Logo Bee Web

13 Tips Mencegah Fraud Pada Bisnis

Informasi penting mengenai tips pencegahan timbulnya fraud atau tindakan ilegal di dalam bisnis yang wajib untuk Anda ketahui
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 3 March 2023

Suatu penyajian laporan keuangan secara palsu serta disengaja dengan menghilangkan atau menambahkan nilai tertentu merupakan definisi dari fraud atau dikenal tindakan ilegal. Dalam istilah di kehidupan sehari-hari, kata ini memiliki arti sebagai ketidak jujuran.

Oleh karenanya, perbuatan ini ilegal serta bertentangan dengan hukum yang berlaku. Tindakan ini sering ditandai dengan adanya pencurian, kecurangan, penggelapan, penyembunyian, hingga pelanggaran kepercayaan tanpa kekerasan.

Fraud Adalah Tindakan yang Ilegal

Tindakan penipuan ini sangat memberikan efek negatif bagi individu maupun kelompok. Diantaranya pembatalan proyek, kesulitan keuangan, hingga kegagalan organisasi.

Fraud Tindakan Ilegal

ilustrasi fraud tindakan yang ilegal (Credit: Unsplash)

Menurut KEMENKEU Fraud pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan atau perbuatan yang mengandung ketidakberesan (irregularities) dan perbuatan melawan hukum (illegal act) yang dilakukan oleh orang dalam yang bekerja sama dengan orang luar atau sebaliknya orang luar bekerja sama dengan pihak-pihak dalam, yang didorong untuk keuntungan individu atau kelompok yang mengakibatkan kerugian materil maupun imaterial terhadap negara.

1. Pembatalan Proyek karena Adanya Tindakan Penipuan

Proyek yang dibatalkan membuat semua rencana yang disusun lenyap. Selain itu, ada banyak kerugian baik material serta non material seperti waktu, tenaga, dan mental. Oleh karena itu, pembatalan proyek bisa fatal.

2. Kesulitan Keuangan Akibat dari Tindakan Penipuan

Oleh karena adanya tindakan penipuan, keuangan yang semula berjalan stabil menjadi goyah. Ada banyak resiko yang tidak diperhitungkan karena terjadi tiba-tiba membuat keuangan semakin lama semakin menyusut.

Hal ini bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu fraud. Keadaan keuangan yang sulit membuat perencaan bisnis menjadi kacau. Ada banyak aktivitas yang harus ditunda bahkan dibatalkan karena kurangnya dana yang dibutukan.

Apalagi bila dana dari investor kurang bahkan tidak bisa menutupi kekurangan, hal ini membuat anggota perusahaan perlu memikirkan strategi yang efektif. Tidak hanya untuk mendapat dana tetapi juga mengatasi kerugian-kerugian yang ada.

3. Kegagalan Organisasi Efek dari Tindakan Penipuan

Organisasi mengalami kegagalan karena tidak bisa mengantisipasi munculnya tindakan penipuan. Hal ini membuat para anggota kehilangan motivasi serta kepercayaan. Untuk membangun organisasi perlu ekstra karena tidak mudah mengembalikan seperti semula.

Tips Mencegah Terjadinya Terjadinya Fraud Pada Bisnis

Oleh karena akibat yang ditimbulkan oleh tindakan penipuan ini sangat fatal, diperlukan langkah pencegahan. Ada 13 tips pencegahan yang bisa Anda lakukan salah satu atau beberapa di bawah ini.

1. Membangun Struktur Pengendalian Intern

Perusahaan wajib menyediakan sistem pengendalian internal dengan jelas. Hal ini mulai dari tugas yang ditetapkan hingga kekuasaan pada tiap-tiap karyawan perusahaan. Tujuannya, tidak ada kesalahpahaman dalam menjalankan tugas perusahaan.

Selain itu, untuk mengurangi kekuasaan yang disalahgunakan. Pada bagian keuangan, sebaiknya memisahkan wewenang pencatatan serta penyimpanan uang. Ini membuat tingkat kecurangan bisa diminimalisir.

2. Penetapan Hukum yang Tegas

Lakukan penetapan hukum yang tegas. Berlakukan sanksi yang memberatkan agar orang-orang yang ingin melakukan tindakan kecurangan, mengurungkan niatnya seperti pemecatan atau pelaporan ke lembaga hukum yang berwenang.

3. Melakukan Kegiatan Evaluasi Secara Berkala

Anda bisa mengadakan kegiatan evaluasi secara berlaku terhadap perilaku ilegal. Evaluasi ini secara bebas dilaksanakan beraja kali dalam 1 tahun tergantung dari kebijakan tiap perusahaan.

4. Mengadakan Kegiatan Penyuluhan Tentang Tindakan Penipuan

Penyuluhan ini diberikan sebagai tips pencegahan selanjutnya. Isi penyuluhan ini bisa tenang bahaya perilaku penipuan tersebut bagi diri sendiri serta orang lain di dalam internal perusahaan. Hal ini supaya semua lapisan mempunyai tanggung jawab menjaga kepercayaan.

penyuluhan mengenai tindakan ilegal fraud

ilustrasi briefing penyuluhan fraud (Credit: Unsplash)

5. Pelaksanaan SOP yang Lebih Diperketat

Pelaksaan SOP wajib perusahaan berlakukan secara ketat karena masih ada SOP yang dianggap sebatas aturan yang teoritis. Penyebab lainnya, dateline yang singkat membuat SOP tidak dijalankan dengan sesuai.

6. Proses Rekrutmen Karyawan Perusahaan Secara Teliti

Proses dalam melakukan rekruitmen karyawan wajib dilakukan secara teliti serta ketat. Ketika proses ini, perusahaan usahakan mengecek latar belakang dari kandidat secara hati-hati serta meminta SKCK sebagai bukti nyata.

7. Proses Komunikasi Akuntansi yang Dijalankan dengan Baik

Pada aktivitas akuntansi dijalankan komunikasi yang baik serta transparan. Hal ini untuk menghindari pihak-pihak yang akan melakukan tindakan yang tidak bertnggung jawab serta merugikan perusahaan.

sebagai manajer atau pemilik bisnis akan mudah saat Anda membuat laporan akuntansi pada bisnis agar lebih terencana dan terdistribusi dengan baik sesuai kebutuhan setiap divisi manajemen perusahaan

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Agar memudahkan Anda dalam menyusun laporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Beecloud yang bisa diakses secara real-time di mana saja dan kapan saja. Sehingga akan memudahkan untuk koordinasi dengan manajer divisi yang lain,

8. Pelaksanaan Pengawasan Terhadap Kemampuan Karyawan

Jika standard pengendalian sistem internal berjalan baik, diperlukan tindakan pengawasan terhadap karyawan. Hal ini khususnya karyawan yang berhubungan langsung dengan kegiatan pelaporan keuangan perusahaan.

9. Melakukan Pengadaan Audit dengan Proaktif

Tidak hanya skala kecil, lini bisnis dengan skala besar juga berpotensi mengalami tindak penipuan atau kecurangan khususnya pelaporan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, proses audit wajib dilakukan minimal 1 hingga 2 bulan 1 kali.

10. Adanya Saluran Khusus Pelaporan Penipuan

Ada banyak orang yang takut melapor tindakan penipuan karena takut diancam membahayakan nyawa. Oleh karena itu, pentingnya penambahan saluran yang secara khusus melaporkan tindakan penipuan seorang indidivu atau kelompok.

11. Pemberian Pelatihan Anti Penipuan pada Karyawan

Tidak hanya penyuluhan, pelatihan juga wajib diberikan secara berkala. Karyawan lama serta baru wajib ikut supaya lebih memahami apa itu tindakan penipuan, dampak, hingga langka-langkah pencegahannya.

12. Penciptaan Budaya Kerja yang Baik

Budaya kerja yang baik membuat semua karyawan nyaman serta giata bekerja. Selain itu, hal ini mengurangi rasa tidak puas terhadap perusahaan yang bisa memunculkan tindakan penipuan.

13. Lakukan Proses Pencatan Secara Akurat

Catatan secara menyeluruh wajib ditangani dengan baik serta teliti agar bisa membuktikan transaksi yang dilakukan sah serta terhindar dari kesalahan. Keselamatan perusahaan Anda sangat bergantung pada bagaimana tim bisa menangani dokumen yang beragam dengan baik.

Jenis-Jenis Fraud

Tindakan penipuan ini memiliki 3 jenis utama. Namun, kesamaannya ialah sama-sama merugikan perusahaan hingga berdampak pada pegawai perusahaan yang lain.

1. Korupsi

Korupsi Adalah Tindakan Ilegal

contoh tindakan ilegal adalah korupsi (Credit: Unsplash)

Tindaan korupsi merupakan sebuah tindakan yang dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan kebenaran. Contoh dari tindakan korupsi ini yaitu penyuapan, pemerasan, penerimaan ilegal, hingga penyalahgunaan kekuasaan.

2. Jenis Tindakan Penipuan Kedua yakni Penyalahgunaan Aset Perusahaan

Penyalahgunaan atau tindakan pencurian aset perusahaan ini dilakukan oleh pihak yang tidak berhak. Tindakan ilegal ini dideteksi paling mudah dari 2 jenis lainnya karena bersifat mudah dihitung.

3. Jenis Tindakan Penipuan Ketiga Pernyataan yang Palsu

Tindakan pernyataan palsu ini sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang ahli yang bisa mengetahui apakah laporan keuangan perusahaan ini sesuai dengan kenyataan yang ada atau tidak.

Faktor Penyebab Terjadinya Fraud dalam Bisnis

Peribahasa Tidak ada asap jika tidak ada api. Peribahasa ini sangat cocok untuk situasi ini. Adanya tindakan penipuan disebabkan beberapa faktor seperti peluang, tekanan, hingga pembenaran.

 

1. Adanya Peluang

Peluang atau kesempatan biasanya muncul disebabkan lemahnya sistem pengawasan yang ada di dalam perusahaan. Hal ini perlu menjadi fokus utama supaya bisa teratasi dengan baik serta terperinci.

2. Adanya Faktor Tekanan dari Banyak Hal

Tidak sedikit orang yang melakukan tindakan penipuan karena adanya tekanan diberbagai sudut. Salah satunya ialah masalah tentang keuangan. Pelaku terpaksa melakukan tindakan ilegal ini agar bisa keluar dari kesulitan secara cepat.

3. Adanya Pemikiran Rasionalisasi dari Pihak Pelaku

Pemikiran rasionalisasi muncul karena pelaku merasa tindakan yang mereka lakukan sudah benar serta tidak ada unsur kriminalnya. Misalnya tindakan yang sebenarnya mencuri dianggap pelaku sebagai tindakan meminjam.

Contoh Kasus Fraud di Indonesia

Di Indonesia sendiri juga ada contoh kasus tindakan ilegal ini oleh banyak PT ternama. Diantaranya PT. Garuda serta PT. Tiga Pilar Sejahtera.

1. Kasus Ilegal Pertama Ada PT. Garuda Indonesia

Kasus ilegal ini melibatkan perusahaan ternama yakni PT. Garuda Indonesia. Hal ini termasuk ke dalam jenis fraudulent statement dikarenakan berkaitan dengan pemolesan pada laporan keuangan perusahaan.

2. Fraud Kedua ada PT. Tiga Pilar Sejahtera

Pada perusahaan ini juga ditemukan fraudulent statement. Ini berarti pencatatan keuangan berbeda dengan pencatatan keuangan yang digunakan oleh auditor keuangan perusahaan dalam melaksanakan audit laporan keuangan perusahaan tahun buku 2017.

Kesimpulan

Tindakan penipuan yang terjadi di dalam laporan keuangan perusahaan maupun penipuan lainnya memiliki dampak buruk bagi perusahaan serta karyawan lainnya. Ada 13 tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Mulai dari menyediakan sistem pengendalian internal hingga lakukan pencatatan. Oleh karena itu, pentingnya melakukan pencatatan ini dengan pembuatan laporan keuangan dengan baik.

Data Aman Dari Tindakan Ilegal Pakai Beecloud

 

Sebagai solusi mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi online bernama Beecloud. Hal ini supaya proses pembukuan tidak muncul potensi tindakan ilegal seperti fraud.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

5 Strategi Inventory Bisnis E-Commerce dan Fungsinya, Lengkap!
Bisnis e-commerce adalah sebuah bentuk bisnis yang terus berkembang pesat di era digital saat ini. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Apa itu Supervisor, Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawabnya
Mungkin banyak yang sudah familiar dengan istilah apa itu supervisor? Secara umum tugasnya adalah menjembatani antara manajer atau pemilik perusahaan
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat
Baca Juga
Manajemen Bengkel untuk Meningkatkan Keuntungan Bengkel Motor
Usaha tentu membutuhkan yang namanya manajemen, baik manajemen keuangan maupun manajemen operasional. Hal ini bertujuan agar usaha bengkel Anda tersistem
Baca Juga
Rumus Modal Usaha Lengkap dengan Cara Menghitungnya
Sudah menjadi rahasia umum jika ingin menjalankan usaha membutuhkan modal usaha, mulai dari untuk modal produksi hingga modal promosi. Agar
Baca Juga
Bilyet Giro Adalah: Definisi, Syarat Formal dan Kelebihan
Bilyet giro adalah alat pembayaran nontunai yang bentuk fisiknya berupa kertas mirip cek yang lebih sering digunakan oleh para pelaku
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu