Logo Bee Web

Market Share Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Menghitung

Market share adalah indikator melihat sejauh apa bisnis berkembang. Besar atau kecilnya persentase memberikan dampak besar ke perusahaan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 15 April 2023

Market share adalah istilah dalam ruang lingkup bisnis yang perlu Anda kuasai dengan benar. Keberadaannya memberikan banyak sekali kegunaan, terutama bagi peningkatan reputasi, tolok ukur persaingan, dan masih banyak lagi.

Pembahasan kali ini akan mengajak Anda untuk mengupas fungsi hingga cara menghitungnya. Sebab, tidak sedikit pengusaha pemula yang mengalami penurunan omset, bahkan sampai gulung tikar, karena salah mengkalkulasikan pangsa pasar.

Market Share adalah Perbandingan Penjualan?

Apa itu market share sebenarnya? Pertanyaan tersebut mungkin berlalu-lalang dalam benak Anda. Terlebih, jika jam terbang dan profesionalitas dalam dunia bisnis belum seberapa.

Mempermudah pemahaman, mari lihat padanan kata ini dalam bahasa Indonesia, yaitu pangsa pasar. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pangsa pasar artinya jumlah penjualan komoditas suatu penjualan yang dibandingkan ke dalam total penjualan industri secara keseluruhan.

Arti market share juga dikemukakan oleh Gary Armstrong dan Kotler Philip, yaitu total penjualan produk suatu perusahaan dibandingkan dengan jumlah penjualan yang terjadi di pasar.

Sebagai contoh, dalam waktu sebulan terdapat penjualan sarung sebesar 1000 pcs. Ternyata, 400 sarung diantaranya berasal dari toko Anda, semetara 600 lainnya dibeli dari kompetitor. Maka artinya, pangsa pasar usaha Anda dalam periode tersebut adalah sebesar 40%.

Besar atau kecilnya persentase market share akan mempengaruhi keutungan Anda. Namun, di Indonesia terdapat aturan suatu perusahaan dilarang menguasai pasar secara tunggal. Hal ini berdasarkan Undang-Undang tentang Larangan Praktek Monopoli.

Jenis-Jenis Market Share

Berdasarkan cara perhitungannya, pangsa pasar dibagi ke dalam beberapa jenis. Hal ini memudahkan Anda untuk menentukan langkah kalkulasi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Berikut bergam jenis market share, yaitu:

  • Customer Market Share. Perhitungan rasio ditentukan oleh jumlah pelanggan dalam bisnis Anda, dibadingkan dengan customer pada industri yang sama secara keseluruhan.
  • Value Market Share. Penilaian persentase dilakukan berdasarkan capaian harga suatu perusahaan, dibandingkan dengan total segmen penjualan.
  • Volume Market Share. Jumlah produk yang terjual dalam suatu perusahaan akan dibandingkan dengan total produk terjual di pasaran. Contoh market share di atas masuk ke dalam jenis pangsa pasar ini.
  • Revenue Market Share. Perbandingan dilihat dari besar atau kecilnya pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan daripada kompetitor.

Fungsi Market Share

Fungsi Market Share

Ilustrasi Grafik Pangsa Pasar (Credit: Freepik.com)

Apa untungnya belajar mengenai pangsa pasar? Beberapa fungsi market share di bawah ini mungkin bisa menjadi jawabannya. Terutama, bagi Anda yang serius untuk menempatkan persahaan pada posisi terbaik dalam pasar.

1. Memperhitungkan Kompetitor

Besar atau kecilnya saingan bisnis Anda dapat terbaca dengan jelas dari hasil persentase pangsa pasar. Apabila ternyata nilainya jauh di bawah kompetitor, maka Anda wajib menyusun strategi untuk menempati tingkatan yang aman.

Sebaliknya, saat persentase sudah cukup baik, fokus perusahaan adalah menjaga kualitas atau bahkan membawanya lebih baik lagi.

2. Mengkalkulasi Keberhasilan Penjualan

Pangsa pasar yang rendah menunjukkan penjualan kurang maksimal, begitu pula sebaliknya. Setelah mengetahui nilainya, diharapkan Anda dapat mengambil langkah tepat.

Misal, setelah evaluasi ternyata iklan yang dilakukan kurang optimal. Anda bisa melalukan riset untuk mencari media serta teknik marketing lebih menarik.

3. Menjaga Reputasi Perusahaan

Persentase market share adalah cara terbaik untuk menjaga reputasi di mata pelanggan. Saat bisnis Anda berhasil menempati posisi atas dalam sebuah pasar, maka kepercayaan konsumen akan ikut meningkat.

Anda bisa melihat pada brand-brand yang berhasil mendominasi. Merek dagang mereka melekat dalam benak pembeli. Misal, apa yang orang sering sebut saat membeli air mineral? Merek ini sukses menjadi market leader dalam industri air minum kemasan.

4. Melihat Peluang Konsumen

Adanya perhitungan market share juga berguna untuk memperkirakan adanya pelanggan baru. Saat sektor industri yang Anda pilih belum dikuasai banyak pebisnis, artinya peluang konsumen bertambah masih tinggi.

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Inti pembahasan kali ini adalah mengetahui cara menghitung pangsa pasar perusahaan. Tujuannya tentu agar menemukan seberapa besar persaingan serta posisi Anda dalam industri tersebut.

Sumber : www.hashmicro.com

Mengingat market share artinya perbandingan suatu perusahaan dengan industry secara keseluruhan, maka rumus yang dipakai adalah:

Pangsa Pasar= (Pendapatan perusahaan : Pendapatan total industri) x 100%

Contoh kasus, usaha seblak kering yang Anda jalankan telah memperoleh pendapatan sebesar 36 juta selama satu tahun. Sementara total pendapatan industri seblak kering pada periode tersebut adalah 250 juta, maka hitungannya sebagai berikut:

Market share = (36 : 250) x 100 %
= 14,4%

Jadi, usaha seblak kering yang Anda jalankan memiliki nilai pangsa pasar sebesar 14,4 %.

Baca Juga: Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh

Faktor Penghambat Bisnis Menjangkau Market Share

Anda tidak puas dengan nilai market share yang diperoleh? Coba tengok beberapa faktor penghambatnya. Seorang pebisnis tidak jarang melupakan hal sepele yang teryata berdampak cukup besar, diantaranya:

  • Kesalahan Target Market.  Anda sulit memperoleh market share yang bagus jika keliru dalam menentukan sasaran. Contoh, jangan menjual makanan harga ratusan ribu kepada siswa yang uang jajannya hanya puluhan ribu.
  • Persaingan Ketat. Siapa tidak terdoga untuk menjual produk viral? Namun, banyaknya kompetitor juga dapat menghambat Anda untuk memperoleh pangsa pasar tinggi.
  • Kurang Inovasi. Syarat wajib usaha Anda bertahan adalah ters berinovasi. Jika tidak asa, siap-siap saja produk Anda ditinggalkan pelanggan. Market share adalah nilai Anda dibandingkan lainnya, maka diperlukan ide-ide brilian untuk unggul.
  • Marketing Kurang Efektif. Salahsatu kunci produk laku keras adalah pemasaran yang tepat. Apabila pangsa pasar Anda rendah, coba evaluasi kembali media serta teknik iklan yang selama ini digunakan.

Cara Meningkatkan Market Share

Setelah mengetahui beberapa faktor penghambat, saatnya Anda mulai melakukan cara untuk memperbaiki posisi. Silahkan sesuaikan dengan masalah yang terjadi pada perusahaan.

1. Belajar dari Kompetitor

Bagi Anda yang baru menjalankan sebuah bisnis, tidak ada salahnya mencari inspirasi dari kompetitor. Hal ini bukan berarti plagiat atau menjiplak 100 %. Anda tentu megenal istilah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Anda dapat melihat bagaimana pesaing beriklan, mengemas produknya, melayani pelanggan, dan sebagainya? Kemudian, silahkan timbang dan sesuaikan kembali dengan kondisi bisnis Anda.

2. Bangun Kepercayaan Konsumen

Pelanggan adalah raja. Istilah tersebut ternyata memang benar adanya. Anda perlu memperlakukan konsumen dengan baik untuk menjaga kepercayaan mereka.

Beberapa cara bisa dilakukan, seperti memberikan diskon untuk pembelian tertentu, melayani dengan ramah dan fast respon, memberikan saran atau layanan konsultasi, serta banyak lainnya.

Semakin banyak konsumen yang percaya, maka market share juga lebih besar. Bukan tidak mungkin, mereka mempromosikan produk Anda ke orang lain tanpa disuruh.

3. Perkuat Ciri Khas Produk

Banyak kompetitor dalam industri yang Anda pilih menuntut nilai lebih dan unik. Anda perlu menetapkan USP (Unique Selling Point) pada produk yang dijual. Misal, meski sama-sama berjualan jilbab, namun bahan yang dipakai lebih nyaman dan tidak mudah lecek.

Menemukan USP bisa Anda lakukan dengan survey terlebih dahulu kepada target pasar. Apa yang sebenarnya mereka butuhkan? Apakah harga murah, bahan premium, atau lainnya? Selain itu, cari tahu juga bagaimana produk dari kompetitor?

Kesimpulan

Secara keseluruhan, market share memainkan peran penting dalam menentukan posisi perusahaan dalam pasar dan mempengaruhi keputusan bisnis mereka.

Dengan memahami konsep market share dan mengukur pangsa pasar dengan benar, perusahaan dapat membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasar mereka dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Untuk memantau dan mengontrol penjualan, perusahaan dapat menggunakan software akuntansi seperti Beecloud. Dengan Beecloud, perusahaan dapat memantau penjualan mereka secara real-time, memperoleh informasi yang akurat tentang penjualan, dan memperoleh wawasan yang berharga tentang tren penjualan di pasar.

Untung Pakai Beecloud Ambil Keputusan Cepat Laporan Keuangan Realtime

Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat tentang produksi dan pemasaran produk mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat pertumbuhan bisnis mereka secara keseluruhan.

Teori Ekonomi Mikro: Definisi dan Contoh Masalah di Indonesia
Teori ekonomi mikro adalah bidang studi yang mempelajari perilaku individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi serta interaksi
Baca Juga
Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh
Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem yang menggabungkan aspek pemerintahan dan swasta dalam mengelola perekonomian suatu negara. Dalam sistem ini,
Baca Juga
Harga Keseimbangan (Equilibrium Price), Rumus dan Contohnya
Harga ekonomi yang juga disebut dengan ekuilibrium menjadi fokus utama dalam menjaga stabilitas ekonomi. Harga keseimbangan mencerminkan titik temu antara
Baca Juga
Rumus Fungsi Penawaran dan Cara Menghitungnya (Lengkap)
Tahukah bahwa harga-harga barang yang ada di pasar dipengaruhi oleh hukum penawaran dan permintaan? Ketika suatu barang sedang banyak dicari
Baca Juga
Apa itu Uang Giral? Ini Pengertian, Jenis dan Perbedaannya
Uang giral adalah bentuk uang yang tidak berwujud yang saat ini bisa dikatakan mendominasi peredaran ekonomi modern. Dengan transformasi dari
Baca Juga
Memahami Apa Itu Akuntansi Syariah Prinsip Dasar, dan Tujuannya
Tingginya keinginan masyarakat untuk dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman sesuai syariat. Membuat sistem akuntansi syariah semakin populer dan diterapkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu