Logo Bee Web

Sistem Akuntansi: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Sistem akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi perusahaan. contoh sistem yang bisa Anda gunakan adalah software akuntansi.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 24 March 2023

Sistem informasi akuntansi atau sering disebut sistem akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Akuntansi sebagai sistem informasi menunjukkan bahwa informasi keuangan adalah bagian penting dari pengambilan keputusan manajemen. sedikit contoh sistem pada komputer adalah software akuntansi.

Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat dapat membantu Anda mengelola informasi keuangan perusahaan dengan lebih baik dan efisien.

Artikel ini akan membahas secara lebih rinci tentang sistem akuntansi dan bagaimana penerapannya dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Pengertian Sistem Akuntansi

Tahukah Anda? Sistem akuntansi adalah sebuah rangkaian prosedur dan metode yang digunakan untuk merekam, mengklasifikasikan, menganalisis, dan melaporkan data keuangan secara manual atau dengan bantuan komputer.

Fungsinya adalah untuk menyajikan informasi keuangan yang akurat dan dapat dipercaya secara tepat waktu kepada manajemen bisnis.

Apa itu Sistem Akuntansi

Ilustrasi kalkulator sebagai media untuk menghitung keuangan

Dalam kata lain, sistem keuangan ini membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis Anda agar tetap teratur, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan sistem yang baik, Anda dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan memastikan keuangan bisnis Anda selalu sehat.

Jenis-jenis Sistem Akuntansi

Setelah mengetahui pengertian sistem akuntansi, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis sistem yang berbeda. Jenis-jenis sistem ini meliputi sistem akuntansi manual, sistem komputer, dan sistem terpadu.

Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda perlu memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas masing-masing jenis sistem akuntansi secara lebih rinci.

1. Sistem Akuntansi Manual

Sistem Akuntansi Manual adalah jenis sistem yang dilakukan secara manual atau dengan penggunaan kertas dan pena untuk merekam transaksi keuangan.

Dalam sistem ini, setiap transaksi dicatat dalam jurnal dan kemudian dipindahkan ke buku besar. Meskipun lebih lambat dan memakan waktu, sistem yang manual dapat berguna bagi bisnis kecil dengan volume transaksi yang sedikit.

Kelebihan: Lebih murah dan mudah digunakan karena hanya memerlukan kertas dan pena. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu Anda memahami konsep akuntansi dengan lebih baik karena Anda harus melakukan catatan secara manual.

Kekurangan: Waktu yang dibutuhkan untuk mengelola transaksi menjadi lebih lama dan rentan terhadap kesalahan manusia. Selain itu, sistem ini kurang efisien dan tidak cocok bagi bisnis dengan volume transaksi yang besar.

2. Sistem Akuntansi Komputer

Sistem Akuntansi Komputer adalah jenis sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk merekam, mengelola, dan melaporkan informasi keuangan. Dalam sistem ini, transaksi dicatat secara elektronik dan disimpan dalam database.

Sistem ini lebih cepat dan efisien daripada sistem manual, sehingga software akuntansi cocok bagi bisnis dengan volume transaksi yang lebih besar.

operasional software di komputer

ilustrasi operasional sistem akuntansi di komputer (sumber: Unsplash)

Kelebihan: Lebih cepat, akurat, dan efisien dalam mengelola transaksi keuangan. Dalam sistem ini, Anda dapat dengan mudah menghasilkan laporan keuangan secara real-time, serta membuat dan mengirimkan faktur dengan cepat.

Kekurangan: Harus berinvestasi dengan biaya yang lebih tinggi daripada pencatatan manual. Selain itu, diperlukan juga keahlian khusus dalam penggunaannya, sehingga perlu dilakukan pelatihan dan pendidikan karyawan terkait.

3. Sistem Akuntansi Terpadu

Sistem Akuntansi Terpadu adalah jenis sistem yang menggabungkan fitur dari sistem keuangan manual dan komputer. Dalam sistem ini, transaksi dicatat secara elektronik dan otomatis, namun tetap memiliki dokumen fisik sebagai backup.

Sistem ini cocok bagi bisnis yang menginginkan efisiensi dari sistem komputer, tetapi tetap ingin mempertahankan dokumen fisik sebagai bukti transaksi.

Kelebihan: Kombinasi dari sistem akuntansi manual dan komputer, sehingga Anda dapat memanfaatkan kelebihan keduanya. Dalam sistem ini, Anda dapat merekam transaksi secara elektronik, namun tetap memiliki dokumen fisik sebagai backup.

Selain itu, sistem ini juga lebih efisien dan dapat menghemat waktu dalam mengelola transaksi.

Kekurangan: Biaya yang lebih tinggi daripada sistem manual dan kurang fleksibel dalam menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sistem Akuntansi yang Berlaku di Indonesia

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenis sistem akuntansi, penting untuk mengetahui bahwa di Indonesia, sistem akuntansi juga memiliki aturan yang berlaku. Berikut adalah sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia

1. PSAK – IFRS

PSAK-IFRS adalah standar akuntansi keuangan yang diterapkan pertama kali di Indonesia, dan mulai diimplementasikan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada tahun 2012.

Standar ini biasanya diterapkan oleh organisasi bisnis yang berkaitan dengan publikasi laporan keuangannya, dan menjadi panduan penting dalam menjalankan praktik akuntansi yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. SAK – ETAP

SAK-ETAP atau lebih dikenal sebagai PSAK-ETAP merupakan salah satu jenis standar akuntansi keuangan yang digunakan di Indonesia. Jenis standar akuntansi ini cocok untuk digunakan oleh bisnis kecil atau menengah, sehingga pemilik bisnis dapat membuat laporan keuangan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa konsultan akuntansi.

Meskipun sederhana, penggunaan PSAK-ETAP tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku agar laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan secara akurat.

3. Standar Akuntansi Syariah (SAS)

Standar Akuntansi Syariah (SAS) merupakan serangkaian pedoman akuntansi yang ditujukan untuk entitas yang melakukan transaksi syariah, baik itu lembaga syariah maupun lembaga non-syariah. SAS ini didasarkan pada model Standar Akuntansi Keuangan (SAK) umum namun dengan prinsip syariah yang mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

ekonomi syariah

ilustrasi muslimah menjelaskan standar akuntansi syariah (sumber: Freepik)

PSAK Syariah disahkan pada tahun 2002 dan terdiri dari kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan, standar penyajian laporan keuangan, dan standar khusus transaksi syariah seperti mudharabah, murabahah, salam, ijarah, dan istishna.

Dengan menerapkan SAS, entitas dapat mengikuti prinsip-prinsip akuntansi syariah yang lebih sesuai dengan nilai-nilai Islam dan memenuhi kebutuhan pengguna laporan keuangan yang mempertimbangkan aspek syariah.

4. SAK EMKM

SAK EMKM adalah standar akuntansi keuangan yang diperuntukkan bagi entitas bisnis kecil dan menengah yang tidak memiliki kewajiban untuk mempublikasikan laporan keuangannya.

Standar ini didasarkan pada definisi dan karakteristik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam undang-undang.

Untuk mengikuti SAK EMKM, entitas harus memisahkan kekayaan pribadi pemilik dengan kekayaan bisnisnya, dan memahami bahwa setiap usaha/entitas berdiri sendiri.

SAK EMKM memberikan panduan tentang bagaimana menyusun laporan keuangan untuk entitas bisnis dengan cara yang mudah dipahami.

Manfaat Menggunakan Sistem Akuntansi Komputer

Saat ini, teknologi semakin berkembang dan banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan software akuntansi komputer untuk membantu pengelolaan keuangan. Salah satu keuntungan dari penggunaan sistem komputer adalah efisiensi dan akurasi dalam pengolahan data keuangan.

Berikut ini keuntungan-keuntungan lainnya jika Anda menggunakan software akuntansi:

1. Pekerjaan Lebih Mudah & Cepat

Dengan menggunakan sistem komputer, pekerjaan yang biasanya memerlukan waktu dan tenaga lebih dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Contohnya, fitur-fitur otomatisasi seperti pembuatan laporan keuangan, penghitungan pajak, dan pembuatan faktur dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga.

2. Mengurangi Biaya

Dengan menggunakan sistem akuntansi komputer, Anda dapat mengurangi biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli kertas, tinta printer, dan mengeluarkan biaya tambahan untuk menyimpan data secara fisik.

Selain itu, software akuntansi juga dapat membantu Anda mengoptimalkan biaya melalui fitur-fitur yang disediakan, seperti otomatisasi penghitungan pajak dan pelacakan biaya-biaya tertentu.

3. Pembukuan Rapi

Dalam sistem komputer, data tersimpan secara terstruktur dan rapi, sehingga memudahkan Anda untuk mencari informasi tertentu dengan cepat dan mudah. Selain itu, laporan keuangan yang dihasilkan juga lebih mudah dibaca dan dipahami.

4. Meminimalisasi Kesalahan

Dalam sistem akuntansi komputer, penghitungan dan pelaporan dilakukan secara otomatis, sehingga meminimalkan kesalahan manusia yang mungkin terjadi.

Selain itu, sistem juga dapat memberikan peringatan jika terdapat kesalahan dalam penginputan data, sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Contoh Sistem Akuntansi yang Populer di Indonesia

Salah satu contohnya adalah software akuntansi online Beecloud. Software ini memungkinkan Anda untuk mengelola transaksi keuangan dengan mudah, termasuk pencatatan pembelian, penjualan, dan pembayaran.

Salah satu keuntungan dari Beecloud adalah kemampuannya untuk diakses secara realtime, artinya informasi keuangan dapat diakses dan diupdate secara instan. Selain itu, Beecloud juga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, bahkan melalui smartphone Anda.

software akuntansi

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol keuangan perusahaan Anda dengan lebih mudah dan efisien. Dengan fitur-fitur lengkap dan kemudahan aksesnya, tidak mengherankan jika Beecloud menjadi salah satu sistem akuntansi pilihan banyak pengusaha di Indonesia.

Artikel Terkait

Cara Menghitung Depresiasi dan Penjelasannya Dalam Akuntansi
Cara Menghitung Depresiasi - Depresiasi adalah suatu cara dalam menghitung nilai aset dalam sebuah bisnis. Secara umum di dunia akuntansi
Baca Juga
4 Software Toko Terpopuler untuk Usaha Minimarket & Ritel 
Siapa sangka di era modern ini bisnis kecil seperti toko kelonton ataupun toko sembako masih sulit untuk dijalankan. Tentu saja
Baca Juga
Software Kasir Swalayan: Manfaat dan Fungsinya Bagi Bisnis Ritel
Jika Anda memiliki bisnis ritel seperti minimarket, Anda bisa dikatakan tertinggal jika tidak menggunakan software kasir swalayan. Sekarang ini telah
Baca Juga
Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar.
Baca Juga
Apa Itu Profit Margin? Ini Jenis, Rumus dan Cara Menghitungnya
Profit margin, menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan finansial suatu perusahaan. Hal ini menggambarkan persentase keuntungan bersih yang diperoleh perusahaan
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu