Logo Bee Web

FIFO Adalah Metode Manajemen Persedian, Begini Cara Kerjanya

Metode Fifo adalah salah satu metode persediaan barang memiliki banyak kelebihan, termasuk mudah dipahami, bagaimana cara kerjanya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 9 October 2023

Metode FIFO adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam manajemen persediaan barang. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai FIFO, termasuk pengertian dasarnya, perbedaan dengan metode lain seperti LIFO, cara kerjanya, contoh penggunaannya dalam berbagai jenis bisnis, dan kelebihan serta kekurangan penggunaan metode ini.

Pengertian Metode FIFO Adalah

Fifo Dan Lifo

Ilustrasi cara kerja metode fifo dan lifo (Credit: Freepik.com)

Metode FIFO adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam manajemen persediaan barang.

FIFO adalah singkatan dari "First In, First Out," yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai "Barang Pertama Masuk, Barang Pertama Keluar." Konsep ini memiliki peran yang krusial dalam mengatur aliran barang dan manajemen persediaan suatu perusahaan.

Pentingnya FIFO dalam bisnis tidak bisa dianggap sepele. Metode ini memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek operasional perusahaan, termasuk efisiensi, akuntansi, dan pengendalian persediaan.

Baca Juga: Mengenal Metode Pencatatan Persediaan

Perbedaan FIFO dan LIFO

Sebelum kita menjelaskan lebih lanjut tentang FIFO, mari kita bandingkan metode ini dengan LIFO, yang merupakan kebalikannya, yakni Last-In-First-Out. Perbedaan mendasar antara FIFO dan LIFO terletak pada urutan pengeluaran barang dari persediaan.

Dalam metode FIFO, barang yang pertama kali masuk ke gudang adalah barang yang pertama kali dikeluarkan. Dengan kata lain, barang yang masuk terbaru akan tetap berada di gudang hingga barang yang lebih lama telah dikeluarkan. Ini serupa dengan prinsip antrian di mana yang pertama datang adalah yang pertama dilayani.

Di sisi lain, dalam metode LIFO, barang yang terakhir masuk ke gudang adalah yang pertama kali dikeluarkan. Jadi, barang yang baru saja tiba akan segera dikeluarkan sebelum barang yang lebih lama ada di gudang. Konsep ini seperti membongkar tumpukan barang dengan menangani barang teratas terlebih dahulu.

Cara Kerja Metode FIFO

Cara kerja FIFO relatif sederhana namun efektif dalam mengatur aliran barang. FIFO beroperasi dengan prinsip bahwa barang yang pertama masuk ke gudang akan menjadi barang yang pertama dikeluarkan saat ada permintaan.

Dalam praktiknya, setiap kali ada penjualan atau pengeluaran barang dari gudang, FIFO akan memastikan bahwa barang yang memiliki tanggal masuk yang lebih lama akan dikeluarkan terlebih dahulu.

Contoh sederhana penggunaan FIFO adalah dalam bisnis makanan. Ketika sebuah restoran menerima pengiriman bahan makanan, mereka akan menyimpannya dalam persediaan mereka dengan mencatat tanggal kedatangan setiap bahan.

Ketika pesanan masuk, bahan yang memiliki tanggal kedatangan paling awal akan digunakan, sehingga mencegah terjadinya pemborosan atau pemborongan bahan makanan yang lama disimpan.

Contoh Penggunaan Metode FIFO dalam Berbagai Bisnis

Toko Keciil Yang Menjual Makanan Adalah Contoh Ekonomi Mikro

Metode FIFO dapat diterapkan dalam berbagai jenis bisnis, termasuk toko makanan, bisnis ritel, dan bisnis manufaktur.

1. Praktek Metode FIFO Bisnis Toko Makanan

Restoran, kafe, dan toko makanan lainnya sangat bergantung pada FIFO. Mereka harus memastikan bahan makanan yang mereka gunakan tetap segar dan tidak kadaluarsa.

Dengan menggunakan FIFO, mereka dapat memastikan bahwa bahan makanan yang lebih lama masuk akan digunakan lebih awal.

2. Praktek Metode FIFO Bisnis Ritel

Toko-toko ritel seperti supermarket juga menerapkan FIFO dalam pengaturan persediaan mereka. Mereka harus menjaga ketersediaan produk-produk segar dan non-segar.

Dengan FIFO, mereka dapat menghindari kerusakan produk dan mengoptimalkan rotasi persediaan.

3. Praktek Metode FIFO Bisnis Manufaktur

Dalam konteks manufaktur, FIFO dapat digunakan untuk mengatur aliran produksi. Bahan baku yang masuk pertama kali akan digunakan dalam proses produksi, memastikan produk jadi memiliki kualitas yang baik.

Kapan FIFO Digunakan?

Penggunaan metode FIFO tidak terbatas pada jenis bisnis tertentu. Sebaliknya, metode ini digunakan dalam situasi di mana penting untuk menjaga kualitas dan keamanan barang yang disimpan serta menghindari kerugian akibat kadaluarsa atau kerusakan barang.

Beberapa situasi di mana FIFO digunakan secara luas meliputi:

1. Industri Farmasi

Dalam industri ini, penggunaan FIFO sangat penting untuk menjaga keamanan obat-obatan dan produk-produk kesehatan. Produk dengan tanggal kadaluarsa yang lebih awal harus dikeluarkan lebih dulu.

2. Industri Makanan

FIFO adalah praktik standar dalam industri makanan untuk mencegah penggunaan bahan makanan yang sudah tidak segar atau kadaluwarsa.

3. Industri Elektronik

Dalam produksi perangkat elektronik, FIFO digunakan untuk menghindari penggunaan komponen elektronik yang sudah usang atau tidak memenuhi standar kualitas.

4. Industri Otomotif

Produsen mobil dan perusahaan otomotif lainnya menggunakan FIFO untuk mengatur aliran suku cadang dan mencegah penggunaan suku cadang yang sudah lama tersimpan.

5. Perdagangan Eceran

Toko-toko ritel dan supermarket sering menerapkan FIFO untuk menjaga kesegaran produk-produk makanan dan non-makanan.

6. Industri Manufaktur

Dalam proses produksi, FIFO digunakan untuk mengatur aliran bahan baku dan menghindari kerusakan atau pemborosan bahan.

7. Gudang Logistik

Perusahaan logistik yang mengelola stok berbagai jenis produk juga sering mengandalkan FIFO untuk menjaga integritas barang dan menghindari kerugian.

Kelebihan Menggunakan Metode FIFO

Metode FIFO

Ilustrasi persediaan barang separu (Credit: Freepik.com)

Penggunaan metode FIFO memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan yang menarik dalam manajemen persediaan. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

1. FIFO Mengikuti Alur Alami Persediaan Barang

Metode ini mencerminkan cara alami barang-barang dikeluarkan dari gudang atau persediaan. Barang yang pertama masuk adalah yang pertama dikeluarkan, mirip dengan cara kita mengambil barang dari rak di rumah.

2.  FIFO Memudahkan Dalam Pencatatan dan Akuntansi

FIFO membuat pencatatan dan akuntansi persediaan menjadi lebih sederhana. Anda hanya perlu mencatat tanggal masuk barang dan memastikan barang yang masuk lebih dulu digunakan lebih awal.

3. FIFO Membantu Mencegah Kerugian Akibat Kerusakan atau Kadaluarsa Barang

Dengan mengutamakan penggunaan barang yang lebih lama, FIFO membantu mengurangi risiko kerusakan atau kadaluarsa barang di persediaan. Ini sangat penting dalam bisnis seperti farmasi dan makanan.

Kekurangan Menggunakan Metode FIFO

Meskipun FIFO memiliki banyak kelebihan, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

1. Dapat Menyebabkan Biaya Pajak yang Lebih Tinggi

Dalam beberapa kasus, menggunakan FIFO dapat menghasilkan laba yang lebih tinggi, yang juga berarti pajak yang lebih tinggi. Ini terutama berlaku jika harga bahan baku atau persediaan terus meningkat seiring waktu.

2. Dapat Menyebabkan Perusahaan Kehilangan Potensi Keuntungan

Kekurangan FIFO lainnya adalah bahwa metode ini tidak selalu mencerminkan kondisi pasar yang sebenarnya. Terkadang, harga barang yang lebih baru lebih tinggi daripada yang lebih lama, sehingga menggunakan FIFO dapat membuat perusahaan kehilangan potensi keuntungan yang lebih besar.

Pencatatan Metode FIFO dalam Akuntansi

Dalam akuntansi, pencatatan metode FIFO dilakukan dengan menggunakan akun persediaan dan akun harga pokok penjualan (HPP). Akun persediaan digunakan untuk mencatat nilai barang yang masih tersisa di gudang, sedangkan akun HPP digunakan untuk mencatat biaya yang dikeluarkan untuk barang yang dijual.

# Contoh Pencatatan Metode FIFO

Misalkan sebuah perusahaan memiliki persediaan barang dengan jumlah dan harga sebagai berikut:

Dengan menggunakan metode FIFO, maka barang yang dijual adalah 50 unit barang yang pertama kali masuk ke gudang, yaitu barang dengan harga Rp10.000.

# Pencatatan dalam Jurnal

Sedangkan dalam pencatatan jurnal FIFO, setiap kali barang masuk atau keluar dari persediaan, biaya perolehan barang yang paling awal masuk dianggap digunakan terlebih dahulu. Ini berarti bahwa biaya persediaan yang dicatat dalam jurnal mencerminkan harga barang yang lebih rendah.

Yang lebih konsisten dengan prinsip bahwa barang yang lebih lama ada di persediaan memiliki biaya perolehan yang lebih rendah. Pencatatan jurnal FIFO penting untuk melacak nilai persediaan dan menghitung laba bersih dalam laporan keuangan perusahaan.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang terus berubah dan kompetitif, metode FIFO adalah alat yang sangat berguna untuk mengatur dan mengendalikan persediaan barang. Dengan memahami konsep dasarnya, perbedaan dengan LIFO, cara kerjanya, dan penerapannya dalam berbagai jenis bisnis, perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam manajemen persediaan mereka.

Jika Anda ingin menggunakan metode lain Anda bisa menggunakan metode average yang diusung software akuntansi online Beecloud, tujuan utamanya sama yakni kontrol stok barang di gudang atau toko dengan efisien menghindari barang rusak atau kadaluarsa. Langganan sekarang dengan klik banner di bawah!

Pakai Beecloud Solusi Lebih Mudah Kontrol Stok Barang Di Toko Dan Gudang Dari Pusat

FIFO bukan hanya sekedar konsep akademis; ia memiliki dampak nyata pada efisiensi operasional dan keberlanjutan bisnis. Seiring dengan kelebihan dan kekurangannya, FIFO tetap menjadi alat yang berharga dalam mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang dinamis.

Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun
Baca Juga
8 Keunggulan Menggunakan Program Akuntansi Komputer
Program akuntansi komputer adalah topik hangat saat ini. Teknologi dapat segera membuat profesional keuangan lebih efisien dari sebelumnya, atau bahkan
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Stok Barang dan Contohnya Lengkap
Laporan stok barang dalam sebuah bisnis berguna untuk memantau jumlah stok atau persediaan produk dalam sebuah gudang perusahaan itu sendiri.
Baca Juga
Hindari Kesalahan Fatal! Ini 7 Tips Melakukan Restock Barang
Kegiatan restock barang strategi bisnis yang penting bagi para pengecer dan produsen guna memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar.
Baca Juga
Balanced Scorecard Adalah: Pengertian dan 4 Perspektif di Dalamnya
Saat terjun dalam dunia bisnis, balanced scorecard adalah salah satu hal penting yang wajib untuk dipahami. Aspek penting yang satu
Baca Juga
Contoh Aktiva Tetap dalam Akuntansi Berdasarkan Jenisnya
Aktiva tetap yang juga dikenal sebagai aset tetap adalah bagian integral dari struktur finansial suatu entitas bisnis. Dalam akuntansi contoh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu