🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Contoh pasar oligopoli bisa dilihat dari berbagai macam jenisnya. Untuk lebih lanjut, berikut beberapa contohnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 12 March 2023

Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah satu tipe market yang perbandingan konsumen dan produsennya timpang.

Ternyata hal ini dapat menimbulkan iklim persaingan yang ketat, bahkan lebih ketat dibanding jenis pasar biasa. Untuk lebih lanjut mengenai pasar oligopoli contoh sampai faktor pembentukannya, ini dia pembahasannya.

Sebelum membahas tentang pasar oligopoly, Anda bisa membaca dulu apa sih pasar oligopoli ini pada artikel pada link di bawah ini:

Baca Juga: Pasar Oligopoli: Definisi, Ciri, Contoh, dan Jenisnya (Lengkap)

Contoh Pasar Oligopoli Berdasarkan Jenisnya Disekitar Anda

Pasar Olygopoly

Usaha Bisnis Kendaraan Bermotor Termasuk Memiliki Iklim Oligopoly (Sumber: Freepik.com)

Pasar Oligopoli terdiri atas beberapa jenis tergantung bagaimana tingkat persaingannya. Untuk lebih jelas, berikut contoh tipe market ini berdasarkan dari jenisnya.

1. Contoh Pasar Oligopoli Murni

Jenis peryama adalah oligopoli murni bisa dipahami dari produk yang dijual para produsennya. Produk tersebut sifatnya sama, harganya sangat tipis perbedaannya antar produsen. Hal inilah yang menciptakan kesetaraan dan persaingan ketat.

Contohnya adalah air mineral yang antar produsen satu dengan lain harganya cenderung tipis. Selain itu, pabrik semen satu dengan lainnya juga sama apa yang dijual dan harganya tidak jauh berbeda.

2. Contoh Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Pasar oligopoli jenis ini bisa dibedakan dari bagaimana harga produknya. Harga produk bisa sangat timpang walau jenis yang dijual sama dengan produsen lain. Hal ini membuat bagaimana persaingannya terlihat sekali.

Contoh pasar oligopoli jenis ini salah satunya adalah pilihan maskapai penerbangan. Layanan yang ditawarkan adalah penerbangan, sama untuk tiap produsen penyedia jasa tersebut. Hal paling membedakan adalah harga dan kualitas layanannya.

Banyak konsumen kelas atas yang cenderung membayar layanan penerbangan dengan harga tinggi. Maskapai kecil tentu tidak begitu menarik di mata para konsumen yang mendambakan kenyamanan penerbangan.

3. Contoh Pasar Oligopoli Jenis Kolusi

Jenis pasar oligopoli kolusi ini secara persaingan bisa dikatakan lebih mirip kerjasama. Kerjasama yang dimaksud adalah dengan menaikkan harga produk secara bersamaan atau membiarkannya statis.

Isu kelangkaan minyak goreng sebenarnya bisa menjadi bagaimana contoh pasar oligopoli di Indonesia. Secara bersamaan minyak goreng mengalami kelangkaan untuk semua produk. Bahkan harganya juga naik dari semua produsen tanpa ada persaingan harga yang ketat.

4. Contoh Pasar Oligopoli Jenis Non Kolusi

Persaingan pada pasar oligopoli jenis ini hanya berupa permainan harga dari produsen. Permainan harganya dilakukan dengan membaca bagaimana tindakan kompetitor. Tentu tujuannya agar bisnis bisa semakin berkembang.

Untuk contoh dari jenis market tipe ini adalah marketplace online yang saat ini banyak dijumpai. Banyak marketplace yang saling bersaing memainkan layanan mereka seperti gratis ongkos kirim. Bahkan untuk brand ambassador juga ketat persaingannya demi menarik konsumen.

Faktor-Faktor Menyebabkan Pasar Oligopoli Tercipta

Salah Satu Faktor yang Menyebabkan Adanya Pasar Oligopoly Adalah Skala Ekonomu (Sumber: Freepik.com)

Segala hal pastinya ada sebab mengapa bisa timbul seperti halnya oligopoli. Contoh pasar oligopoli adalah mudah untuk dimengerti berdasarkan jenisnya. Selain itu, kenali juga berbagai faktor yang menyebabkan tipe market ini bisa terjadi.

1. Skala Ekonomis

Pasar jenis ini bisa terbentuk karena dukungan teknologi padat modal untuk proses produksinya. Hal ini akan membentuk suatu sistem oligopoli karena skala ekonomisnya besar. Dukungan modal untuk membangun perusahaan bertipe ini memang besar.

Banyak sekali contoh industri yang berkecimpung di market oligopoli dengan investasi besar. Beberapa contoh pasar oligopoli yang secara skala ekonomisnya besar diantaranya:

  • Industri otomotif
  • Industri semen
  • Industri pertambangan, dan sebagainya
  • Kompleksitas dari Manajemen

Pembentukan pasar oligopoli bisa dilihat dari adanya kompetisi harga dan non harganya. Kemampuan manajemen yang baik agar bisa bertahan saing bisa membuat perusahaan masuk ke ranah oligopoli.

Perusahaan harus cermat dalam memperhitungkan berbagai keputusan terkait produksi sampai pemasaran. Hal ini bertujuan agar tidak muncul reaksi merugikan dari pesaing. Kompleksitas inilah yang membuat produsen di ranah oligopoli tergolong sedikit.

2. Perbedaan Ongkos Produksi

Perusahaan yang masuk ke ranah oligopoli umumnya sudah beroperasi sejak lama. Operasionalnya yang lama ini akan membuka kapasitas produksi baru secara berkelanjutan. Bagi perusahaan baru, tentu akan kesulitan menyaingi bagaimana kinerja pemain lama.

Perusahaan baru tidak bisa sembarangan membuka kapasitas produksi baru. Hal ini berkaitan dengan biaya yang besar. Hal inilah yang membuat muncul keistimewaan di pasar oligopoli.

3. Keistimewaan Produk/layanan

Perusahaan yang lama beroperasi di bidang tertentu dan masuk ke pasar oligopoli, tentu loyalitas konsumennya tidak diragukan. Hal ini disebabkan oleh produk atau layanannya yang sudah terkenal istimewa dan memuaskan pelanggan.

Bagi perusahaan lama, tentu hal ini sudah biasa dalam menghasilkan produk/layanan prima. Untuk perusahaan baru, hal ini adalah tantangan tersendiri sehingga sulit untuk ikut bersaing di ranah oligopoli.

4. Hak Paten

Hak paten ternyata bisa menjadi penyebab pasar oligopoli tercipta. Hal ini disebabkan oleh hak eksklusivitas yang dimiliki sebuah perusahaan. Eksklusivitas yang dilindungi hukum ini tentu menjadi pagar tersendiri bagi para pesaing baru untuk masuk.

Minimnya produsen inilah yang menciptakan iklim oligopoli. Sudah pasti produsen pesaing harus memiliki hak paten lain untuk bisa masuk ke kancah oligopoli atau pasar persaingan tidak sempurna.

Baca Juga: Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya

Bagaimana Campur Tangan Pemerintah Indonesia untuk Pasar Oligopoli?

Peran Pemerintah Dalam Pasar Oligopoly

Peran dan Campur Tangan Pemerintah dalam Pasar Olygopoly adalah Menetapkan Regulasi (Sumber: Freepik.com)

Setelah membahas berbagai contoh pasar oligopoli, tentu muncul pertanyaan tentang campur tangan pemerintah. Negara Indonesia memang mengatur ketat terkait perdagangan, termasuk dalam jenis pasar ini. Berikut beberapa aturan pemerintah terkait oligopoli.

1. Fasilitator

Untuk pasar jenis ini, pemerintah berperan sebagai fasilitator bagi para produsen baru. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa di dalam pasar oligopoli, pelakunya sangat sedikit. Bisa dikatakan produsen yang berkutat di dalamnya memang menguasai sepenuhnya.

Hal ini tentu menyebabkan perusahaan baru kesulitan untuk masuk ke persaingan. Tentu bisa merugikan dari sisi lain karena perkembangan bisnis hanya milik kalangan tertentu. Oleh karena itu, perusahaan berperan sebagai fasilitator para pemain baru.

Tingkat persaingan di tipe pasar ini memang tinggi tetapi produsennya sedikit. Adanya bantuan pemerintah kepada perusahaan baru ini akan membuat iklim usaha semakin dinamis.

2. Regulasi Khusus

Selain itu, pasar oligopoli juga diatur khusus oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah mengatur larangan kerjasama antar pelaku oligopoli agar iklim ekonomi stabil. Salah satu contohnya adalah dengan Undang-undang anti kolusi atau kartel.

Apa Saja Keuntungan Adanya Pasar Oligopoli Bagi Para Konsumen?

Contoh Pasar Olygopoly

Adanya Pasar Oligopoli Menjadikan Konsumen Leluasa Memilih Produk (Sumber: Freepik.com)

Bagi produsen hadirnya iklim oligopoli tentu mempermudah mereka dalam memasarkan produk. Tinggal bagaimana kemampuannya dalam bersaing dengan para kompetitornya. Lantas apa saja keuntungan adanya pasar satu ini bagi para konsumen?

1. Leluasa Memilih Produk

Konsumen bisa leluasa memilih produk atau layanan di dalam pasar oligopoli. Beberapa perusahaan di dalamnya memang bersaing ketat menciptakan banyak produk dan layanan. Alhasil muncul variasi yang membuat ketersediaannya di pasar menjadi banyak.

2. Kualitas Diperoleh

Selain itu, secara persaingan ketat juga membuat kualitas produk dan layanan tercipta. Konsumen juga akan semakin tahu apa saja produk berkualitas dari para produsen di oligopoli.

3. Memperoleh Banyak Inovasi

Persaingan akan menimbulkan inovasi yang tentu menciptakan keragaman produk. Inovasi ini akan membuat kebutuhan konsumen terpenuhi secara lebih berkualitas. Misalnya untuk motor yang saat ini banyak berkembang secara inovasi berkat persaingan bisnis.

KESIMPULAN

Pasar oligopoli memang memiliki iklim usaha yang sedikit tidak biasa dibanding tipe market lain. Regulasinya diatur ketat oleh pemerintah agar tidak tercipta kartel yang bisa merugikan masyarakat. Keuntungan terjun ke market ini memang sangat menarik bagi produsen.

Oleh karena itu, penting memiliki aneka sarana bisnis yang mendukung kualitas layanan dan produksi. Penggunaan software akuntansi online Beecloud merupakan opsi menarik untuk membantu bisnis dalam mengelola keuangan dengan fitur laporan yang lengkap dan akurat.

software akuntansi online beecloud untuk analisa keuangan

Sehingga, untuk kebutuhan bisnis lainnya bisa mudah dikontrol dan dikelola dengan keuangan bisnis yang sudah jelas dan terkelola dengan sistematis. Yuk, jadikan bisnis menjadi kegiatan menyenangkan bisa dipantau kapan saja dan dimana saja.

Prinsip Ekonomi Syariah: Tujuan dan Perannya untuk Indonesia
Ekonomi syariah merujuk pada sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip prinsip syariah Islam, prinsip ekonomi syariah memiliki pengaruh yang semakin
Baca Juga
Jenis-Jenis Koperasi dalam 3 Kategori Utama
Ada banyak jenis-jenis koperasi yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Kata koperasi sendiri berasal dari bahasa Inggris cooperation yang artinya
Baca Juga
Domestic Market Obligation Adalah & Bagaimana Cara Kerjanya?
Halo semua, kali ini saya akan membahas tentang domestic market obligation (DMO). Ada yang tahu apa itu Domestic Market Obligation
Baca Juga
Rasio Profitabilitas: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Rasio profitabilitas adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui perbandingan kemampuan dua perusahaan berkaitan dengan pendapatan laba dari pendapatan yang
Baca Juga
Memahami Teori Keunggulan Komparatif, Contoh, Fungsinya
Keunggulan komparatif adalah konsep ekonomi yang mengacu pada kemampuan suatu negara atau entitas untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya
Baca Juga
5+ Ciri Ciri Pasar Monopolistik Lengkap Serta Contohnya
Ciri-ciri pasar monopolistik sangat umum ditemukan dalam berbagai industri, seperti produk perawatan diri, pakaian, makanan, layanan kesehatan, dan lainnya. Jenis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu