🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula

Jika Anda orang baru memulai sebuah bisnis dan mencoba promosi di sosial media, Coba ikuti tips promosi di instagram yang kami berikan ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Friday, 26 July 2019

Tips promosi di Instagram - Bisnis online kini semakin banyak diminati orang, karena cara promosi yang semakin mudah. Media online yang paling banyak digunakan pebisnis untuk mempromosikan jualannya yaitu instagram. Hal ini dikarenakan instagram memiliki banyak pengguna.

Belum lagi dengan menggunakan instagram ini apapun yang diposting bisa cepat menyebar luas. Nah, jika Anda memiliki bisnis untuk dipromosikan di instagram, simak tipsnya berikut ini.

7 Strategi Promosi di Instagram Efektif untuk Pemula

Berikut beberapa tips sukses dalam melakukan promosi di Instagram:

1. Tentukan Audience

Tips promosi di instagram

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan promosi di instagram yaitu menentukan target audience. Karena suksesnya bisnis Anda tergantung dari audience. Jika Anda mencari audience yang memang sedang membutuhkan produk yang Anda tawarkan, tentu saja akan sangat mudah untuk melakukan promosi.

2. Buat Akun Instagram Bisnis

Seperti yang telah kita ketahui bahwa instagram memiliki berbagai jenis akun. Untuk mempromosikan sebuah produk, lebih baik menggunakan akun jenis bisnis. Karena, akun ini sudah dibekali dengan fitur yang bisa memudahkan Anda dalam berjualan.

Jika sebelumnya Anda sudah memilih akun personal, Anda bisa merubahnya menjadi akun bisnis di menu setting kemudian pilih menu “Switch to Business Account”.

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Penjualan dengan Marketplace

3. Membuat Konten yang Menarik

Buat konten yang menarik di awal-awal pembangunan bisnis. Hal ini bertujuan agar calon konsumen bisa semakin tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Agar instagram bisnis Anda tidak terlalu sepi, setidaknya Anda bisa membuat konten menarik atau tips-tips sesuai dengan bisnis Anda yang Anda jalankan. Agar calon konsumen bisa semakin tertarik, perhatikan pengambilan gambar, pencahayaan yang tepat dan lain sebagainya.

4. The Power of Hastag

Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan istilah hashtag. Pasalnya dengan menggunakan hashtag ini bisa membantu menegaskan jenis konten Anda. Selain itu, keuntungan menggunakan hashtag yaitu membantu pengguna lain menemukan konten yang kalian buat. Sehingga tak heran jika kini banyak orang yang menggunakan hashtag.

5. Follow Akun yang Biasa Diikuti Target Audience

Bagi Anda pebisnis pemula dan baru membuat instagram, pasti followernya masih sedikit. Anda bisa memulai follow akun lain untuk mendapatkan follower. Namun, untuk follow ini jangan sembarangan. Alangkah baiknya jika Anda follow akun yang paling banyak diikuti oleh target audience.

Selain itu, Anda juga bisa follow akun sesuai dengan solusi yang akan kalian tawarkan. Cara julan online seperti ini bisa memudahkan Anda untuk terhubung  dengan pengguna instagram lain.

6. Follow Akun Sesuai dengan Profil yang Dicari

Nah, untuk mendapatkan follower yang banyak, Anda bisa follow pengguna yang mengikuti bisnis yang sama dengan Anda. Ketika Anda memfollow pengguna tersebut, ada kemungkinan pengguna itu akan follback. Selain mendapatkan banyak follower, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan cara ini yaitu semakin banyak orang yang mengetahui produk yang Anda jual.

7. Jangan Ragu untuk Menawarkan Diskon

Tips promosi di instagram yang terakhir yaitu sering-seringlah menawarkan promosi. Karena, setiap konsumen pasti menginginkan diskon. Dengan seringnya diadakan diskon, kemungkinan besar akan banyak orang yang lebih tertarik.

Untuk pemberitahuan diskon ini, Anda bisa mencantumkannya pada sebuah foto dengan mencantumkan harga lama dengan harga diskon. Agar semakin banyak orang yang mengetahui diskon ini, Anda bisa membagikannya di media sosial lainnya.

Meskipun tidak disarankan untuk ragu dalam memberikan diskon, Anda masih perlu melakukan perhitungan yang tepat dalam melakukan manajemen diskon ini. Salah satu caranya adalah dengan memiliki manajemen yang baik. Dengan pengelolaan yang baik Anda bisa lebih mudah dalam menyusun anggaran bisnis.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, mencatat setiap pembelian dan pembayaran, kontrol arus kas realtime hingga akses laporan keuangan otomatis. Menyusun anggaran bisnis jadi lebih mudah dan penuh pertimbangan. Diskon atau promosi yang dilakukan juga lebih bisa mendapatkan hasil yang optimal. Cek informasi selengkapnya pada banner di atas.

Keuntungan Melakukan Promosi di Instagram

Manfaat Instagram

Salah satu keuntungan melakukan strategi promosi di Instagram adalah mendapatkan jangkauan yang luas (Credit: Freepik.com)

Promosi di Instagram memiliki beberapa keuntungan yang dapat membantu bisnis atau individu dalam meningkatkan kehadiran online mereka dan mencapai tujuan pemasaran mereka. Berikut adalah lima keuntungan promosi di Instagram:

1. Jangkauan Luas

Manfaat dan keuntungan yang pertama menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah mendapatkan jangkauan yang luas. Mengingat Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Dengan memanfaatkan promosi di Instagram, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk pengguna yang mungkin tidak mengikuti akun Anda secara organik. Ini memberi Anda kesempatan untuk memperluas jangkauan merek dan menarik lebih banyak pengguna potensial.

2. Targeting yang Tepat

Berikutnya adalah melakukan mudah dalam melakukan targeting. Dimana Instagram menyediakan berbagai opsi penargetan yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan siapa yang melihat promosi Anda. Anda dapat mengatur targeting berdasarkan faktor seperti demografi, minat, lokasi, dan perilaku.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa promosi Anda tampil kepada audiens yang relevan dan berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

3. Konten Visual yang Menarik

Keuntungan selanjutnya adalah visual yang menarik. Instagram sendiri dikenal dengan fokusnya pada konten visual, seperti foto dan video. Promosi di Instagram memberikan kesempatan untuk membuat konten yang menarik dan kreatif yang dapat menarik perhatian pengguna.

Dengan menggunakan elemen desain yang menarik dan cerita visual yang kuat, Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan audiens Anda dan mengomunikasikan pesan merek Anda dengan cara yang efektif.

4. Interaksi Langsung dengan Pengguna

Selanjutnya dengan melakukan promosi di Instagram, Anda dapat mendorong interaksi langsung dengan pengguna. Misalnya, Anda dapat menambahkan tombol tindakan yang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi situs web Anda, mengikuti akun Anda, mengirim pesan langsung, atau melakukan pembelian langsung. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat mendorong keterlibatan dan konversi yang lebih tinggi.

5. Analitik yang Terukur

Instagram menyediakan alat analitik yang komprehensif yang memungkinkan Anda melacak kinerja promosi Anda. Anda dapat melihat jumlah tampilan, interaksi, pengikut baru, dan bahkan konversi yang berasal dari promosi Anda. Analitik ini memberikan wawasan berharga tentang apa yang berfungsi dan tidak berfungsi dalam strategi pemasaran Anda, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian dan perbaikan berdasarkan data yang diperoleh.

Namun, penting untuk dicatat bahwa keberhasilan promosi di Instagram juga tergantung pada strategi dan konten yang dibuat. Penting untuk memahami audiens Anda, menciptakan konten yang relevan dan menarik, serta memantau dan mengoptimalkan promosi Anda secara teratur untuk mencapai hasil yang maksimal.

Itulah ulasan mengenai tips promosi di instagram yang berlaku untuk pemula. Nah, beberapa tips ini bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan banyak follower, sehingga produk bisa dikenal lebih banyak orang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

9 Tips Sukses Jalankan Bisnis Toko Kue Kering
Kue kering menjadi makanan ringan yang tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, biasanya disajikan untuk cemilan biasa hingga hidangan
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Mikro Online 2022
Untuk para pengusaha mikro maupun menengah, mengurus sebuah surat perizinan menjadi salah satu langkah penting ketika mendirikan sebuah bisnis. Cara
Baca Juga
Sebelum Buka Usaha, Kenali Surat Izin Usaha Dahulu
Agar bisnis Anda terjamin legalitasnya, surat izin usaha untuk dagang merupakan hal krusial yang wajib dimiliki. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan
Baca Juga
Siapa Saja Pemakai Informasi Akuntansi? Berikut Diantaranya
Informasi akuntansi menjadi pondasi utama bagi pemahaman dan pengambilan keputusan yang tepat. Siapa saja yang terlibat dalam ekosistem bisnis, mulai
Baca Juga
Contoh Surat Pesanan Barang, Jenis, Komponen dan Cara Buatnya
Dalam dunia bisnis, surat pesanan barang menjadi salah satu dokumen yang penting dalam proses pemesanan dan pengiriman barang. Dalam artikel
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu