Logo Bee Web

Manfaat Perdagangan Internasional serta Pengertian dan Jenisnya

Ada banyak sekali manfaat perdagangan internasional yang dapat dirasakan oleh negara dan masyarakat. simak penjelasannya berikut ini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 April 2023

Ada banyak manfaat perdagangan internasional yang bisa berdampak bagi masyarakat hingga perekonomian nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari berkembangnya globalisasi. Kemajuan teknologi mempermudah dalam mengetahui informasi produk apa saja yang dijual negara lain.

Adanya kebijakan tentang perdagangan bebas membuat kegiatan ekspor dan impor antar negara bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk dapat memberikan sumber daya yang maksimal guna memenuhi kebutuhan, kegiatan perdagangan internasional perlu dilakukan.

Apa itu Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional didefinisikan sebagai kegiatan transaksi barang atau jasa yang terjadi antar negara untuk mendapatkan keuntungan. Secara garis besar, kegiatannya terdiri dari ekspor dan impor. Transaksi bisnis ini melibatkan hubungan antara lebih dari satu negara.

Apa Itu Perdagangan Internasional

Perdagangan yang dilakukan atas persetujuan kedua negara

Kebijakan kegiatan ini dapat memberikan dampak untuk berbagai sektor, diantaranya seperti ekonomi, sosial, hingga politik sebuah negara.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Antara lain, adanya kebutuhan dan ketertarikan, perbedaan keadaan alam, dan lain sebagainya.

Teori Perdagangan Internasional

Untuk dapat jelaskan manfaat dari perdagangan internasional, ketahui terlebih dahulu beberapa teori yang mendasari kegiatan tersebut.

Beberapa teori mengatakan bahwa kegiatan perdagangan internasional mampu memberikan banyak keuntungan bagi negara dan juga penduduknya. Teori ini dikemukakan oleh para ahli. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Comparative Advantages (Keunggulan Komparatif)

Ahli ekonomi bernama David Ricardo berpendapat melalui teori ini bahwa perdagangan internasional dapat memberikan keuntungan komparatif yang bisa diukur dengan jumlah yang nyata. Sehingga mampu mencerminkan besarnya upah tenaga kerja.

2. Absolute Advantage (Keunggulan Mutlak)

Teori Adam Smith ini berpendapat bahwa negara bisa makmur jika bisa mengembangkan produksinya lewat perdagangan. Agar produksi dapat terus meningkat, dibutuhkan kerjasama internasional.

3. Reciprocal Demand (Permintaan Timbal Balik)

Teori ini dikatakan oleh J.S Mill yang isinya bahwa perdagangan internasional dilakukan untuk dapat mencari keseimbangan pertukaran yang dilakukan antara dua negara dengan barang yang berbeda.

4. Pandangan Kaum Merkantilisme

Dalam teori ini, kaum merkantilisme dikatakan sebagai kelompok yang berpandangan bahwa politik kemakmuran negara melebihi kemakmuran perseorangan.

Kaum merkantilisme memiliki pendapat bahwa negara bisa memperoleh kemakmuran melalui dua sumber, yaitu penumpukan emas dan politik perdagangan.

7 Manfaat Perdagangan Internasional bagi Pebisnis dan Negara

Perdagangan internasional tentu memiliki jangkauan yang luas sehingga umumnya dilakukan oleh antar negara. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari perdagangan internasional yang dilakukan.

Tidak hanya untuk satu negara saja, namun kedua pihak yang bekerja sama tentunya akan menerima manfaat dan mampu mendukung perekonomian.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki peran penting dalam kontribusi terhadap PDB negara

Hal ini dapat terjadi sebab perdagangan internasional bisa dikatakan sebagai transaksi atau kesepakatan yang dibuat Bersama sehingga mampu memberikan keuntungan berbagai pihak. Apa manfaat perdagangan internasional, diantaranya sebagai berikut.

1. Bisa Mendapatkan Barang yang Tidak Diproduksi Negara Sendiri

Ada banyak faktor yang membuat suatu negara tidak bisa melakukan produksi barang tertentu, diantaranya seperti iklim, kondisi geografis, dan lainnya.

Namun jika melakukan perdagangan internasional, kebutuhan bisa tetap terpenuhi meskipun negara tidak memproduksinya. Caranya adalah dengan menerima impor dari negara lain yang memproduksinya.

2. Meningkatkan Hubungan Kerjasama Antar Negara

Dengan melakukan perdagangan internasional, maka hubungan antara negara bisa dibangun secara lebih baik. Manfaat ini tentu bisa dimanfaatkan oleh negara mana saja yang melakukannya. Selain itu juga dapat mendukung perekonomian nasional.

Hubungan kerjasama antar negara bisa terus berkembang seiringnya waktu dan berpeluang untuk menggali potensi di bidang lainnya. Perkembangan kerjasama di berbagai bidang mampu membangun perekonomian negara sehingga lebih baik.

3. Pertumbuhan Ekonomi Ke Arah yang Lebih Baik

Hubungan kerjasama yang terbentuk dari perdagangan internasional dapat secara efektif meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Adanya perdagangan yang luas, mengharuskan produksi barang dilakukan dengan jumlah yang lebih banyak untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Nilai yang dihasilkan juga dapat semakin tinggi sehingga dapat berdampak pada perekonomian.

4. Menaikkan Devisa Negara

Dengan adanya kegiatan perdagangan internasional, maka dapat menaikkan devisa negara. Apabila negara mampu menaikkan devisa, maka kesejahteraan negara pun juga bisa semakin baik.

Untuk itu melakukan kegiatan ekspor dan impor merupakan hal yang diperlukan karena mampu memberikan dampak positif bagi negara dan masyarakat.

5. Lowongan Pekerjaan Meningkat

Kegiatan perdagangan internasional yang berjalan lancar, membuat pesanan akan sebuah barang akan semakin banyak. Apabila permintaan tinggi, maka lowongan pekerjaan yang dibuka juga akan semakin banyak karena membutuhkan sumber daya manusia untuk memproduksinya.

Hal ini tentu dapat menurunkan tingkat pengangguran sehingga perekonomian masyarakat bisa semakin baik.

6. Memperluas Jangkauan Pasar

Tidak hanya bisa memasarkan produk di dalam negeri saja, perdagangan internasional memungkinkan perusahaan untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Semakin luas jangkauan pasar, maka potensi untuk meningkatkan penjualan akan semakin besar.

7. Mendorong Produksi Barang

Luasnya pasar luar negeri membuat potensi untuk menghasilkan barang semakin meningkat. Hal ini tentu dapat berdampak positif karena mampu mempengaruhi stabilitas harga.

Stabilitas adalah upaya yang dilakukan pemerintah saat inflasi terjadi. Dengan adanya kegiatan perdagangan internasional, harga tidak akan melonjak terlalu tinggi ketika inflasi.

Jenis Jenis Perdagangan Internasional

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa kegiatan perdagangan internasional hanya ekspor dan impor. Padahal terdiri dari berbagai jenis yang lainnya. Setelah mengetahui manfaat perdagangan internasional, Anda juga harus memahami jenis-jenisnya sebagai berikut.

1. Konsinyasi (Consignment)

Kegiatan mengirim barang ke luar negeri yang belum memiliki pembeli. Umumnya, penjualan barang akan dilakukan lewat Bursa Dagang atau Pasar Bebas secara lelang.

2. Ekspor

Kegiatan ekspor adalah proses mengirim barang dagangan ke luar negeri sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Pengiriman ditujukan langsung kepada pembeli yang ada di luar negeri.

Cara Mudah Ekspor Barang

ilustrasi kegiatan eksportir barang

Kegiatan ekspor terbagi atas dua, yaitu ekspor tanpa L/C (Letter of Credit) dan ekspor biasa. Umumnya, pada kegiatan ekspor harus ada Letter of Credit. Tetapi ada juga metode yang mengirimkan barang terlebih dahulu tanpa adanya L/C.

Namun harus tetap mendapatkan izin khusus dari pihak Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

3. Barter

Barter menerapkan sistem pertukaran. Kegiatan pengiriman barang dilakukan ke luar negeri untuk ditukarkan secara langsung dengan barang yang berkaitan dengan kebutuhan dalam negeri.

Ada beberapa jenis barter yang umumnya diterapkan, seperti Direct Barter, Counter Purchase, Switch Barter, dan Buy Back Barter. Setiap jenis menerapkan metode yang sudah diatur sesuai dengan peraturan yang berlaku

4. Penyelundupan (Smuggling)

Umumnya kegiatan penyelundupan mengarah kepada hal-hal yang dilarang, diantaranya seperti penyelundupan binatang langka sampai imigran ilegal.

Penyelundupan didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan untuk memindahkan kekayaan yang berasal dari suatu negara ke negara lainnya tanpa mengikuti aturan yang berlaku. Kegiatan ini terbagi atas dua jenis, yaitu manipulasi dan seluruh kegiatannya dilakukan secara ilegal.

5. Border Agreement

Sistem perdagangan yang melibatkan dua negara ini berkaitan dengan letak perbatasan. Untuk melakukan hal tersebut, akan ada kesepakatan tertentu yang dibuat.

Hal ini bertujuan agar penduduk kedua negara bisa saling berhubungan dan mampu memberikan kemudahan bertransaksi dalam jumlah tertentu. Border Agreement dapat terjadi melalui lintas batas darat dan laut.

6. Package Deal

Perdagangan ini dilakukan sebagai upaya untuk dapat memperluas pemasaran hasil produk. Pemerintah akan membuat perjanjian perdagangan dengan sebuah negara.

Didalamnya tertulis jumlah dari barang yang akan diekspor ke negara tersebut secara jelas. Sebaliknya, negara terkait akan mengimpor sejumlah barang yang dihasilkan oleh negara lain.

Dengan mengetahui manfaat perdagangan internasional dan jenis kegiatannya, Anda bisa lebih memahami bahwa kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan negara dan juga secara signifikan mendorong perekonomian sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di bawah

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

4 Tujuan Komunikasi yang Harus Diketahui Pebisnis
Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan dalam dunia bisnis? Rahasianya terletak pada pemahaman mendalam tentang tujuan komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis
Baca Juga
11 Komponen, Fungsi dan Contoh Perencanaan Bisnis
Perencanaan sebuah usaha merupakan langkah yang penting sebelum Anda menjalankan bisnis apapun dan mencari contoh perencanaan bisnis menjadi solusi jika
Baca Juga
Crowdfunding Adalah: Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya
Anda tentu pernah mendengar tentang crowdfunding, bukan? Mungkin istilah ini terdengar baru bagi beberapa orang, namun konsepnya telah muncul sejak
Baca Juga
Contoh Barang Inferior, Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya
Barang inferior adalah jenis produk atau barang yang mengalami penurunan permintaan ketika pendapatan konsumen meningkat. Dalam konteks ekonomi, barang ini
Baca Juga
Firma Adalah: Ciri, Jenis, Cara Kerja, Keuntungannya
Pengertian firma bisa sebagai salah satu entitas bisnis yang berakar dalam kerjasama, memiliki sejarah panjang dan menjadi pilihan utama dalam
Baca Juga
10 Komoditas Ekspor Indonesia yang Jadi Unggulan
Dalam konteks globalisasi ekonomi, komoditas ekspor Indonesia cukup berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memastikan kesejahteraan negara. Jenis produk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu