Logo Bee Web

6 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Contohnya

Intip informasi terkait jenis-jenis laporan keuangan perusahaan dagang lengkap dengan contohnya pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 March 2023

Setiap jenis perusahaan pastinya memerlukan adanya laporan termasuk perusahaan dagang, perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang sebagai aktivitas utamanya. Laporan keuangan perusahaan dagang ini terdiri dari beberapa jenis.

Dengan adanya pengelompokkan ini akan sangat memudahkan perusahaan dalam manajemen sekaligus memantau keuangan mereka dari berbagai sudut pandang. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Akun-Akun dalam Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan perusahaan dagang

Data Transaksi dan Sejenisnya DIcatat dalam Masing-Masing Akun Baru Kemudian Dibentuk dalam Laporan Keuangan (Credit: Freepik.com)

Sebelum membuat laporan keuangan, Anda perlu memahami dan menyiapkan beberapa akun berikut ini, yang menjadi 'isi' dari laporan keuangan:

  • Akun Pembelian, jenis akun ini digunakan untuk mencatat setiap transaksi pembelian yang terjadi di perusahaan baik menggunakan pembayaran tunai maupun kredit.
  • Akun Retur Pembelian, jenis akun ini digunakan untuk mencatat setiap pengembalian barang dagangan yang dibeli atau rusak yang mengharuskan untuk dikembalikan.
  • Akun Potongan Pembelian, berikutnya akun ini digunakan untuk memberikan catatan mengenai potongan di awal transaksi oleh penjual barang yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Akun Beban Angkut Pembelian, kemudian untuk akun ini digunakan untuk mencatat total jumlah dari beban akun yang sudah menjadi tanggungan dari perusahaan dagang itu sendiri.
  • Akun Penjualan, jika ada pembelian maka ada penjualan, dan akun penjualan ini berfungsi untuk mencatat setiap transaksi penjualan barang yang terjadi selama satu periode akuntansi, baik secara tunai maupun secara kredit.
  • Akun Potongan Penjualan, berfungsi untuk mencatat setiap potngan yang diberikan penjual ke pembeli pada setiap transaksi yang dilakukan.
  • Akun Beban Angkut Penjualan, berguna untuk mencatat total biaya pengangkutan atau pengiriman barang yang sudah dijual.
  • Akun Persediaan Barang Dagangan, dan akun ini digunakan untuk mencatat total nilai dari seluruh persediaan barang pada periode akuntansi tertentu.

Baca Juga: Contoh Perusahaan Dagang, Ciri-ciri, dan Siklus Akuntansinya

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Contohnya

Berikut ini jenis-jenis laporan keuangan perusahaan dagang beserta contohnya lengkap:

1. Laporan Laba Rugi

Jenis pertama dalam laporan perusahaan dagang adalah laporan laba rugi, laporan ini paling umum dan menjadi laporan yang paling dasar yang wajib dimiliki perusahaan.

Dimana laporan laba rugi ini mencantumkan sederet informasi terkait performa perusahaan dari sudut pandang laba dan rugi yang diperoleh perusahaan itu sendiri dalam satu periode akuntansi.

Dengan adanya laporan keuangan ini perusahaan bisa menganalisa dengan lebih jelas beban yang harus ditanggung terkait kerugian dan juga total pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Berbagai Usaha Lengkap

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut contoh laporan laba rugi perusahaan dagang:

a. Metode Single Step

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Bee.id)

b. Metode Multi Step

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Sumber: bee.id)

2. Laporan Arus Kas

Berikutnya adalah laporan arus kas, dimana laporan ini memuat tentang pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam kas perusahaan dalam kurun waktu satu periode akuntansi. Aktivitas laporan arus kas ini mencakup tiga kegiatan yakni: Aktivitas investasi, operasi dan pendanaan.

Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang

Berikut contoh dari laporan arus kas perusahaan dagang:

a. Laporan Arus Kas Metode Langsung

Format Laporan Arus Kas Metode Langsung

Format dan Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung (Sumber: pengadaanbarang.co.id)

b. Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Format Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Format dan Contoh Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung (Sumber: pengadaanbarang.co.id)

3. Laporan Persediaan Perusahaan Dagang

Selanjutnya ada laporan persediaan perusahaan dagang, dimana laporan ini berisi tentang hal-hal terkait stok barang dari kode barang, harga jual, stok awal. pembelian, penjualan, pengembalian sampai stok akhir barang yang tersedia di toko.

Gambarannya laporan ini bisa dikatakan sebagai laporan inventory perusahaan yang dibedakan menjadi dua jenis yakni fast moving inventory dan slow moving inventory. Adapun contoh dari laporan ini bisa di simak pada pembahasan di bawah ini:

Contoh Laporan Persediaan Perusahaan Dagang

Berikut contoh laporan perusediaan perusahaan dagang:

a. Fast Moving Inventory

Contoh Laporan Persediaan Barang Laporan Fast Moving Inventory

Contoh Laporan Persediaan Barang Laporan Perusahaan Dagang Mode Fast Moving Inventory (Kredit: pakar.co.id)

b. Slow Moving Inventory

Contoh Laporan Persediaan Laporan Slow Moving Inventory1

Contoh Laporan Persediaan Barang Laporan Perusahaan Dagang Mode Slow Moving Inventory (Kredit: pakar.co.id)

4. Laporan Neraca

Selanjutnya adalah laporan neraca, laporan ini merangkum dan mencatat terkait daftar komponen aktiva, kewajiban dan modal bisnis dalam satu periode tertentu.

Dengan adanya laporan neraca ini perusahaan bisa melihat dimana posisi keuangan perusahaan juga arus kegiatan keuangan perusahaan meliputi pendapatan dan pengeluaran.

Ada dua cara penyusunan laporan neraca ini. Pertama adalah bentuk staffel, laporan neraca yang disusun secara vertikal dengan menempatkan saldo di bagian sisi samping kolom debit.

Bentuk kedua adalah belu sconto, dimana pada jenis ini komponen aktiva dan pasiva disahkan menjadi bagian sisi kanan dan kiri.

Contoh Laporan Neraca Perusahaan Dagang

Berikut contoh laporan neraca perusahaan dagang dengan dua model penyusunan:

a. Laporan Neraca Bentuk Staffel

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Neraca Staffel

Contoh Laporan Neraca Staffel (Credit: Bee.id)

b. Laporan Neraca Bentuk Skontro

Neraca Skontro

Contoh Laporan Neraca Bentuk Skontro (Credit: akuntansilengkap.com)

5. Laporan Utang Perusahaan Dagang

Selanjutnya adalah laporan yang berisikan informasi detail terkait kegiatan transaksi penambahan, pengurangan dan saldo akhir hutang perusahaan dari masing-masing supplier.

Contoh Laporan Hutang Perusahaan Dagang

Berikut ini contoh laporan hutang perusahaan dagang:

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Ilustrasi Contoh Laporan Hutang Perusahaan Dagang

6. Laporan Piutang

Terakhir adalah laporan piutang perusahaan dagang, berisi tentang serangkaian informasi terkait kewajiban konsumen yang harus diterima pihak perusahaan.

Dengan adanya laporan piutang ini perusahaan bisa mengetahui berapa jumlah dan nominal tagihan yang belum dibayar oleh konsumen.

Contoh Laporan Piutang Perusahaan Dagang

06 Ba Distributor Laporan Aging Piutang

Contoh Laporan Piutang Perusahaan Dagang (Credit: Bee.id)

Nah, sekian informasi terkait laporan keuangan perusahaan dagang beserta contohnya. Jika Anda ingin cara lebih ringkas dan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Laporan perusahaan dagang Anda dijamin akurat, bisa hitung stok, dan tentunya Anda bisa berbisnis lebih mudah. Pakai Beecloud bisa kontrol bisnis dimana saja kapan saja.

Beecloud Aplikasi Dashboard Untuk Monitor Bisnis Real Time

Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana?
Apakah saat ini Anda sedang mencari cara untuk menerapkan akuntansi toko bagi usaha Anda? Yap, setiap bisnis, terlepas dari ukuran
Baca Juga
8 Aplikasi Keuangan Online Gratis Terbaik dan Mudah Digunakan
Aplikasi keuangan online adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat
Baca Juga
Software Akuntansi Untuk Travel Agent dan Tour dari Bee.id
Anda punya usaha travel? Sudah coba pakai software akuntansi untuk travel agent dan tour belum? Bisnis travel dan tour menjadi
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Penutup Perusahaan Dagang, Lengkap!
Dalam siklus akuntansi jurnal penutup perusahaan dagang adalah tahapan akhir dari laporan keuangan bisnis dalam satu periode akuntansi yang dijalani.
Baca Juga
Buku Besar adalah Dokumen Akuntansi, Ini Penjelasannya
Apa itu Buku Besar? Buku besar adalah dokumen akuntansi utama yang berisi semua akun yang dimiliki oleh sebuah bisnis, artinya
Baca Juga
Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap
Prinsip ekonomi adalah sebuah hal yang menjadi lumrah dan umum diterapkan pada kegiatan ekonomi. Baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu