Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 October 2022

Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu lagi bekerja ke kota hanya demi mendapatkan pekerjaan dan memenuhi biaya hidup.Ā 

Maka dari itulah peluang usaha anak muda di desa juga menjadi prospek menarik kedepannya. Sekarang, trend bekerja dari mana saja menjadi sebuah kebiasaan baru. Termasuk juga menghasilkan uang dari bisnis di kampung.Ā 

Peluang Usaha di Desa yang Mendatangkan Banyak Uang

Peluang Usaha Di Desa

Ilustrasi Kegiatan di Desa Photo by Mufid Majnun on UnsplashĀ 

Semua bahan makanan, peralatan, dan bahan baku utama lainnya sebetulnya berasal dari desa. Manusia tidak bisa hidup apabila tidak ada suplai dari desa.

Akan tetapi, ada beberapa stigma bahwa bekerja di desa tidak keren, tidak bisa menghasilkan uang banyak, dan berbagai macam alasan lainnya. Sebetulnya hal itu tidaklah seratus persen benar karena banyak usaha-usaha menarik yang bisa Anda jalankan.

Perlu diketahui bahwa dalam merintis usaha bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Rasanya mustahil untuk bisa langsung mendapatkan uang banyak dari bisnis rintisan. Semuanya diawali secara perlahan dengan ketekunan. Beberapa ide usaha yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

  • Budidaya Tanaman Hias

Desa sebetulnya cocok untuk bercocok tanam karena hawanya yang sejuk dan juga tanahnya yang subur. Ada berbagai jenis tanaman hias yang populer belakangan ini misalnya monster, lidah mertua, aglaonema, dan lain sebagainya.

Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu inspirasi peluang usaha di desa. Akan tetapi, perintis bisnis setidaknya harus memahami tentang cara merawat tanaman hias.

Jangan sampai membuka usaha tanaman hias, akan tetapi tidak mengerti cara merawat dan memasarkannya kepada pembeli.

  • Warung Kelontong

Warung sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Setiap orang yang ingin berbelanja atau jajan, akan menghampiri warung. Biasanya, di kampung tidak banyak yang menjual berbagai kebutuhan pokok dan peralatan rumah tangga seperti toko kelontong.

Maka peluang ini sangat baik untuk dimanfaatkan dan bisa mendatangkan uang. Pilihlah lokasi yang strategis mudah didatangi pembeli sehingga barang dagangan semakin laku. Sehingga peluang usaha di desa terbuka lebar untuk siapapun yang ingin berjualan warung kelontong.

Baca Juga: Warung Kelontong Adalah: Penjelasan dan Kiat Sukses Bisnis Modal Kecil

  • Pertanian Sayuran Organik

Pertanian Sayuran Organik

Ilustrasi Kegitan Pertanian di Desa (Sumber: Freepik.com)

Bertani merupakan salah satu ciri khas pekerjaan di kampung. Jangan kira bahwa bertani tidaklah keren. Sektor pertanian mempunyai posisi penting dalam penyediaan rantai pasok bahan makanan ke kota.Ā 

Bahkan, hanya dengan berjualan sayur bisa mendatangkan uang untuk Anda.

Ada beberapa skill yang harus dipelajari jika ingin melakukan usaha ini sebelum memiliki ide peluang usaha di desa. Misalnya saja mengerti cara bertanam sayur, merawat dan memelihara sehingga tidak terserang hama, dan juga pemasarannya.

  • Membuat Furniture

Usaha ini juga bisa menjadi alternatif jika di kampung tempat tinggal terdapat berbagai jenis potensi kayu atau bambu yang melimpah. Berbagai jenis kayu dan bambu dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan atau mebel untuk bisa dipasarkan ke luar negeri.

Kerajinan yang berbahan dasar kayu atau bambu laris manis untuk pasar domestik maupun mancanegara. Anda dapat mempekerjakan tukang-tukang di desa untuk memproduksi barang lalu menjualnya ke pasar yang ditentukan.

  • Beternak Lele

Lela adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak penggemarnya. Salah satunya adalah warung pecel atau lalapan yang menyediakan menu lele. Teknik pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit.

Anda hanya tinggal menyiapkan kolam dan saluran pembuangan airnya. Termasuk juga memberikan pakan dan menyediakan biaya untuk pemberian vitamin. Saat tiba saatnya panen, bisa mendapatkan untung yang cukup besar.

  • Usaha Penginapan

Usaha Penginapan Di Desa

Ilustrasi Usaha Penginapan di Desa (Sumber: Freepik.com)

Usaha ini dapat menciptakan peluang usaha di pedesaan apabila terdapat potensi menarik dari desa tersebut untuk dijadikan objek wisata. Anda bisa membuat paket wisata untuk kegiatan berkunjung ke desa seperti bersepeda, tur di hutan, dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Sekarang ini banyak alternatif desa wisata yang menawarkan berbagai jenis atraksi sehingga pemilik rumah dapat menyewakan rumah atau propertinya untuk penginapan. Akan tetapi, perlu dianalisis terlebih dahulu potensi dan menariknya desa tersebut.

Baca Juga: 5+ Contoh Ide dan Peluang Usaha Paling Menjanjikan 2023

Kesimpulan

Itulah beberapa peluang usaha di desa yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk melakukan bisnis rintisan. Jangan takut untuk mencoba melakukan bisnis, tetap semangat dan selalu tekun bekerja.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha di desa, selain ide dan persiapan yang matang Anda juga butuh mengetahui berapa modal yang Anda punya, perhitungan HPP, stok dan nantinya perhitungan laba-rugi.

PadaĀ laporan laba rugiĀ seperti jumlah laba/rugi, rincian pendapatan, rincian beban. Kemudian, hitunglah dan lakukan analisis rasio keuangan seperti profitabilitas, efisiensi, ROI (Return of Investment), laba per lembar saham dan lainnya.

Selain kinerja keuangan perusahaan, lewat laporan laba rugi Anda juga dapat menilai risiko dari bisnis Anda. Lihatlah laba yang memperoleh setiap bulan ataupun dari tahun ke tahun.

Untuk mengolah data dengan cepat dan melakukan pembukuan keuangan usaha Anda, perluĀ software akuntansi onlineĀ seperti Beecloud. Laporan keuangan langsung jadi hanya dengan 1x klik. Lihat laporan laba rugi juga bisa kapan saja dan di mana saja. Coba gratis software akuntansiĀ BeecloudĀ sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca
Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android
Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya […]
Baca Juga
Pengertian Kode Etik Akuntansi Indonesia dan Tujuannya
Indonesia memiliki IAI atau Ikatan Akuntansi Indonesia yang mengatur profesi akuntan di seluruh Indonesia. IAI ini memiliki kode etik akuntansi […]
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Bengkel Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright Ā© 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu