara jelas.

4. Data Catatan Penjualan

Anda juga bisa memakainya sebagai data penjulan akurat. Pencatatan dalam bisnis harus dilakukan secara tepat. Oleh karena itu, setiap transaksi jual beli sudah sewajarnya menggunakan nota/struk.

Data tertera di kertas tersebut sehingga peforma penjualan bisa dilacak dengan mudah. Akurasi stok dengan jumlah penjualan juga bisa dicocokan dengan adanya catatan ini.

Anda dapat mengetahui produk yang kurang laku dan paling diminati. Selain itu, keuntungan dan kerugian dalam kurun waktu tertentu juga bisa diketahui secara tepat.

5. Referensi Database Konsumen

Konsumen yang Anda miliki haruslah terdata secara rapi. Jika Anda ingin mengeluarkan suatu strategi marketing, data ini bisa dijadikan landasan. Misal ketika hendak mengeluarkan produk, promo tertentu, dan sebagainya.

Adanya struk belanja ini akan memudahkan Anda tahu bagaimana perilaku konsumen. Misal mayoritas pembelian untuk jenis produk apa, rata-rata kuantiti belanja, dan lain-lain. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan strategi marketing yang tepat.

6. Alat Penguat Kepercayaan Customer

Selaku pengusaha, kepercayaan customer adalah hal yang jangan sampai dilewatkan. Hadirnya struk belanja ini akan membuat trust konsumen meningkat. Secara sudut pandang konsumen, pasca berbelanja ada yang mencocokan barang yang dibeli dengan nota/struk.

Apalagi jika jumlahnya banyak, tentu harus ada catatan valid. Tanpa adanya bukti transaksi tersebut, kredibilitas usaha Anda akan diragukan. Tentunya hal ini akan berimbas pada urungnya niat konsumen untuk melakukan repeat order.

Contoh Informasi yang Biasanya Ada di dalam Struk Belanja

Contoh Struk Belanja

Ilustrasi contoh struk belanja (Credit: Bee.id)

Sebagai bukti pembayaran yang sah, hal penting terkait transaksi harus ada di dalamnya. Berikut ini contoh informasi wajib yang biasanya ada di dalam struk belanja.

1. Informasi Perusahaan/Usaha

Bagian atas struk biasanya dicantumkan informasi usaha Anda. Tujuannya sebagai identitas dan bukti bahwa tanda terima tersebut valid dari usaha Anda. Untuk informasi perusahaan di dalam tanda transaksi ini, ada beberapa yang harus dicantumkan.

  • Logo perusahaan
  • Nama usaha/perusahaan
  • Alamat usaha/perusahaan
  • Nomor telepon, email, atau media sosial usaha/perusahaan

2. Daftar yang Dibeli

Sudah pasti informasi mengenai barang apa saja yang dibeli konsumen harus jelas. Berikut aneka informasi yang wajib dibubuhkan untuk bagian ini.

  • Nama barang (cantumkan juga jenis baik itu warna, ukuran, dan sejenisnya)
  • Kuantiti
  • Harga satuan barang
  • Total harga (kuantiti dikalikan harga satuan)
  • Diskon dan perhitungan pajak (jika dibutuhkan)

3. Total Belanjaan

Struk yang bagus wajib mencantumkan total keseluruhan transaksi. Selain itu, jumlah uang yang diterima, kembalian, sampai diskon harus dicantumkan secara jelas. Hal ini akan membuat pembeli dan penjual mudah dalam tracking transaksi.

4. Metode Pembayaran

Saat ini, metode pembayaran sudah semakin beragam alih-alih sebatas cash. Bisa menggunakan kartu debit, transfer, uang digital, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam struk belanja harus disertakan informasi payment method.  Selain sebagai tanda untuk konsumen, informasi ini juga berguna bagi pelaku usaha. Anda akan lebih mudah melakukan rekap keuangan.

5. Informasi Tambahan Terkait Transaksi

Terkait transaksi, Anda juga bisa menyertakan informasi tambahan di dalamnya. Informasi ini bisa disertakan sesuai dengan kebutuhan. Contoh struk belanja dengan informasi tambahan misal ada ucapan “terima kasih”. Selain itu, ada juga info berupa password Wifi atau tagline usaha. Biasanya hal ini diterapkan sebagai strategi pemasaran efektif.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023

Pentingnya Struk Belanja Digital untuk Bisnis

Struk bukti belanja berbentuk fisik memang umum dijumpai di sekitar. Inovasi baru muncul untuk lebih membuat transaksi lebih efisien dengan struk digital. Apa saja manfaatnya bagi bisnis? Ini ulasannya.

1. Biaya Operasional Berkurang

Satu kotak kertas thermal memang tidak terlalu tinggi harganya. Akan tetapi jika pemakaiannya rutin tentu perlu porsi tersendiri di anggaran Anda. Hadirnya struk digital bisa berguna mengurangi biaya operasional.

Pemilik bisnis juga bisa menghindari biaya printer, tinta, dan hal fisik lain terkait struk konvensional. Selain membuat bisnis tampak kekinian, cocok sebagai upaya efisiensi budget.

2. Lebih Mudah Pencatatan

Paperless yang ditawarkan nota digital ini tentu dinilai lebih memudahkan kinerja pengusaha. Anda bisa melakukan tracking nota hanya dengan gawai, tanpa perlu ribet dengan dokumen fisik.

Selain itu, mayoritas pencatatan laporan keuangan saat ini juga sudah berbasis daring. Adanya media digital ini tentu lebih mendukung pencatatan secara daring.

3. Bisa Dipakai Untuk Pemasaran Pasca Pembelian

Ternyata Anda bisa memanfaatkan bukti transaksi digital ini untuk pemasaran pasca pembelian. Up sell dan cross sell bisa Anda lakukan menggunakan media satu ini.

Rekomendasi dan promosi produk ditawarkan media digital ini. Anda bisa memakainya untuk mengirimkan iklan/promosi ke para konsumen yang sebelumnya sudah mendapat nota digital ini.

KESIMPULAN:

Kesimpulannya, struk belanja dalam sebuah bisnis adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Manfaatnya bagi keberlangsungan usaha sangat besar sehingga pembuatannya juga mesti diperhatikan.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Agar bukti transaksi tersebut lebih informatif, kekinian, serta mudah dibuat, tools yang mendukung wajib dimiliki. Beepos Desktop merupakan aplikasi kasir PC yang bisa Anda gunakan. Fungsinya didesain untuk kecepatan penjualan serta mendukung keamanan transaksi.

Selain itu, Beepos Mobile juga bisa Anda gunakan sebagai aplikasi kasir android. Tidak perlu mahal-mahal menyediakan mesin kasir, lewat ponsel Anda bisa mewujudkannya. Aplikasi ini cocok untuk usaha ritel serta food and beverage, sehingga transaksi mudah dicatat.

Mengenal CSR Perusahaan, Jenis, Tujuan, Hukum & Contohnya
CSR adalah singkatan dari corporate social responsibility atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tanggung jawab sosial, biasanya dilakukan oleh organisasi
Baca Juga
Value Chain Penting untuk Bisnis? Ini Penjelasannya
Dalam dunia bisnis, memenangkan pasar dan mengalahkan kompetitor adalah cara agar bisnis dapat terus berkembang. Value chain yang berarti rantai
Baca Juga
Mengenal Integrated Marketing Communication (IMC)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. IMC
Baca Juga
Ciri-Ciri Pasar Modern, Contoh & Perbedaan Pasar Tradisional
Pasar modern menjadi suatu fenomena yang semakin mendominasi pemandangan ekonomi di berbagai negara. Bagi mereka yang terbiasa dengan istilah ini,
Baca Juga
7 Contoh Kalimat Auto Reply Chat Shopee dan Ketentuannya
Sebagai pengguna baik pembeli atau penjual pasti tidak asing lagi dengan balasan auto reply dari setiap balasan otomatis dari chat
Baca Juga
Apa itu Modal Ventura? Ini Contoh dan Penjelasannya
Modal ventura adalah salah satu jenis pendanaan dalam bentuk pemberian bantuan modal kepada bisnis atau perusahaan swasta dalam rangka investasi.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu