Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 15 August 2022

Gagasan membangun ide bisnis rumahan untuk pemula memiliki daya tarik karena alasan yang jelas, apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Bayangkan, Anda tidak perlu bangun setiap hari untuk bolak-balik ke kantor. Anda bisa bangun kapan pun Anda mau, dan kerja lebih fleksibel.

Bekerja dan terikat pada satu lokasi bisa sangat membatasi, jadi tidak heran jika banyak orang, terutama milenial, saat ini memimpikan cara bekerja dari rumah. Apa pun keahlian Anda, ada bisnis di luar sana yang dapat dibangun meski hanya dari rumah atau bekerja dari jarak jauh, apa saja itu?

Contoh  Bisnis Rumahan untuk Pemula

Contoh Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Ilustrasi Seorang Wanita Memiliki Bisnis Rumahan (Sumber: Pexels.com)

  • Ide Bisnis Menjadi Konsultan SEO

 SEO adalah hal yang dibutuhkan oleh pebisnis online akhir-akhir ini, dan semua sektor bisnis membutuhkannya. Namun, tidak semua pebisnis memahami dan menerapkan SEO dengan baik. 

Jika Anda memiliki keterampilan SEO dan pengetahuan untuk membantu bisnis lain memulai strategi marketingnya, maka ide bisnis rumahan ini bisa dicoba sebab semuanya bisa dilakukan secara online.

Konsultan SEO adalah salah satu ide bisnis yang menguntungkan dan dapat Anda terapkan tanpa harus keluar rumah. Namun, Anda harus mengetahui praktik SEO terkini. Biasanya, pengalaman ini diperoleh saat bekerja dengan firma pemasaran yang profesional.

Meskipun Anda dapat belajar mengoptimalkan SEO secara otodidak di internet, namun dibutuhkan investasi untuk belajar kepada ahlinya terlebih dahulu. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

  • Pemasaran Afiliasi

Afiliasi pemasaran merupakan bisnis dari rumah yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari, dan Anda bisa memasarkan produk atau layanan orang lain. 

Tidak perlu customer support atau penanganan stok sebab dalam pemasaran afiliasi, langkah paling penting yang harus dilakukan adalah memilih produk yang tepat untuk dipasarkan. Banyak e-commerce atau bahkan TikTok yang bisa menjadi media Anda membuka bisnis ini. 

Anda hanya perlu mempelajari beberapa proses, membuat konten dan menarik orang untuk melakukan pembelian melalui tautan Anda.

  • Buka Toko di eCommerce

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan

 Membuka online shop adalah bisnis sederhana untuk dimulai dari rumah. Anda bisa menggunakan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Anda bisa menjual beberapa produk pilihan Anda melalui eCommerce. 

eCommerce adalah platform belanja yang booming akhir-akhir ini. Anda harus membangun toko online dengan segala fasilitasnya, mencari supplier untuk produk Anda kemudian perlu mengelola stok, mengatur keuangan dan logistik, dll. 

Sebagai ide bisnis kecil dari rumah yang dapat Anda jalankan, toko online adalah salah satu yang paling menguntungkan selama Anda memiliki rencana bisnis yang bagus..

  • Ide Bisnis Dropshipping

Ide bisnis rumahan untuk pemula yang tidak kalah mudahnya dari membuka toko di e-commerce adalah dengan membangun toko online dengan model drop-shipping. Artinya adalah, Anda dapat memasok produk berkualitas tinggi dari supplier terkemuka dan memasarkannya.

Anda bisa menjualnya melalui sosial media atau eCommerce untuk mendapatkan keuntungan. Menariknya dari bisnis dropshipping ini adalah, Anda tidak perlu khawatir tentang supplier, inventaris, logistik, anggaran, dll. 

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menarik pelanggan ke toko online Anda dan memastikan mereka repeat order untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

  • Content Writer

 Setiap bisnis membutuhkan konten web dan blog yang bagus. Jika Anda seorang penulis hebat, peluang tersebut bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan dan dapat Anda lakukan setiap hari tanpa banyak usaha dan modal/

Seiring berjalannya ide bisnis rumahan, bekerja dari jarak jauh tidak pernah semudah sekarang ini. Anda bisa membuka jasa penulisan artikel untuk berbagai niche bisnis. Kuncinya adalah dengan mencari bisnis yang mau menggunakan tulisan Anda.

Atau, jika Anda memiliki blog dengan pengikut yang banyak, bisnis juga akan membayar Anda untuk menautkan ke produk mereka sebagai blogger. 

Blog dengan konten dan traffic yang bagus juga menghasilkan uang dari iklan. Cukup tulis topik yang menarik, pasarkan artikel Anda, dan bangun basis pembaca. Sebagai alternatif, Anda juga dapat bergabung dengan situs lepas seperti Upwork untuk memulai.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun

Kesimpulan

Banyak sekali bisnis rumahan untuk pemula anti gagal yang bisa dicoba selama Anda mau menekuninya. Semenjak pandemi, banyak orang lebih memilih untuk bekerja dari rumah saja. Tidak mengherankan jika banyak orang yang memutar ide untuk bisa berbisnis meski hanya dari rumah. 

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik.

Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Ingin Memulai Bisnis Kopi Online di 2022? Simak Tipsnya!
Bisnis kopi online di 2022 termasuk bisnis yang bisa berkembang pesat. Penyebabnya saat ini sudah banyak yang menerapkan sistem online […]
Baca Juga
Apa Saja Skill Pengusaha yang Wajib Anda Kuasai?
Banyak pengusaha yang percaya bahwa kesuksesan dari suatu bisnis adalah kemampuan dan pengalaman di bidang mereka masing-masing. Namun, sebenarnya ada […]
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu