Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Nikmati Mesin Kasir Terintegrasi dengan Beepos Kasir, Efektif dan Efisien!

Dipublish Tgl: Tuesday, 14 June 2022

Beepos kasir merupakan salah satu software kasir di Indonesia yang menggunakan sistem POS (Point of Sales). Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem POS?

POS merupakan versi modern dari mesin kasir yang menawarkan kombinasi antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) untuk mengelola keuangan bisnis. Jadi, POS (Point of Sales) ini tidak hanya melakukan pencatatan transaksi penjualan, melainkan terdapat fungsi lain seperti mengontrol stok, cetak faktur dan nota, serta perhitungan laba rugi.

Jenis-Jenis Mesin Kasir

Mobile Cash Register

Salah satu jenis mesin kasir, mobile cash register (Sumber: Pixabay.com)

Tidak hanya POS, ada berbagai jenis mesin kasir yang tersedia dan bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jenis mesin kasir tersebut antara lain: ECR (electronic cash register), POS (point of sale), mobile cash register, dan cash register berbasis cloud.

  • Electronic Cash Register atau ERC

ERC merupakan salah satu jenis mesin kasir yang sering digunakan karena penggunaannya dilakukan secara offline atau tanpa internet. Di dalam mesin tersebut terdapat laci uang yang akan terbuka ketika petugas kasir ingin melakukan transaksi dengan pelanggannya.

Kalau dulu, petugas kasir harus memasukkan terlebih dahulu berapa jumlah belanjaan para pelanggan secara manual menggunakan keyboard. Nah, sekarang sudah ada teknologi barcode yang terintegrasi dengan mesin kasir. Dengan begitu, kasir hanya perlu scan produk dan akan muncul jumlah belanjaan para pelanggan.

  • Mobile Cash Register

Sama seperti ERC, penggunaannya untuk menghitung dan menyimpan setiap transaksi penjualan. Namun, dalam penggunaannya memanfaatkan tablet atau perangkat mobile lainnya. Mesin ini bisa menggunakan sistem dari iOS, Android, maupun dengan sistem kerja Windows.

Bagi Anda yang lebih menyukai bekerja dari mana saja, penggunaan mobile cash register sangat cocok untuk Anda. Karena melalui smartphone, maka penggunaannya sangat mudah, dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

  • Point of  Sales atau POS (Beepos Kasir)

Beepos Desktop + Device

Ilustrasi Beepos Kasir (Sumber: Bee.id)

Jenis kedua adalah POS yang merupakan versi canggihnya mesin ERC. Meskipun sama-sama bisa digunakan secara offline, tetapi POS berbasis dengan komputer lengkap terpasang aplikasi atau software kasir. Hal ini memungkinkan seorang pemilik toko untuk menyimpan catatan penjualan dan data-data penting lainnya.

POS juga bisa membantu pemilik toko untuk melihat kebiasaan atau tren dari transaksi pembeli. Dengan adanya hal tersebut, pemilik usaha bisa memperhitungkan langkah strategis seperti apa yang bisa dilakukan. Salah satu software kasir yang menggunakan POS adalah Beepos kasir.

  • Cash Register Berbasis Cloud

Saat ini, banyak toko yang memilih untuk menggunakan mesin kasir berbasis cloud. Mengapa? Karena, penyimpanan transaksi lebih aman dan bisa diakses kapan dan di mana pun.

Cara Menyiapkan dan Menggunakan Mesin Kasir Terintegrasi

Bagaimana cara kerja mesin kasir? Berbagai jenis mesin kasir kurang lebih sama cara kerjanya. Maka dari itu, Anda bisa melihat gambarannya pada uraian berikut ini.

  • Letakkan Mesin Kasir di Tempat yang Sesuai

Maksudnya sesuai itu bagaimana? Letakkan di permukaan yang rata dan keras, contohnya meja kasir.  Hal ini tentu saja untuk mempermudah kasir dalam melayani pelanggan melakukan transaksi pembayaran. Lalu, sambungkan colokan register ke stopkontak.

  • Pasang Baterai Untuk Cadangan

Kita tidak tahu kapan listrik akan padam. Jika tiba-tiba listrik padam dan Anda sedang melakukan transaksi, kemungkinan data akan hilang dan tingkat kepuasan pelanggan akan berkurang. Oleh karena itu, Anda perlu memasang baterai sebagai cadangan, setidaknya untuk menyelesaikan transaksi saat listrik tiba-tiba padam.

  • Pasang Gulungan Kertas Sebagai Tanda Terima

Gulungan Kertas Mesin Kasir

Beepos kasir dan gulungan kertas untuk mesin kasir (Sumber: Pixabay.com)

Struk pembelian atau tanda terima berfungsi sebagai bukti transaksi pelanggan. Pastikan kertas masih tersedia pada mesin kasir.

  • Buka Pintu Laci Menggunakan Kunci yang Telah Disediakan

Setiap mesin kasir dilengkapi dengan kunci untuk membuka dan mengunci laci uang. Pertama, Anda buka laci setiap akan melakukan transaksi. Kemudian, letakkan kunci tersebut di dalam laci meja selama transaksi berlangsung. Nah, ketika transaksi telah berakhir, Anda bisa mengunci kembali laci tersebut. Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan.

  • Tekan Tombol On/Off dan Konfigurasikan Mesin Kasir

Anda bisa menemukan tombol on atau off di samping, depan, atau belakang mesin kasir. Setelah melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah mengatur mesin kasir Anda. Misalnya dengan mengatur tanggal dan waktu. Untuk mengonfigurasikan mesin kasir, Anda bisa klik tombol MODE dan masuk ke PROGRAM.

  • Integrasikan dengan Perangkat atau Software Lainnya

Mesin kasir bisa diintegrasikan dengan sistem POS supaya mesin tersebut tidak hanya digunakan untuk pencatatan transaksi saja. Adanya sistem POS memungkinkan Anda untuk terhubung dengan berbagai data yang ada. Hal ini baik untuk Anda sebagai pemilik bisnis, supaya lebih efektif dan efisien.

  • Tutup Laci

Setelah Anda mencoba mengintegrasikan mesin kasir dengan sistem POS seperti Beepos kasir, maka langkah terakhir adalah menutup laci uang segera setelah Anda menggunakannya. Ini dilakukan untuk meminimalisir pencurian.

Manfaat Menggunakan Beepos Kasir Terintegrasi

Tentu saja ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan mesin yang terintegrasi Beepos kasir. Manfaatnya bisa dilihat di bawah ini.

  • Transaksi Jadi Lebih Mudah

Kemudahan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah mempermudah proses transaksi. Anda bisa menerima manfaat berupa kontrol akurat dan real time dari transaksi penjualan Anda. Asalkan terhubung dengan jaringan, mesin kasir yang ini bisa membantumu.

  • Bisa Melakukan Pembaruan Stok Barang Lebih Cepat dan Akurat

Dengan adanya Beepos kasir, Anda tidak perlu lagi melakukan cek satu persatu seperti pada cara manual. Anda cukup memastikan di komputer, barang mana yang perlu Anda restock. Kualitas barang yang tersaji di toko Anda sangatlah berpengaruh pada profit dan daya tarik masyarakat.

  • Bisa Terintegrasi dengan Banyak Metode Pembayaran

Alat Pembayaran Non Tunai

Integrasi mesin kasir dengan metode pembayaran non tunai (Sumber: Pixabay.com)

Hal paling menarik dari mesin kasir online yang terintegrasi adalah bisa memberi pelayanan transaksi pembayaran dengan banyak metode. Jika di mesin konvensional pembayaran hanya bisa menggunakan uang tunai, kini masyarakat lebih banyak yang lebih nyaman memakai metode non tunai.

  • Beepos Kasir Mampu Terkoneksi ke Banyak Akun

Untuk Anda yang tidak hanya memiliki satu toko atau minimarket, maka menggunakannya adalah menjadi kewajiban. Pasalnya, dengan basis digitalnya memungkinkan Anda untuk mewakilkan tugas pengawasan kepada orang yang Anda percayai.

Butuh Mesin Kasir Terintegrasi? Gunakan Beepos Kasir Saja!

Mesin kasir digital memerlukan sebuah software kasir untuk menjalankan fungsinya. Maka, Anda perlu memilih software terbaik dengan memakai layanan dari Beepos kasir yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam manajemen kasir. Ayo wujudkan bisnis efektif dan efisien milik Anda! Coba gratis Beepos kasir sekarang~ klik gambar di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Banner Beepos Software Kasir Online twitter

Beepos Kasir, Klik Gambar untuk Info Selengkapnya!

Software Faktur Penjualan: Lebih Mudah Bikin Invoice
Jika membahas mengenai bisnis, tak jauh dari yang namanya penjualan dan juga pembelian, atau juga bisa disebut dengan transaksi. Kedua […]
Baca Juga
5 Perangkat Lunak Aplikasi Kasir (Ada yang Gratis) Dengan Dukungan Open-Source Terbaik
Program aplikasi kasir (Poin of Sales-POS) sangat berperan dalam mendukung kelancaran bisnis. Dalam ulasan ini, Anda akan menemukan beberapa opsi […]
Baca Juga
Daftar Harga Komputer Kasir Terlaris dan Terjangkau
Daftar Komputer Kasir - Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah lebih canggih dari zaman ke zaman. Teruma saat ini teknologi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu