🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pialang adalah: Jenis, Tips Memilih dan Contoh Perusahaannya

Artikel ini akan membahas pentingnya memilih pialang atau broker atau perantara yang tepat untuk bisnis Anda termasuk kriterianya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 30 April 2023

Istilah pialang adalah hal yang umum di antara para pebisnis, yang jika diartikan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia pialang adalah perantara atau makelar.

Namun, perantara di sini dikaitkan dengan aktivitas inventaris yang jika di jelaskan lebih panjang perantara yang dimaksud adalah perantara seorang dan perusahaan dalam melakukan investasi, simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa itu Pialang?

Pengertian pialang secara garis besar adalah pihak yang menghubungkan investor dengan pasar modal. Pialang memiliki kewajiban untuk membantu investor melakukan investasi sebaik mungkin.

Selain itu juga bisa diartikan sebagai perorangan atau perusahaan yang menjadi perantara jual beli saham di pasar modal atau transaksi berjangka antara emiten dan investor. Dalam bahasa Inggris broker juga bisa disebut broker atau broker.

Setiap aktivitas dan kinerja perusahaan pialang biasanya bekerja pada perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan saham dan bekerja sesuai dengan kode etik bursa. Yang nantinya akan diawasi oleh Pihak pemerintah secara langsung seperti  Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) yang bertugas serta bertanggung jawab langsung kepada Menteri Perdagangan.

Oleh sebab itu juga setiap individu yang terlibat dalam perusahaan berjangka Iki harus profesional dan berstandar, setidaknya lulus ujian Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) serta memiliki sertifikasi Certified FInancial Analyst (CFA).

Jenis-Jenis Pialang

Jenis Jenis Broker Atau Perantara

Jenis-jenis Perantara (Credit: Freepik.com)

Pialang sendiri dikelompokkan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Individual Broker (Pialang Ritel)

Jenis pialang pertama adalah individual broker atau istilah lainnya disebut dengan pialang ritel. Dimana pialang ini dilakukan dan dimiliki oleh individu atau swasta. Jenis pialang ini adalah pialang yang membantu individu atau investor swasta untuk berdagang di pasar modal. Oleh karena itu, broker swasta tidak melayani investor institusi seperti reksa dana.

Penjelasan sederhana, broker ritel membantu investor ritel membuat keputusan bisnis dan melakukan analitik. Penghasilan yang diperoleh pengecer bergantung pada keberhasilan analisisnya. Artinya, komisi yang diperoleh oleh si broker sebanding lurus dengan transaksi yang dilakukan.

2. Institutional Broker (Pialang Institusi)

Berikut ya adalah pialang institusi, perusahaan yang melakukan pelayanan kepada sebuah kelompok atau institusi tertentu. Dimana broker bertugas untuk memastikan dan menghubungi konsumen untuk melakukan. Transaksi jual beli yang ada di pasar modal.

3. Full Service Broker

Selanjutnya adalah film service Broker, jenis pialang ini adalah yang memiliki layanan terlengkap. Dari nasihat investasi, strategi perusahaan investasi yang benar, hingga hasil analisis yang diberikan oleh perusahaan pialang, hingga pemeliharaan investor.

Jenis pialang ini cocok untuk investor yang tidak terbiasa dengan analitik. Untuk investor pemula atau investor tanpa keahlian dalam analisis pasar modal, memilih layanan lengkap seperti itu sangat cocok. Komisi broker ini cukup besar dibandingkan jenis lainnya.

4. Deep Discount Broker

Kebalikan dari full service broker yang memberikan layanan penuh, deep discount broker ini tidak menawarkan layanan penuh.

Dimana pihak pialang hanya bertanggung jawab untuk mengarahkan pembelian dan penjualan saham dan memelihara akun investor atau konsumen. Komisi yang dikenakan untuk menggunakan layanan broker ini relatif lebih terjangkau daripada broker layanan penuh.

5. Discount Broker

Jenis broker kali ini hanya menempatkan order beli atau jual berdasarkan instruksi klien dan juga bisa memberikan saran berupa laporan analitis atau informasi penting lainnya.

Jenis investor yang biasanya menggunakan jasa broker adalah mereka yang sudah memiliki pengetahuan tentang pasar modal dan kemampuan membaca data yang mereka berikan.

Komisi untuk layanan broker ini tidak semahal layanan penuh, tetapi lebih mahal daripada broker diskon besar. Komisi ini disesuaikan dengan layanan yang diberikannya.

6. Pialang Online

Jenis pialang berikutnya adalah jenis yang paling sering digunakan dan cukup digemari akhir-akhir ini, Dimana sistem kerja pialang yang diterapkan sama seperti jenis konvensional lainnya yang membedakan hanya bagaimana pada sistemnya saja.

Seperti namanya, pialang online lakukan dengan menggunakan via internet saja dan tidak perlu bertatap muka secara langsung, sehingga tingkat efisiensi kerja lebih baik dibandingkan dengan konvensional.

Fungsi dan Tips Memilih Pialang yang Tepat Bagi Bisnis

Tips Memilih Broker Atau Makelar

Tips Memilih Broker atau Makelar (Credit: Freepik.com)

Apa saja fungsi pialang bagi perusahaan dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pialang Sebagai Perantara Investor Perusahaan

Pihak pialang bisa dijadikan sebagai perantara investor bagi perusahaan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dimana broker akan mencarikan investor guna memberikan dana kepada perusahaan untuk digunakan sebagai modal atau dana pengembangan lainnya.

Dengan demikian, perusahaan juga perlu mencari seorang pialang yang dapat dipercaya. Untuk itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa komponen yang akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Investor Adalah Pemegang Saham, Begini Penjelasannya

2. Pastikan Legalitas Pialang

Untuk mencari seorang broker yang berkualitas dan dapat dipercaya, legalitas menjadi komponen pokok yang harus diperiksa pertama kali. Anda bisa meminta dokumen legalitas sebagai bukti nyata dari kebasahan mereka. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan dan kestabilan saham perusahaan di pasar modal.

3. Perhatikan Kemampuan dalam Mendanai Bisnis

Karena broker adalah perantara yang berperan penting bagi investor, reputasinya juga wajib diperhatikan. Perusahaan pialang yang baik memiliki reputasi yang kokoh dan nama merek terpercaya yang dikenal masyarakat luas. Karena perusahaan yang sah tidak selalu memiliki reputasi yang baik dengan masyarakat luas. Reputasi yang baik menunjukkan hasil analisis

4. Cek Latar Belakang dan Riwayat Kerja Pialang

Selanjutnya adalah mengecek latar belakang dan riwayat kerja perusahaan pialang, riwayat broker adalah indikator yang menunjukkan kemampuannya untuk membantu menutup transaksi demi keuntungan maksimal.

Selain itu, Anda bisa mengecek apakah hubungan dengan investor lama akan lebih berpengalaman, terlebih jika Anda fokus pada surat referensi yang berpotensi tinggi dalam menilai kinerja perusahaan.

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan jasa pialang adalah mengetahui seberapa besar kebutuhan bisnis yang sedang Anda jalankan. Sehingga, dana yang diberikan bisa dianggarkan secara optimal.

Untuk mengatasi seberapa besar dana untuk kebutuhan bisnis, Anda perlu memiliki catatan keuangan yang terperinci, dari aset sampai transaksi bisa dipantau dan diawasi perkembangannya.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Contoh Perusahaan Pialang Legal di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat 96 perusahaan pialang yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Berikut ini deretan  Contoh perusahaan pialang legal di Indonesia:

  • Mandiri Sekuritas
  • Samuel Sekuritas Indonesia
  • Indo Premier Sekuritas
  • MNC Sekuritas
  • Mirae Asset Sekuritas
  • Morgan Stanley Sekuritas Indonesia
  • Intech Maju Berjangka
  • PT Deucalion Futures
  • PT Magnet Berjangka Indonesia
  • PT Abi Komoditi Berjangka
  • PT Agrodana Futures
  • PT Asia Pro Berjangka
  • PT Asia Trade Point Futures
  • PT Bestprofit Futures
  • Dst

Kesimpulannya, broker atau pialang adalah perusahaan yang bergerak dalam dunia investasi, di mana mereka berperan sebagai perantara antara investor dan perusahaan dalam aktivitas transaksi jual beli saham di pasar modal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

VUCA Adalah: Jenis, Langkah dan Dampaknya bagi Bisnis
VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity, mencerminkan sebuah kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami ‘kesulitan’. Terutama pasca pandemi
Baca Juga
Crowdfunding Adalah: Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
Anda tentu pernah mendengar tentang crowdfunding, bukan? Mungkin istilah ini terdengar baru bagi beberapa orang, namun konsepnya telah muncul sejak
Baca Juga
10 Komoditas Ekspor Indonesia yang Jadi Unggulan
Dalam konteks globalisasi ekonomi, komoditas ekspor Indonesia cukup berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memastikan kesejahteraan negara. Jenis produk
Baca Juga
11 Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Indonesia
Ekonomi kreatif bukanlah istilah asing lagi dalam dunia perkembangan ekonomi global. Di tengah arus perubahan dan inovasi, konsep dan manfaat
Baca Juga
Value Chain Penting untuk Bisnis? Ini Penjelasannya
Dalam dunia bisnis, memenangkan pasar dan mengalahkan kompetitor adalah cara agar bisnis dapat terus berkembang. Value chain yang berarti rantai
Baca Juga
Deadline Adalah Batas Waktu, Begini Tipsnya dalam Dunia Kerja
Deadline berasal dari bahasa Inggris yang artinya batas waktu, dalam dunia profesional kerja deadline adalah batas waktu untuk menyelesaikan suatu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu