🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Laporan Keuangan Bisnis Online Shop untuk Pemula

Laporan keuangan bisnis online shop Anda juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan adanya pembukuan keuangan pada bisnis online shop...
Penulis: Nindya Adityanti
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 18 April 2022

Laporan keuangan bisnis online shop Anda juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan adanya laporan keuangan pada bisnis online shop Anda, maka aliran dana untuk tiap transaksi dapat dipantau. Tidak hanya itu, adanya laporan keuangan dapat memudahkan Anda dalam upaya mengembangkan bisnis online shop milik Anda.

Hal ini kerap terlewat oleh para pengusaha pemula. Padahal, laporan keuangan justru hal terpenting dalam membangun pondasi usaha Anda agar bisa bertahan bahkan berkembang. Oleh karena itu simak baik-baik artikel di bawah ini!

Apa itu Laporan Keuangan Bisnis Online Shop?

apa-itu-laporan-keuangan-bisnis-online

Ilustrasi Memahai Pengertian Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan adalah suatu ringkasan dari suatu proses pencatatan, yang terdiri dari data transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode atau tahun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan bisnis online shop dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja online shop tersebut.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Berdasarkan Pedoman Standar Akuntasi Keuangan (PSAK), terdapat lima jenis laporan keuangan, yakni laporan laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Pengertian masing-masing laporan keuangan tersebut adalah:

  • Laporan Laba Rugi

software-akuntansi-laporan-laba-rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Menurut Short, Libby dan Libby (2007), laporan laba rugi adalah laporan utama akuntan dalam mengukur kinerja ekonomi suatu usaha, yaitu pendapatan dikurangi biaya-biaya selama periode akuntansi tertentu.

Jenis laporan keuangan ini menggambarkan hasil usaha perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dalam laporan laba rugi dapat terlihat jumlah pendapatan, sumber-sumber pendapatan yang diperoleh, jumlah biaya dan jenis-jenis yang dikeluarkan selama periode tertentu. Laporan ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja yang telah dicapai perusahaan dan memberikan gambaran tentang pencapaian arus kas di masa mendatang. Laba yang dihasilkan bisa dijadikan indikator tingkat profitabilitas perusahaan, antara lain marjin kotor, laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba operasi berlanjut.

  • Laporan Arus Kas

contoh cash flow sederhana

Contoh Laporan Arus Kas menggunakan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan arus kas merupakan laporan yang memperlihatkan secara rinci arus kas yang masuk (penerimaan) dan kas yang keluar (pengeluaran) dari suatu perusahaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arus kas berarti pemasukan dan pengeluaran uang tunai perusahaan berdasarkan harian, mingguan, dan dalam rentang waktu tertentu. Selain itu, menurut Sofyan Syafari Harahap (2006), laporan arus kas adalah suatu laporan yang memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran suatu pembukuan pada suatu periode tertentu dengan mengklasifikasikan transaksi pada kegiatan operasional, pembiayaan dan investasi.

Pada laporan arus kas meliputi total kas yang masuk berupa tunai maupun investasi tunai dari Anda selaku pemilik bisnis. Laporan ini digunakan untuk mewakili arus kas masuk dan keluar selama tahun berjalan dari kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Laporan arus kas berisikan anggaran untuk operasional perusahaan dan realisasi penerimaan serta pengeluaran kas suatu perusahaan. Laporan ini berguna untuk memprediksi kebutuhan kas perusahaan agar tidak kurang dan tidak berlebih. Kekurangan kas menimbulkan ketidakstabilan usaha, sedangkan kelebihan kas merupakan kondisi yang tidak efisien. Laporan ini akan sangat berguna ketika Anda akan mengevaluasi likuiditas dan solvabilitas bisnis Anda, serta aktiva bersih milik perusahaan Anda. Kemudian yang paling penting, Anda dapat memanfaatkan laporan arus kas sebagai dasar bagi strategi adaptif menghadapi perubahan keadaan dan peluang pasar.

  • Laporan Perubahan Modal

laporan keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Perubahan Modal (Sumber: Google.com)

Laporan perubahan modal memuat data mengenai jumlah dan jenis modal yang dimiliki perusahaan pada saat ini. Laporan tersebut juga menjelaskan perubahan modal beserta sebab-sebab terjadinya. Untuk perusahaan dengan bentuk perseroan, laporan ini disebut sebagai laporan perubahan ekuitas pemegang saham. Laporan perubahan modal bermanfaat untuk mengidentifikasi penyebab perubahan ekuitas pemilik perusahaan atas nilai aktiva yang menjadi haknya (aktiva bersih).

  • Laporan Neraca

Laporan neraca menunjukan posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu. Posisi keuangan tersebut maksudnya ialah posisi jumlah dan jenis aktivitas (harta) dan pasiva (kewajiban dan ekuitas) perusahaan. Menurut Smith dan Skousen (2007), neraca adalah laporan pada suatu saat tertentu mengenai sumber daya perusahaan (aktiva), utangnya (kewajiban) dan klaim kepemilikan terhadap sumber daya (ekuitas pemilik). Neraca dapat disusun dalam dua bentuk, yaitu T (T form) dan L (L form).

Dalam bentuk T form, semua harta perusahaan ditempatkan pada sisi kiri neraca dengan judul aktiva (assets). Sedangkan utang dan modal berada pada sisi kanan dengan judul pasiva. Dalam bentuk L form, semua harta perusahaan ditempatkan pada bagian atas neraca dan utang/modal ditempatkan pada bagian bawah neraca. Data yang terdapat dalam neraca bermanfaat untuk menyediakan basis data finansial untuk menghitung tingkat pengembalian perusahaan, dan mengevaluasi struktur permodalan yang dimiliki perusahaan, yaitu menilai likuiditas, solvabilitas, serta fleksibilitas keuangan perusahaan.

  • Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan memberikan informasi tentang penjelasan yang dianggap perlu atas laporan keuangan yang ada sehingga menjadi jelas penyebabnya. Hal ini dimaksudkan agar pengguna laporan dapat memahami dengan jelas data keuangan dalam laporan keuangan tersebut.

Fungsi Laporan Keuangan Untuk Bisnis

fungsi-laporan-keuangan-untuk-bisnis

Ilustrasi Akuntan Menggunakan Kalkulator untu Menyusun Pembukuan (Sumber: Freepik.com)

Manfaat laporan keuangan cukup penting untuk keberlangsungan suatu perusahaan. Sebelum membahas bagaimana cara membuat laporan keuangan online shop di Excel, sebaiknya Anda mengetahui dulu fungsi dari laporan keuangan agar lebih mudah menerapkannya ke dalam bisnis Anda. Adapun fungsi dan manfaat laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Untuk Menilai Kondisi Usaha

Laporan keuangan sudah lazim digunakan sebagai syarat kerja sama dengan berbagai pihak untuk meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa depan. Sebagai pihak yang meminjamkan tambahan modal untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, kreditor akan meminta laporan keuangan perusahaan. Supplier juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan Anda, terutama jika Anda membeli barang dengan sistem kredit. Dengan informasi yang disajikan pada laporan tersebut, supplier bisa mengambil keputusan apakah perusahaan Anda memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak.

  • Sebagai Bahan Evaluasi

Dengan menggunakan hasil analisis dari laporan keuangan, Anda selaku pemilik bisnis atau pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan dapat mengambil keputusan dalam menentukan strategi bisnis pada perusahaan tersebut.

  • Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan

Laporan keuangan dapat menjadi bahan penilaian kemampuan pemilik bisnis untuk memenuhi seluruh kewajibannya. Hal tersebut mencakup kemampuan jangka pendek maupun jangka panjang, struktur modal perusahaan, pendistribusian aktiva, juga efektivitas penggunaan aktiva.

Peran Penting Laporan Keuangan untuk Bisnis Online Shop

peran-penting-laporan-keuangan-untuk-bisnis-online

Ilustrasi Pemilik Bisnis Online Shope Membuat Pembukuan (Sumber: Freepik.com)

Semua bisnis, termasuk online shop, jika ditekuni tentu berpotensi menjadi bisnis besar. Seiring dengan pertambahan pengguna internet dan smartphone di Indonesia, peluang sukses bisnis online shop pun makin bertambah besar. 

Tak ayal, laporan keuangan menjadi hal penting bagi pengusaha pemula maupun profesional. Hal ini disebabkan karena kita semua sebagai manusia memiliki ingatan yang sangat terbatas. Dari situlah menjadi jelas mengenai pentingnya laporan keuangan untuk bisnis online shop. Dengan dibuatnya laporan keuangan, maka arus keuangan akan lebih teratur dan terpantau.

Pada bisnis berskala kecil terdapat kecenderungan untuk mencampur adukkan keuangan. Pada akhirnya omset bisnis kerap terpakai untuk keperluan pribadi dan juga sebaliknya. Sementara kebiasaan tersebut hanya akan menimbulkan kekacauan. Kemungkinan terburuknya adalah bisnis tersebut tidak dapat bertahan karena pendapatan juga modal justru habis untuk kebutuhan pribadi. Selain memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari laporan keuangan bisnis online shop Anda. Berikut ini sedikit uraian singkatnya.

  • Memantau Perkembangan Online shop

Laporan keuangan dapat dijadikan alat bantu untuk mengontrol pertumbuhan bisnis online shop Anda. Anda dapat melihat seberapa banyak laba atau kerugian yang bisnis online shop Anda alami dari melihat laporan keuangannya. Laporan keuangan dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur untuk menentukan strategi penjualan berikutnya.

  • Mengontrol Biaya Keluar Selanjutnya

Anda dapat tahu mana biaya yang sebenarnya bisa ditekan sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pembelanjaan di masa mendatang, berdasarkan laporan keuangan yang tercatat secara detail. Rintisan online shop Anda akan aman dari risiko kerugian apabila laporan keuangan dibuat rutin tiap bulan dan ditulis secara detail.

  • Membuat Karyawan Lebih Percaya

Jika suatu saat bisnis online shop Anda menjadi besar dan ramai, sehingga Anda butuh mempekerjakan seorang admin, laporan keuangan dapat membuat kandidat karyawan lebih percaya untuk bekerja denganmu. Anda dan karyawan bisa tahu seperti apa masa depan online shop yang tengah dirintis ini, berdasarkan data pada laporan keuangan. Meski demikian, perlu adanya batasan informasi dalam laporan keuangan untuk konsumsi karyawan apabila isi dalam laporan keuangan tersebut memang rahasia.

Pembukuan Sederhana untuk Online Shop

pembukuan-sederhana-untuk-online-shop

Ilustrasi Pembukuan Sederhana Bisnis Online (Sumber: Freepik.com)

Karena bisnis online shop yang Anda jalankan baru saja dirintis, maka Anda cukup menggunakan template pembukuan yang sederhana. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu akun-akun yang ada pada proses pembukuan.

  • Buku Pemasukan

Pada buku pemasukan, segala bentuk pemasukan uang harus dicatat secara rinci dan detail. Sumber pemasukan antara lain ialah pembayaran piutang dan hasil penjualan produk.

  • Buku Pengeluaran

Semua pengeluaran yang dilakukan selama menjalankan bisnis online shop harus dicatat, sekecil apa pun pengeluaran itu. Buat buku catatan khusus untuk transaksi pengeluaran agar Anda tidak bingung. Contoh pengeluaran bisnis antara lain adalah pembelian bahan baku, biaya operasional, biaya iklan, perawatan alat operasional, dan upah karyawan.

Pencatatan transaksi pengeluaran akan memberikan gambaran tepat mengenai seberapa banyak uang yang Anda keluarkan sebagai modal usaha selama periode tertentu. Dengan adanya pengeluaran modal yang jelas dan rinci, maka Anda bisa lebih mudah menentukan harga dan menargetkan berapa keuntungan yang harus didapat agar Anda dapat balik modal.

  • Buku Catatan Stok Inventori

Stok inventori bisnis dapat berwujud banyak hal, yaitu barang-barang yang menunjang jalannya suatu bisnis. Misalnya saja printer, komputer, dan lain sebagainya. Inventori dapat dibeli menggunakan uang modal atau didapatkan dari hasil hibah. Pencatatan inventori penting dilakukan agar Anda dapat mengawasi aset yang dimiliki perusahaan.

  • Buku Kas Utama

Buku kas utama ini merupakan pembukuan atas transaksi yang telah dilakukan selama periode tertentu, mulai dari transaksi pengeluaran hingga pemasukan. Semua transaksi tersebut disatukan ke dalam buku kas utama. Arus keuangan bisnis akan lebih terpantau ketika data pemasukan dan pengeluaran telah disatukan. Anda juga bisa membuat perencanaan bisnis dengan melihat data keuangan yang ada.

  • Buku Stok Barang

Selain arus kas masuk dan keluar, Anda juga harus membuat catatan stok barang, agar mengetahui kapan harus kembali mengeluarkan modal membeli bahan utama produksi. Pencatatan keluar-masuk barang harus dicatat setiap hari, karena akan ada pengurangan dan penambahan setiap harinya. Pencatatan ini akan meminimalisasi adanya kerugian karena kelalaian perhitungan.

Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan kesalahan perhitungan stok barang, entah dari supplier maupun dari karyawan. Data stok barang juga bisa menjadi gambaran sebanyak apa toko Anda telah berkembang. Jika stok barang sulit keluar, maka Anda harus memikirkan strategi pemasaran lain aga barang-barang segera keluar dan sampai di tangan konsumen.

  • Buku Laba Rugi

Buku laba rugi dapat dibuat secara sederhana agar mudah dipahami. Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan dari data yang ada di laporan laba rugi. Keuntungan dan kerugian yang didapat akan jadi acuan bagi Anda untuk mengambil keputusan besar di kemudian hari.

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Bisnis Online Shop

Contoh pembukuan manual

Contoh Pembukuan Sederhana Secara Manual (Sumber: https://deemas91.wordpress.com/)

Ada dua cara membuat pembukuan keuangan sederhana untuk bisnis online shop, yaitu:

  • Pencatatan Pembukuan Secara Manual

Sesuai namanya, Anda menyusun laporan keuangan bisnis online shop Anda secara manual. Namun, laporan keuangan bentuk yang dibukukan secara manual dianggap tidak efektif karena begitu banyak data yang harus dicatat. Walhasil, terdapat kemungkinan yang tinggi akan kesalahan akibat human-error dan kelalaian pencatatan.

  • Pencatatan Pembukuan dengan Excel

Pembukuan sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan software umum seperti Microsoft Excel. Sebenarnya pengerjaannya tidak terlalu berbeda dengan pembukuan manual. Tetapi dengan menggunakan Excel, kesalahan akibat kekurangan ketelitian dalam menghitung dapat dikurangi. Hal ini disebabkan adanya fungsi rumus yang bisa diisi dan otomatis menghitungkan hasil yang kita inginkan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Online Shop Excel yang Sederhana

  • Memilih Template Excel

Membuat laporan keuangan di Excel membutuhkan sebuah template yang jelas dan rapi. Dalam hal in, Anda bisa membuatnya secara otomatis dari Excel. Untuk langkahnya, pertama Anda harus memilih tombol menu dan klik wizard.  Di sana Anda akan menemukan berbagai template dari Excel. Dari template tersebut Anda bisa membuat berbagai laporan keuangan dengan sangat mudah. Pilihlah format template yang simple dan sesuai dengan kebutuhan pembuatan laporan keuangan Anda.  

  • Memahami Template

Cara selanjutnya yang harus diketahui adalah mempelajari template Excel. Banyak sekali template-template yang disediakan oleh Excel untuk memenuhi kebutuhan pembuatan laporan keuangan. Sebelum memilih untuk menerapkannya dalam laporan yang akan Anda buat, sebaiknya Anda benar-benar memahami terlebih dahulu fitur-fitur yang ada pada template tersebut. Pilihlah template yang mudah untuk dipahami agar Anda tidak kesulitan dalam mengoperasikannya. Manfaatkan juga fitur-fitur yang sudah tersedia di excel untuk mengolah data laporan Anda.

  • Fokus Terhadap Kumpulan Data Prefilled

Kumpulan data prefilled ini sangat penting bagi Anda saat melakukan perhitungan dan manajemen. Anda harus banyak berlatih untuk menggunakan data prefilled secara maksimal. Data prefilled sangat berhubungan dengan cara membuat laporan keuangan yang membutuhkan pemahaman dalam penggunaan berbagai fitur di dalamnya. 

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Online Shop yang Bisa Dijadikan Referensi

Software Akuntansi Online Tampilan Laporan Laba Rugi

Contoh Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Software Akuntansi Online Tampilan Laporan Neraca

Contoh Laporan Neraca dengan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

contoh-laporan-arus-kas

Contoh Laporan Arus Kas Menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Pencatatan Pembukuan dengan Software Akuntansi Beecloud

Kesimpulan

Pembukuan laporan keuangan sering kali dianggap remeh oleh sejumlah pebisnis pemula, termasuk oleh pebisnis online shop. Sebenarnya Anda bisa melakukan pembukuan dengan mengikuti contoh pembukuan sederhana untuk bisnis online shop Anda seperti yang sudah dibahas di atas.

Anda dapat menggunakan software akuntansi Beecloud jika merasa Excel kurang memadai bagi pembukuan laporan keuangan Anda. Dengan Beecloud, pembukuan laporan keuangan bisnis online shop Anda dapat diolah dengan mudah dan cepat. Jika Anda merasa kerepotan dengan beberapa hal teknis seperti proses perhitungan, maka Beecloud merupakan solusi yang tepat, karena dapat menghemat waktu Anda dalam melakukan pembukuan, serta menghindarkan Anda dari risiko human error.

Cari tahu produk terlaris dan channel toko online paling menguntungkan dengan fitur laporan penjualan per masing-masing channel per bulan, cek laporan per channel realtime, data jumlah produk terjual per bulan, scale-up produk terlaris berdasarkan data dengan Software Akuntansi Laporan Keuangan Beecloud.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa itu Periode Akuntansi? Ini Jenis dan Penjelasannya
Periode akuntansi adalah fondasi penting dalam domain keuangan, yang memungkinkan perusahaan untuk merinci dan merekam transaksi mereka dalam jangka waktu
Baca Juga
5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya
5 laporan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena masing-masing memiliki peran untuk kelangsungan bisnis. Laporan keuangan
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!
Anda membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan? Segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial memang harus tersusun dengan baik. Kesalahan dalam membuatnya
Baca Juga
Payment: Mengenal Arti beserta Metode yang Sering Digunakan
Suatu tindakan yang harus Anda lakukan sebelum menerima barang yang dilakukan ialah melakukan payment atau pembayaran. Sistem pembayaran memiliki makna
Baca Juga
Cash Opname Adalah Pemeriksaan Kas Fisik, Begini Contohnya
Dalam menjalankan bisnis, mengetahui cara mengelola uang tunai yang efektif dan akurat sangat penting. Salah satunya dengan cara cash opname,
Baca Juga
Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu