Logo Bee Web

Perdagangan Bebas: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Perdagangan bebas atau pasar bebas merupakan sebuah perdagangan yang tidak memiliki hambatan dan memudahkan perdagangan berlangsung.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 5 April 2023

Sebenarnya apa itu perdagangan bebas secara detail? Jenis perdagangan ini bukanlah pasar bebas ke arah negatif. Melainkan ada regulasi khusus pemerintah yang memudahkan pedagang asing memasok barang ke dalam negeri.

Tentu menarik membahas jenis pasar ini, karena perkembangan teknologi yang kian pesat. Urusan komunikasi sampai perdagangan menjadi seolah tiada batasan. Lebih lengkap tentang perdagangan satu ini, berikut ulasannya.

Mengulas Pengertian Perdagangan Bebas di Pembahasan Berikut

Mengulas apa yang dimaksud dengan perdagangan bebas sebenarnya sangat mudah memahaminya. Jenis pasar ini merupakan sebuah perdagangan yang tidak memiliki hambatan-hambatan.

Maksud dari hambatan-hambatan tersebut adalah sesuatu yang mempengaruhi lalu lintas perdagangan barang/jasa. Akan tetapi, maksud bebas di sini bukan berarti negara abai terhadap kendali atas perpajakan ekspor-impor.

Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. (Credit: Unsplash)

 

Bebas yang dimaksud adalah lebih ke aturan yang memudahkan perdagangan berlangsung. Bisa dengan pengurangan atau penghapusan tarif. Regulasi tersebut ditetapkan dengan tujuan melindungi perekonomian internal negara.

Inilah Peraturan Perdagangan Bebas Berlaku di Indonesia

Bebasnya perdagangan antar negara harus dibekali dengan regulasi kuat dari pemerintah setempat. Termasuk di Indonesia dimana pemerintah juga memberikan dukungan melalui terbitnya regulasi perdagangan antar negara, yakni:

1. PP Nomor 62/2020 Menteri Perdagangan

Peraturan satu ini dikeluarkan dengan tujuan meningkatkan kelancaran arus barang. Selain itu, efektivitas pelaksanaan SKA (Surat Keterangan Asal) ekspor barang juga ada di peraturan ini.

Target terbitnya regulasi Undang-Undang ini adalah negara anggota ASEAN. Selain itu, negara di kawasan Hongkong dan Tiongkok daratan juga masuk ke dalam target peraturan ini.

2. PP Nomor 63/2020 Menteri Perdagangan

UU nomor 63 ini berperan sebagai landasan operasional hubungan bilateral Indonesia-Australia. Isi dari peraturan ini adalah tentang ketentuan asal barang Indonesia dan penerbitan dokumen keterangan asal.

Hal ini sangat berperan sebagai landasan kepastian sisi prosedur para pelaku usaha. Tujuannya untuk memperlancar adanya arus barang ke negara mitra ekspor.

Pasar Hongkong dilirik sebagai hub serta transit ekspor ke kawasan Pasifik dan Asia Timur. Sementara untuk pasar Australia, sangat potensial bagi produk-produk nonmigas.

Mengulas Aneka Ciri-ciri Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas merupakan sebuah transaksi yang memiliki cirinya tersendiri. Ada beberapa ciri yang bisa membuat Anda semakin paham terhadap jenis perdagangan ini, seperti:

1. Bebas Kepemilikan

Maksud dari bebas kepemilikan adalah bisa dimiliki dan diatur oleh semua pihak. Baik itu sumber daya dan alat produksi, bebas dimiliki baik itu individu, komunitas, atau individual.

2. Ada Pembagian Kelas

Pembagian kelas dalam perdagangan bebas adalah pembagian dalam sistem ekonomi masyarakat. Untuk pembagian tersebut dibedakan ke dalam kelas pekerja serta pemilik modal.

3. Persaingan Ketat

Persaingan pasar bebas

Persaingan di berbagai bidang sangat ketat, seluruh aspek harus berinovasi untuk bisa bersaing.

Perdagangan jenis ini hadir dengan sistem persaiangan yang ketat antar perusahaan. Persaingan tersebut bertujuan untuk mendulang keuntungan sebanyak-banyaknya.

4. Terbatasnya Campur Tangan Pemerintah

Mengingat jenis transaksinya yang bebas, pemerintah sangat terbatas dalam campur tangan. Hanya regulasi tertentu yang diterbitkan pemerintah agar perdagangan satu ini tidak terlalu berdampak buruk ke sektor lokal.

5. Produsen Lebih Bebas

Produsen lebih bebas dalam melakukan beberapa hal dalam pasar bebas. Seperti membuat produk, menentukan target pasar, sampai mematok harga.

Mengulik Keuntungan dan Kekurangan Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas bisa diibaratkan sebagai pisau dengan dua sisi berlainan. Dapat mendulang keuntungan, tetapi ada juga beberapa kekurangan/kerugiannya.1.

1. Keuntungan

Berbicara keuntungan, pasar bebas menyumbang peningkatan investasi asing dan kerja sama internasional. Lebih lengkapnya, simak beberapa keuntungannya di poin berikut.

a. Potensi Transfer Teknologi

Perdagangan bebas bisa membantu meningkatkan transfer teknologi. Hal ini terjadi ketika negara maju yang bekerja sama berdagangan. Kemajuan teknologi akan turut bisa diakses negara yang bekerja sama dengannya.

b. Investasi Asing Meningkat

Investasi sangat dibutuhkan negara untuk meningkatkan beberapa sektor ekonomi lokal. Hadirnya pasar bebas akan membuka gerbang investor asing untuk masuk. Kreativitas dan peningkatan skill usaha akan dialami dengan masuknya investasi luar.

c. Konsumen Terbantu

Konsumen paling diuntungkan dari hadirnya pasar bebas ini. mengapa demikian? Karena barang yang tersedia di pasar lebih bervariasi dari segi jenis, merk, dan fitur. Konsumen akan lebih leluasa dalam memilih barang sesuai apa yang diinginkan dan dibutuhkannya.

d. Pertumbuhan Ekonomi Internal Menggeliat

Tidak dipungkiri bahwa perdagangan bebas membantu geliatnya pertumbuhan ekonomi negara. Mudahnya melakukan ekspor akan memperluas pasar, sehingga keuntungan diraih lebih banyak.

pertumbuhan ekonomi internal

ilustrasi tabel pertumbuhan ekonomi

Hal ini juga menjadi kabar gembira bagi para produsen yang mengalami kenaikan permintaan. Kondisi ini akan membantu meningkatkan peningkatan pendapatan negara.

2. Kerugian/Kekurangan

Jika dilihat dari kacamata kerugian, ada beberapa poin yang bisa diambil dari perdagangan bebas. Berikut beberapa macam kerugian yang juga harus Anda ketahui.

a. Kerusakan Lingkungan Meningkat

Ekplorasi sumber daya alam akan meningkat pesat dengan adanya kebebasan pasar. Kegiatan ini akan meningkatkan potensi kerusakan lingkungan, jika tidak ada regulasi yang jelas terhadap lingkungan.

b. Risiko Eksploitasi SDM

Minimnya pembatasan ekspor dan impor membuat produsen berkejaran dari segi produksi. Hal ini bisa meningkatkan risiko eksploitasi sumber daya manusia untuk dijadikan pekerja.

Misalnya mempekerjakan anak di bawah umur, jam kerja yang terlalu over time, sampai upah tidak sepadan. Hal ini bisa dicegah jika pemerintah turut campur melalui peraturan yang mendukung buruh.

c. Rentan Pencurian Kekayaan Intelektual

Beberapa negara berkembang masih ada yang belum peka bahwa kekayaan intelektual negara itu penting. Alhasil hal ini bisa saja dicuri negara asing melalui perdagangan bebas. Untuk mencegah hal ini terjadi, harus ada regulasi dalam negeri terkait hak paten.

Tujuannya agar kekayaan intelektual yang berharga tidak sampai dicuri. Produk tiruan dengan harga lebih rendah akan berkurang dengan adanya regulasi jelas.

d. Menurunkan Perekonomian Internal Negara

Walau di sisi lain bisa menguntungkan ekonomi dalam negeri, efek berlawanan juga dapat terjadi. Hal ini berlaku jika regulasi terhadap investor asing tidak jelas, dan memberatkan UMKM lokal.

Jika suatu negara tidak dapat bersaing juga akan berujung pada penurunan perekonomian. Padahal, pasar bebas bisa diambil banyak benefit-nya jika pandai mengelola dan mencari keuntungan untuk negara.

Ragam Contoh Praktek Perdagangan Bebas di Indonesia

Mengulas praktik pasar bebas sebenarnya belum lengkap tanpa melihat aneka contohnya. Beberapa contoh praktek perdagangan jenis ini di Indonesia diantaranya:

1. CAFTA

CAFTA atau China-ASEAN Free Trade Area merupakan perdagangan bebas antara ASEAN dan Tiongkok. Organisasi ini bisa dikatakan sebagai pasar bebas lintas kawasan, Asia Tenggara dan China.

Tujuan dari adanya pasar bebas ini agar perdagangan di ASEAN serta China lebih mudah. Potensi barang dari Cina memang sangat beragam, murah, dan tentu dibutuhkan banyak mayarakat.

2. MEA

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asia merupakan pasar bebas yang transaksinya antar negara Asia Tenggara. Pasar bebas ini memungkinkan negara anggotanya memperoleh barang dan jasa tanpa tarif yang berat.

3. APEC

Asia Pacific Economic Cooperation ini merupakan pasar bebas yang anggotanya adalah negara-negara Asia Pasifik. Setidaknya ada 21 negara yang ikut dalam pasar bebas ini sehingga kerjasama Indonesia juga kian luas.

APEC bertujuan agar negara di kawasan ini bisa berkembang serta saling bekerja sama. Ekonomi yang baik dan berkembang merupakan tujuan utama dari Apec diselenggarakan.

Kesimpulan

Perdagangan bebas merupakan hal yang sebenarnya membawa banyak dampak positif. Akan tetapi jika memutuskan untuk membuka peluang ini, negara harus menyiapkan regulasi khusus.

Tujuannya agar pasar bebas tidak menjadi bumerang bagi perekonomian dalam negeri. Agar Anda lebih mudah dalam mengelola bisnis, tools yang digunakan harus profesional. Bisa jadi bisnis yang dikelola dengan baik akan meningkatkan peluang ekspor dan masuk ke pasar bebas.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di bawah

Beecloud Untuk Reputasi Bisnis

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Surat Jalan: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Komponen
Ketika mengirim suatu barang, terdapat dokumen bukti pengiriman yang bernama surat jalan. Surat ini sangat penting, bahkan tidak boleh hilang
Baca Juga
Apa Itu UMKM, dan Apa Perbedaannya dengan Usaha Kecil?
Apa itu UMKM? Saat Anda memulai bisnis, penting untuk mengetahui perbedaan antara UMKM dan bisnis kecil. Mudahnya Anda bisa lihat
Baca Juga
11 Rekomendasi Aplikasi Gudang dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Peran teknologi dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi bisnis semakin tinggi. Salah satu aspek yang sangat penting dalam rantai pasokan adalah
Baca Juga
8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Apa Itu Teamwork? Bisnis tidak bisa dijalankan seorang diri. Bisnis yang besar pasti memiliki kerjasama tim atau teamwork yang baik.
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Jenis-jenis Tenaga Kerja, Pengertian, Klasifikasi dan Contoh
Tenaga kerja adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi setiap organisasi dan perusahaan. Hal ini dibedakan menjadi jenis jenis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu