🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Wirausaha, Karakteristik dan Tips Suksesnya

Apa pengertian kewirausahaan? Di artikel ini akan dibahas pengertian wirausaha, karakteristik dan juga tips suksesnya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Apakan Anda sedang membutuhkan informasi tentang pengertian kewirausahaan? Istilah wirausaha mungkin sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dan tahukah Anda jika kewirausahaan itu merupakan salah satu penggerak roda perekonomian? Lantas, apa sebenarnya pengertian wirausaha, dan bagaimana karakteristiknya?

Seperti yang diketahui, dengan adanya kewirausahaan maka roda perekonomian bisa berputar dengan baik. Kewirausahaan mampu menciptakan lapangan kerja dan mendorong kemandirian masyarakat dengan berbagai inovasi di dalamnya. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, ikuti ulasan berikut.

Apa Pengertian Wirausaha?

Tingginya tingkat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan rupanya mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Wirausaha sendiri bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas atau kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Dikutip dari Kamus Tokopedia, wirausaha diartikan sebagai langkah-langkah dalam menghasilkan sebuah usaha melalui identifikasi, pengembangan, dan pelaksanaan visi atau ide yang dimiliki.

Itulah mengapa dalam berwirausaha dibutuhkan ide yang kreatif dan inovatif agar produk yang dihasilkan diminati masyarakat dan memiliki nilai jual tinggi. Karena pada dasarnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan nilai lebih terhadap produk baru yang dihasilkan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Jika di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian dari istilah wirausaha dan kewirausahaan secara umum, kali ini akan dijelaskan pengertian kewirausahaan yang diungkapkan oleh para ahli seperti berikut:

Menurut Robbins dan Coulter

Menurut Robbins dan Coulter, kewirausahaan adalah suatu proses pada diri individu maupun kelompok dengan cara yang terorganisir serta peluang untuk menciptakan pertumbuhan nilai, memenuhi kebutuhan maupun keinginan melalui inovasi dan keunikan tanpa mempedulikan sumber daya yang dipakai.

Pengertian WiraRaymond

Pengertian kewirausahaan adalah seseorang yang kreatif dan inovatif serta berkreativitas sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan diri yang meningkat di lingkungan masyarakat.

Arief F Hadipranata

Sementara menurut Arief F. Hadipranata, wirausaha diartikan sebagai seseorang yang mengambil risiko sesuai keperluannya untuk mengatur dan mengelola seluruh urusan, serta menerima beberapa manfaat keuangan maupun non keuangan.

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai arti wirausaha, lantas apa bedanya dengan kewirausahaan? Kewirausahaan sering diartikan sebagai kemampuan dalam menciptakan maupun mengelola sesuatu menjadi produk baru setelah melalui proses yang kreatif dan inovatif.

Kewirausahaan juga erat kaitannya dengan pemanfaatan sumber daya untuk menciptakan peluang bisnis, kemampuan dalam memecahkan masalah, serta menemukan peluang untuk meraih kesuksesan bisnis dan memperbaiki kehidupan.

Pengertian Wirausaha atau Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Tujuan Penting Menjadi Wirausaha

Berdasarkan ulasan sebelumnya, maka bisa ditarik benang merah terkait tujuan dari wirausaha tersebut. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa tujuan dari wirausaha yang perlu diketahui:

  1. Menciptakan sesuatu yang baru melalui gagasan yang inovatif.
  2. Mengenalkan produk, pengelolaan dan penciptaan, layanan serta pemanfaatan bahan-bahan mentah baru dalam sebuah usaha.
  3. Menciptakan ide kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah di bidang usaha.
  4. Melakukan proses pengerjaan sesuatu yang baru dengan mengembangkan ide dan cara baru, serta memanfaatkan peluang bisnis.
  5. Menemukan ide dan cara berpikir yang baru dan unik dalam bidang usaha.
Potret Karakteristik Kewirausahaan Sukses Bertabur Uang

Potret Pebisnis Sukses Bertabur Uang (Sumber: Freepik.com)

Karakteristik Wirausaha Sukses

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa saja tujuan dari wirausaha, yang salah satunya adalah menciptakan sesuatu yang baru dengan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif. Lantas, apa saja karakteristik yang diperlukan untuk menjadi wirausaha sukses? Berikut adalah penjelasannya.

1. Berani Mengambil Risiko

Jelaskan pengertian wiraswasta! Pertanyaan tersebut sebenarnya sangat erat kaitannya dengan karakteristik wirausaha sukses karena wirausaha sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan menciptakan peluang usaha atau bisnis baru.

Terkait dengan pengertian tersebut, salah satu karakteristik yang harus dimiliki wirausaha sukses adalah berani mengambil risiko. Mengapa demikian? Karena dalam berwirausaha, pelaku usaha atau wirausahawan harus siap dengan segala risiko termasuk rugi dan tidak laku.

2. Berani dan Kreatif

Salah satu modal penting yang diperlukan untuk menjadi wirausaha sukses adalah berani dan kreatif. Dalam hal ini kreativitas yang dimiliki harus tanpa batas sehingga mampu menciptakan produk baru secara terus menerus dengan berbagai inovasi yang ada di dalamnya.

3. Semangat Mewujudkan Impiannya

Karakteristik lainnya yang harus dimiliki seorang wirausaha sukses adalah memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk mewujudkan mimpinya. Karena semangat tersebut akan sangat berpengaruh pada tindakan yang diambil dalam rangka mengembangkan usaha.

4. Berkemauan Keras

Membangun sebuah usaha tidak akan sukses tanpa adanya kemauan yang keras untuk mencapai kesuksesan. Termasuk dalam hal ini adalah sifat pantang menyerah ketika dihadapkan dengan hambatan dan kendala di bidang usaha.

5. Bersikap Jujur dan Mandiri

Karakteristik berikutnya yang tidak kalah penting untuk meraih kesuksesan usaha adalah memiliki sikap jujur dan mandiri. Kejujuran sendiri akan sangat berpengaruh pada kepercayaan rekan bisnis maupun konsumen sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Selain jujur, untuk menjadi wirausaha sukses juga diperlukan sikap mandiri dan realistis. Sehingga ketika dihadapkan pada suatu masalah bisa berpikir cepat dalam mengambil keputusan tanpa perlu intervensi dari pihak lain.

Baca Juga: 10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?

Tips Menjadi Wiraswasta Sukses

Beberapa Tips Menjadi Wirausaha Sukses (Sumber: Freepik.com)

Tips Menjadi Wirausaha Sukses

Pada pembahasan sebelumnya yaitu pengertian wiraswasta, telah dijelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan usaha untuk menciptakan hal baru yang lebih bernilai. Oleh karena itu menjadi wirausaha sukses bukanlah perkara mudah karena membutuhkan proses yang tentunya tidak instan.
Selain mengandalkan karakteristik yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk menjadi wirausaha sukses, seperti berikut ini:

1. Memiliki Skill sebagai Pengusaha

Perlu diketahui bahwa untuk menjadi wirausaha sukses diperlukan skill sebagai pengusaha. Skill tersebut bisa berupa kemampuan untuk membaca peluang, mengenali kebutuhan pasar, memahami target pasar hingga memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Mental sebagai pengusaha sendiri harus sudah dibentuk sejak dini sehingga lebih siap untuk menghadapi tantangan pasar yang semakin rumit dan penuh persaingan. Skill sebagai pengusaha ini nantinya akan sangat dibutuhkan dalam proses menjalankan usaha.

2. Memiliki Akses Permodalan

Tips berikutnya berkaitan dengan permodalan. Karena bagaimanapun juga sebuah usaha tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya modal. Untuk modalnya sendiri bisa berasal dari investor, uang tabungan pribadi atau bahkan pinjaman bank.

Dengan akses permodalan yang bagus maka proses produksi bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha pastikan bahwa akses permodalan sudah siap dan memadai untuk mendukung pengembangan usaha.

3. Mampu Menghasilkan Solusi

Selain permodalan, wirausaha sukses juga bisa ditentukan oleh kemampuannya dalam menghasilkan solusi ketika dihadapkan pada masalah. Solusinya pun harus benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga akan sangat efektif.

Dengan adanya solusi yang tepat dan efektif maka jalannya usaha akan semakin lancar. Dan hal ini akan membuat penjualan semakin meningkat.

4. Cepat Mengambil Kesempatan

Di tengah ketatnya persaingan usaha, seorang wirausahawan harus mampu mengambil kesempatan dan peluang dengan cepat. Oleh karena itu diperlukan cara berpikir yang efektif dan cerdas agar usaha yang dikembangkan bisa memenangkan persaingan.

Dalam hal ini kesempatan tersebut bisa berupa ide dan gagasan baru yang akan dikembangkan, kesempatan untuk mengeksekusi ide agar tidak kalah cepat dengan kompetitor serta kecepatan dalam membidik target pasar melalui strategi marketing yang paling tepat.

Dan untuk bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat, Pebisnis memerlukan software pembukuan untuk membantu analisa dan memantau performa bisnisya. Seorang Pebisnis tidak bekerja seperti karyawan yang tiap hari mencatat penjualan, menghitung stok atau bahkan membuat laporan. Tugas seorang entrepeneur adalah membuat keputusan bisnis yang cepat dengan cara mengavaluasi keuangan bisnisnya. Gunakan software akuntansi Beecloud untuk membantu pekerjaan dan impian bisnis Anda

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Dengan mengetahui dan memahami tentang jelaskan pengertian wirausaha serta karakteristik dan tips suksesnya, hal itu akan memudahkan Anda dalam memulai usaha. Pastikan semua karakteristik tersebut sudah ada pada diri Anda dan perhatikan beberapa tips sukses yang telah dijelaskan untuk memantapkan langkah Anda.

Artikel Terkait

Cara Mudah Hitungan Lembur Per Jam Sesuai Aturan Undang-Undang
Membahas mengenai kerja lembur tentu tidak lepas dengan cara perhitungan lembur per jam yang mana hal ini tentu sudah diatur
Baca Juga
10 Jenis Usaha atau Bidang Usaha dan Contohnya
Ada banyak jenis bidang usaha yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki kelebihan dan tantangan yang unik. Salah satu cara untuk memilih
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat
Baca Juga
KPI Singkatan dari Apa? Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya
Apa itu sebenarnya KPI? KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator. KPI ini sangat berguna untuk menunjukkan langkah mana yang
Baca Juga
Memahami Pengertian LKBB, Jenis, dan Fungsinya
Institusi selain bank yang beroperasi dengan menjalan kegiatan financial disebut juga dengan LKBB. Peranan Lembaga Keuangan Bukan Bank cukup penting
Baca Juga
LIFO Adalah Metode Stok Barang, Apa Bedanya dengan FIFO dan Average?
Singkatan dari LIFO adalah Last in First Out, yakni salah satu metode stok barang dengan sistem 100% kebalikan dari FIFO,
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu