Logo Bee Web

Pengertian Manajemen Persediaan dan Penjelasannya

Manajemen Persediaan sebenarnya bukanlah hal mudah untuk dilakukan, terlebih lagi ketika memiliki pesanan yang banyak.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 11 July 2023

Manajemen Persediaan ini sebenarnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Oleh karena itu, nantinya manajemen inventori ini nantinya akan dapat langsung memainkan peranan yang penting dalam membantu bisnis Anda.

Untuk bisa mengetahui manajemen ini akan dijelaskan lebih. Informasi kali ini akan membahas tentang beberapa hal yang berhubungan dengan manajemen.

Apa itu Pengertian Manajemen Persediaan?

Manajemen ini sebenarnya dapat dikatakan sebagai salah satu proses pengelolaan, khususnya dalam hal mengatur persediaan yang telah dimiliki oleh perusahaan. Secara umum, proses inilah yang nantinya akan berhubungan dengan penyimpanan, pemesanan, serta persediaan.

Tidak hanya itu saja, ternyata pada proses manajemen juga telah mencakup tentang bagaimana perusahaan mengelola bahan yang mentah menjadi produk jadi, serta pengelolaan pergudangan.

Manajemen Persediaan ini sebenarnya juga sangatlah penting untuk kesehatan perusahaan. Hal ini karena bisa langsung membantu dan memastikan persediaan stok barang yang sesuai permintaan. Jadi nantinya persediaan perusahaan tersebut tidak ada yang terlalu banyak atau sedikit stok.

Sementara itu, di sisi lain, manajemen inventaris ini juga nantinya akan membantu perusahaan guna membatasi risiko kehabisan stok. Selain itu, juga membantu catatan persediaan produk yang tidak terlalu akurat.

Faktor Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Persediaan?

Saat Anda sedang mengelola manajemen persediaan, maka ada berbagai macam faktor yang sangat perlu dipertimbangkan. Adapun beberapa faktor tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Pemasok

Supplier ini juga tentunya akan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap persediaan manajemen. Secara umum, sebuah bisnis yang sukses pasti sangat perlu sekali pemasok yang handal.

Hal ini sebenarnya untuk bisa merencanakan pengeluaran pada sebuah produksi. Oleh karena itu, Anda harus bisa pastikan sudahmemiliki pemasok produk yang handal. Hal ini tentunya agar bisa langsung mencegah keterlambatan terhadap proses produksi.

2. Keuangan

Faktor keuangan di sini pada dasarnya mencakup banyak hal, khususnya dalam biaya pajak, biaya operasional gudang, biaya pinjaman, serta perubahan dari biaya transportasi.

Untuk semua faktor ini, nantinya juga akan dapat mempengaruhi banyaknya persediaan barang saat di gudang perusahaan. Oleh karena itu, nantinya Anda harus bisa langsung mempertimbangkan seluruh faktor tersebut pada saat melakukan manajemen inventaris.

3. Jenis Produk

Perlu diketahui bahwasanya, untuk saat ini tidak semua produk dapat langsung disimpan dalam waktu yang lama. Beberapa di antaranya bisa saja kemungkinan akan mudah rusak atau bahkan juga tidak bisa digunakan sama sekali.

Oleh karena itu, Anda saat ini harus bisa mengelolanya dengan baik. Hal imi untuk memastikan bahwa semua produk persediaan sudah memiliki tanggal kedaluwarsa yang sebenarnya memang cukup lama.

4. Lead Time

Lead time ini lebih dikenal sebagai waktu yang nantinya sangat dibutuhkan pada saat menunggu barang. Barang inilah yang nantinya dipesan hingga barang tersebut tiba langsung di gudang.

Jadi apabila Anda saat ini tidak terlalu memperhitungkan lead time, maka akan ada kemungkinan terjadinya kekurangan stok persediaan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyesuaikan lead time dengan kebutuhan dari persediaan barang yang ada.

5. Faktor Eksternal

Beberapa faktor eksternal juga kemungkinan juga akan langsung berpotensi untuk bisa mempengaruhi persediaan barang Anda, Contohnya saja seperti adanya penurunan tingkat ekonomi atau tingkat persaingan lokal yang lebih tinggi.

Faktor-faktor ini sebagian besar juga sebenarnya di luar kendali Anda, jadi sudah seharusnya untuk bisa menilai faktor eksternal secara teratur. Hal ini tentunya agar perusahaan Anda juga akan tetap siap dalam menghadapi kemungkinan yang nantinya akan terjadi.

6. Manajemen

Faktor yang lainnya dan tidak kalah penting yaitu manajemen inventori itu sendiri. Untuk bisa langsung mengelola persediaan, maka diperlukan sekali kerja sama yang baik dari semua pihak. Hal ini tentunya agar bisa mengawasi seluruh proses penyimpanan barang.

Apabila sebuah manajemen tidak bisa berjalan dengan baik, maka nantinya proses operasional suatu perusahaan juga ikut terganggu. Jadi pada akhirnya malah bisa merugikan perusahaan.

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel

2 Pasangan Pebisnis Merekap Data Barang

Pebisnis Melakukan Stock Opname (Credit: Freepik.com)

Apa Saja Metode Manajemen Persediaan?

Ada berbagai macam metode manajemen inventori yang perlu diketahui. Berikut ini penjelasan terkait metode manajemen inventori, antara lain:

1. Economic Order Quantity (EOQ)

Metode ini biasanya dapat dilakukan hanya dengan cara menghitung jumlah unit yang harus ditambahkan ke dalam persediaan. Hal ini tentunya akan sesuai dengan pesanan yang nantinya diterima.

Dengan demikian, nantinya sebuah perusahaan tidak akan memiliki persediaan yang terlalu berlebihan. Jadi nantinya perusahaan tersebut dapat meminimumkan biaya pemeliharaan pengaturan serta penyimpanan barang.

2. Material Requirement Planning (MRP)

Metode manajemen persediaan yang satu ini tentunya hanya akan bergantung terhadap prakiraan penjualan saja. Hal ini berarti, produsen harus bisa memiliki catatan penjualan yang jauh lebih akurat untuk memungkinkan perencanaan kebutuhan dari persediaan terpercaya.

Jadi, para supplier atau pemasok juga nantinya akandapat memenuhi kebutuhan persediaan barang dengan tepat waktu. Hal ini tentunya agar bisa memenuhi berbagai macam pesanan pelanggan perusahaan Anda.

3. Just-in-Time Management (JIT)

Just-in-Time Management (JIT) saat ini memang lebih dikenal sebagai salah satu metode manajemen persediaan yang sebenarnya berasal dari Jepang. Jika dilihat dari penerapannya, sebuah perusahaan akan lebih memilih untuk tidak memiliki persediaan.

Jadi bisa diasumsikan, apabila persediaan tidak memiliki persediaan, maka nantinya perusahaan tersebut juga tidak memiliki beban. Oleh karena itu, nantinya metode seperti ini juga dapat memungkinkan perusahaan untuk mengurangi pemborosan.

4. Periodic Review

Metode ini sebenarnya juga lebih dikenal sebagai sistem review yang berkala. Di mana nantinya produk persediaan juga akan bisa langsung dipesan pada waktu sama di setiap periode-nya.

Namun, untuk jumlah barang yang dipesan juga akan langsung ditentukan berdasarkan tingkat kuantitas. Hal ini tentunya dapat dilihat dari barang yang tersedia pada setiap akhir periode tersebut.

Baca Juga: 3 Rumus Mencari HPP di Perusahaan Manufaktur

Apa Saja Fungsi Manajemen Persediaan?

Jika dilihat dari bisnis kecil seperti UMKM sampai perusahaan yang berskala besar sekalipun. Pasti semuanya juga akan membutuhkan manajemen inventaris yang lebih tepat. Hal ini juga tentunya bertujuan untuk bisa membantu bisnis memiliki operasional yang jauh lebih baik.

Namun, tujuan dan fungsi manajemen persediaan ini sebenarnya tidak hanya itu saja melainkan masih ada banyak. Kini masih ada berbagai macam fungsi lainnya yang bisa langsung dimanfaatkan sebagai keuntungan dari perusahaan, berikut penjelasannya:

  • Mampu mengoptimalkann pemenuhan persediaan
  • Dapat mengurangi biaya operasional
  • Mampu memberikan layanan pelanggan yang jauh lebih baik
  • Dapat mencegah kerugian dari pembusukan, pengembalian, serta pencurian

Kesimpulan

Jadi dengan metode manajemen sebenarnya adalah tentang bagaimana Anda bisa mengidentifikasi fitur yang dibutuhkan oleh bisnis. Dalam hal ini, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan metode yang terbaik.

Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis dan apa saja tujuan dari dilakukannya manajemen inventaris bagi perusahaan tersebut. Namun, hal yang saat ini paling penting adalah bagaimana Anda akan melakukan metode manajemen inventaris itu sendiri.

Apabila Anda melakukannya manual, maka kemungkinan besar nantinya pekerjaan akan lebih lambat Oleh karena itu, Anda perlu alat yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih bahkan dapat mengelola manajemen persediaan.

Beecloud adalah sebuah aplikasi manajemen persediaan yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola stok barang dengan lebih efisien dan akurat. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih yang memudahkan pengguna dalam mengatur persediaan mereka.

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Dengan menggunakan aplikasi stok barang Beecloud, Anda dapat memperoleh keuntungan dalam mengelola persediaan Anda dengan lebih efisien. Aplikasi ini membantu Anda menghindari kelebihan atau kekurangan stok, meminimalkan biaya operasional, dan meningkatkan pelayanan pelanggan. Selain itu, dengan fitur-fitur canggihnya, Beecloud juga membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan analisis data yang akurat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengenal Bisnis FMCG, Produk dan Perusahaannya
FMCG atau Fast Moving Consumer Goods adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang dijual dengan cepat dan sering dikonsumsi
Baca Juga
Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!
Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan
Baca Juga
Manajemen Bengkel untuk Meningkatkan Keuntungan Bengkel Motor
Usaha tentu membutuhkan yang namanya manajemen, baik manajemen keuangan maupun manajemen operasional. Hal ini bertujuan agar usaha bengkel Anda tersistem
Baca Juga
Investor Adalah Pemegang Saham, Begini Penjelasannya
Istilah investor pastinya sudah tidak asing lagi di era ekonomi modern saat ini. Dimana investor adalah seorang pemegang saham dari
Baca Juga
Kerja Remote Adalah, Keuntungan dan Kekurangannya
Di era teknologi digital saat ini, kerja remote adalah sebuah fenomena yang semakin populer di kalangan pekerja dan perusahaan. Kerja
Baca Juga
Apa Itu UMKM, dan Apa Perbedaannya dengan Usaha Kecil?
Apa itu UMKM? Saat Anda memulai bisnis, penting untuk mengetahui perbedaan antara UMKM dan bisnis kecil. Mudahnya Anda bisa lihat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu