Logo Bee Web

Fungsi Penting Struk Belanja Sebagai Tanda Bukti Pembayaran

Struk belanja merupakan alat bukti transaksi yang ternyata sarat manfaat bagi pemilik usaha. Bagaimana cara membuatnya dan apa fungsinya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 2 July 2023

Membahas struk belanja dari sudut pandang pemilik usaha tentunya sangat menarik. Selain bermanfaat bagi pembeli, memberikan tanda bukti transaksi ini juga berguna untuk bisnis. Anda bisa tracking secara efektif baik itu stok sampai penjualan keseluruhan.

Sayangnya masih banyak pebisnis yang menganggap remeh hadirnya catatan transaksi ini. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi definisi sampai manfaatnya bagi usaha.

Apa Itu Struk Belanja? Ini Definisinya

Software Cetak Struk Online (2) (1)

Apa sebenarnya fungsi dari stuk belanja? (Credit: Freepik.com)

Membahas tentang struk belanja, tidak lepas dari definisi struk itu sendiri yang berarti alat bukti pembelian/penerimaan ketika bertransaksi. Biasanya transaksi yang dilakukan dalam hal berbelanja.

Struk bukti belanja ini sebenarnya merupakan salah satu contoh dari beragam macam jenisnya. Tidak sekadar dalam belanja, bentuk transaksi lainnya juga seharusnya menyertakan catatan ini.

Hampir di semua toko modern baik itu offline hingga online, struk ini dijadikan bukti pembayaran. Secara otomatis barang sudah sah sebagai milik pembeli. Umumnya seller akan mencetaknya ke dalam dua rangkap.

Untuk rangkap pertama adalah milik pembeli, diberikan beserta barang belanjaan. Sedangkan rangkap kedua disimpan pihak penjual untuk data transaksi. Selain itu oleh penjual juga akan dipakai untuk arsip dokumen serta keperluan pembukuan.

Baca Juga: Software Cetak Struk Integrasi dengan POS Android Makin Sat Set

Manfaat Adanya Struk Belanja dalam Transaksi Bisnis

Transaksi bisnis memang harus ada bukti yang valid. Struk belanja merupakan salah satu jenisnya yang ternyata sarat manfaat bagi pelaku usaha. Ini dia ulasan manfaatnya agar Anda tidak menyepelekan tanda bukti ini.

1. Bukti Transaksi Sah

Struk satu ini dapat Anda pakai sebagai bukti transaksi valid. Anda bisa memastikan bahwa konsumen sudah melakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera. Bukti valid ini dapat Anda gunakan sebagai landasan mencatat transaksi secara jelas.

2. Media Informasi Harga Hingga Total Belanja

Isi struk belanja salah satunya adalah informasi barang yang dibeli, kuantiti, hingga totalan. Ada juga informasi berupa diskon jika memang sedang menyelenggarakan promo tertentu. Hal ini sangat membantu agar setiap data transaksi lebih jelas.

Pembeli akan tahu barang apa saja yang dibeli beserta harganya, begitu juga penjual. Untuk pembuatan laporan keuangan tentu lebih mudah dengan adanya tanda bukti ini.

3. Media Tracking Transaksi

Selain itu, struk belanja juga berguna sebagai media untuk tracking arus transaksi. Anda dapat melihat apa saja transaksi yang berlangsung dalam sehari. Selain itu, jika terjadi kesalahan perhitungan dapat dianalisis secara jelas.

4. Data Catatan Penjualan

Anda juga bisa memakainya sebagai data penjulan akurat. Pencatatan dalam bisnis harus dilakukan secara tepat. Oleh karena itu, setiap transaksi jual beli sudah sewajarnya menggunakan nota/struk.

Data tertera di kertas tersebut sehingga peforma penjualan bisa dilacak dengan mudah. Akurasi stok dengan jumlah penjualan juga bisa dicocokan dengan adanya catatan ini.

Anda dapat mengetahui produk yang kurang laku dan paling diminati. Selain itu, keuntungan dan kerugian dalam kurun waktu tertentu juga bisa diketahui secara tepat.

5. Referensi Database Konsumen

Konsumen yang Anda miliki haruslah terdata secara rapi. Jika Anda ingin mengeluarkan suatu strategi marketing, data ini bisa dijadikan landasan. Misal ketika hendak mengeluarkan produk, promo tertentu, dan sebagainya.

Adanya struk belanja ini akan memudahkan Anda tahu bagaimana perilaku konsumen. Misal mayoritas pembelian untuk jenis produk apa, rata-rata kuantiti belanja, dan lain-lain. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan strategi marketing yang tepat.

6. Alat Penguat Kepercayaan Customer

Selaku pengusaha, kepercayaan customer adalah hal yang jangan sampai dilewatkan. Hadirnya struk belanja ini akan membuat trust konsumen meningkat. Secara sudut pandang konsumen, pasca berbelanja ada yang mencocokan barang yang dibeli dengan nota/struk.

Apalagi jika jumlahnya banyak, tentu harus ada catatan valid. Tanpa adanya bukti transaksi tersebut, kredibilitas usaha Anda akan diragukan. Tentunya hal ini akan berimbas pada urungnya niat konsumen untuk melakukan repeat order.

Contoh Informasi yang Biasanya Ada di dalam Struk Belanja

Contoh Struk Belanja

Ilustrasi contoh struk belanja (Credit: Bee.id)

Sebagai bukti pembayaran yang sah, hal penting terkait transaksi harus ada di dalamnya. Berikut ini contoh informasi wajib yang biasanya ada di dalam struk belanja.

1. Informasi Perusahaan/Usaha

Bagian atas struk biasanya dicantumkan informasi usaha Anda. Tujuannya sebagai identitas dan bukti bahwa tanda terima tersebut valid dari usaha Anda. Untuk informasi perusahaan di dalam tanda transaksi ini, ada beberapa yang harus dicantumkan.

  • Logo perusahaan
  • Nama usaha/perusahaan
  • Alamat usaha/perusahaan
  • Nomor telepon, email, atau media sosial usaha/perusahaan

2. Daftar yang Dibeli

Sudah pasti informasi mengenai barang apa saja yang dibeli konsumen harus jelas. Berikut aneka informasi yang wajib dibubuhkan untuk bagian ini.

  • Nama barang (cantumkan juga jenis baik itu warna, ukuran, dan sejenisnya)
  • Kuantiti
  • Harga satuan barang
  • Total harga (kuantiti dikalikan harga satuan)
  • Diskon dan perhitungan pajak (jika dibutuhkan)

3. Total Belanjaan

Struk yang bagus wajib mencantumkan total keseluruhan transaksi. Selain itu, jumlah uang yang diterima, kembalian, sampai diskon harus dicantumkan secara jelas. Hal ini akan membuat pembeli dan penjual mudah dalam tracking transaksi.

4. Metode Pembayaran

Saat ini, metode pembayaran sudah semakin beragam alih-alih sebatas cash. Bisa menggunakan kartu debit, transfer, uang digital, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam struk belanja harus disertakan informasi payment method.  Selain sebagai tanda untuk konsumen, informasi ini juga berguna bagi pelaku usaha. Anda akan lebih mudah melakukan rekap keuangan.

5. Informasi Tambahan Terkait Transaksi

Terkait transaksi, Anda juga bisa menyertakan informasi tambahan di dalamnya. Informasi ini bisa disertakan sesuai dengan kebutuhan. Contoh struk belanja dengan informasi tambahan misal ada ucapan “terima kasih”. Selain itu, ada juga info berupa password Wifi atau tagline usaha. Biasanya hal ini diterapkan sebagai strategi pemasaran efektif.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023

Pentingnya Struk Belanja Digital untuk Bisnis

Struk bukti belanja berbentuk fisik memang umum dijumpai di sekitar. Inovasi baru muncul untuk lebih membuat transaksi lebih efisien dengan struk digital. Apa saja manfaatnya bagi bisnis? Ini ulasannya.

1. Biaya Operasional Berkurang

Satu kotak kertas thermal memang tidak terlalu tinggi harganya. Akan tetapi jika pemakaiannya rutin tentu perlu porsi tersendiri di anggaran Anda. Hadirnya struk digital bisa berguna mengurangi biaya operasional.

Pemilik bisnis juga bisa menghindari biaya printer, tinta, dan hal fisik lain terkait struk konvensional. Selain membuat bisnis tampak kekinian, cocok sebagai upaya efisiensi budget.

2. Lebih Mudah Pencatatan

Paperless yang ditawarkan nota digital ini tentu dinilai lebih memudahkan kinerja pengusaha. Anda bisa melakukan tracking nota hanya dengan gawai, tanpa perlu ribet dengan dokumen fisik.

Selain itu, mayoritas pencatatan laporan keuangan saat ini juga sudah berbasis daring. Adanya media digital ini tentu lebih mendukung pencatatan secara daring.

3. Bisa Dipakai Untuk Pemasaran Pasca Pembelian

Ternyata Anda bisa memanfaatkan bukti transaksi digital ini untuk pemasaran pasca pembelian. Up sell dan cross sell bisa Anda lakukan menggunakan media satu ini.

Rekomendasi dan promosi produk ditawarkan media digital ini. Anda bisa memakainya untuk mengirimkan iklan/promosi ke para konsumen yang sebelumnya sudah mendapat nota digital ini.

KESIMPULAN:

Kesimpulannya, struk belanja dalam sebuah bisnis adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Manfaatnya bagi keberlangsungan usaha sangat besar sehingga pembuatannya juga mesti diperhatikan.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Agar bukti transaksi tersebut lebih informatif, kekinian, serta mudah dibuat, tools yang mendukung wajib dimiliki. Beepos Desktop merupakan aplikasi kasir PC yang bisa Anda gunakan. Fungsinya didesain untuk kecepatan penjualan serta mendukung keamanan transaksi.

Selain itu, Beepos Mobile juga bisa Anda gunakan sebagai aplikasi kasir android. Tidak perlu mahal-mahal menyediakan mesin kasir, lewat ponsel Anda bisa mewujudkannya. Aplikasi ini cocok untuk usaha ritel serta food and beverage, sehingga transaksi mudah dicatat.

Artikel Terkait

Investasi Jangka Pendek: Manfaat, Jenis & Tips Memulainya
Investasi secara sederhana dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Dalam kesempatan ini akan membahas
Baca Juga
Contoh Analisis DuPont, Pengertian, Rumus dan Cara Hitungnya
Analisis duPont adalah salah satu alat untuk menganalisa dan memahami kinerja keuangan perusahaan secara menyeluruh. Dikembangkan oleh DuPont Corporation pada
Baca Juga
Leasing Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya
Leasing adalah salah satu konsep finansial yang semakin meraih popularitas di tengah dinamika pasar global dimana baik individu atau perusahaan
Baca Juga
Lengkap! 10 Ide Bisnis Makanan Ringan, Logo, Stiker & Tipsnya
Anda pasti pernah merasakan kelezatan makanan ringan, bukan? Snack adalah teman setia saat Anda ingin menikmati camilan ringan di antara
Baca Juga
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa, Jenis dan Contohnya
Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang bergerak dalam sektor jasa, Salah satu ciri-ciri perusahaan jasa paling umum adalah menyediakan layanan
Baca Juga
Produsen Adalah: Peran, Tantangan hingga Strategi Sukses
Dalam perekonomian modern, produsen adalah perusahaan yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan nasional, dan menyediakan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu