Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 19 September 2022

Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Analisis ini, dinilai sangat jitu untuk melakukan sejumlah riset terutama di bidang pemasaran. Lalu, apa itu SWOT dan bagaimana cara menggunakannya?

Jika bicara soal definisi, SWOT adalah salah satu strategi yang bisa digunakan pebisnis atau sebuah perusahaan. Sehingga nantinya bisa mendorong identifikasi berbagai hal yang berhubungan dengan sebuah proyek, sukses atau tidaknya usaha, hingga sebuah manajemen yang baik atauu buruk.

Apa itu SWOT?

Apa Itu Swot

Ilustrasi SWOT (Sumber: Freepik.com)

Secara umum, analisis SWOT adalah sebuah analisis yang mengidentifikasi sebuah masalah menggunakan empat tolak ukur utama. Tolak ukur tersebut yaitu kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (threat).

Empat hal tersebut, nantinya akan dilakukan analisis secara internal pada sebuah bisnis. Tentunya dengan sebuah pola yang disesuaikan dengan kondisi bisnis. 

Tujuan dari SWOT

Sebelum menggunakan analisis ini, tentu perlu diketahui untuk apa digunakan. Apakah ada dampak positifnya bagi perkembangan sebuah bisnis. Ternyata, memang ada sejumlah tujuan utamanya yaitu:

  • Mengetahui Kondisi Bisnis Saat Ini

Dengan memakai analisis ini, sebuah perusahaan bisa mengetahui kondisi terkini yang dialami perusahaan. Apakah sedang dalam kondisi baik-baik saja, butuh dukungan modal, atau justru harus dilakukan perubahan strategi supaya tidak kolaps.

  • Menggambarkan Kondisi Nanti yang Mungkin Terjadi

Tujuan berikutnya adalah bisa memberikan gambaran, tentang apa saja yang mungkin akan dihadapi sebuah bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang. Sehingga bisa dicarikan solusi cepat supaya dampak negatifnya bisa dihindari.

  • Mengetahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bisnis

Dapat juga dipakai, untuk mengetahui apa saja kekurangan dari sebuah bisnis dan kelebihannya. Sebagai acuan, jika ingin melakukan pengembangan usaha di masa depan.

Dimana, dengan hasil analisis bisa dilakukan optimalisasi pada poin-poin kelebihan supaya usaha tersebut terus berkembang. Termasuk mengeliminasi kekurangannya, dengan melakukan perbaikan secara kontinu.

Strategi Penggunaan Analisis SWOT

Strategi Swot

Ilustrasi Melakukan Strategi SWOT (Sumber: Freepik.com)

Untuk menggunakan analisis ini, butuh sejumlah strategi supaya hasilnya benar-benar sesuai dengan target yang dibuat. Setidaknya ada empat strategi, dengan melakukan kolaborasi antara faktor-faktor pendukung analisis tersebut.

  • Kolaborasi Strength dan Threats (S-T)

Strategi ini dilakukan untuk menghimpun kekuatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, untuk meminimalisir ancaman yang datang dari luar. Biasanya dipakai ketika sebuah bisnis memiliki banyak kompetitor, sehingga kemungkinan pengalihan konsumen sangat mungkin terjadi.

Nah, sebelum hal itu terjadi dilakukanlah analisis dan hasilnya dijadikan panduan membuat strategi memantapkan kekuatan internal bisnis.

  • Kolaborasi Strength dan Opportunities (S-O)

Setiap perusahaan pastinya memiliki kekuatan sendiri untuk tetap eksis, mengidentifikasi kekuatan bisa dilakukan dengan menerapkan apa itu SWOT. Kemudian, dilihat juga faktor peluang yang bisa dimaksimalkan.

Strategi ini, akan sangat membantu bagi bisnis baru yang ingin berkembang dengan cepat. Dimana ketika perusahaan mengetahui apa kekuatannya, maka dengan mudah bisa menangkap peluang apa yang sesuai untuk kemajuan bisnis.

  • Kolaborasi Weakness dan Threats (W-T)

Ketika sebuah bisnis diketahui kelemahannya, akan dibuatkan strategi bagaimana kelemahan tersebut tetap bisa memberikan kontribusi untuk tetap bertahan. Terutama dari daftar ancaman eksternal yang mungkin terjadi.

Dengan begitu, kemungkinan untuk survive akan lebih tinggi. Apalagi kalau dibarengi dengan memaksimalkan pula kekuatan bisnis.

  • Kolaborasi Weakness dan Opportunities (W-O)

Strategi ini dipakai untuk memperbaiki kelemahan usaha yang ada, kemudian dari kelemahan tersebut carilah peluang yang tetap bisa dimanfaatkan. Sehingga, meskipun tidak berpatokan pada keunggulan tetap bisa memiliki pasar bisnisnya sendiri.

Baca Juga: Mengenal, Manfaat, dan Faktor Analisis SWOT Bagi Perusahaan

Contoh Penggunaan Analisis SWOT

Analisa Swot Di Bisnis

Anlisa SWOT di Bisnis (Sumber: ilmu.lpkn.id)

Sebagai ilustrasi, contoh SWOT pada sebuah bisnis kuliner yang sudah berjalan beberapa tahun. Kemudian, pemilik ingin mengembangkan usaha dengan membuka cabang dan membuat menu baru. Maka dilakukanlah analisis SWOT yaitu:

  • Kekuatan

  1. Pelayanan kepada konsumen relatif cepat
  2. Bahan baku mudah didapat
  3. Kualitas dari produk masih terjaga sampai saat ini
  • Kelemahan

  1. Harga masih cukup tinggi dibandingkan kompetitor di daerah terdekat
  2. Kemasan masih konvensional dan dinilai kurang menarik
  3. Lokasi kurang strategis sehingga menyulitkan orang menemukan lokasi
  • Kesempatan

  1. Ada lokasi strategis untuk membuka cabang
  2. Beberapa produk yang belum ada namun sering ditanyakan konsumen
  3. Ada kemungkinan tambahan modal dari eksternal
  • Ancaman

  1. Kompetitor memaksimalkan teknologi dengan bisnis online
  2. Untuk jangka pendek belum bisa mendapatkan pinjaman bank karena masih ada tanggung jawab pinjaman sebelumnya

Dari hasil analisis tersebut, perusahaan bisa melihat potensi mana yang bisa diperkuat untuk melakukan pengembangan bisnis.

Sebelum Anda membuat analisis SWOT, pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi kasir restoran, Beepos Resto. Persaingan bisnis kuliner sangat ketat, banyak pemain baru muncul tapi sedikit yang bertahan. Salah satu value utama bisnis kuliner selain (rasa) produk adalah kecepatan & kebersihan.

Beepos Resto melayani lebih cepat, mulai dari seating tamu, order taking, memasak, delivery hingga billing.  Pakai Beepos Resto, bahkan di saat paling ramai sekalipun, sehingga anda bisa fokus pada hal yang lebih penting seperti inovasi produk dan scale-up.

Aplikasi Rumah Makan Beepos Resto

Aplikasi Rumah Makan Beepos Resto

Apakah Leader Beda dengan Bos? Yuk, Simak Perbedaannya!
Leader adalah pemimpin yang mampu menginspirasi, mempengaruhi dan mengarahkan motivasi timnya untuk bekerja sama mencapai tujuan dan sasaran yang sudah […]
Baca Juga
Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun […]
Baca Juga
Apa itu BMC? Simak 9 Elemen Business Model Canvas!
Di dunia bisnis dan marketing istilah BMC tentu sudah tidak asing lagi. BMC adalah model bisnis yang memiliki 9 elemen […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu