🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Karakteristik Perusahaan Dagang dan Perbedaannya

Salah satu karakteristik perusahaan dagang menjual produk tanpa produksi, manajemen stok dan masih banyak lagi lainnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Saturday, 9 December 2023

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang fokus dalam melakukan transaksi jual beli barang. Karakteristik perusahaan dagang juga berbeda dengan perusahaan jasa secara keseluruhan.

Seperti perusahaan dagang fokus pada pelayanan dan biasanya harga yang ditetapkan bisa berbeda sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Sedangkan pada perusahaan dagang harga yang ditentukan tetap dan bersifat stok.

Bahkan keberhasilan perusahaan dagang seringkali tergantung pada kemampuannya dalam manajemen persediaan, strategi pemasaran, dan pemahaman yang mendalam terhadap pasar. Yuk, kenali lebih dalam karakteristik dari perusahaan dagang pada artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Perusahan Dagang?

karakteristik perusahaan dagang adalah

Salah satu ciri khas paling menonjol dari perusahaan dagang adalah menjual produk tanpa perlu proses produksi terlebih dahulu (Credit: Freepik.com)

Secara pengertian perusahaan dagang adalah jenis perusahaan yang secara khusus fokus pada kegiatan jual-beli barang atau produk yang dihasilkan oleh pihak lain.

Perusahaan dagang juga memainkan peran sebagai perantara antara produsen atau distributor dengan konsumen akhir. Perusahaan ini juga dikelompokkan menjadi dua jenis berdasarkan perannya.

Pertama adalah perusahaan dagang besar berperan sebagai distributor, dan yang kedua adalah perusahaan dagang kecil atau eceran yang langsung menjual produk kepada konsumen akhir.

Ada beberapa golongan perusahaan dagang yang sering ditemui yakni distributor, agen tunggal, pengecer, toko swalayan, toko serba ada (toserba), dan pusat barang-barang grosir.

Baca Juga: 6 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Contohnya

Perbedaan Perusahaan Dagang dan Jasa

Setidaknya ada 5 hal dasar yang membedakan perusahaan dagang dan perusahaan jasa, yakni:

1. Fokus Kegiatan

Perbedaan pertama perusahaan dagang dan jasa adalah dari fokus kegiatan, perusahaan dagang fokus pada kegiatan jual-beli barang atau produk yang dibeli dari produsen dan dijual kembali ke konsumen.

Sedangkan perusahaan jasa sebaliknya mereka berfokus pada penyediaan layanan kepada konsumen atau perusahaan. Layanan ini bisa berupa konsultasi, perawatan kesehatan, pendidikan, hiburan, atau layanan lainnya yang tidak berwujud.

2. Produk atau Layanan

Perbedaan mencolok lainnya adalah dari produk dan layanan yang ditawarkan kepada konsumen, dimana perusahaan dagang menghasilkan atau menjual barang fisik atau produk yang dapat dilihat dan disentuh.

Sedangkan untuk perusahaan jasa mereka menyediakan layanan yang umumnya bersifat tidak berwujud, meskipun dapat ada elemen barang fisik dalam penyediaan layanan tertentu.

3. Nature of Inventory (Sifat Persediaan)

Berikutnya adalah dari sifat persediaan, untuk usaha dagang mereka memiliki persediaan. Sedangkan untuk usaha jasa umumnya bersifat tidak berwujud dan mungkin melibatkan keterampilan atau kapasitas sumber daya manusia.

Sederhananya, perbedaan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa terletak pada jenis kegiatan ekonomi yang mereka lakukan dan sifat produk atau layanan yang mereka hasilkan atau tawarkan.

Baca Juga: Pengertian Inventory, Manfaat dan Cara Pengelolaannya

Karakteristik Perusahaan Dagang

karakteristik perusahaan

Ilustrasi proses transaksi jual beli barang di perusahaan dagang (Credit: Freepik.com)

Berikut ini beberapa karakteristik perusahaan dagang:

1. Jual Beli jadi Kegiatan Utama

Sebagai entitas bisnis, perusahaan dagang secara utama terlibat dalam proses jual-beli barang atau produk yang kemudian dijual kembali kepada konsumen.

Proses jual beli ini mencakup pembelian produk dari produsen atau distributor, menyimpannya di gudang penyimpanan, dan kemudian menjualnya kembali ke konsumen atau perusahaan lain.

Dimana pengelolaan gudang penyimpanan menjadi kunci dalam memastikan persediaan yang efisien dan ketersediaan produk sesuai dengan permintaan pasar.

2. Tidak Melakukan Proses Produksi Barang

Meskipun mereka menawarkan produk kepada konsumen, tapi mereka tidak melakukan produksi secara langsung. Selain itu, mereka juga tidak menciptakan atau mengubah barang secara signifikan.

Melainkan berfokus pada perantaraan jual-beli. Ini membedakan mereka dari perusahaan manufaktur yang terlibat dalam pembuatan produk secara langsung.

3. Laba Dihitung dari Penjualan Dikurangi Pembelian dan Operasional

Selanjutnya karakteristik perusahaan dagang adalah penentuan laba dan rugi, dimana penentuan keuntungan dalam perusahaan dagang didasarkan pada perbedaan antara total hasil penjualan dengan biaya pembelian dan biaya operasional.

Perhitungan ini mencerminkan efisiensi dan kelayakan operasional perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bersih dari kegiatan bisnisnya.

4. Barang Tidak Melalui Pemrosesan Ulang

Karakteristik perusahaan dagang yang ketiga adalah barang yang dijual langsung dijual tanpa melalui proses pengolahan atau perubahan sedikit pun.

Lebih tepatnya, barang yang diperdagangkan oleh perusahaan dagang biasanya dijual tanpa melibatkan proses pengolahan atau perubahan substansial.

Mereka memfasilitasi perpindahan barang dari titik awal (produsen atau distributor) ke titik akhir (konsumen) tanpa melakukan modifikasi signifikan terhadap barang tersebut.

5. Akun Persediaan Barang Jadi Landasan Akuntansi

Contoh Laporan Persediaan Barang Laporan Fast Moving Inventory

Contoh Laporan persediaan barang fast-moving (Credit: pakar.co.id)

Salah satu hal yang membedakan perusahaan jasa dan dagang adalah dari stok barang dagangnya, hal ini menjadikan akun persediaan barang menjadi akun khas yang dimiliki oleh perusahaan dagang sekaligus sebagai landasan akuntansi.

Dimana akuntansi dalam perusahaan dagang memiliki fokus pada akun persediaan barang. Ini mencakup pencatatan pembelian barang, penjualan, dan pemeliharaan persediaan.

Dengan pengelolaan akun persediaan yang baik menjadi kunci dalam menentukan keuntungan bersih dan kesehatan finansial perusahaan.

6. Keterlibatan dalam Rantai Pasokan dan Distribusi

Karakteristik perusahaan dagang selanjutnya adalah rantai pasokan dan distribusi, yang mana perusahaan dagang memiliki peran yang signifikan dalam rantai pasokan dan distribusi.

Mereka bertindak sebagai perantara yang menghubungkan produsen atau distributor dengan konsumen akhir. Dengan demikian, perusahaan dagang tidak hanya terlibat dalam pembelian dan penjualan barang, tetapi juga dalam memastikan produk mencapai pasar dengan efisien.

7. Pengelolaan Persediaan

Pengelolaan persediaan menjadi karakteristik penting perusahaan dagang karena memastikan operasional bisnis berjalan lancar dan efisien, pengelolaan ini juga berperan penting dalam beberapa aspek.

Mulai dari ketersediaan produk yang memadai, mencegah kehilangan penjualan, meningkatkan efisiensi operasional, mengendalikan biaya, dan memenuhi pesanan secara tepat waktu.

Dengan manajemen persediaan yang efektif, perusahaan dapat merencanakan produksi dan pemasaran, mengurangi risiko ketidaksesuaian dengan permintaan pasar, dan mempertahankan reputasi melalui pelayanan yang konsisten.

5 Rahasia Sukses Kelola Perusahaan Dagang

Berikut beberapa rahasia sukses mengelola perusahaan dagang:

1. Pemahaman Pasar

Kesuksesan usaha dagang dimulai dengan pemahaman mendalam terhadap pasar dan target audiens. Analisis tren pasar, perilaku konsumen, dan kebutuhan pelanggan merupakan kunci untuk membuat keputusan yang cerdas dalam stok dan pemasaran.

2. Manajemen Persediaan

Kunci sukses berikutnya adalah pengelolaan persediaan yang efisien. Memantau stok den

gan cermat, menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan, dan memprioritaskan barang berdasarkan permintaan adalah kunci untuk menjaga ketersediaan produk dan meningkatkan keuntungan.

3. Strategi Pemasaran yang Efektif

Penerapan strategi pemasaran yang terarah dan sesuai dengan karakteristik pasar dapat meningkatkan daya tarik produk. Melibatkan pelanggan melalui kampanye yang efektif dapat meningkatkan penjualan dan mendukung pertumbuhan perusahaan.

4. Pemilihan Pemasok yang Tepat

Kunci sukses selanjutnya adalah memilih pemasok yang handal dan berkualitas. Pemasok yang handal dapat memberikan ketersediaan stok yang baik dan mendukung keberlanjutan operasional perusahaan.

5. Penggunaan Software Akuntansi dengan Kontrol Stok

Rahasia kelima adalah menggunakan software akuntansi yang terintegrasi dengan kontrol stok yang akurat. Ini membantu mengotomatiskan proses pencatatan transaksi keuangan dan persediaan.

Selain itu, dengan software akuntansi Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan kinerja bisnis, dan memastikan ketersediaan data yang real-time untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Salah satu rekomendasi software akuntansi yang memiliki kontrol stok akurat ada Beecloud, software akuntansi online berbasis cloud mudahkan Anda kelola stok barang klop untuk banyak cabang sekaligus, Beecloud atasi masalah stok morat-marit Anda dengan mudah dan akurat. Cek banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beecloud Solusi Lebih Mudah Kontrol Stok Barang Di Toko Dan Gudang Dari Pusat

Artikel Terkait

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang
Baca Juga
Bundle Adalah Strategi Pemasaran, Ini Dia Penjelasannya
Pernah melihat produk yang jual dalam bentuk satu paket? Jika pernah Teknik tersebut bisa disebut dengan bundle atau bundling, yang
Baca Juga
Shipping Artinya? Pahami Arti, Fungsi & Dokumennya Lengkap
Shipping dalam dunia bisnis online tentunya akan mendatangkan banyak manfaat karena bisa membantu jalannya distribusi barang dengan aman dan tepat
Baca Juga
Pengertian Break Even Point (BEP) dan Metode Perhitungannya
Pengertian break even point baik itu di unit produksi atau nilai rupiah dalam bisnis, dan bagaimana metode perhitungan yang digunakan
Baca Juga
Cara Membuat Barcode Mudah Lewat HP dan Laptop
Cara membuat barcode bisa dilakukan dengan mudah, bahkan siapa saja kini bisa membuatnya sendiri tidak perlu repot lagi. Sebab, banyak
Baca Juga
Promosi Penjualan: Strategi, Jenis, Contoh & Manfaatnya
Promosi penjualan menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi bagi para pelaku bisnis, sebab strategi ini menjadi salah satu kunci utama
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu