Logo Bee Web

Mengenal KAP (Kantor Akuntan Publik) Secara Lengkap

KAP adalah wadah akuntan publik dalam menawarkan jasanya dan sudah mendapatkan izin dari Menteri Keuangan, baca selengkapnya pada atikel ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 16 November 2023

KAP (Kantor Akuntan Publik) adalah sebuah lembaga bisnis yang bergerak di bidang keuangan dan akuntansi. KAP didirikan dengan tujuan untuk memberikan berbagai jenis layanan yang berkaitan dengan akuntansi, audit, perpajakan, dan konsultasi bisnis.

Kantor akuntan publik ini juga bisa dikatakan sebagai wadah bagi para akuntan publik untuk menawarkan jasanya dan sudah mendapatlan izin dari menteri keuangan Indonesia. Untuk lebih lengkapnya baca artikel di bawah ini

Apa Itu KAP?

KAP adalah

KAP didirikan oleh sekelompok akuntan yang telah memenuhi persyaratan yang ketat yang ditetapkan oleh OJK (Credit: Freepik.com)

Kantor Akuntan Publik atau KAP adalah suatu entitas usaha yang mengkhususkan diri dalam bidang jasa keuangan dan akuntansi. KAP didirikan oleh sekelompok akuntan yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tujuan dari KAP ini adalah untuk membantu perusahaan dan individu dalam mengelola aspek keuangan mereka dengan lebih efisien dan profesional. Dengan adanya wadah ini baik individu maupun pebisnis lebih mudah menemukan akuntan yang kompeten dan terpercaya.

Baca Juga: 5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya

Bagaimana KAP Didirikan?

KAP didirikan oleh sekelompok akuntan yang telah memenuhi persyaratan yang ketat yang ditetapkan oleh OJK. Para akuntan ini biasanya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang luas dalam bidang akuntansi dan keuangan.

Proses pendirian kantor akuntan ini  melibatkan beberapa tahap, seperti pendaftaran perusahaan, penyusunan perjanjian kerja sama, serta persiapan semua dokumen dan perizinan yang diperlukan.

Setelah didirikan, mereka dapat memberikan berbagai layanan keuangan kepada klien mereka. Ini termasuk menyusun laporan keuangan, melakukan audit, memberikan saran perpajakan, dan memberikan konsultasi bisnis yang relevan.

Dengan layanan yang diberikan maka akan sangat membantu perusahaan dan individu menjaga kesehatan keuangan mereka dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Syarat dan Izin Pembentukan KAP

Agar dapat beroperasi secara legal, kantor akuntan publik harus memperoleh izin dari OJK. Izin ini menunjukkan bahwa kantor akuntan ini telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dan diakui oleh pihak berwenang.

Izin ini juga berfungsi sebagai jaminan bahwa layanan yang diberikan oleh akuntan publik telah melalui proses pengawasan yang ketat dan profesional.

Selain izin dari OJK, KAP juga dapat memilih untuk bergabung dengan organisasi profesi seperti Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) yang dapat memberikan dukungan dan panduan tambahan dalam menjalankan bisnis mereka.

Fungsi Kantor Akuntan Publik bagi Bisnis

Opini Audit Adalah

Salah satu fungsi dari kantor akuntan publik adalah melakukan proses audit laporan keuangan (Credit: Freepik.com/ @vector4stock)

Berikut adalah rincian lebih lengkap mengenai fungsi-fungsi tersebut:

1. Audit Laporan Keuangan

Salah satu fungsi utama KAP adalah melakukan audit terhadap laporan keuangan suatu perusahaan. Audit ini bertujuan untuk memeriksa secara cermat laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan tersebut disusun secara transparan, akurat, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Dengan melakukan audit, akuntan publik ini membantu memastikan keabsahan informasi keuangan yang disajikan kepada pihak-pihak terkait, seperti pemegang saham, pihak investasi, atau pihak yang membutuhkan informasi keuangan tersebut.

2. Jasa Akuntansi

Selain melakukan audit, KAP juga memberikan berbagai layanan akuntansi kepada kliennya. Ini termasuk penyusunan laporan keuangan, pencatatan transaksi keuangan, analisis keuangan, dan penyusunan neraca serta laporan laba rugi.

Layanan ini membantu perusahaan untuk menjaga catatan keuangan yang teratur dan akurat, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

3. Jasa Perpajakan

Berikutnya adalah menawarkan layanan perpajakan kepada perusahaan dan individu. Mereka membantu dalam memahami dan mematuhi aturan perpajakan yang berlaku.

Ini mencakup penyusunan laporan perpajakan, pengajuan pajak, serta memberikan saran terkait strategi perpajakan yang dapat membantu mengoptimalkan kewajiban pajak sekaligus mematuhi regulasi yang berlaku.

4. Jasa Konsultasi Bisnis

Selain itu juga memberikan layanan konsultasi bisnis kepada kliennya. Mereka memberikan saran dan panduan terkait aspek keuangan, strategi bisnis, analisis risiko keuangan, restrukturisasi keuangan, serta rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi keuangan perusahaan.

Layanan konsultasi ini membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis dalam pengelolaan keuangan dan bisnis mereka.

Melalui berbagai layanan yang ditawarkan, KAP memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan.

Dengan memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi, memberikan layanan akuntansi yang terpercaya, serta memberikan nasihat dan solusi terkait keuangan dan bisnis, akuntan publik sangt membantu perusahaan dan individu untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.

Semua ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan keuangan, kepatuhan regulasi, dan kesuksesan bisnis klien mereka.

Jenis-Jenis Layanan di KAP

Audit Laporan Keuangan Kaca Pembesar

Kantor akuntan publik memberikan berbagai pelayanan 9Credit: Freepik.com)

Jika Akuntan Publik adalah seorang profesional yang menawarkan layanan keuangan dan akuntansi, maka Kantor Akuntan Publik adalah tempat di mana para akuntan publik menjalankan tugas mereka.

Kantor Akuntan Publik bukan hanya sebuah tempat, tapi juga sebuah badan usaha yang memberikan wadah bagi para akuntan publik untuk menyediakan layanan profesional mereka.

Di Kantor Akuntan Publik, terdapat beberapa bidang jasa yang biasanya dilakukan, yaitu:

1. Jasa Atestasi

Jasa atestasi adalah layanan penjaminan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik. Ini melibatkan penerbitan laporan tertulis yang disusun sebagai hasil penilaian independen dan kompeten terhadap suatu pernyataan atau masalah. Jenis layanan atestasi termasuk:

  • Audit umum atas laporan keuangan.
  • Pemeriksaan laporan keuangan.
  • Pemeriksaan keuangan proforma.
  • Review laporan keuangan.

Layanan ini bertujuan untuk memberikan keyakinan dan kepastian atas kebenaran dan kewajaran dari laporan keuangan perusahaan.

2. Jasa Non-Atestasi

Jasa non-atestasi adalah jenis layanan di mana akuntan publik tidak memberikan pendapat, ringkasan temuan, keyakinan negatif, atau opini pribadi. Jenis layanan ini mencakup bidang-bidang seperti:

  • Layanan akuntansi.
  • Layanan keuangan.
  • Layanan manajemen.
  • Kompilasi laporan keuangan.
  • Layanan perpajakan.

Jasa perpajakan yang disediakan mencakup pengisian surat laporan pajak, perencanaan pajak, serta memberikan saran terkait permasalahan perpajakan.

Selain itu, akuntan juga bisa bertindak sebagai penasehat dalam hal perpajakan dan membantu dalam masalah yang terkait dengan kantor pajak bagi perusahaan yang menggunakan layanan mereka.

Melalui berbagai layanan ini, Kantor Akuntan Publik membantu perusahaan dan individu dalam mengelola aspek keuangan dan perpajakan mereka dengan profesionalisme dan kualitas layanan yang dijamin.

Dari penjaminan laporan keuangan hingga layanan perpajakan, Kantor Akuntan Publik menjadi landasan penting dalam penyediaan layanan profesional akuntansi.

Waspada! Ini Ciri-ciri Kantor Akuntan Publik yang Tidak Terpercaya

Pailit Adalah

Hindari beberapa hal di bawah ini agar tidak tertipu jasa akuntan abal-abal (Credit: Freepik.com)

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang tidak dapat dipercaya:

1. Kurangnya Akreditasi dan Lisensi

KAP yang tidak terpercaya seringkali tidak memiliki akreditasi atau lisensi yang dikeluarkan oleh badan regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kurangnya lisensi bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak memenuhi standar profesional yang ditetapkan.

2. Riwayat Buruk dalam Kualitas Pelayanan

Kantor Akuntan Publik yang tidak terpercaya mungkin memiliki catatan buruk terkait kualitas pelayanan mereka. Ini bisa tercermin dari ulasan buruk atau keluhan dari klien sebelumnya terkait ketidakkonsistenan, kurangnya transparansi, atau kesalahan dalam pelaporan.

3. Ketidakpatuhan pada Standar Profesional

Ketidakpatuhan pada standar profesional, baik dalam bidang akuntansi, audit, atau perpajakan, merupakan ciri yang tidak dapat dipercaya. Jika sebuah KAP tidak mematuhi aturan atau prosedur yang ditetapkan dalam industri, hal ini menimbulkan keraguan pada keandalan layanan yang mereka tawarkan.

4. Perubahan Pemilik Secara Konstan

Kantor Akuntan Publik yang sering berganti-ganti kepemilikan atau memiliki struktur kepemilikan yang tidak jelas dapat menimbulkan keraguan. Hal ini dapat mengindikasikan masalah internal atau ketidakstabilan yang dapat mempengaruhi konsistensi dan kualitas layanan.

5. Kurangnya Transparansi dan Komunikasi

KAP yang tidak dapat dipercaya mungkin tidak memberikan informasi yang cukup atau transparansi yang diperlukan kepada klien. Kurangnya komunikasi dan penjelasan yang jelas tentang layanan yang mereka sediakan dapat menimbulkan ketidakpercayaan.

Penting untuk melakukan riset dan melakukan penilaian sebelum memilih KAP untuk layanan akuntansi, audit, atau perpajakan.

Memastikan bahwa KAP memiliki akreditasi, catatan yang baik, mematuhi standar profesional, dan memberikan layanan dengan transparansi dapat menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan keandalan dan kepercayaan pada layanan yang mereka tawarkan.

Cara Permohonan Izin Usaha Kantor Akuntan Publik (KAP)

Untuk mendirikan dan mengoperasikan Kantor Akuntan Publik (KAP), Anda perlu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah beserta persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Permohonan Izin Usaha KAP

Proses permohonan izin usaha kantor akuntan publik dilakukan melalui aplikasi elsa-pk.kemenkeu.go.id. Aplikasi ini adalah langkah awal untuk mendapatkan izin usaha KAP.

Panduan aplikasi dapat diunduh melalui tautan yang disediakan pada website resmi yang sesuai.

2. Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Contoh Form Pendaftaran Kantor Akuntan Publik (kap)

Contoh Form Pendaftaran Kantor Akuntan Publik (kap) (Credit; scribd.com)

Sebelum mengajukan permohonan, pastikan Anda telah mempersiapkan persyaratan berikut:

  • Formulir Permohonan: Isi formulir permohonan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Surat Pernyataan Kebenaran Data: Sertakan surat pernyataan yang menyatakan kebenaran data yang Anda ajukan dalam permohonan.
  • Daftar Rekan KAP: Ini termasuk fotokopi surat izin Akuntan Publik, baik untuk KAP Perseorangan, Persekutuan, atau  Firma. Seluruh Rekan Akuntan Publik yang terlibat dalam KAP harus dicantumkan. Jika ada Rekan yang bukan Akuntan Publik (Non-AP), sertakan fotokopi Surat Tanda Terdaftar Non-AP jika ada.
  • Fotokopi Tanda Bukti Domisili: Sertakan fotokopi tanda bukti domisili yang menunjukkan bahwa domisili Pemimpin KAP sama dengan domisili dan seluruh Rekan.
  • Bukti Kepemilikan atau Sewa Kantor: Sertakan bukti kepemilikan atau sewa kantor yang memiliki domisili yang sama dengan Pemimpin KAP.
  • Foto dan/atau Denah Ruangan: Ini digunakan untuk menunjukkan bahwa kantor KAP telah terisolasi.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak): Sertakan fotokopi NPWP Badan untuk KAP Persekutuan dan Firma, atau fotokopi NPWP Pribadi untuk KAP Perseorangan.
  • Daftar Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa di Bidang Akuntansi: Pastikan Anda mencantumkan setidaknya dua orang tenaga kerja profesional yang terkait dengan bidang akuntansi, termasuk fotokopi ijazah yang dilegalisasi, surat pengangkatan pegawai tetap, dan fotokopi rancangan SPM (Surat Pengangkatan Pegawai).
  • Dokumen Pendirian KAP: Sertakan fotokopi akta notaris mengenai pendirian KAP, baik untuk KAP Persekutuan dan Firma, atau surat pernyataan pendirian bagi Perseorangan.
  • Bukti Pembayaran PNBP Izin Usaha KAP: Sertakan bukti pembayaran PNBP yang sesuai untuk permohonan izin usaha KAP.
  • Salinan Asli Izin Usaha KAP Sebelum Berubah Nama: Ini diperlukan jika ada perubahan nama dan domisili KAP.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat

3. Waktu Penyelesaian

Izin usaha KAP akan diterbitkan paling lambat dalam waktu 10 hari kerja setelah berkas dinyatakan lengkap dan benar.

4. Biaya PNBP Izin Usaha KAP

Biaya PNBP untuk izin usaha KAP adalah sebagai berikut:

  • KAP berbentuk perseorangan: Rp1.500.000,00
  • KAP yang memiliki 2 s.d. 4 rekan: Rp3.000.000,00
  • KAP yang memiliki rekan lebih dari 5: Rp6.000.000,00

5. Penggunaan Nama KAP

KAP berbentuk usaha perseorangan harus menggunakan nama Akuntan Publik yang mendirikan dan mengelola kantor tersebut. Jika nama Akuntan Publik terdiri dari lebih dari satu kata, setidaknya satu kata dari nama lengkap Akuntan Publik tersebut harus digunakan dalam nama KAP.

Kantor akuntansi publik ini berbentuk usaha persekutuan perdata atau firma harus menggunakan nama salah satu atau beberapa Akuntan Publik yang merupakan Rekan di KAP tersebut. Jika KAP tidak menggunakan nama seluruh Akuntan Publik yang merupakan Rekan, KAP hanya dapat mencantumkan frasa "dan Rekan" atau "& Rekan" dalam nama KAP.

Nama kntor akuntan publik juga  tidak boleh disertai dengan pencantuman gelar. KAP dapat menggunakan nama Akuntan Publik yang telah meninggal dunia atau yang telah mengundurkan diri sebagai Akuntan Publik sebagai bagian dari nama KAP, asalkan ada persetujuan tertulis yang sah dari ahli waris atau yang bersangkutan.

Dengan mematuhi langkah-langkah dan persyaratan ini, Anda dapat mengajukan permohonan izin usaha KAP dengan lancar dan legal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis dan keuangan, Kantor Akuntan Publik (KAP) memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kesehatan keuangan dan integritas laporan keuangan perusahaan.

Untuk mendirikan KAP, saran terbaik adalah untuk melibatkan akuntan yang berpengalaman, memahami peraturan, dan memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang ini. Mereka dapat memberikan panduan yang akurat dan memastikan bahwa semua persyaratan dipenuhi dengan benar.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk membantu proses pembuatan laporan hingga pencatatan proses akuntansi, dimana software ini dihadirkan bukan untuk menghilangkan profesi akuntan namun untuk alat bantu agar lebih memudahkan. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Laporan Keuangan Akurat Untuk Laporan Pajak Pakai Beeaccounting 1x Klik Langsung Jadi

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih memahami peran KAP dan langkah-langkah mendirikannya dengan sukses.

Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Pengertian dan Contoh Jurnal Penyesuaian Bisnis
Contoh jurnal penyesuaian banyak dicari oleh pebisnis seperti Anda. Seperti yang kita ketahui bersama jika pembukuan keuangan merupakan hal yang
Baca Juga
Manfaat Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu
Manfaat software akuntansi bagi perusahaan sudah tidak perlu kita pertanyakan lagi. Bagaimana sistem ini bekerja terbukti dapat menyajikan kemudahan dan
Baca Juga
Software Laporan Keuangan Terbaik untuk Berbagai Jenis Usaha
Setiap bisnis atau usaha pasti membutuhkan laporan tentang status keuangan. Laporan tersebut akan digunakan untuk analisis pertumbuhan dan perkembangan suatu
Baca Juga
Mengenal Ayat Jurnal Penyesuaian, Pengertian sampai Jenisnya
Anda masih kesulitan dalam menyusun ayat jurnal penyesuaian (AJP)? Laporan akuntansi sebuah bisnis memang cukup kompleks. Seorang akuntan mesti mencatatnya
Baca Juga
Jenis Jenis Pajak di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui
Menurut Pajak.com Pajak adalah iuran rakyat kepada negara, berdasarkan undang-undang, yang dapat dipaksakan, dengan imbalan yang diberikan secara tidak langsung
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu