Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Mesin Printer Kasir Portable, Kecil Tapi Canggih

Dipublish Tgl: Friday, 3 June 2022

Mesin printer kasir portable, benda kecil yang sering kita jumpai di berbagai sektor usaha, termasuk di bidang F&B. Tidak hanya di situ, Anda pasti sering menemuinya pada usaha, seperti minimarket, pom bensin, toko pakaian hingga toko kelontong. 

Hal tersebut didukung dengan perkembangan printer yang semakin canggih. Jika dulu printer memiliki ukuran yang besar serta harus tersambung pada listrik. Kini, mesin cetak ini sudah berkembang menyesuaikan fungsi dan kegunaannya seperti mesin printer kasir portable yang mudah dibawa. Printer ini memiliki ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta tidak perlu tersambung dengan listrik saat digunakan. 

Cara Kerja Mesin Printer Kasir Portable

Cara Kerja Mesin Kasir Portable

Ilsutrasi Cara Kerja Mesin Kasir Portable (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda melakukan transaksi seperti membayar makanan di restoran atau membeli barang di minimarket, Anda pasti mendapatkan struk pembayaran. Struk itu dicetak oleh printer kasir yang terhubung dengan mesin kasir, komputer kasir ataupun handphone. 

Cara kerja printer kasir portable sama dengan printer lainnya yaitu dihubungkan dengan software mesin kasir POS atau bisa juga dengan bluetooth. Printer akan menangkap data-data secara otomatis untuk kemudian dicetak pada kertas. Kertas yang keluar akan menampilkan bukti transaksi Anda dengan konsumen.

Printer portable ini sangat praktis karena mudah digunakan. Sehingga kasir Anda dapat bekerja lebih cepat dan tepat. 

Jenis-Jenis Mesin Printer Kasir Portable

Printer kasir sudah banyak digunakan oleh berbagai pelaku usaha terutama bisnis ritel. Bagi Anda yang memiliki usaha restoran, fashion, minimarket atau usaha yang berkaitan dengan perniagaan. Maka, tentu memerlukan perangkat mesin kasir seperti printer kasir untuk memudahkan transaksi pembayaran. 

Namun, sebelum membeli printer kasir praktis. Anda harus bisa menentukan printer yang cocok untuk Anda. Saat ini terdapat dua jenis printer kasir yang umum digunakan, yaitu:

  • Printer Kasir Dot Matrix

Printer dot matrix merupakan printer yang umum digunakan di minimarket atau supermarket. Harganya yang murah menjadi alasan masih banyaknya pengguna printer ini. Selain harga yang murah, printer dot matrix juga dapat mencetak rangkap berkas yang di print. Hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh printer jenis thermal. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa printer kasir dot matrix memiliki kelemahan yang cukup banyak, seperti; 

  • Proses mencetak struk yang cukup lambat sehingga waktu transaksi tidak efisien,
  • Mengeluarkan suara yang cukup keras saat proses percetakan,
  • Harga perawatan printer yang cukup mahal. 

Meskipun harga printer dot matrix ini lebih murah dibandingkan dengan printer thermal, ternyata biaya perawatannya cukup mahal. Hal ini diakibatkan oleh penggunaan kertas yang murah dan kasar sehingga dapat mempercepat kerusakan pin head printer. Jika pin head rusak, maka modul printer harus diperbaiki secara keseluruhan. Alhasil, biaya perbaikan akan jauh lebih mahal. 

  • Printer Kasir Thermal

Printer Kasir Thermal Portable

Ilustrasi Printer Kasir Thermal (Sumber: Freepik.com)

Printer thermal merupakan printer yang menggunakan teknologi direct thermal. Dimana sistem kerjanya yaitu dengan menggunakan panas pada kertas sehingga struk dapat tercetak. Umumnya penggunaan printer thermal banyak digunakan oleh perbankan seperti pada mesin ATM. Anda akan terbayang bagaimana bentuk dan tekstur dari kertas struk ATM tersebut. 

Bila dibandingkan dengan printer dot matrix, printer thermal jauh lebih unggul karena memiliki banyak kelebihan.  Adapun kelebihan dari printer thermal ini yaitu: 

  • Proses pencetakan struk jauh lebih cepat yaitu 20 baris per detik
  • Mencetak gambar dengan lebih baik
  • Biaya perawatan yang relatif murah 

Oleh karena printer thermal memiliki banyak kelebihan, hal tersebut berpengaruh pada harga penjualan. Selain harga penjualan, penggunaan kertas pada printer ini juga cukup mahal. Namun, mengenai kualitas tentu jenis printer thermal lebih unggul. 

Baca Juga: Rekomendasi 9 Aplikasi Kasir Swalayan yang Aman dan Murah

Tips Memilih Mesin Printer Kasir Portable untuk Usaha Anda

Ketika hendak memutuskan untuk menggunakan alat cetak praktis, pastikan Anda membeli printer yang benar. Bagi Anda yang masih merasa bingung harus memilih jenis printer kasir yang seperti apa. Ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini: 

  • Ketahui Jenis Printer Kasir Apa yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jenis printer yang Anda butuhkan. Jika Anda sedang menjalankan bisnis restoran, cafe atau sejenisnya, maka sesuaikan dengan kebutuhan bisnis tersebut. Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu  mengenai berbagai merk printer kasir portable sebelum memutuskan memilih satu printer yang akan dibeli. 

  • Pilih Printer yang Berkualitas

Kualitas printer tentu menjadi faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Pilih printer yang memiliki kecepatan tinggi dan resolusi yang tinggi agar memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Struk pembayaran menjadi bukti adanya transaksi sehingga cetakannya harus lebih jelas agar terbaca dengan baik.

  • Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Tips yang terakhir yaitu membeli printer sesuai dengan budget Anda. Setelah mengetahui printer yang Anda butuhkan serta mengetahui jenis printer apa yang memiliki kualitas baik. Anda juga harus membeli printer sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tidak perlu memaksakan untuk membeli alat kasir instan saat ini juga jika budget belum mencukupi. Anda bisa menyiapkan budget terlebih dahulu dengan menabung hingga uang tersebut cukup  

Kesimpulan

Mesin kasir portable dapat memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Penggunaannya yang praktis menjadi alternatif pelaku usaha dalam melakukan transaksi. Selain memastikan printer kasir yang Anda gunakan adalah jenis printer dengan kualitas terbaik. Anda juga harus harus memastikan aplikasi POS yang digunakan harus dapat terkoneksi dengan jenis printer Anda.

Aplikasi kasir Beepos bisa menjadi pilihan untuk mesin kasir Anda karena dapat terkoneksi dengan berbagai jenis perangkat keras termasuk printer kasir. Aplikasi kasir minimarket Beepos akan sangat bermanfaat jika Anda memilih dengan benar mana yang benar-benar memiliki dampak bagi bisnis Anda.

Beepos memberikan Anda banyak manfaat sehingga akan memudahkan operasional usaha ritel yang Anda miliki. Tak perlu khawatir lagi mengenai keamanan pada bisnis Anda karena Beepos dapat memberikan Anda keamanan yang Anda inginkan!

Coba gratis Aplikasi Kasir Minimarket Beepos dengan klik gambar di bawah ini!

Beepos Desktop Minimarket web

Beepos Desktop Minimarket Coba Gratis Sekarang!

Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia
"Budi tolongin ibu beli telur setengah kilo sama gula sekilo ya di toko kelontong bu Ira" kata Ibu. Masih ingatkah […]
Baca Juga
3 Aplikasi untuk Membuat Purchase Order Lebih Mudah
Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin berkembang sekaligus kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order. Jika […]
Baca Juga
Pengertian Break Even Point (BEP) dan Metode Perhitungannya
Pengertian break even point baik itu di unit produksi atau nilai rupiah dalam bisnis, dan bagaimana metode perhitungan yang digunakan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu