🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh PO (Purchase Order) dan Fungsinya dalam Proses Transaksi

PO menjadi dokumen penting yang dibutuhkan ketika melakukan transaksi bisnis. Berikut ini contoh PO word dan excel!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 24 August 2022

Saat melakukan transaksi bisnis tentu dibutuhkan berbagai dokumen penting, salah satunya adalah PO atau purchase order. Contoh PO ini sendiri sangat beragam tergantung dari keperluan penggunaan, tapi biasanya memiliki format yang hampir sama.

PO atau yang biasa disebut dengan faktur pembelian ini sangat dibutuhkan agar proses pembelian ataupun pengadaan barang bisa terkelola dengan baik. Nah jika masih belum paham mengenai PO, maka bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Purchase Order (PO)?

cara dan contoh purchase order barang image

Ilustrasi Mengecek Purchase Order (PO) (Sumber: Freepik.com)

Sebelum bahas contoh PO, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu PO. PO atau purchase order merupakan sebuah surat dari pihak pembeli yang berisi mengenai kebutuhan stok barang yang ditujukan untuk penjual. 

Dapat bahwa PO merupakan kontrak kesepakatan antara pihak penjual dengan pembeli mengenai produk yang akan dibeli.Dalam surat ini berisi mengenai detail pesanan yang meliputi kuantitas produk, jenis produk, harga, tanggal dan nomor. J

Jika pesanan semakin spesifik maka rincian yang dicantumkan juga akan semakin banyak. Hal ini bisa membuat aktivitas pemesanan menjadi lebih efektif.

Fungsi Purchase Order (PO)

Orderan produk untuk penjual yang dibuat dengan surat PO mungkin cukup sulit bagi kebanyakan orang, terutama bagi yang belum pernah membuat PO sama sekali. Namun keberadaan PO sangat penting karena memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Agar terhindar dari berbagai macam kesalahan, seperti ketidaksesuaian masalah spesifikasi atau jumlah pesanan produk
  • Bukti pemesanan produk yang dibuat oleh pembeli, komitmen dari penjual yang merupakan penerima orderan
  • Agar terhindar dari kesalahan saat membeli produk sehingga ketika penagihan terjadi maka tidak akan mengalami perbedaan harga dari penjual
  • Sebagai pengingat agar penjual menyiapkan produk sesuai dengan pemesanan serta waktu yang ditentukan
  • Melacak orderan yang masuk sehingga bisa membantu untuk memudahkan proses pengiriman
  • Dokumen hukum yang bisa membantu agar terhindar dari segala macam perselisihan terkait transaksi yang kemungkinan terjadi
  • Bukti untuk kreditur (bank), lembaga perpajakan dan auditor bahwa transaksi bisnis sudah dilakukan oleh perusahaan
  • Membantu administrasi keuangan perusahaan untuk menyediakan anggaran yang sesuai, sehingga nantinya sudah siap untuk membayarkan faktur ketika jatuh tempo

Baca Juga: Fungsi, Cara dan Contoh Purchase Order Barang

Konsep Penyusunan Purchase Order (PO)

Contoh Purchase order beaacounting image

Contoh Surat Purchase Order di Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Sama halnya dengan invoice, ada beberapa unsur  yang harus dicantumkan saat menyusun surat purchase  order. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Nama Perusahaan

Unsur pertama yang harus dibuat dalam membuat contoh surat purchase order adalah nama perusahaan. Pengisian nama ini dapat ditulis dengan cara manual atau bisa langsung dengan detail dan desain po.

  • Detail Produk

Detail produk meliputi nama produk, jumlah, merk, kualitas dan informasi lainnya terkait produk yang dibeli. Setiap informasi harus dituliskan secara jelas dan terperinci supaya tidak bermasalah di masa mendatang.

  • Nama Supplier

Selanjutnya adalah menuliskan nama supplier atau produsen secara jelas. Produsen disini tentunya yang akan dituju sebagai pihak untuk pemesanan produk.

  • Nama Media

Cantumkan nama media yang sudah dipilih sebagai tempat iklan untuk menawarkan beragam barang atau produk. Namun penulisan nama media ini tidak selalu ada dalam PO sehingga tidak wajib.

  • Jumlah dan Bentuk Pesanan

Cantumkan jumlah dan bentuk pesanan secara detail. Bila perlu, buat daftarnya dalam sebuah tabel untuk memudahkan pelayanan.

  • Cara Pengiriman

Setelah menuliskan bentuk dan jumlah pesanan maka diharuskan untuk menyebutkan bagaimana cara pengiriman. Dalam hal ini juga termasuk metode pembayaran, waktu pengiriman dan proses pengiriman yang diinginkan.

  • Nomor PO

Terakhir adalah mencantumkan nomor purchase order atau PO secara urut berdasarkan waktu pembuatannya.

Contoh Surat Purchase Order Sederhana

Purchase order yang dibuat untuk melakukan pemesanan pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu PO digital dan manual. Sesuai namanya, PO manual dibuat dengan sebuah kertas yang kemudian dikirimkan langsung.

Sedangkan PO digital dibuat dengan digital berupa file yang dikirim melalui online. PO manual kurang efisien sehingga kini banyak yang lebih memilih untuk membuat PO digital. Jika masih belum paham, kami akan berikan contoh surat purchase order yang banyak digunakan secara umum.

Beberapa contoh berikut ini menggunakan format yang berbeda, sehingga untuk cara membuatnya sudah pasti tidak sama.

24 Contoh Po Google Dokumen

contoh surat purchase order

contoh surat purchase order

Kesimpulan

Karena PO bertindak sebagai surat kesepakatan antara pembeli dan supplier maka harus detail dan rinci. Mulai dari harga barang, nama barang serta tipenya, qty, garansi, termin pembayaran, metode pembayaran dll.

Jika barang yang ingin order item dan qty nya sedikit ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Namun jika total itemnya sudah puluhan bahkan sampai ribuan ini akan sangat menyita waktu jika masih menggunakan word maupun excel.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Bayangkan saja berapa waktu yang diperlukan hanya untuk membuat dokumen PO. Oleh karena itu menggunakan software akuntansi dalam membuat PO adalah solusi terbaik. Anda tidak perlu lagi mengetik satu-satu item barang, tinggal Anda search saja maka akan keluar nama item tersebut.

Namun tidak semua software akuntansi memiliki form purchase order. Dan salah satu software akuntansi yang dilengkapi dengan form pembelian (PO) adalah Beeaccounting. Untuk mencobanya Anda bisa klik disini.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Kenapa Toko Butuh Aplikasi Pembayaran Kasir?
Seperti yang sudah umum diketahui banyak orang terkait perkembangan teknologi yang semakin canggih. Salah satu peluang yang bisa didapatkan adalah
Baca Juga
11 Tips Cara Membuat Iklan yang Menarik Audience
Iklan menjadi salah satu cara para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya, mulai dari membangun awareness hingga menjual produk secara terang-terangan. Oleh
Baca Juga
Importir Adalah: Prosedur & Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peran dan pentingnya seorang importir dalam perdagangan internasional. Importir adalah tokoh kunci
Baca Juga
Mesin Kasir Digital yang Punya Banyak Manfaat Untuk Toko Anda
Mesin kasir digital merupakan barang yang wajib dimiliki oleh pemilik toko atau minimarket sebagai alat bantu transaksi penjualan. Mesin kasir
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat beserta contohnya. Laporan penjualan merupakan alat serbaguna yang dapat menjadi dasar yang tepat
Baca Juga
Sales Funnel: Pengertian, Tahapan dan Strategi Penerapannya
Sales funnel adalah konsep yang krusial dalam strategi pemasaran dan penjualan modern. Dalam dunia yang terus berubah ini, pemahaman yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu