Logo Bee Web

Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty

Memiliki customer loyalty adalah keuntungan tersendiri bagi pebisnis, salah satunya menigkatkan penjualan. Bagaimana caranya?
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 19 February 2020

Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa yang selalu mereka perbuat intinya minimarket ini selalu ramai pelanggan.

Saya pun penasaran dan pengen tahu apa yang membuat toko ini ramai. Setelah saya mengamati banyak aktivitas yang mereka lakukan, ada rahasia penting agar toko ini ramai. Dan ternyata jurus yang paling ampuh adalah membangun customer loyalty.

Mengapa Customer Loyalty?

Bila Anda sudah lama bergelut di dunia pemasaran, pasti paham kalau ngiklan itu mahal.. Serius deh, mendatangkan pengunjung itu butuh biaya yang mahal.

Contohnya kita mau mendatangkan pengunjung dari iklan tv.. Salah satu saluran populer TRANS TV menetapkan tarif iklan yang dipasang di acara-acara prime time (jam utama di atas pukul 17.00 WIB) berkisar di antara Rp30 juta hingga Rp45 juta per 30 detik.

..kebayang berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Mengerti mahalnya datengin pengunjung, maka yang harus dilakukan adalah membangun Customer Loyalty....

Keuntungan Bila customer Anda loyal..

Kalau ngomongin soal keuntungan, pasti banyak yang Anda peroleh bila Anda sukses membangun customer loyalty.. "Efek"-nya itu di operasional toko Anda. Apa saja?

1. Omset Besar Setiap Hari

Pelanggan setia cenderung melakukan pembelian secara konsisten. Dengan memiliki pelanggan yang setia, toko Anda dapat menikmati omset besar setiap hari karena mereka secara teratur memilih untuk berbelanja di tempat Anda daripada mencari alternatif lain.

2. Produk Laris Terus

Pelanggan yang setia memiliki kecenderungan untuk tetap membeli produk-produk tertentu yang mereka sukai. Hal ini dapat menyebabkan produk-produk unggulan Anda menjadi laris terus, memberikan stabilitas pada penjualan dan membantu dalam perencanaan stok.

3. Pertumbuhan Jumlah Pelanggan

Pelanggan setia tidak hanya cenderung tetap berbelanja di toko Anda, tetapi mereka juga dapat merekomendasikan toko Anda kepada teman-teman mereka. Ini dapat menghasilkan pertumbuhan pelanggan yang signifikan karena rekomendasi dari pelanggan setia memiliki dampak positif pada citra dan reputasi toko Anda.

4. Potensi Membuka Cabang

Dengan omset yang besar dan pertumbuhan pelanggan yang stabil, toko Anda memiliki potensi untuk membuka cabang atau ekspansi bisnis. Pelanggan setia memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan bisnis ke lokasi baru dan meningkatkan cakupan pasar.

5. Reputasi Positif

Pelanggan yang setia sering memberikan umpan balik positif tentang pengalaman berbelanja mereka, termasuk pelayanan yang ramah dan tanpa antrian. Ini tidak hanya mempertahankan pelanggan yang sudah ada tetapi juga dapat meningkatkan reputasi toko Anda secara keseluruhan, menarik pelanggan baru dan membangun citra positif di pasar.

Cara Membangun Customer Loyality

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan customer loyality, yakni:

1. Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Langkah pertama yang  bisa mulai Anda praktekkan untuk toko Anda adalah menciptakan sebuah kesan pertama yang membuat customer menjadi berkesan. Customer bakal selalu ingat kesan pertama ketika Anda layani. Dan juga Anda harus memberikan pelayanan terbaik agar customer mendapatkan kesan yang positif.

Hal ini dapat mencakup layanan pelanggan yang ramah, lingkungan toko yang bersih dan tertata rapi, atau penggunaan strategi visual yang menarik. Kesempatan untuk menciptakan kesan positif pertama sangat penting, karena ini dapat membentuk pandangan pelanggan tentang merek Anda dalam jangka panjang.

2. Berikan Pelayanan Cepat dan Tepat

Selanjutnya adalah terus berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang cepat tanpa melupakan faktor ketelitian. Jangan lupa untuk selalu menginformasikan kepada customer tentang waktu yang Anda perlukan untuk memberikan solusi kepada mereka.

Pastikan bahwa tim layanan pelanggan Anda dilatih dengan baik untuk memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan atau masalah pelanggan. Memberikan solusi yang tepat dengan efisiensi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi positif.

3. Mengantisipasi Keinginan Customer

Jika Anda berhasil mengantisipasi keinginan customer dan memberikan solusi yang cepat dan tepat, maka Anda pasti akan bisa manarik hati customer. Ini berarti juga customer tersebut akan bersama Anda dalam waktu yang lebih lama.

Ini bisa termasuk penyesuaian produk atau layanan, menyediakan opsi kustomisasi, atau bahkan menyediakan variasi dalam metode pembayaran. Dengan menjadi responsif terhadap kebutuhan pelanggan, Anda dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan membangun ikatan yang lebih kuat.

4. Bangun sistem Membership

Seperti toko populer saat ini, bisa saja kita juga ikutan membangun sistem membership. Tujuannya supaya custome Anda semakin gemar dan tidak bosan membeli di toko Anda.

Dimana memiliki sistem keanggotaan (membership) adalah salah satu cara yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan. Sistem membership dapat mencakup berbagai keuntungan dan insentif khusus bagi pelanggan yang setia

5. Penawaran Promosi Terbatas untuk Pelanggan Setia

Sajikan penawaran promosi khusus yang hanya tersedia untuk pelanggan setia. Misalnya, penjualan eksklusif, diskon tambahan pada hari ulang tahun pelanggan, atau penawaran beli satu gratis satu. Ini dapat menciptakan perasaan eksklusivitas dan meningkatkan keterikatan pelanggan terhadap merek Anda.

Rekomendasi Sistem Membership

Kalau udah tau cara bangun customer loyalty, pastinya Anda tau apa yang wajib dilakukan selanjutnya..

Yess, langsung action..!! Segera membangun customer loyalty sekarang juga. Namun perlu Anda ketahui, sistem yang Anda gunakan harus bisa mendukung operasional Anda. Jangan sampe sistem yang Anda jalankan tidak sesuai dengan target yang Anda tentukan.

Dan inilah rekomendasi sistem yang dapat membantu Anda dalam membangun loyalitas customer.

Apa itu? Namanya Beepos, "Jualan Aman dan Cepat".

Simak video demo berikut untuk mengetahui fitur-fitur unggulan Beepos!.

#1. Mengenal Software Kasir Beepos

#2. Fitur Utama Software Kasir Beepos

#3. Fitur Tambahan Software Kasir Beepos

Kompetitor makin banyak & pembeli tidak loyal, sedangkan biaya akuisisi pelanggan baru semakin mahal trend-nya. Mulailah konversi pembeli jadi member dan buat mereka merasa spesial dengan memberikan promo khusus member. Berikan mereka alasan untuk kembali dan belanja terus menerus ke bisnis Anda.

Untuk mengetahui Fitur Lengkap Beepos, Anda bisa mengunjungi halaman berikut: https://www.bee.id/software-kasir-online/

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk segera Action agar Anda bisa segera meningkatkan penjualan dengan membangun loyalitas customer!

Silahkan coba sistem ini sebelum versi gratisnya kami tutup! DOWNLOAD BEEPOS

Menurut Anda, seberapa penting membangun loyalitas customer bagi seorang pengusaha? Silahkan komentar dibawah ya!

10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
6 Sumber Daya Usaha, Pengertian, Kelompok dan Perannya
Sumber daya usaha adalah segala aset atau elemen yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai
Baca Juga
Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan
Baca Juga
7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat
Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya
Baca Juga
Analisis Resiko Usaha: Penyebab, Jenis dan Cara Identifikasinya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan, risiko usaha menjadi faktor yang tidak dapat dihindari. Kewirausahaan selalu melibatkan potensi kerugian
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana Excel dan Cara Membuatnya
Contoh cash flow sederhana excel merupakan suatu hal yang paling dicari para pengusaha pemula saat ingin memulai membuat laporan keuangan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu