🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Freelance Artinya: Jenis dan Rekomendasinya (Lengkap)

Kerja freelance adalah pekerjaan lepas, berikut penjelasan lengkap dengan rekomendasi kerja dan cara perhitungan gajinya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 16 February 2023

Freelance artinya suatu pekerjaan yang sedang tren diminati generasi saat ini. Pekerjaan freelance ini memberikan fleksibilitas dan kebebasan bagi para pekerjanya dalam hal waktu dan lokasi kerja.

Freelance memungkinkan individu untuk bekerja untuk beberapa klien atau perusahaan secara bersamaan, tanpa harus terikat pada satu pekerjaan tetap atau perusahaan tertentu.

Apa saja yang membuat pekerjaan freelance saat ini banyak diminati? Yuk kita bahas di artikel ini.

Apa itu Freelance? Freelance Artinya..

Freelance adalah

Ilustrasi Pekerja Freelance Ketika Bekerja (Sumber: Freepik.com)

Freelance artinya jenis pekerjaan yang berdasarkan kesepakatan antara pekerja dan pemberi kerja. Biasanya, perjanjian ini mencakup kualitas pekerjaan, tarif, dan waktu pengerjaan.

Pekerjaan freelance artinya perlu dan membutuhkan keahlian khusus dan bersifat jasa, seperti menulis artikel atau membuat website. Orang yang mengerjakan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer, yang merupakan pekerja lepas yang bekerja untuk klien pada waktu tertentu. Freelancer bisa bekerja untuk beberapa klien sekaligus, baik pribadi maupun perusahaan.

Berbeda dengan karyawan perusahaan, freelancer hanya bekerja untuk project jangka pendek dan bisa bekerja untuk beberapa klien sekaligus. Kualitas freelancer akan semakin baik bila mampu menyelesaikan project dengan cepat dan tepat waktu.

Baca Juga: Apa itu Freelance? Pengertian, Keuntungan dan Kekurangannya

Contoh Pekerjaan Freelance Paling Dicari

Jasa freelance yang banyak ditemukan adalah di bidang desain grafis, pemasaran, penulisan, akuntansi, manajemen, dan les privat. Beberapa contoh pekerjaan freelance yang dilakukan secara online meliputi:

1. Videografer dan Fotografer

Fotografi, video dan edit video menjadi keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan dan masyarakat. Videografer dan fotografer sebagai pekerja lepas sering diminta untuk mengabadikan acara seperti perusahaan, pernikahan, ulang tahun, wisuda dan acara besar lain.

Kemampuan fotografi dan membuat video yang baik dan profesional sangat diperlukan untuk memastikan bahwa momen-momen penting dalam hidup dapat direkam dan dikenang kembali seiring waktu.

freelance artinya

Editor Video Menjadi Salah Satu Pekerjaan Freelance yang Diminati (Sumber: Freepik.com)

2. Desainer Grafis

Pekerjaan desainer grafis dibutuhkan dalam proyek desain perusahaan, seperti logo, promosi, dan desain lain. Desainer grafis harus memiliki kreativitas, kemampuan seni, dan mampu mengoperasi software seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator.

3. Software Engineer

Pekerjaan pembuatan website dan aplikasi sangat dibutuhkan dalam bidang teknologi informasi. Para software engineer bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan jasa mereka sebagai pekerja lepas.

Keterampilan dan kemampuan dalam desain aplikasi perangkat lunak sangat diperlukan dalam pekerjaan ini.

4. Content Writer

Perusahaan membutuhkan pekerja lepas dalam bidang jurnalistik, penulisan konten, dan copywriting. Penulis dibutuhkan untuk membuat konten tulisan menarik seperti blog, newsletter, isi website, dan pengenalan produk.

Jika Anda mempunyai keahlian atau hobi menulis konten, Beeaccounting sering kali membutuhkan jasa freelance content writer. Anda bisa menghubungi Tim Bee terkait untuk menawarkan jasa Anda.

Pekerjaan Editor Freelance

Salah Satu Contoh Pekerjaan Freelance adalah Editor (Sumber: Freepik.com)

5. Editor

Editor memiliki tugas memperbaiki dan memperkaya tulisan. Mereka harus memiliki kemampuan kepenulisan dan banyak membaca. Editor bertanggung jawab mengulas kembali tulisan, mencari kesalahan tata bahasa, dan membuat tulisan menarik bagi pembaca.

Editor menjadi perantara antara penulis dan pembaca. Mereka memastikan bahwa tulisan yang diterbitkan memenuhi standar kualitas dan memiliki tata bahasa yang baik. Pekerjaan ini menuntut perhatian dan membutuhkan latihan untuk menghasilkan tulisan yang baik.

6. Penerjemah

Penerjemah memiliki kemampuan berbahasa asing lebih dari satu. Mereka dibutuhkan oleh perusahaan untuk menerjemahkan buku atau artikel. Profesi penerjemah ini juga penting bagi penerbit buku untuk melakukan proofreading.

Entry Data Pekerjaan Freelance

Data Entry Bisa Dikerjaan Freelance (Sumber: Freepik.com)

7. Data Entry

Perusahaan membutuhkan jasa entry data untuk memasukkan informasi dalam sistem. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk memasukkan data dengan benar. Contoh tugas entry data termasuk transkripsi, merekam suara, dan mengetik.

Keuntungan Menjadi Freelance

Beberapa orang memilih menjadi pekerja lepas karena memiliki keuntungan tertentu. Berikut adalah penjelasannya :

1. Bebas Memilih Klien dan Project

Menjadi pekerja lepas memiliki keleluasaan memilih project dan jam kerja. Kamu dapat memilih project yang sesuai dengan minat dan kriteria klien atau perusahaan.

Banyaknya project yang diterima juga tidak terbatas, namun penting untuk memastikan semua project terselesaikan dengan baik.

Pekerja Freelance Artinya Pekerja Bebas yang Bisa Bekerja Dimana Saja dan Kapan Saja (Sumber: Freepik.com)

2. Jadi Freelancer Waktu Kerjanya Fleksibel

Seorang freelancer memiliki kebebasan untuk menentukan jadwal kerja sendiri dan memilih berapa lama waktu yang akan dikeluarkan untuk bekerja setiap harinya.

Ini memungkinkan mereka untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Fleksibilitas ini juga memungkinkan mereka untuk bekerja dari mana saja.

3. Dapat Bekerja sesuai Hobi dan Keahlian

Pekerjaan ini dapat disesuaikan dengan hobi dan keahlian seseorang, membuat pekerja freelance menikmati pekerjaan mereka. Hal ini membuat lebih banyak orang yakin untuk menjadi pekerja freelance.

Terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan lain atau masih sekolah, menjadi freelance memungkinkan untuk mengantongi uang tambahan tanpa mengganggu rutinitas sehari-hari.

Flexibilitas pekerjaan freelance membuat mereka bisa menjalankan pekerjaan di tengah kesibukan lainnya, membantu untuk mempertahankan work-life balance.

Baca Juga: Balance Adalah Keseimbangan, Apa Kaitannya dengan Akuntansi?

4. Penghasilan yang Diperoleh bisa Lebih Besar dari Karyawan Tetap

Freelance memiliki potensi untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar dari pekerja dengan gaji tetap, karena mereka tidak terbatas pada satu perusahaan atau pekerjaan. Penghasilan freelancer bisa datang dari berbagai sumber.

Apa Itu Freelance

Selain Bagi Pekerja, Jasa Freelance Juga Menguntungkan Bagi Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Inilah Keuntungan Perusahaan Merekrut Freelancer

a. Menghemat Anggaran Perusahaan

Seorang freelancer dapat menghemat biaya transportasi dan makan karena dapat bekerja dari rumah. Karena tugas-tugasnya cenderung jangka pendek, mereka tidak menuntut gaji tinggi. Perusahaan juga tidak terikat memberikan tunjangan layaknya karyawan tetap, sehingga menguntungkan bagi perusahaan.

b. Fleksibel dan Tidak Terikat Peraturan

Keleluasaan dalam mengatur waktu kerja menjadi salah satu keuntungan bagi freelancer. Mereka dapat menyelesaikan tugas yang diterimanya kapan saja, tanpa terikat pada jam atau hari kerja tertentu.

Ini juga memberikan keuntungan bagi perusahaan yang membutuhkan tugas-tugas segera diselesaikan.

c. Freelancer Punya Banyak Pengalaman dan Lebih Inovatif

Para freelancer memiliki kemampuan untuk selalu terupdate dengan informasi dan teknologi terbaru. Karena mereka memiliki kebebasan untuk bekerja mandiri, mereka memiliki banyak ide kreatif yang segar.

Freelancer adalah pekerja lepas yang harus mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka sendiri karena persaingan antar freelancer cukup ketat. Kehadiran freelancer dapat sangat bermanfaat untuk memajukan dan meningkatkan inovasi perusahaan.

d. Pekerjaan Cenderung Selesai Lebih Cepat

Dengan menggunakan jasa freelancer, pekerjaan bisa selesai lebih cepat. Freelancer memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Keahlian dan komitmen freelancer untuk menjaga reputasi mereka sangat penting untuk memastikan tugas selesai dengan baik dan tepat waktu.

Jika mereka gagal menepati harapan perusahaan, maka mereka akan menanggung risiko buruk pada reputasinya dan diprediksikan tidak akan lagi dipercaya oleh perusahaan.

Cara Menghitung Gaji Freelance Mudah

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk

Ilustrasi Menghitung Gaji Karyawan Freelance Secara Manual (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa faktor yang diperhitungkan dalam menentukan pembayaran bagi seorang freelancer. Faktor-faktor tersebut meliputi:

1. Penghitungan Berdasarkan Hasil Kerja

Freelancer artinya dapat dibayar berdasarkan hasil kerja. Beberapa pekerjaan digital sering menggunakan metode ini.

Misalnya, fotografer akan dibayar berdasarkan jumlah foto dan kualitas hasil edit fotonya, penulis konten dibayar berdasarkan jumlah kata atau jumlah konten yang dibuat, jurnalis dibayar berdasarkan laporan yang mereka buat, dan arsitek dibayar berdasarkan desain rumah yang mereka buat.

Biasanya, freelancer yang menggunakan metode ini memiliki tarif harga yang sudah ditentukan, dan pengguna jasa melakukan negosiasi dengan freelancer.

Contoh kasus pembayaran gaji freelancer berdasarkan hasil kerja, sebagai berikut:

Perusahaan media yang mempekerjakan freelancer fotografer dengan harga per project sebesar Rp 800.000 untuk setiap sesi foto 1.5 jam dan hasil edit 5 foto.

Bila perusahaan ini menggunakan jasa freelancer selama 4 jam (4x sesi), maka biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 3.200.000. Hasil dari kerja ini adalah foto selama 4 jam dan hasil edit 20 foto.

Dengan menggunakan sistem pembayaran per-project, pekerjaan dengan freelancer menjadi lebih mudah dilakukan.

2. Penghitungan Berdasarkan Waktu Kerja

Penghitungan pembayaran freelancer juga dapat berdasarkan waktu kerja. Terhitung per-jam, per-hari, atau waktu yang ditentukan.

Beberapa pekerjaan seperti pelayan restoran, pekerja proyek, penjaga merchant, dan pengajar sering menggunakan sistem penghitungan ini.

Perusahaan menentukan harga per hari untuk karyawan dan pembayaran akan diterima setelah kerja selesai. Perhitungan pembayaran untuk freelancer harian juga sudah diatur dalam PP Pengupahan No. 78 Tahun 2015, di mana upah bulanan dibagi jumlah hari kerja per minggu. Ini memberikan dasar penghitungan yang jelas bagi perusahaan untuk freelancer harian.

Contoh kasus pembayaran gaji freelancer berdasarkan waktu, sebagai berikut:

Jika perusahaan membayar gaji karyawan marketing minimal 2.500.000 per bulan dengan waktu kerja 5 hari seminggu, maka untuk freelancer seperti Angga bekerja sebagai tenaga sosial media marketing selama 5 hari, gaji yang diterima adalah sebagai berikut:

Menghitung gaji harian freelancer: 2.500.000 / 21 = Rp 199.000
Menghitung gaji freelancer selama 5 hari kerja: 199.000 x 5 = Rp 995.000
Jadi, selama 5 hari bekerja Angga akan mendapatkan gaji sebesar Rp 995.000.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Untuk Anda para pemilik usaha yang menggunakan jasa freelance, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi online beecloud untuk memudahkan kelola gaji karyawan.

Anda hanya perlu memasukkan data dan laporan gaji bisa langsung dicek, tanpa perlu menghitung kembali. Selain itu, Beecloud juga bisa atasi masalah ribetnya pembuatan laporan keuangan Anda dalam satu 1x klik saja.

Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!
Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah
Baca Juga
Annual Report: Fungsi Bagi Bisnis dan Contohnya
Annual Report atau laporan tahunan lebih dikenal salah satu dokumen yang paling diinginkan oleh para pemegang saham. Laporan ini biasanya
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat
Baca Juga
Fraud Adalah Penipuan dalam Bisnis, Mari Ketahui Faktornya!
Fraud adalah tindakan merugikan yang dilakukan untuk bisa mengambil keuntungan dengan cara tidak baik atau curang. Ada beberapa contoh fraud,
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
9 Faktor Penyebab Konflik dalam Bisnis, Apa Saja Itu?
Faktor penyebab konflik telah menjadi perhatian utama dalam dunia bisnis modern. Konflik, pada dasarnya, adalah ketegangan atau pertikaian antara individu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu