Logo Bee Web

Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Ini List Usahanya

Punya uang 300 ribu saja tapi ingin memulai bisnis? Memangnya modal 300 ribu bisa usaha apa? Banyak dong berikut listnya untuk Anda.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 8 July 2023

Memang dengan modal 300 ribu bisa usaha apa? banyak dong, Anda tidak harus memiliki modal besar untuk bisa memulai usaha, banyak pilihan yang bisa Anda jalankan dengan modal usaha 300 ribuan aja. Mulai dari usaha jasa hingga berdagang.

Kini tidak sulit untuk memulai meskipun hanya dengan modal pas-pasan, Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa Anda pertimbangkan:

7+ Ide Usaha Modal 300 Ribu-an yang Menguntungkan

Ini dia deretan ide bisnis hanya dengan modal 300 ribuan:

1. Bisnis Makanan Ringan

Usaha modal 300 ribu

Ide bisnis makanan ringan modal 300 ribun bisa Anda coba (Credit: Freepik.com)

Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Ide bisnis pertama  adalah jualan makanan ringan seperti kue, roti, keripik, atau makanan ringan lainnya. Gunakan modal Anda untuk membeli bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan, serta untuk memasarkan produk Anda di lingkungan sekitar atau melalui media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan dasar yang ada disekitar Anda untuk memulai usaha bisnis makanan ringan ini sebagai pemanfaatan aset, contohnya jika di sekitar Anda merupakan daerah penghasil pisang Anda bisa membuat usaha keripik pisang dan selebihnya.

Bisnis ini akan lebih menguntungkan, sebab modal awal yang Anda gunakan bisa lebih terpangkas karena bahan dasar sudah tersedia di sekitar Anda atar dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan dasar lainnya, karena sumber daya yang melimpah.

2. Jasa Fotografi

Ide selanjutnya masih berkaitan usaha jasa, ide ini cocok untuk Anda yang memiliki minat dan keterampilan dalam fotografi, Anda dapat mempertimbangkan membuka jasa fotografi.

Gunakan modal Anda untuk membeli peralatan dasar seperti kamera, lensa, dan perlengkapan fotografi lainnya. Mulailah dengan menawarkan jasa pemotretan kepada teman, keluarga, atau bahkan untuk acara kecil di komunitas Anda.

3. Penjualan Online

Jualan Online

Ilustrasi pedagang online shop (Credit: Unsplsh)

Selanjutnya modal 300 ribu bisa usaha adalah jualan online, Loh bukannya kalau jualan butuh modal besar? Tenang, untuk membuka jualan online Anda bisa menerapkan sistem pre-order dengan syarat pembeli membayar sebagian dari produk yang akan mereka beli. Hal ini dapat membantu Anda dalam menghemat modal usaha.

Cari produk yang diminati di pasar, kemudian cari supplier dengan harga yang terjangkau dan menjual produk-produk tersebut dengan markup yang sesuai. Fokus pada produk yang memiliki permintaan tinggi dan margin keuntungan yang baik. Selamat mencoba.

Baca Juga: 9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil

4. Jasa Konsultasi atau Pelatihan

Berikutnya, manfaatkan keahlian Anda, dengan mencoba membuka jasa konsultasi atau pelatihan. Misalnya, jika Anda memiliki pengetahuan tentang pemasaran digital, keuangan, atau keahlian tertentu seperti desain grafis, Anda dapat menawarkan jasa konsultasi atau pelatihan kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan.

5. Jasa Pembersihan Rumah atau Kantor

Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa

Dengan Modal Usaha 300 ribu Anda Bisa Membuka Jasa Bersih-Bersih (Credit: Freepik.com)

Ide bisnis selanjutnyaadalah usaha dibidang jasa, seperti jasa pembersihan rumah atau kantor. Bisnis ini terbilang cukup fleksibel dan menguntungkan. Dengan modal awal yang terbatas, Anda dapat membeli beberapa peralatan pembersihan dasar dan memasarkan jasa Anda kepada teman, keluarga, atau melalui platform online.

6. Jasa Desain Grafis

Modal usaha 300 ribuan bisa usaha apa? bisa buka jasa desain grafis, memulai jasa desain grafis dapat menjadi pilihan yang menjanjikan. Dengan menggunakan perangkat lunak desain yang tersedia secara online atau perangkat lunak gratis.

Anda dapat menawarkan layanan desain logo, brosur, pamflet, kartu nama, atau desain grafis lainnya kepada bisnis lokal, organisasi, atau individu yang membutuhkan bantuan dalam memvisualisasikan identitas merek mereka.

Membangun portofolio yang menarik dan berkomunikasi secara efektif dengan klien akan membantu membangun reputasi dan meningkatkan peluang mendapatkan proyek yang lebih besar di masa depan.

7. Jualan Tanaman Hias

Usaha Modal Kecil Untung Besar

Buka Usaha Tanaman Hias Bisa Jadi Alternatif Usaha Modal Sedikit Untung Besar (Credit: Freepik.com)

Berikutnya, memulai usaha jualan tanaman hias bisa menjadi pilihan menarik. Dengan modal 300 ribuan, Anda dapat membeli berbagai bibit tanaman hias yang populer, Anda bisa langsung menjual atau mengembangbiakkan terlebih dahulu.

Sebelum itu, cari tahu jenis tanaman yang sedang tren dan diminati oleh pasar, seperti monstera, succulent, atau tanaman kaktus. Anda bisa membeli bibit dengan harga yang terjangkau dan menumbuhkannya dengan cermat hingga tumbuh dewasa sebelum menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Selain itu, manfaatkan juga kekuatan online dengan memanfaatkan platform seperti media sosial atau marketplace untuk memasarkan dan menjual tanaman hias Anda kepada pelanggan yang lebih luas. Berikan informasi tentang perawatan tanaman, kualitas dan keunikan setiap jenis tanaman yang Anda jual untuk menarik minat pembeli.

8. Jualan Produk Handmade

Ide modal 300 ribuan bisa usaha apa selanjutnya adalah dengan membuat produk homemade, bisa memanfaatkan bahan bekas atau bahan kreasi lainnya menjadi  bisa Jika kerajinan tangan.

Contohnya aksesori, dekorasi rumah, atau produk handmade lainnya, Anda dapat menjual produk-produk tersebut dengan modal 300 ribuan. Buat produk unik dan berkualitas tinggi yang menarik minat pasar.

Anda dapat menjual produk handmade Anda secara langsung melalui bazaar, acara seni, atau melalui platform online seperti media sosial atau marketplace. Promosikan karya-karya Anda dengan menunjukkan proses pembuatan, cerita di balik produk, dan manfaat unik yang dimiliki oleh setiap karya.

Tips Memulai Usaha untuk Pemula

Pengusaha Pemula Yang Sedang Memulai Bisnisnya Dari Nol

Ilustrasi Pengusaha Pemula Yang Sedang Memulai Bisnisnya Dari Nol (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah beberapa tips yang berguna bagi pemula yang ingin memulai usaha:

1. Tentukan Bidang Usaha yang Sesuai

Pebisnis pemula perlu menentukan bidang usaha apa yang akan dikerjakan, pastikan untuk memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat, keahlian, dan pengalaman Anda. Pemahaman yang baik tentang bidang usaha yang Anda geluti akan membantu Anda dalam menghadapi tantangan dan mengembangkan bisnis dengan lebih baik.

2. Riset Pasar dan Persaingan

Berikutnya, lakukan riset pasar yang komprehensif untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial Anda. Kenali pesaing Anda dan pelajari strategi mereka. Hal ini akan membantu Anda menentukan cara untuk membedakan diri dan menawarkan nilai tambah kepada pelanggan.

3. Buat Rencana Bisnis

Lanjutkan dengan membuat rencana bisnis yang rinci yang mencakup tujuan bisnis, strategi pemasaran, analisis keuangan, dan rencana pengembangan jangka panjang. Rencana bisnis akan membantu Anda mengarahkan langkah-langkah Anda dan mengukur kemajuan bisnis Anda seiring waktu.

4. Tetapkan Anggaran dan Kelola Keuangan dengan Bijak

Jika 3 langkah sebelumnya sudah dilakukan, berikutnya adalah tetapkan anggaran untuk berbagai aspek bisnis Anda, termasuk pembelian inventaris, promosi, dan pengeluaran operasional lainnya. Kelola keuangan dengan bijak dan lacak secara berkala agar Anda tetap dalam kendali keuangan yang sehat.

5. Mulailah dengan Skala Kecil

Untuk mengurangi risiko, pertimbangkan untuk memulai usaha Anda dengan skala kecil. Ini akan memungkinkan Anda untuk belajar dari pengalaman, menguji pasar, dan mengembangkan bisnis secara bertahap tanpa menginvestasikan terlalu banyak modal sekaligus.

6. Manfaatkan Teknologi dan Online

Memulai bisnis jangan pernah ragu, lakukan semaksimal mungkin dan memanfaatkan peluang yang ada salah satunya adalah memanfaatkan kekuatan teknologi dan internet untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Baca Juga: 9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses

Buat situs web atau toko online, manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa Anda, menggunakan alat digital lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mencapai pelanggan yang lebih luas.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan software akuntansi online Beecloud dalam membantu Anda dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam proses manajemen keuangan. Mulai dari mencatat penjualan, pembelian, kontrol stok, pantau hutang dan piutang, hingga laporan akuntansi yang bisa dipantau kapan saja dan dimana saja.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Dengan harga yang cukup ramah di kantong, cocok untuk Anda pebisnis pemula yang sedang merintis usaha. Segera dapatkan gratis trial dan panduan langsung dari tim profesional Bee dengan klik banner di bawah ini:

7. Bangun Jaringan dan Hubungan yang Kuat

Lanjutnya dengan menguatkan hubungan bisnis dengan menjalin hubungan dengan sesama pengusaha, mitra potensial, dan pelanggan. Ikuti acara bisnis, seminar, atau forum industri untuk memperluas jaringan Anda. Hubungan yang kuat dan dukungan dari orang lain dapat memberikan peluang bisnis baru dan sumber referensi yang berharga.

8. Terus Belajar dan Beradaptasi

Dunia bisnis terus berkembang. Tetaplah belajar, ikuti tren terbaru, dan tingkatkan keterampilan Anda dalam mengelola bisnis. Bersedia untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan teknologi akan membantu bisnis Anda tetap relevan dan berkelanjutan.

9. Jaga Kualitas Produk atau Layanan

Berikutnya, pastikan produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik. Fokus pada kepuasan pelanggan dan upayakan untuk memberikan nilai tambah yang membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Tips Membangun Toko Grosir Jadi Lebih Menguntungkan
Bisnis Toko grosir adalah tempat usaha yang menjual produk dengan jumlah besar, seperti arti dari istilah kata grosir sendiri yang
Baca Juga
Mengenal Rasio Aktivitas, Jenis dan Rumusnya
Dalam dunia bisnis, pemilik usaha selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Salah satu metode yang digunakan adalah
Baca Juga
7 Cara Melestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis
Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia dengan bisnis? Apakah bisa? Bisa dong, Anda bisa mengkombinasikan nilai-nilai budaya lokal pada komponen bisnis
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga
Mengenal Data Warehouse, Komponen dan Karakteristiknya
Data warehouse merupakan suatu konsep yang penting dalam dunia teknologi informasi, yang memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan
Baca Juga
Parcel Lebaran Unik Peluang Usaha Menarik
Ragam parcel lebaran unik untuk saat ini sudah semakin bervariasi. Isinya tidak sekadar kue kering aneka jenis yang tentu cenderung
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu