Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Asal Mulai Gelar Akuntan

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 27 August 2022

Pada jaman Mesir Kuno, tepatnya pada sekitar 2920 SM, akuntansi muncul sebagai sebuah seni pencatatan berbagai transaski keuangan. Tidak disadari ternyata akuntansi adalah ilmu pengetahuan tertua yang ada di dunia. Lalu bagaimanakah sejarah akuntansi di Indonesia?

Sejarah Akuntansi di Indonesia

sejarah akuntansi di indonesia

Ilustrasi Akuntan sedang Bekerja (Sumber: Freepik.com)

Kalian tahu nggak kapan akuntansi muncul pertama kali di Indonesia? Menurut sejarah, akuntansi pertama kali muncul pada abad 1641. Pada saat itu masyarakat telah mengenal pencatatan keuangan. Mereka telah mampu mengkalkulasikan laba rugi. Ternyata kemampuan ini ditularkan oleh pedagang-pedagang luar negeri yang menjajakan barang dagangannya ke Indonesia.

Belanda, Portugis dan Spanyol dianggap sebagai negara yang pertama kali mengenalkan konsep akuntansi kepada Indonesia. Negara-negara ini mendapatkan pengetahuan tersebut dari Romawi pada abad sebelumnya.

Pengertian Akuntansi

Lalu, apa pengertian dari akuntansi? Akuntasi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang dapat membantu pihak manajemen seperti manajemen, investor, otoritas pajak untuk membuat alokasi sumber daya keputusan. Akuntansi merupakan seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan

Tujuan adanya akuntansi adalah untuk membuat laporan keuangan yang valid. Agar dapat digunakan oleh pihak manajemen, dan pihak berkepentingan lain seperti pemegang saham, kreditur maupun pemilik perusahaan. 

Kapan Akuntansi Mulai Diterapkan di Indonesia?

software akuntansi terbaik untuk kebutuhan usaha

Ilustrasi Akuntansi

Sebelumnya masyarakat telah mengenal sistem pencatatan keuangan. Namun ilmu ini baru benar-benar diterapkan pada tahin 1642. Ada bukti-bukti sejarah yang menyatakan bahwa akuntansi pertama kali digunakan di Indonesia pada tahun 1747.

Semenjak dihapuskannya PP tanam paksa banyak investor asing yang menanamkan modal di Indonesia. Mulai dari situ, teori akuntansi mulai digunakan demi keteraturan finansial.

Tujuan Akuntansi

  1. Memberikan informasi detail mengenai keuangan perusahaan
  2. Menyajikan beberapa informasi lainnya terkait laporan keuangan
  3. Memaparkan informasi perihal perubahan pada sumber ekonomi perusahaan
  4. Menjelaskan informasi keuangan perusahaan

Fungsi Akuntansi

  • Membantu merencanakan pertumbuhan perusahaan

Laporan keuangan membantu merencanakan pertumbuhan perusahaan. Memberikan bahan sebagai acuan untuk menentukan tujuan di masa mendatang.

  • Akuntansi menjadi penting karena mengamankan pinjaman

Adanya laporan keuangan dapat dilihat posisi perusahaan sedang mengalami peningkatan atau penurunan. Laporan keuangan ini penting apabila perusahaan ingin mengajukan pinjaman.

  • Untuk mendapatkan investor

Laporan keuangan yang terbuka dapat mendatangkan investor, apabila perusahaan kita memang mempunyai prospek yang baik menurut investor. Biasanya investor akan melihat laporan keuangan perusahaan berserta menganalisa bagaimana kinerja perusahaan kita. Apakah memiliki peluang berkembang di masa depan apa tidak. 

Perkembangan Akuntansi di Indonesia

sejarah akuntansi di indonesia

Ilustrasi Mencatat Keuangan di Data Excel

Pada tahun 1952, akuntansi mulai diajarkan di perguruan tinggi. Padasaat itu hanya satu univesitas yang mengajarkannya yaitu Universitas Indonesia. Seiring berjalnnya waktu, tahun 1957 resmi didirikan AIA yang merupakan kepanjangan dari Ikatan Akuntansi Indonesia. Mulai dari situ, banyak universitas swasta maupun negeri yang mulai mengampu ilmu akuntansi. 

Proses Dalam Akuntansi

Telah dijelaskan bahwa akuntansi merupakan proses yang berkaitan dengan keuangan. Lalu untuk prosesnya, akuntansi terdiri dari mencatat, meringkas, menganalisa, dan melaporkan data.

  • Mencatat

Proses akuntansi diawali dengan proses pencatatn transaksi yang terjadi di dalam kegiatan bisnis. Sering disebut sebagai proses pembukuan. Proses ini melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukkan transaksi.

  • Meringkas

Dari hasil pencatatan yang dilakukan diproses sebelumnya, dihasilkan sebuah data mentah yang masih belum dapat dijadikan acuan sebagai bahan pengambil keputusan. Akuntan akan melakuakn pengolah data yan telah terkumpul menjadi informasi yang utuh.

  • Melaporkan

Semua kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan usaha adalah tanggung jawab dari manajemen.dalam hal ini, pemilik usaha biasanya meminta laporan atas segala kegiatan usaha yang terjadi.

  • Menganalisa

Terakhir dalah menganalisa data keuangan dan menarik kesimpulan bagaimana kinerja perusahaan. Apakah mengalami kemajuan atau penurunan.

Sejarah Pemberian Gelar Akuntan di Indonesia

Sejarah Pemberian Gelar Akuntan Di Indonesia

Ilustrasi Sarjana Muda Akuntansi di Indonesia (Sumber: Pexels.com)

Pemberian gelar pertama kali dimasukan ke dalam regulasi pada 23 Desember 1957. Ini diatur dalam UU Nomor 34 tahun 1954. Regulasi ini berfungsi mengatur pemberian gelar akuntan kepada sarjana akuntansi maupun par ahli sejenis.

Selanjutnya regulasi ini berhasil diturunkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Organisasi ini semakin berkembang. Ada 2 organisasi baru yang dibuka oleh IAI. Pada tahun 1978 dibuat organisasi Seksi Akuntan Publik dan pada tahun 1980 dibuka organisasi Seksi Akuntan Pendidik.

Akuntansi di Masa Sekarang

Semakin hari teknologi semakin cepat berkembang. Keadaan ini mempengaruhi sejarah akuntansi. Mulai bermunculan software akuntansi mulai berbasis desktop, laptop hingga yang terbaru dapat dilakukan melalui smartphone.

Kemajuan teknologi dan mobilitas manusia yang tidak terbatas membuat pemilik bisnis membutuhkan sistem pembukuan yang dapat diakses dimana saja. Dari masalah ini, muncul solusi menggunakan software berbasis cloud. Dengan teknologi ini, memungkinkan untuk melakukan pembukuan kapan saja dan dimana saja.

Peran Utama Akuntansi Bagi Perusahaan

Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan Sederhana

Ilustrasi Peran Akuntansi Dalam Perusahaan

  • Peran akuntansi sebagai informasi keuangan

Peran utama akuntansi di dalam perusahaan adalah sebagai sumber informasi keuangan perusahaan. Melalui proses pembukuan dan laporan keuangan berbagai data terhubung di dalamnya. 

  • Analisi bisnis

Dari data-data yang terkumpul, dilakukan pengolahan data yang digunakan sebagai alat untuk menganalisa kinerja perusahaan. Melalui data ini dapat dilakukan perbandingan antara data yang sekarang dengan datang di masa lalu. Jika terdapat penurunan prusahan dapat mengambil langkah sigap dalam melakukan perubahan. Semakin sering laporan keuangan dianalisa semakin mudah kit dalam mengenali masalah kecil yang memungkinkan menjadi masalah besar dikemudian hari.

  • Peran akuntansi dalam perencanaan bisnis

Dalam hal ini akuntansi memiliki peran sebagai analisi keuangan perusahaan, juga sebagai pihak yang dapat memperkirakan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam perencanaan diperiode yang akan datang. 

  • Penghubung dengan pihak ketiga

Data-data akuntansi yang diolah para akuntan memiliki fungsi sebagai perantara antara perusahaan dengan pihak ketiga. Peran akuntansi disini adalah sebagai pengambil keputusan mengenai kerja sama, proses jual beli,investasi dan transaksi lainnya. Dengan bantuan data akuntansi, pihak vendor maupun investor dapat lebih mudah mengambil keputusan terkait perusahaan.

  • Peran akuntansi sebagai pengambilan keputusan investasi

Berbeda dengan poin sebelumnya, dipoin terakhir ini peran akuntan adalah memberikan pertimbangan kepada perusahaan mengenai rencana investasi ke luar. Sebelum melakukan investasi keluar, diperlukan analisa akuntan mengenai kondisi keuangan perusahaan dalam jangka pendek dan panjang. Apakah rencana investasi keluar mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan. 

Dari berbagai peran akuntan diatas, dapat dilihat bahwa seluruh peran membutuhkan kemampuan mengolah dan  menganalisa data  akuntansi dengan lebih efektif dan efisien. Keberadaan akuntan sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Kesimpulan

Setelah menyimak berbagai penjelasan mengenai apa itu akuntansi dan sejarah dari awal masuk Indonesia hingga sekarang. Serta apa saja proses dan peran akuntansi dalam sebuah perusahaan. Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang akuntan perusahaan?

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap.

Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar , tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang! Klik gambar di bawah ini~

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Demikian artkel mengenai Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Asal Mulai Gelar Akuntan, semoga bermanfaat!

Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat beserta contohnya. Laporan penjualan merupakan alat serbaguna yang dapat menjadi dasar yang tepat […]
Baca Juga
Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis
Software keuangan perusahaan sangat dibutuhkan untuk memudahkan pelaksanaan usaha. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk melancarkan operasional perusahaan. Point […]
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya
Contoh cash flow sederhana dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan terutama pada bagian laporan arus kas. Pasalnya laporan arus […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu