Logo Bee Web

Tips Menghemat Biaya Pengiriman, Ini Yang Harus Diperhatikan !

Proses pengiriman barang adalah bagian penting dalam efisiensi biaya untuk meningkatkan daya saing produk Anda. Apakah yang dimaksud dengan proses
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 28 November 2019

Proses pengiriman barang adalah bagian penting dalam efisiensi biaya untuk meningkatkan daya saing produk Anda. Apakah yang dimaksud dengan proses pengiriman ini? Dahulu kala, proses pengiriman barang dikenal dengan istilah shipping atau pelayaran yaitu proses secara fisik dari pengiriman barang atau muatan via darat, laut atau udara.

Karena seringnya pergerakan suatu objek itu menggunakan sebuah kapal, maka poluer dengan istilah shipping. Tapi di era digital seperti saat ini, kecenderungan transaksi banyak mengandalkan proses “delivery product” dengan menggunakan jasa kurir.

Baca Juga: Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris, Kunci Sukses Untuk Pemilik Bisnis

Kapan Anda bisa Menghemat Biaya Pengiriman Barang?

biaya pengiriman

Menghemat Biaya Pengiriman (Sumber: Freepik.com)

Anda wajib menghemat biaya pengiriman barang jika bisnis yang Anda jalani masuk kategori berikut ini:

1. Ketika Proses Kirim Antar Negara

Untuk kondisi seperti ini, pertimbangkan menggunakan jasa kurir internasional untuk pengiriman antar negara. Semua kurir rata-rata melayani jasa pengiriman internasional. Namun, untuk biaya yang lebih murah, pastikan Anda menggunakan jasa kurir internasional. Mengapa demikian? Kurir internasional punya perwakilan di banyak negara. Jadi secara operasiona sudah masuk dalam anggaran rutin perwakilan mereka.

Jadi lebih murah biaya kirimnya. Bandingkan dengan kurir yang tidak punya perwakilan. Mereka harus kena biaya sewa atau biaya konsorsium lainnya.

2. Ketika Melakukan Proses Pengiriman Jumlah Besar

Untuk kondisi seperti ini, gunakan saja jasa kargo logistik. Cargo adalah perusahaan pengiriman dimana untuk pengirimannya ada jumlah minimal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan harga termurah dan terbaik. Harga ini akan berbeda cukup jauh dari harga retail atau harga ecer dengan ekspedisi retail.

Mengapa Harus Menghemat Biaya Pengiriman Barang?

Salah satu komponen biaya yang paling krusial adalah biaya pengiriman. Anda harus bisa berhemat dalam menentukan biaya ini karena:

  • Bisa memperkuat daya saing produk Anda
  • Bisa membantu memudahkan pemasaran produk jika biaya kirim bersaing
  • Bisa menambah keuntungan perusahaan
  • Memudahkan dalam proses diversifikasi produk tanpa terganggu biaya kirim yang mahal

Tips Menghemat Biaya Pengiriman Barang Bagi Pebisnis

Jika Anda mengandalkan pengiriman barang dengan jasa kurir maka biaya harus dipertimbangkan. Biaya kirim hemat akan menjadi daya saing produk Anda. Untuk mencapai penghematan tersebut, pertimbangkan 7 cara ini untuk memangkas biaya pengiriman:

1. Bekerja sama dengan Pihak Ekspedisi

Kerjasama dengan perusahaan ekspedisi dapat memberikan keuntungan dalam hal diskon volume dan tarif pengiriman yang lebih baik. Lakukan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang paling menguntungkan bagi bisnis Anda.

2. Pilih Metode Pengiriman yang Ekonomis

Evaluasi berbagai metode pengiriman dan pilihlah yang paling ekonomis untuk jenis barang dan tujuan pengiriman. Penggunaan ekspedisi darat mungkin lebih hemat biaya daripada pengiriman udara untuk beberapa rute tertentu.

3. Optimalkan Proses Pengemasan

Kemas barang dengan efisien untuk menghindari pemborosan ruang di dalam paket. Pengemasan yang efisien dapat mengurangi dimensi paket dan berpotensi menurunkan biaya pengiriman, terutama jika perusahaan ekspedisi menggunakan tarif berdasarkan berat atau dimensi paket.

4. Manfaatkan Teknologi Pelacakan (Tracking)

Gunakan layanan pelacakan untuk mengawasi perjalanan barang. Ini bukan hanya dapat memberikan keamanan tambahan tetapi juga membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah pengiriman dengan cepat, mengurangi risiko biaya tambahan.

5. Konsolidasi Pengiriman

Gabungkan pengiriman jika memungkinkan, terutama jika Anda mengirimkan barang ke lokasi yang sama atau dekat satu sama lain. Konsolidasi dapat mengurangi biaya pengiriman total dan meningkatkan efisiensi.

6. Pilih Paket dan Layanan yang Sesuai

Pilih paket dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa perusahaan ekspedisi menawarkan berbagai pilihan paket dengan biaya yang berbeda. Evaluasi kebutuhan pengiriman Anda dan pilih opsi yang paling sesuai.

7. Negosiasi Tarif Reguler

Selalu buka pintu untuk negosiasi tarif reguler dengan pihak ekspedisi. Diskusikan volume pengiriman Anda dan pertimbangkan untuk menegosiasikan tarif yang lebih baik berdasarkan komitmen pengiriman jangka panjang.

Dengan menerapkan tips di atas, pebisnis dapat mengoptimalkan biaya pengiriman barang mereka dan meningkatkan efisiensi dalam rantai pasok mereka.

Pertanyaan Terkait Cara Menghemat Biata Pengiriman

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul:

  • Siapakah bagian yang paling berperan dalam menghemat biaya pengiriman?

Shipping departemen dan purchasing departemen adalah 2 bagian yang krusial dalam mengehmat biaya pengiriman produk perusahaan Anda. Kedua bagian ini harus menjadi pemimpin bagi departemen lain dalam efisiensi biaya pengiriman. Dengan begitu tujuan perusahaan akan tercapai dan produk Anda akan makin kompetitif di pasaran luar.

  • Dibagian mana sajakah Anda bisa berhemat biaya pengiriman?

Biaya pengiriman bisa dihemat dari beberapa sisi. Anda bisa melihat tujuan pengiriman dan jenis produk apa yang akan dikirim (terutama untuk menentukan ukuran packing). Cara paling mudah adalah memilih ekspedisi yang tepat.

#Ekspedisi ini bisa murah karena punya jalur kirim reguler ke wilayah tersebut

  • Transjaya untuk daerah Bali, NTB, NTT. Darat Laut Jaya untuk Lampung.
  • UD Rasa Sayang untuk NTB, NTT. dll. Silahkan hubungi CS kami untuk saran ekspedisi.
  • TRANSJAYA khusus Bali dan Denpasar melalui darat
  • Agung Cargo khusus udara Bali
  • Ekspedisi ABC murah untuk ke Ambon karena mereka memang 'spesialis' Ambon.
  • Ekspedisi Cobra murah untuk ke Jawa karena mereka memang ahli trucking Jawa, BKL untuk daerah Timur.

# Untuk ekspedisi kirim barang berat, beberapa jasa kurir berikut ini bisa dipertimbangkan:

  • JNE Trucking -- menggunakan armada truk dengan minimal pengiriman 10kg, estimasi lama waktu pengiriman berkisar antara 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) hari kerja tergantung kota tujuan.
  • Wahana -- ekspedisi ini menggunakan transportasi darat, dikenal murah mulai dari Rp5000 per kg untuk kiriman sesama Jabodetabek.
  • Dakota -- tarifnya murah untuk berat pengiriman di atas 100kg, berat paket minimal 20kg.
  • Herona Express -- layanan pengirimannya menggunakan kereta api dengan pengantaran dari dan ke stasiun.
  • ESL Express -- jasa pengiriman ini mengandalkan armada darat truk dan bus.
  • Pos Indonesia -- jasa pos juga bisa digunakan untuk mengirim paket ukuran berat, cocok untuk pengiriman ke pelosok karena pos menjangkau seluruh kecamatan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Tips menghemat biaya pengiriman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga
Baca Juga
10 Manfaat Instagram Untungkan Bisnis Anda
Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Instagram, membangun awareness disana adalah salah satu manfaat instagram yang paling
Baca Juga
17 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2023
Biaya hidup meningkat tapi penghasilan itu-itu aja, ide bisnis rumahan bisa menjadi solusi isi waktu luang juga tingkatkan penghasilan setiap
Baca Juga
5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko
Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke
Baca Juga
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya
Setiap jenis pasar memiliki karakteristiknya sendiri yang membedakannya dari jenis pasar lainnya. Salah satu jenis pasar yang cukup menarik untuk
Baca Juga
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Suatu istilah yang dipakai masyarakat untuk menilai aktivitas seseorang ialah umpan balik atau feedback artinya dalam bahasa Indonesia ialah umpan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu