Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Pastikan Situs Toko Online Anda Memiliki Fitur Ini!

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 August 2019

Situs Toko Online hadir dalam beragam bentuk dan variasi. Dalam membangun sebuah situs toko online, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan fitur yang bisa ditambahkan. Walau semakin banyak fitur menarik yang ditawarkan, jangan sampai Anda lupa menambahkan beberapa yang disebutkan dalam artikel ini karena keberadaannya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan situs toko online Anda.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?

Fitur-fitur yang Harus Ada dalam Situs Toko Online

1. Nomor telepon

Hal yang harus ada dalam bisnis toko online adalah memudahkan pelanggan berkomunikasi tanpa menggunakan internet. Memang e-mail sangat umum digunakan pada saat ini, namun bisa saja terjadi beberapa masalah seperti tertundanya pesan, bersifat kurang pribadi, serta mungkin saja ada pelanggan yang memerlukan kontak dengan bisnis Anda namun tidak memiliki koneksi internet. Memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi juga memberikan kesan profesional pada bisnis yang Anda jalankan.

2. Pelacakan pengiriman

Pelanggan yang sudah percaya pada produk Anda tentunya berhak mendapatkan kemudahan melacak pesanan mereka. Berikan pemberitahuan pada setiap tahap pengiriman barang, dan jangan lupa berikan nomor resi. Kebanyakan penyedia jasa kurir sudah menyediakan layanan melacak pengiriman barang yang bisa dimanfaatkan konsumen Anda.

3. Pengiriman gratis

situs toko online

Gambar 1. Sediakan Gratis Ongkir (Sumber: Freepik.com)

Meskipun banyak pelanggan yang lebih memperhatikan kualitas dan tak keberatan membayar berapa pun, ada juga yang ingin mendapatkan harga terendah untuk suatu produk. Untuk menekan biaya, tentunya pilihan pengiriman gratis sangat menguntungkan.

Agar tidak berujung pada kerugian, tetapkan jumlah pembelian minimum untuk mendapatkan pengiriman gratis. Pastikan juga Anda yang menentukan kurir sehingga bisa memilih mana yang menawarkan biaya pengiriman paling rendah.

4. Gambar produk berkualitas tinggi

Salah satu hal yang menghambat orang saat berbelanja online adalah tidak bisa melihat serta menyentuh barang yang dipesan. Agar pelanggan lebih percaya pada produk yang Anda tawarkan, berikan foto produk yang jelas, bisa diperbesar, dan diambil dari berbagai sudut pandang.

Jika memungkinkan, sediakan foto 360 derajat atau video yang menunjukkan detail. Pastikan semua gambar bisa di-zoom sehingga pelanggan bisa melihat detail yang mereka inginkan.

5. Fitur pencarian

Meskpun Anda merasa navigasi dan pengaturan halaman dalam situs sudah sangat baik dan tertata rapi, fitur pencarian tetap harus ada. Terlebih jika Anda menawarkan beragam produk, pelanggan akan dimudahkan dengan pencarian berdasarkan kata kunci.

6. Ulasan produk

Memasukkan ulasan produk oleh pelanggan sebelumnya sangat penting bagi situs toko online karena beberapa alasan. Pertama, adanya ulasan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada toko Anda dan produknya karena adanya pendapat dari orang lain. Hal ini juga membuktikan bahwa toko Anda memiliki pelanggan yang nyata. Alasan berikutnya adalah situs Anda bisa tampil lebih dulu di hasil pencarian online sehingga lebih banyak calon pelanggan yang berkunjung.

7. Checkout tamu

Keharusan untuk membuat akun sebelum membuat pesanan seringkali membuat orang malas melanjutkan pembelanjaan mereka, sehingga merugikan bagi bisnis. Untuk menghindari terjadinya hal ini, tambahkan fitur bagi pembeli untuk menyelesaikan pembelian atau checkout tanpa harus memiliki akun. Selain proses belanja akan berlangsung lebih cepat, pelanggan tidak akan kapok berbelanja di toko online Anda.

8. E-mail berlangganan

E-mail bisa menjadi sarana yang baik bagi Anda untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Di halaman checkout, berikan pilihan pada pelanggan untuk berlangganan e-mail dari toko online Anda yang nantinya akan berisi berbagai penawaran dan berita terkini. Untuk hasil terbaik, kirimkan e-mail berlangganan ini setidaknya satu bulan sekali.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Manajemen Penjualan Kasir
Sistem manajemen penjualan kasir atau lebih dikenal sebagai POS (Poin of Sales) cocok digunakan mulai dari usaha kecil hingga besar. […]
Baca Juga
Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran
Istilah marketing mix banyak digunakan oleh pebisnis. Banyak sekali artikel yang membahas mengenai strategi pemasaran satu ini. Artikel-artikel yang membahas […]
Baca Juga
Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh
Mesin kasir memang bukan hal yang asing lagi. Biasanya, mesin tersebut berada di meja kasir dan dapat pekerja gunakan untuk […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu