Proses pengiriman barang adalah bagian penting dalam efisiensi biaya untuk meningkatkan daya saing produk Anda. Apakah yang dimaksud dengan proses pengiriman ini? Dahulu kala, proses pengiriman barang dikenal dengan istilah shipping atau pelayaran yaitu proses secara fisik dari pengiriman barang atau muatan via darat, laut atau udara.
Karena seringnya pergerakan suatu objek itu menggunakan sebuah kapal, maka poluer dengan istilah shipping. Tapi di era digital seperti saat ini, kecenderungan transaksi banyak mengandalkan proses “delivery product” dengan menggunakan jasa kurir.
Baca Juga: Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris, Kunci Sukses Untuk Pemilik Bisnis
Menghemat Biaya Pengiriman (Sumber: Freepik.com)
Anda wajib menghemat biaya pengiriman barang jika bisnis yang Anda jalani masuk kategori berikut ini:
Untuk kondisi seperti ini, pertimbangkan menggunakan jasa kurir internasional untuk pengiriman antar negara. Semua kurir rata-rata melayani jasa pengiriman internasional. Namun, untuk biaya yang lebih murah, pastikan Anda menggunakan jasa kurir internasional. Mengapa demikian? Kurir internasional punya perwakilan di banyak negara. Jadi secara operasiona sudah masuk dalam anggaran rutin perwakilan mereka.
Jadi lebih murah biaya kirimnya. Bandingkan dengan kurir yang tidak punya perwakilan. Mereka harus kena biaya sewa atau biaya konsorsium lainnya.
Untuk kondisi seperti ini, gunakan saja jasa kargo logistik. Cargo adalah perusahaan pengiriman dimana untuk pengirimannya ada jumlah minimal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan harga termurah dan terbaik. Harga ini akan berbeda cukup jauh dari harga retail atau harga ecer dengan ekspedisi retail.
Salah satu komponen biaya yang paling krusial adalah biaya pengiriman. Anda harus bisa berhemat dalam menentukan biaya ini karena:
Jika Anda mengandalkan pengiriman barang dengan jasa kurir maka biaya harus dipertimbangkan. Biaya kirim hemat akan menjadi daya saing produk Anda. Untuk mencapai penghematan tersebut, pertimbangkan 7 cara ini untuk memangkas biaya pengiriman:
Semua perusahaan pengiriman memiliki jadwal penetapan harga berdasarkan volume. Semakin banyak Anda mengirim, semakin rendah tarif Anda. Tetapi bisnis kecil sering tidak menyadari bahwa mereka juga mungkin memiliki kekuatan negosiasi. Jika Anda mengirimkan paket dalam jumlah besar, bandingkan harga dan coba bujuk operator untuk menawarkan tarif yang lebih rendah.
Ada banyak jasa kurir saat ini, masing-masing punya kelebihan harga terbaik di satu sisi layanan. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda dan bandingkan dengan layanan kurir yang ada.
Jika Anda menggunakan kemasan Anda sendiri, Anda bisa menghadapi "biaya dimensi" tambahan lagi jika kotak Anda melebihi peraturan ukuran yang ditetapkan oleh pihak kurir. Untuk menghindari biaya tambahan tersebut, pertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang disediakan oleh kurir Anda, yang tidak memiliki biaya dimensional.
Beberapa kurir global seperti FedEx dan UPS menawarkan sistem kerjasama pengiriman prabayar. Pertimbangkan pengiriman prabayar seperti ini, yang menawarkan tingkat diskon hingga 20 persen. Ini berarti Anda membeli sejumlah paket pengiriman dimuka dan menempelkannya ke paket sesuai kebutuhan daripada membayar untuk setiap paket ketika Anda mengirimkannya.
Pengiriman prabayar bekerja paling baik ketika Anda tahu Anda akan mengirimkan paket berat yang sama berulang kali dan dapat menentukan biaya pengiriman di muka.
Jasa pengiriman biasanya menawarkan asuransi atas barang yang dikirim. Jika proses pengiriman Anda kontinyu, ada baiknya mencari alternatif untuk bekerja sama dengan maskapai asuransi tersendiri daripada ikut asuransi jasa kurir. Anda akan labih hemat karena tidak melalui perantara jasa kurir. Penghematan ini bisa bertambah, jika Anda sering mengirimkan barang mahal.
Shipping departemen dan purchasing departemen adalah 2 bagian yang krusial dalam mengehmat biaya pengiriman produk perusahaan Anda. Kedua bagian ini harus menjadi pemimpin bagi departemen lain dalam efisiensi biaya pengiriman. Dengan begitu tujuan perusahaan akan tercapai dan produk Anda akan makin kompetitif di pasaran luar.
Biaya pengiriman bisa dihemat dari beberapa sisi. Anda bisa melihat tujuan pengiriman dan jenis produk apa yang akan dikirim (terutama untuk menentukan ukuran packing). Cara paling mudah adalah memilih ekspedisi yang tepat.
Ekspedisi ini bisa murah karena punya jalur kirim reguler ke wilayah tersebut. Contohnya saja silahkan cek skspedisi berikut ini:
Untuk ekspedisi kirim barang berat, beberapa jasa kurir berikut ini bisa dipertimbangkan:
Itulah beberapa penjelasan mengenai Tips menghemat biaya pengiriman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.